Temukan Inspirasi Fesyen Muslim Modern Barli Asmara di FWD Fashion Rocks

Wednesday, August 30, 2017


Bagaimana jadinya fashion show dan music performance hadir dalam satu panggung? Ini satu hal yang membuat saya penasaran dengan pagelaran busana FWD Fashion Rocks. Yang lebih menarik lagi, busana yang ditampilkan adalah busana muslim modern. Asyik nih bisa mendapat inspirasi fesyen muslim sekaligus menonton mini concert dari penyanyi kenamaan Indonesia.

25 Agustus 2017 lalu, pelataran Sarinah Thamrin yang biasanya dipenuhi mobil berganti dikerumuni para pengunjung yang sudah tak sabar menyaksikan FWD Fashion Rocks. Konsep fashion show ini terbuka di parking lot sehingga orang yang niatnya numpang lewat pun bisa menyaksikan penampilan para model di stage.

busana muslim barli asmara
FWD Fashion Rocks #MelangkahDenganSyariah (dok.FWD Life)

Sebelum fashion show dimulai, saya sempat hadir di press conference FWD Fashion Rocks di Hotel Akmani, Jakarta. Di sini 5 orang penting di balik layar FWD Fashion Rocks menjelaskan lebih lanjut fashion show tersebut.

Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani menyebutkan FWD Fashion Rocks adalah hasil kolaborasi perusahaan asuransi FWD Life dan 87.6 Hard Rock FM Jakarta untuk mendukung industri fesyen tanah air dengan menggandeng Barli Asmara, desainer kenamaan Indonesia. Dengan konsep acara seperti ini diharapkan masyarakat semakin menghargai karya anak bangsa, mendorong perekonomian, juga meningkatkan literasi & inklusi keuangan di Indonesia. 

Awalnya saya bingung kok ada perusahaan asuransi di acara fashion show? Rudi menjelaskan bahwa ini bentuk dukungan FWD Life terhadap passion nasabahnya. Diharapkan karya-karya yang ditampilkan dapat memberi inspirasi positif dan semangat bagi desainer muda Indonesia untuk terus berkarya. 

Lewat acara ini pula FWD Life mengenalkan asuransi dengan cara yang unik. 30 koleksi Barli Asmara yang ditampilkan malam itu terinspirasi oleh “Bebas Ikhtiar”, asuransi jiwa syariah FWD Life yang mengutamakan proteksi, investasi optimal, berbagi donasi, juga tetap fashionable. Dengan membeli asuransi “Bebas Ikhtiar”, pengunjung turut berdonasi sebesar Rp200.000,- juga mendapat scarf eksklusif rancangan Barli Asmara. Hwaaa….cantik banget scarf-nya. Kebayang kadar kecantikan naik 200% pakai scarf karya desainer kenamaan Indonesia. Fashionable and syar’i!

fwd life
Press conference FWD Fashion Rocks (dok.pri)
Head of Marketing Communications MRA Broadcast Media Division Sigit Prabowo menjelaskan ini kali ketujuh Hard Rock FM mengadakan Fashion Rocks. Konsep tahun ini berbeda dari sebelumnya karena menggabungkan fashion show dengan mini concert. Wah ternyata sudah lama juga ya acara ini rutin digelar. Saya yang kudet nih baru pertama kali menyaksikan Fashion Rocks. Harus rajin dengerin 87.6 Hard Rock FM Jakarta supaya ga ketinggalan informasi event-event keren lainnya.

FWD Fashion Rock: Bebaskan Langkah, Tetap Syariah

Konsep acara kali ini yaitu “Bebaskan Langkah, Tetap Syariah”. Lewat karya-karyanya, Barli ingin mengungkapkan berbagai keunggulan asuransi jiwa syariah “Bebas Ikhtiar”. 30 karya Barli Asmara hadir dalam 3 sequences.

Sebagai pembuka, Barli menampilkan tema Gentala dalam batik Jambi yang didesain menutupi tubuh untuk menggambarkan konsep “proteksi”. Konsep ini sejalan dengan asuransi Bebas Ikhtiar yang memberi perlindungan komprehensif.

Para model tampil diiringi alunan musik White Shoes and The Couples Company (WSaTCC) yang khas dengan musik retro klasik dan swing jazz.  

barli asmara
Busana bercorak batik Jambi membuka sequence pertama diiringi musik WSaTCC (dok. FWD Life)
Selanjutnya, koleksi yang ditampilkan bertema Turkey Arabic membawa kesan mewah nan elegan sebagai representasi konsep “investasi jangka panjang”. Dengan Bebas Ikhtiar yang juga memberi manfaat investasi, kita bisa menikmati banyak momen terbaik dalam hidup.

Pada sequence kedua ini duo asal Yogyakarta, Stars and Rabbit, mengiringi penampilan para model. Para penonton yang sudah familiar dengan grup yang mengusung genre musik imaginary pop ini pun ikutan sing along.
Mewah dan elegan di sequence kedua (dok. FWD Life)

Stars and Rabbit membuat penonton menyanyi bersama (dok. FWD Life)

Sequence terakhir menghadirkan koleksi yang lebih up-to-date and chic, bisa dipakai sehari-hari. Desain bertema monochrome ini menunjukkan konsep “celebrate living” yang dipadu scarf eksklusif karya Barli untuk FWD Life. Kali ini giliran Andien yang melantunkan lagu andalannya seperti Belahan Jantungku dan Indahnya Dunia.

Tema monochrome menjadi sequence penutup (dok. FWD Life)

Scarf eksklusif rancangan Barli Asmara (dok.FWD Life)

Di sela acara fashion show, FWD Life dan Hard Rock FM menyerahkan donasi dari hasil lelang salah satu koleksi eksklusif Barli Asmara kepada Dompet Dhuafa dan Yayasan Badan Wakaf Indonesia, masing-masing sebesar Rp25.000.000,-. Wah siapa yang menjadi pemenang lelang, ya? Pakaiannya begitu anggun dan mewah.

Penyerahan donasi kepada Dompet Dhuafa dan Yayasan Badan Wakaf Indonesia oleh Rudi Kamdani (Dok. Alida Bahaweres)
Overall saya tertarik dengan koleksi pakaian yang ditampilkan malam itu. Desain yang nampak simple, ringan, dan tetap syariah cocok dengan selera saya. Edwan Handoko, koreografer, dan Ajeng Svastiari, stylist, mampu merangkai fashion show menjadi semakin apik, menunjukkan bahwa anak-anak bangsa mampu berkarya untuk membanggakan Indonesia.

Satu hal yang membuat saya surprised adalah para model tidak menggunakan hijab seperti fashion show muslim lainnya. Mungkin ini sebagai representasi dari asuransi Bebas Ikhtiar yang meskipun berbasis syariah namun dapat dimiliki siapa saja, tidak terbatas pada golongan muslim.

Bebas Ikhtiar dari FWD Life

Bagi saya, memiliki asuransi itu penting sebagai bentuk ikhtiar menjaga kesehatan dan menyayangi keluarga. Syukur Alhamdulillah bila polis asuransi tidak terpakai hingga jangka waktunya habis. Itu artinya Tuhan melimpahkan kesehatan untuk kita.

Namun, mendengar kata asuransi biasanya membuat orang tidak tertarik. Terbayang telemarketing yang mengejar-ngejar lewat telepon atau klaim yang berbelit-belit. Pokoknya males deh berurusan dengan asuransi. Ditambah lagi generasi muda sepertinya tidak terlalu peduli dengan asuransi. Saya sendiri ketika masih kuliah belum paham asuransi. Tunggu nanti lah kalau sudah agak tua. Padahal asuransi dibutuhkan sebagai back-up ketika ada musibah yang datangnya tak terduga. Untuk itu FWD Life ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi, antara lain mengenalkan asuransi lewat FWD Fashion Rocks

Belakangan ini saya sering mendengar tentang FWD Life, asuransi yang mengandalkan teknologi digital. Bulan Agustus - September FWD Life mengadakan FWD-Hackathon untuk mewadahi para programmer dan digital enthusiast yang memiliki ide bisnis pengembangan software untuk memudahkan proses asuransi. Bulan Agustus ini saya berkesempatan hadir di FWD Fashion Rocks yang mendukung industri fesyen Indonesia. Hal ini menunjukkan FWD Life bukan hanya perusahaan asuransi biasa, tetapi juga mendukung passion-passion nasabahnya. FWD Life itu asuransi yang millenial banget!

FWD Life atau lengkapnya PT. FWD Life Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. FWD Life telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). So, tenang aja lembaga ini telah resmi berdiri. Produk yang ditawarkan beragam, seperti produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit-link), asuransi berjangka, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi kesehatan. Salah satu produk asuransi jiwa berbasis syariah yang dimiliki yaitu “Bebas Ikhtiar”.
Bebas Ikhtiar adalah asuransi komprehensif syariah yang adaptif dan terencana. Dikatakan demikian karena dalam satu produk terdapat unsur proteksi serta investasi jangka panjang yang sesuai prinsip syariah. Selain itu pemilik Bebas Ikhtiar juga dapat berdonasi kepada sesama yang membutuhkan dalam bentuk zakat, infak, wakaf tunai, ataupun dana hibah.

Fitur yang yang akan didapatkan dari Bebas Ikhtiar yaitu:

  • Santunan Asuransi Manfaat Meninggal ditambah Manfaat Investasi (yang terbentuk sejak tahun pertama) jika Pihak Yang Diasuransikan mengalami risiko meninggal sebelum berusia 100 tahun.
  • Tambahan Santunan Asuransi Manfaat Meninggal jika Pihak Yang Diasuransikan mengalami risiko meninggal akibat kecelakaan sebelum usia 70 tahun.
  • Manfaat Investasi akan diberikan jika Pihak Yang Diasuransikan tetap hidup hingga mencapai usia 100 tahun (akhir masa asuransi).
Sebagian dari Manfaat Meninggal juga dapat dihibahkan.
Asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar dari FWD Life (diolah dari FWD Life)
 Siapa saja boleh memiliki asuransi Bebas Ikhtiar dengan syarat usia minimal. Untuk peserta berusia 18-80 tahun sedangkan Pihak Yang Diasuransikan berusia 30 hari - 70 tahun. Berarti dari bayi pun sudah bisa menjadi Pihak Yang Diasuransikan.

Sedangkan untuk premi juga terjangkau. Bebas pilih dengan kontribusi dasar minimun Rp200.000,-/bulan. Mau top-up berkala bisa dengan minimum Rp100.000,-/bulan atau top-up tunggal dengan minimum Rp1.000.000,- per transaksi.
Karena Bebas Ikhtiar berupa unit-link maka selain manfaat proteksi, peserta akan mendapat manfaat investasi. Ada dua pilihan investasi yang tersedia. Pertama, FWD Equity Fund Syariah dimana penempatan investasinya 80%-100% di saham dan 0-20% instrumen pasar uang syariah. Kedua, FWD Balanced Fund Syariah dengan strategi investasi 5-79% di saham, 5-79% di sukuk, dan 5-79% di instrumen pasar uang syariah.
 
Asuransi jiwa syariah Bebas Ikhtiar juga dilengkapi asuransi tambahan (rider) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain: FWD Critical Illness Accelerated Syariah, FWD Waiver of Contribution Insured Syariah, FWD Waiver of Contribution Family Syariah, FWD Payor Term Syariah, dan FWD Family Term Syariah. Mana yang lebih cocok dengan kebutuhanmu sebaiknya konsultasi dengan Agen profesional FWD Life, ya.

Masih kurang jelas? Bisa langsung bertanya ke FWD Life lewat beberapa cara, yaitu:
  • Telepon (+62)1500391
  • Click-to-meet untuk bertemu dengan Agen professional FWD Life. Bisa membuat janji lewat website FWD, lho.
  • Mengisi formulir di sini supaya Agen FWD Life mudah menghubungimu.
Dengan Bebas Ikhtiar, kita bebas menjalani aktivitas sehari-hari meraih yang terbaik dalam hidup.
39 comments on "Temukan Inspirasi Fesyen Muslim Modern Barli Asmara di FWD Fashion Rocks"
  1. Saya suka nonton fashion Show, sayangnya pas fashion Rock FWD Life waktunya malam dan lokasi jauh ya. Keren-keren tu busana karya Barli Asmara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya selesainya malam. Ajak suami aja mbak supaya ada teman pulang.

      Delete
  2. Sangat terhibur sekali datang ke acara FWD Fashion Rocks nih mba. Kolaborasi yang apik :)

    ReplyDelete
  3. Acara yang keren neh, udah bisa berdonasi, punya scarft juga ya

    ReplyDelete
  4. Waktu even sore sebenarnya berharap ada musik buat hiburan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya andai stars and rabbit nyanyi 1 lagu

      Delete
  5. Acaranya menarik. Baru kali ini tahu ada asuransi yang menggabungkan kosep fashion dan musik. Baju-bajunya juga sepertinya masih cocok buat aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirimu tinggi semampai. Cocok jadi model

      Delete
  6. Dress di fashion shownya simple tapi elegan banget diliatnya. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup aku suka dressnya. Ga ribet tumpuk-tumpuk

      Delete
  7. Bagus ya mbak konsep acaranya. Dibuat jadi acara fashion gitu. Gak seperti pemaparan asuransi-asuransi pada umumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih fleksibel dan santai mengenalkan asuransi ke masyarakat

      Delete
  8. Media pengenalan asuransi dengan cara yang unik ya mbak.
    Dijamin ga akan bosen nih, slain bisa liat live perform music dengan penampilan model2 dg busana perancang ternama Barli Asmara. Ketce nih bajunya, elegan, simple tapi tetep calm, 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ga parno duluan dikejar pihak marketing asuransi. Lewat fashion rocks manfaat asuransi dikenalkan

      Delete
  9. Aku udah dapet dong scarfnyaa. Cantik banget pengen elus-elus terus.

    ReplyDelete
  10. Wah...keren ya acara fashion Rocks nya, apalagi scraft nya keren bgtt

    ReplyDelete
  11. Ngak nyesel datang ke FWD Fashion rocks kereeen !

    ReplyDelete
  12. Acaranya pasti seru banget ya...ada hiburan musik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Sayangnya tante ga datang waktu malam

      Delete
  13. Keren banget ya, sekarang penyajiaan suatu produk atau jasa dikemas secara menarik, biar punya harga jual ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Mdh2an. Stlh peluncuran bebas ikhtiar dr fwd life mkn bnyk y yg berasuransi aplg syariah biar bs skalian membantu yg lain keren jg acrnya FS dn mudik JG lelang

    ReplyDelete
  15. Wah, keren banget ya tim kreatifnya mampu mengusung konsep acara seperti ini.

    Semoga masyarakat Indonesia semakin menghargai karya anak bangsa sekaligus mendorong perekonomian, juga meningkatkan literasi & inklusi keuangan di Indonesia.

    Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Jujur tidak terlalu fahan dgn dunia fashion, tapi dari foto"nya menggambarkan kenyamanan si pemakai.. Warnanya juga kalem ya mba ak suka

    ReplyDelete
  17. Konsep acara pergaan busananya menarik, dikaitkan sama proteksi. BtW Aku lagi mikir2 ttg asuransi pendidikan dan kesehatan anak, FWD ini ada tdk jg ya?

    ReplyDelete
  18. Keren ya, sayang saya masih trauma sama yang nama nya Asuransi. Jadi kalau ada yg cerita soal asuransi bawaannya mau kabur aja.

    ReplyDelete
  19. Penasaran sama insurance satu ini. Bikin acaranya keren pula sasarannya anak muda

    ReplyDelete
  20. Uwow banget yo mba inovasinya FWD Life, kolaborasi music dan fashion...serunya belajar asuranasi dengan cara yang fun :)

    Koleksi barli Asmara bikin mupeng semua, apalgi yang Turkish...love banget deh!

    ReplyDelete
  21. Barli Asmara masih muda, tapi karya-karyanya udah hits di mana-mana. Salut! Dukung acara-acara charity kayak gini.

    ReplyDelete
  22. Scarf nya cakep bangeeet, naksirr

    ReplyDelete
  23. eunggg... tema fashionya ga syariah juga y mb. baiknya designer syari juga. pas deh

    ReplyDelete
  24. Aku baru tau tentang band Stars and Rabbit, kemana aja ya aku xD
    Trus pas denger suara dan lagunya asyik banget! :)

    ReplyDelete
  25. Infonya bermanfaat banget nih, menarik juga pembahasannya, mampir juga ya kesini menggenai solusi kewanitaan KLIK DISINI

    ReplyDelete
  26. hmmm.. Saya kok ga nemu dimana syariahnya ya mbak ?? padahal udah kubaca 2x. hikss.. #nangisgulunggulung

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature