Top Social

Perlengkapan Pendukung Mom Blogger

Monday, September 5, 2016


Bahagia rasanya kalau mendengar komentar “Enak ya nulis doang bisa dapat duit.”. Alhamdulillah, kalau ada yang mupeng atau iri dengan yang kita lakukan berarti kondisi kita dianggap lebih baik. Masalah duka dan luka disimpan di dapur saja. Saya berpedoman pada “Do what I love, love what I do” dan yang penting bersyukur. Allah berfirman jika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat-Nya.

Weits, kembali ke topik utama. Nge-blog juga butuh modal, sama seperti tiap pekerjaan di dunia ini. Modal disini termasuk kemampuan dan materi/barang. Menjadi customer service harus punya modal penguasaan produk, komunikasi yang baik, dan kesabaran menghadapi keluhan pelanggan. Menjadi petugas kebersihan pun butuh peralatan seperti sapu, pel, sabun cuci, serta skill membersihkan yang efektif dan efisien. Bagaimana dengan blogger? Kali ini saya membahas lebih spesifik berdasarkan refleksi diri sebagai mom-blogger (baca: emak doyan curhat di blog yang kemana-mana membawa anak).

Pekerjaan sebagai blogger pun butuh skill dan materi penunjang. Kemampuan menulis, berinternet, serta menggunakan platform blog perlu dimiliki sebagai modal dasar. Selain itu ada beberapa inventaris yang penting dimiliki guna menunjang kelancaran hobi nge-blog ini. Perlengkapan pendukung blogger versi saya terdiri dari:
Hasil nyicil perlengkapan nge-blog

1. Smartphone
Menurut saya smartphone ini super wajib dimiliki. Alat ini bisa dipakai untuk merekam materi narasumber, memotret, menulis di note, hingga menulis artikel di blog. Tak lupa fungsi dasar smartphone untuk menjalin jaringan dengan pihak brand, agent, maupun sesama blogger. Karena sangat penting, pilih provider dengan sinyal internet bisa diandalkan. Sinyal lancar ini dibutuhkan untuk live tweet dan update status selama acara berlangsung. Selain itu pastikan pulsa cukup terisi ya.

2. Laptop
Saya lebih nyaman mengetik tulisan yang panjang di laptop daripada melalui smartphone. Laptop juga lebih mudah dibawa karena bentuknya yang praktis. Saya pernah mengetik artikel di nursing room sebuah mal saat dikejar deadline.
Laptop merah yang menemani saya bekerja ini umur ekonomisnya sudah habis, Alhamdulillah masih lancar dipakai selama charger-nya tersambung ke colokan listrik. Untuk itulah pekerjaan saya bergantung pada listrik yang stabil. Rasanya campur aduk kalau sedang dikejar deadline kemudian listrik tiba-tiba padam. Buat pengguna listrik prabayar, pastikan pulsa sudah terisi. Sekarang ini membeli pulsa listrik online semakin mudah.
Ilustrasi dari banggaber

3. Wi-Fi router
Smartphone dapat dijadikan sebagai Wi-Fi router tetapi kadang sinyalnya kurang kuat, baterai cepat habis, atau harga paket internetnya mahal. Beda dengan paket internet Wi-Fi untuk rumah yang harganya lebih terjangkau dengan unlimited kuota 24 jam. Saat memilih provider internet ini sebaiknya survey dahulu mengenai kekuatan sinyal karena tiap daerah bisa berbeda.

4. Kamera
Artikel akan semakin menarik bila diberi foto dan video yang relevan. Peran kamera dengan resolusi tinggi membuat cerita pada tulisan semakin hidup. Pembaca seakan-akan turut berada di sana. Selama ini saya lebih sering memakai fitur kamera di smartphone. DSLR atau mirrorless camera menjadi wishlist saya tahun ini. Amin…
Mirrorless idamanku

5. Voice recorder
Alat ini sangat berguna untuk merekam penjelasan narasumber karena dapat diulang-ulang. Ada kalanya materi yang tergolong baru atau sangat teknis perlu saya perdengarkan beberapa kali supaya semakin paham. Apalagi kalau anak rewel saat acara berlangsung sehingga konsentrasi saya terpecah. Voice recorder ini membantu saya mengingat kembali materi pembicara.

6. Powerbank
Alat satu ini jarang saya gunakan kecuali kepepet untuk mengisi baterai HP saat kesulitan mencari colokan listrik. Powerbank yang saya miliki penuh kenangan karena didapat dari hadiah lomba nge-blog.

7. Kartu nama
Kartu nama sangat penting untuk networking, pun di era digital. Saat ada acara offline seperti gathering, talkshow, dan seminar, blogger dapat bertukar kartu nama dengan pihak pengundang maupun sesama blogger. Siapa tahu silaturrahim terjaga, undangan datang lagi. Biaya cetak kartu nama per box juga terjangkau, ada yang di bawah Rp 50.000,-.

8. Pulpen
Meski lebih sering mencatat pada ponsel, saya juga sedia pulpen untuk mencatat penjelasan narasumber terutama saat baterai ponsel kritis.
Uang elektronik ini bekal naik transportasi umum

9. Uang elektronik
Untuk mencapai lokasi acara, saya mengandalkan bus Transjakarta dan Commuter line. Uang elektronik berguna untuk membayar tiket bus dan kereta tersebut. Teknologi ini memudahkan saya karena tidak perlu menyiapkan uang kecil, cukup tap in-tap out. Uang berbentuk kartu ini juga bisa dipakai membayar biaya tol. Antrian GTO biasanya tidak terlalu mengular dibanding pembayaran dengan cash.

10. Baby carrier
Saya (hampir) selalu membawa anak kemanapun saya pergi, termasuk ke acara blogger karena tidak ada yang menjaganya di rumah. Baby carrier menjadi perlengkapan wajib untuk menggendong dia, terutama saat mengantuk. Untuk itu saya memilih gendongan yang nyaman berbentuk mirip ransel supaya beban tubuh anak terbagi di kedua pundak saya. Gendongan andalan saya berwarna hitam motif bintang. Tepatnya andalan dan satu-satunya, hehehe.
Di catwalk pun pakai baby carrier


11. Camilan
Saya dan anak sama-sama doyan makan. Biasanya saya membawa camilan berupa buah dan biskuit supaya anak kenyang dan tenang. Saat nge-blog di rumah, saya juga sedia makanan ringan dan air mineral.

Itulah selusin perlengkapan tempur dalam menjalani hobi sekaligus pekerjaan mom-blogger ini. Belum memiliki semua item bukan berarti tidak bisa nge-blog. Perlengkapan tersebut bisa dicicil sedikit demi sedikit dari hasil nge-blog juga. Menurutmu, apa perlengkapan wajib para blogger?
48 comments on "Perlengkapan Pendukung Mom Blogger"
  1. waaah nomor 11 wajib banget buat saya mba hehe
    salam kenal :)
    artikelnya sangat bermanfaat mba, thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. Kayanya no 10 jdi must buy item dlm waktu dekat ni, elus perut :) thanks sharingnya mbaaa

    ReplyDelete
  3. Ah senangnya mengetahui ada mom blogger lain yang juga menggendong baby kemana-mana. Salam kenal mbak saya dee dari Jogja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba. Tak gendong kemana-mana deh.

      Delete
  4. waaah, komplit bangett mbak :D.. aku aja ga sampe segitunya ;p.. palingan cuma laptop, kamera, notes ama pulpen. udah deh :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitu juga cukup mba. Malah ada yang ngeblog dari smartphone aja.

      Delete
  5. waaah, komplit bangett mbak :D.. aku aja ga sampe segitunya ;p.. palingan cuma laptop, kamera, notes ama pulpen. udah deh :D.

    ReplyDelete
  6. waaah, komplit bangett mbak :D.. aku aja ga sampe segitunya ;p.. palingan cuma laptop, kamera, notes ama pulpen. udah deh :D.

    ReplyDelete
  7. aku punya voice recorder, tapi gak pernah dipake ... buat foto2, masih pake smartphone ... peralatan tempurku yg basic ajaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Voice recorder ini sangat membantu kalau materinya berat. Sayanya lemot, harus mendengarkan berulang2

      Delete
  8. Saya belum punya kartu nama... eh tapi perlu gak ya buat saya? Secara hadir di acara2 blogger masih terbilang jarang :)
    Btw makasih Mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat jaga-jaga aja mba. Terlihat lebih professional. Bisa juga buat doorprize *eh

      Delete
  9. Pingin bikin kartu nama tapi belum jadi-jadi juga. Padahal manfaatnya banyak banget ya, mba :). Kalo yang lainnya alhamdulillah udah punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Yok bikin. Desain sendiri juga bisa

      Delete
  10. Beberapa item di sini sudah saya gunakan. Kamera, hp, wifi, pulpen dan kartu nama

    ReplyDelete
  11. Sama mak, ngetik pun sambil gendong anak, hehe
    Perjuangan sekali mak . . Tapi tetep semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama. Nulis ini juga sambil gendong

      Delete
  12. voice recorder perlu ya mbak? :3 aku kira engga >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aku iya mba. Kadang fokus pikiran terpecah karena sambil ngurus anak.

      Delete
  13. kalo saya harus sedia kopi hitam, biar kuat melek hehe
    btw saya mengadakan giveaway mb, ikutan yuk di sini : http://www.indriariadna.com/2016/09/giveaway-tips-cantik-ala-kamu.html

    ReplyDelete
  14. Aku juga pulpen dan buku catetan menjadi wajib, Mbak. Padahal masih sebatas blogger rumahah aja, masih jarang dateng ke event-event.
    Sukses terus ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide datang kapan saja. Bisa buat mencatat ide atau hal menarik tuh mba.

      Delete
  15. Nulis perlu reward, kalo saya mba.
    Heehe .. Biar semangat ngerjain tulisan.

    *rewardnya nonton drama Korea ^^ hiihhii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bisa! Simple aja rewardnya yang penting bahagia

      Delete
  16. Kertasnya jangan lupa, nulis pake pulpennya jangan di telapak tangan, hihi... bercanda Mbak...

    Senang kalau ada acara blogger bisa bawa anak. Tapi jarang banget... anak masih bayi termasuk oke, coba kalau sudah balita, aih, serba salah buat saya mah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aku ga bawa kertas, mba. Biasa coret-coret di press released yang dibagikan aja.

      Delete
  17. Komplit bangettttt..netbook juga udah udzur malah keyboardnya udah mati harus pake keyboars eksternal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih ada solusi daripada harus pake mesin tik trus di-scan *lho

      Delete
  18. Waaah camilaaan, pendukung banget nih. Kalau dari semua hal sudah terpenuhi, perut laper jadi gak bs ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget ini. Guilty pleasure gitu sih tapi butuh supaya otak jalan

      Delete
  19. Voice recorder saya pake Hp aja mbk. Lumayan 30 menit durasi wawancara msh tercover

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya gitu tapi HP jadi lemot karena merekam sambil foto-foto + live tweet. Bingung deh tuh HP

      Delete
  20. Hampir semuanya sama.
    Tapi,entah kenapa saya malah nggak fokus kalau ada camilan. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah, ngemil dulu 5 menit trus lanjut nulis

      Delete
  21. belumpunya recorder euung..biasanya dari hape aja

    ReplyDelete
  22. Lengkap ya...semoga bisa lengkap spt mb Helena.

    No.10 noted
    Trmkasih mb sharingny

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga nyicil satu persatu, mba. Masih nabung buat kamera yang mumpuni

      Delete
  23. Yg k 4 blm punya tuh mba .. hehe curhat... mdh2an dlm waktu dkt y tks u.tipsny

    ReplyDelete
  24. aku perlu semuanya perlengkapan itu kecuali yang terakhir karena blom punya baby :)

    ReplyDelete
  25. List yang lengkap untuk perlengkapan blogger. Tapi saya gak perlu gendongan bayi, Mbak. Udah gak punya bayi soalnya he he he..
    Lihat penampakan gambar pertama, jadi nostalgia ngetik pakai mesin tik. Lumayan pegel jari-jari tangan kita ya... ^_^

    ReplyDelete
  26. Pengen punya smartphone dan leptop yang mumpuni #curcol :))
    Kalau baby carrier gak, malah lbh suka bawa Maxy yg udah gedhe ketimbang Dema yg msh genong2 hihihi :P

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature