Luna G dan Luna V Review: Spesifikasi Canggih, Stylish, dan Ramah di Kantong

Sunday, August 13, 2017


Luna G and Luna V review - Masih ingat cerita saya ketika HP ga mau nyala? Hari gini HP rusak rasanya separuh dunia menghilang, iya dunia maya. Gara-gara tragedi HP itu pula saya jadi mampir ke ITC bagian counter HP di lantai 4. Padahal biasanya cuma ke bagian baju-baju aja, hehehe. Di sana tiap jalan semeter ditanya oleh SPG, "Cari HP apa kakak? Lagi promo lho.”. Bukannya melihat ke SPG tetapi pandangan saya tertuju pada signage hitam bertuliskan “LUNA” yang menghiasi langit-langit ITC. 

Review smartphone Luna
LUNA, membacanya mengingatkan saya pada seorang artis cantik Indonesia dan nama kucing Sailormoon. Tapi LUNA yang ini berbeda. LUNA adalah brand smartphone yang booming di Korea Selatan pada awal peluncurannya. Makin penasaran dong dengan LUNA. Di sini saya mengulas 2 smartphone LUNA yang telah ada di Indonesia, yaitu Luna V dan Luna G.


LUNA G: Baterai Awet Menemani Aktivitas Seharian


kemasan Luna G yang unik
Pandangan pertama yang membuat Luna G unik yaitu box-nya berwarna cokelat seperti dari bahan kertas daur ulang. Saya sempat bingung dengan tulisan bahasa Korea di bagian depan tetapi di belakang kemasan tertulis “dibuat di Indonesia”. Rupanya Luna Indonesia bekerja sama dengan Foxconn, perusahaan manufacturing dari Taiwan, untuk merakit smartphone Luna di Indonesia. Teknologi perakitan menggunakan CNC 8 tahap dengan desain dari Foxconn.

Menggenggam Luna G terasa pas di tangan. Body-nya berbalut metal yang nampak kokoh dan tidak licin. Bentuk tepinya melengkung, membuatnya semakin stylish dengan desain ramping.  

Smartphone dengan pilihan warna silver dan gold ini ditanami processor Mediatek Helio P10, Octa Core 1.8Ghz, GPU Mali-T860MP2 sebagai dapur pacu yang lebih hemat dibanding Helio X. Dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, tak perlu khawatir low batt setelah beraktivitas seharian bersama Luna G. Cukup nge-charge HP sehari sekali. Oh ya, Luna G bisa fast charging juga, lho. Hanya butuh 1,5 jam selama HP dalam keadaan off.

Layarnya berukuran 5.5" IPS Full HD mendukung resolusi  1080 x 1920 pixel dan dilapisi dengan material hardglass 2,5D sehingga berkesan mewah dan tidak mudah tergores. Gambar yang ditampilkan tajam, puas untuk menonton YouTube, nge-blog, juga main game. Testimonial dari teman yang suka main Mobile Legends, Luna G stabil dibuat bermain game alias anti lag. So, harus menang nih tiap main game.

Mode panorama bisa tampil dalam bentuk foto maupun video
Smartphone yang diluncurkan pada April 2017 ini menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow dan dilengkapi memori internal 32GB. Kalau masih kurang, tambahkan microSD up to 256GB. Dengan  RAM 4GB, multi-tasking antar aplikasi menjadi lancar. Fitur seperti ini yang saya butuhkan, terutama untuk kelancaran pekerjaan. Contohnya ketika meliput suatu acara saya harus live tweet, menulis di notes, memotret, membalas chat di Whatsapp dan Telegram, juga mengunggah foto di Instagram. Nah, banyak aplikasi running bersamaan. 

Repot memiliki 2 HP? Satu untuk pribadi, satu untuk kantor. Ga perlu ribet. Luna G bisa diisi dual simcard 4G. Selain itu Luna G mendukung OTG untuk membaca hingga mengirim file antara flash disc dan HP. Makin gampang, kan!

Selain penampilan dan jeroan yang keren, smartphone pilihan saya wajib memiliki kamera yang mendukung untuk mengabadikan momen-momen berharga. Luna G dilengkapi kamera  belakang 13MP dengan auto focus plus LED dan kamera depan 5MP. Banyak mode foto yang bisa dicoba. Mode favorit saya yaitu Picture in Picture yang menggunakan kamera depan dan belakang dalam satu foto.

Mode picture in picture, bisa selfie sambil motret dengan kamera belakang
Urusan privacy juga penting agar ga ada tangan usil dan kepo yang otak-atik. Luna G dilengkapi sensor finger print di tombol home depan supaya ga sembarangan orang bisa membuka kunci layar. Sensor ini juga berfungsi membuat proteksi dalam personalisasi file, foto, maupun dokumen. Ketika HP hilang (amit-amit deh) gunakan menu Mobile Anti Theft untuk mengunci HP dari jarak jauh atau menghapus data-data yang ada.

Dengan fitur-fitur keren di atas, Luna G dibanderol di harga Rp2.699.000,-. Biasanya smartphone dengan spesifikasi tersebut harganya 3-4 jutaan, lho. Setiap pembelian Luna G juga mendapat bonus hardcover dan anti gores. Makin hemat, deh.

Gimana, naksir Luna G? Tunggu dulu… Mungkin kamu lebih cocok dengan smartphone premium LUNA yang satu ini.

LUNA V untuk Gambar Tajam dan Natural



November 2016 lalu Luna Indonesia untuk pertama kalinya memperkenalkan smartphone premium Luna, yaitu Luna V. Pada Mei 2017 lalu kembali diluncurkan varian warna baru sehingga kini Luna V tersedia dalam warna silver dan gold.

Luna V (pic. website Luna)

Tampilan luar Luna V nampak elegan dan mewah dengan balutan casing aluminium unibody yang pinggirnya melengkung. Desainnya ramping dengan bobot 186gram. Namun untuk ukuran tangan saya, Luna V agak besar untuk digenggam.


Luna V menggunakan tombol virtual untuk mengakses menu. Di bagian depan full untuk layar berukuran 5.5” dengan resolusi 1080 x 1920 pixel alias sudah Full HD. Kerapatan pixel-nya 480 dpi membuat pengalaman menonton video maupun menikmati  hasil foto menjadi lebih nyata dengan warna natural. Dengan layar gorilla glass 3, smartphone ini aman dari goresan.


Sebagai smartphone premium, Luna V dilengkapi spesifikasi kelas atas. Foxconn yang terkenal sebagai produsen smartphone kelas dunia meproduksi Luna V dengan ketelitian tinggi. Sebagai dapur pacu dipilih processor Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz quad-core dan grafis GPU Adreno 330. Prosesor seri ini memiliki performa stabil dan handal. OS Android 6.0 Marshmallow dengan RAM 3 GB untuk memudahkan multi-tasking sehingga lancar menjalankan banyak aplikasi di saat bersamaan. Memori internalnya 64GB dan bisa ditambah micro SD up to 128 GB. Dengan kapasitas seperti ini, main game HD pun lancar.


Bermain game, mencatat pekerjaan, membaca e-book, berkirim surel, maupun membalas chat di antara 2 simcard (support 4G dual simcard) seharian tetap bisa dijalani tanpa harus sering mengisi baterai. Luna V dilengkapi baterai Li-ion berkapasitas 3.000mAh yang mendukung quick charge and fast charge 2.0. Hanya menunggu 1 jam, 80% daya terisi.


Selain itu terdapat Bluelight Filter untuk mengurangi intensitas warna biru pada layar. Memandangi layar smartphone terlalu lama dapat membuat mata lelah. Fitur ini berguna untuk mencegah kelelahan mata.

Hasil foto Luna V dengan kamera belakang (indoor)

Bagi yang suka eksis dan narsis, smartphone ini cocok untukmu. Kamera belakang 13MP dengan dual tone LED flash membuat pencahayaan semakin optimal. Sedangkan kamera depan 8MP dengan 80 derajat wide angle membuat foto tampak lebih luas. Pengaturan juga bisa dilakukan secara manual, seperti white balance, metering, dan ISO hingga 1600.


Banyak mode pemotretan yang bisa dicoba. Ada 22 pilihan scene dan 25 filter effects termasuk watermark, time lapse, slow motion, dan object eraser. Fitur object eraser ini dapat mendeteksi objek yang tidak dikehendaki. Niatnya mau foto berdua eh ada yang nampang di belakang bisa dihapus dengan fitur ini.

fitur kamera fisheye, watermark, dan aura red di Luna V
Ada cara unik untuk mengangkat telepon. Cukup dekatkan Luna V ke telinga tanpa menekan tombol apapun. Begitu pula bila hendak menolak telepon masuk dengan membalik Luna V sehingga layarnya tertutup.


Tak hanya itu, unlocking screen dapat menggunakan fingerprint juga eKTP! Supaya aman dari pihak-pihak yang usil, simpan baik-baik eKTP, ya.


Urusan transfer file, dapat menggunakan Bluetooth, NFC, maupun USB OTG. NFC ini tak hanya untuk pindah-memindah file tetapi juga berfungsi mengisi saldo Flazz atau e-money. Semakin mudah tanpa perlu ke ATM. 

Dilengkapi NFC untuk transfer file dan mengisi saldo Flazz maupun e-money

Disamping bentuknya yang elegan dengan fitur canggih, Luna V juga kuat. Smartphone ini benar-benar kuat karena tidak rusak setelah dilindas mobil. Bahkan layarnya disiram air pun masih oke. Kalau gini, HP ga sengaja terjatuh masih aman deh. FYI, pembuktian yang ini bukan saya yang melakukan, ga tega dengan si Luna. Sila cek di YouTube: Extreme Review with Arbain Rambey.


Belum selesai takjub menonton Luna V dilindas mobil, saya kembali takjub ketika mengetahui harganya. Luna V hanya Rp2.999.000,- sudah termasuk bonus hardcover dan anti gores. Serius nih?!


Luna V dan Luna G memiliki spesifikasi canggih, stylish, dan harganya ramah di kantong. Masing-masing memiliki keunggulan untuk mendukung aktivitas seharian. Smartphone LUNA bisa didapatkan di toko seluler baik offline maupun online. Kalau kamu, pilih yang mana?

Luna G
Specification
Luna V
Mediatek Helio P10, Octa Core 1.8Ghz, GPU Mali-T860MP2
Processor
Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz quad-core GPU Adreno 330
5.5" IPS Full HD, resolution 1080 x 1920 pixel
Screen
5.5" IPS Full HD, resolution 1080 x 1920 pixel
Android 6.0 Marshmallow
OS
Android 6.0 Marshmallow
4GB
RAM
3GB
32GB (microSD up to 256GB)
Memory
64GB (microSD up to 128GB)
4000mAh
Battery
3000mAh
Dual simcard 4G
Simcard
Dual simcard 4G
Back camera 13MP with autofocus plus LED, front camera 5MP
Camera
Back camera 13MP with dual tone LED flash, front camera 8MP with wide angle
Fast charging, USB OTG, fingerprint sensor
Other
Fast charging, USB OTG, NFC, fingerprint sensor, unlock screen using eKTP, Bluelight filter
Silver, gold
Color
Silver, gold
 

[UPDATE 30/9: Hari ini Luna G silver saya diambil tanpa izin di terminal bus di Jakarta Timur. Masih berharap ia kembali bila Allah mengizinkan. Namun, saya juga harus ikhlas. Mungkin pihak tersebut lebih membutuhkan. Semoga berkah.]
40 comments on "Luna G dan Luna V Review: Spesifikasi Canggih, Stylish, dan Ramah di Kantong"
  1. Yg fotur aira red jadinya kayak vampire ya Len. Hihi. Tinggal cari edward cullen aja niih

    ReplyDelete
  2. yang picture in picture kayag e keren banget. aiihhhhh pengeenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mikirnya itu buat pura-pura selfie padahal lagi foto orang di depan. Hehehe

      Delete
  3. Wuah foto mobil2an hasil bidikan HP Luna, bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indoor lho itu. Hasil kameranya mumpuni

      Delete
  4. Apaaa..memori internalnya 32gb itu asik bgt..hpku minta diganti deh kayaknya..memori internal cuma 8gb alhasil sering bgt ngapus2in aplikasi haha..bisa jd rekmendasiku ini mama sid..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaak itu dikit banget dengan seringnya kita foto-foto. Sana gih beli Luna

      Delete
  5. Kamera kece... Serius nggak percaya kalo foto mobilnya pakai HP LUNA dan batere itu tahan satu hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep yak. Baterainya awet, ga perlu bawa powerbank

      Delete
  6. Makin canggih aja hp masa kini!

    Btw kayak kenal kerudungnya.. hihi 😋

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget bisa motret sekalian selfie...

    Hmmm nunggu harga turun dulu deh.ahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini udah muraaah lho. Harga terbaru dari Luna V under 3juta

      Delete
  8. nama brandnya bagus, harga memang sesuai dengan spek , boleh lah nanti klo ketemu coba hpnya

    ReplyDelete
  9. cakeeep... dengan keunggulan kamera dan memory nya pas banget untuk teman ngeblog, jadi mupeng ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog pakai Luna V enak kali ya. Kan layarnya gede

      Delete
  10. Iya, idem sama Ike.
    Picture in Picture itu, juarak!
    Hmmm, Luna V, come to mama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini ku belikan tapi transfer ke rekeningku yaa

      Delete
  11. fiturnya keren juga terutama kameranya. Batrainya apa ngak panas mbak kalau bisa tahan seharian gitu. Harganya terjangkau sih untuk fitur lengkapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipakai terus menerus ya bakal hangat. Pemakaian normal aja

      Delete
  12. Penasaran banget ingin mencoba hp Luna ini. Hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau aku punya, boleh pinjam punyaku deh *ngarep

      Delete
  13. Wah bisa motret depan belakang gtu ya :D
    Jd penasaran jg sama HP satu ini, ntr liat2 deh kalau jalan2 ke mall yg jualan HP :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Picture in picture ini mode foto yang unik

      Delete
  14. Replies
    1. Silver atau gold, aku terima aja deh kalau Ada yang kasih

      Delete
  15. Mbak itu beneran si LUNA V ga sampe 3 juta ???? Premium gitu harga terjangkau, boleh lah jadi referensi...udah saatnya ganti nih *alasan :D tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil fotonya cakeeeep lho. Kan kamu suka foto-foto

      Delete
  16. awalnya ku kira buatan China lho Mba, ternyata buatan negeri Oppa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ini Taiwan tapi pakai bahasa Korea maybe karena booming di sana

      Delete
  17. Kpingin ganti hp ini hmm noted lah klo spekny bagus ini

    ReplyDelete
  18. Sy malah tertarik dengan Luna V mba. Desainnya premium, elegan tampak nyaman disaat menggenggamnya dalam satu tangan.

    ReplyDelete
  19. bagus banget Luna nya, anti kalau lewat toko hp bisa langsung tanya

    ReplyDelete
  20. hasil foto sama desainnya bagus mba, jadi pengen beli buat anakku :D

    ReplyDelete
  21. Ya ampuuun, bikin mupeng banget siiiik. Spek kece dg harga murce, dooh *lirik kantong

    ReplyDelete
  22. Speknya oke banget dan harganya ramah di kantong

    ReplyDelete
  23. Wuih..asyik bgt klo buat ambil2 gambar kalo hasilnya secerah itu

    ReplyDelete
  24. Kayaknya aku naksir Luna G nih..harga terjangkau pula

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature