Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Friday, September 2, 2016
Siapkan dana pendidikan anak sejak dini untuk bekal masa depannya
"A good education, is the greatest gift you can give yourself or anyone else."
Mahtab Narsimhan


Tiga tahun lagi Sid masuk TK. Lima tahun lagi ia mulai belajar di SD. Masih lama sih tapi saya sudah memikirkan tentang kriteria sekolah untuknya, termasuk juga biayanya. Saya pernah mengemukakan kekhawatiran sebagai ibu dalam mempersiapkan dana pendidikan anak di sini. Pertanyaan pun muncul di benak saya, berapa kisaran biaya yang dibutuhkan hingga ia lulus kuliah? Cukupkah tabungan yang kami siapkan untuk membiayai sekolah Sid kelak? Apalagi yang bisa kami lakukan untuk mengamankan biaya pendidikan ini?

Saya dan suami tentu ingin agar Sid memperoleh pendidikan terbaik supaya potensinya tersalurkan dan ia bisa mencapai cita-citanya. Apapun cita-citanya, selama itu positif, akan kami dukung. Sekolah berkualitas tentu butuh dana yang tinggi dan itu harus dipersiapkan sejak dini. Biaya pendidikan tiap tahun semakin naik. “Survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun.”, ujar Perencana Keuangan, Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP.
Apa ya cita-cita Sid?
Harga-harga barang secara umum meningkat terus-menerus atau biasa disebut inflasi. Dulu dengan uang 5000 bisa membeli 1 buah buku tulis, sekarang butuh uang 10.000. Hasil ngintip data inflasi Bank Indonesia, tingkat inflasi Indonesia bulan Januari hingga Juli 2016 berkisar 3-4%. Angka ini tergolong kecil namun pertumbuhan ekonomi juga kecil. Pada pertengahan 2013 hingga awal 2014, inflasi cukup tinggi di kisaran 8%.

Bagaimana dengan beberapa tahun mendatang saat Sid kuliah? Visi ekonomi Indonesia ke depan yaitu Indonesia sebagai digital ekonomi terbesar tahun 2020. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sumber daya yang dimiliki negeri tercinta ini banyak yang bisa dimanfaatkan. Hasil riset Departemen Pertanian Amerika Serikat memprediksi tahun 2030 Indonesia masuk dalam 20 besar perekonomian dunia (sumber). Harapan saya sebagai ibu rumah tangga, semoga kondisi ekonomi Indonesia makin maju dan stabil supaya kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan terjangkau. 


Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Kondisi perekonomian Indonesia dan tingkat inflasi ini berpengaruh terhadap jumlah dana pendidikan yang harus kami siapkan untuk bekal masa depan Sid. Prita Hapsari Ghozie memberikan panduan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sebagai berikut:

1. Diskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.

Kami masih mencari informasi pilihan sekolah sesuai bakat dan minatnya. Gambaran awalnya untuk SD di SD Islam supaya bekal agamanya terpupuk. Kemudian dilanjutkan ke SMP dan SMA Negeri supaya pergaulannya lebih majemuk. Saat kuliah, harapan kami ia dapat menempuh S1 di universitas negeri.

2. Setelah menemukan calon sekolah favorit, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar. 

Kami sudah melakukan riset sederhana dan menghitung kebutuhan dana dengan kalkulator finansial yang ada di sini untuk tiap jenjang pendidikannya. Saat ini Sid berusia 1 tahun. Asumsi tingkat inflasi yang saya gunakan sebesar 10%.


Perkiraan biaya selama SD hasil simulasi kalkulator finansial

Setelah menghitung dengan kalkulator finansial untuk tiap jenjang pendidikan, total biaya sekolah dari SD hingga sarjana untuk saat ini Rp 136juta. Sedangkan saat Sid sekolah nanti, perkiraan biaya sekolahnya naik sehingga totalnya lebih dari Rp 368juta. *tarik napas dalam-dalam* Investasi yang dibutuhkan tiap bulan senilai Rp 1.831.350,- dengan asumsi pilih investasi yang imbal hasilnya 15%.

Hasil lengkap simulasi kalkulator finansial dari SD hingga S1
3. Periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan untuk dana pendidikan anak. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.

Besar juga ya dana yang harus kami persiapkan. Kalau hanya mengandalkan tabungan atau deposito dengan bunganya, kami kesulitan. Alternatif lainnya yaitu Asuransi Pendidikan, Tabungan Pendidikan, Reksadana, Logam Mulia, dan Saham.

Semoga bisa menyekolahkannya di tempat terbaik
4. Lindungi keuangan keluarga. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan bagi orang tua yang produktif bekerja, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Saya pernah bertanya ke marketing pihak asuransi mengenai asuransi pendidikan. Tiap periode tertentu (bisa bulanan, 6 bulan, atau 12 bulan) orang tua membayar sejumlah premi. Perkiraan imbal hasilnya lebih tinggi dibanding tabungan dan deposito. Nilai tersebut akan cair saat jatuh tempo. Apabila belum sampai batas waktunya terjadi sesuatu dengan orang tua sehingga cacat atau meninggal, uang pertanggungan akan cair. Meskipun orang tua tidak bisa bekerja, biaya sekolah anak akan ditanggung dari pencairan asuransi tersebut. Asuransi pendidikan ini dikombinasikan dengan asuransi jiwa atau biasa disebut unitlink.

Makin pusing atau makin tercerahkan dengan langkah-langkah di atas? Saya sedikit bernapas lega mengetahui kebutuhan dana yang nilainya WOW itu. Setidaknya saya tahu harus mempersiapkan dana berapa untuk mendukung si kecil. Ditambah lagi saya sudah mengikuti Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil-Go. Hadiahnya asuransi pendidikan lho! Ada yang sudah ikut?


Ikut Bekal Masa Depan Chil-Go! yuk

Bekal Masa Depan Chil-Go! adalah program dari Morinaga untuk membantu para orang tua menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anak. Di sini kita ditantang bermain kreatif bersama anak untuk menstimulasi kecerdasan multi talentanya. Ide bermain tersebut kemudian diunggah ke www.bekalmasadepan.com. Program ini merupakan wujud kepedulian Kalbe Nutritionals, perusahaan yang menaungi Morinaga, untuk menciptakan generasi platinum yang multi talenta.

Saya sudah submit ide bermain “Sepak Bola Botol” ke BMD Chil-Go (tolong bagikan ide ini lewat Facebook dan Twitter ya). Ikutan juga yuk! Caranya gampang kok. Beli minimal 6 botol Morinaga Chil-Go! rasa apa saja, simpan struknya, dan daftarkan melalui online maupun offline untuk mendapat kode unik. Setelah itu submit ide ke www.bekalmasadepan.com. Selengkapnya tonton video berikut ini ya.



Saya semangat banget ikut #BMDChilGo karena hadiah utamanya adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah! Hadiah dibagi menjadi 3 kategori di masing-masing periode, yaitu:

a. Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)* 
b. Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
c. Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
*berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun


Wah kalau dapat hadiah utama, insyaAllah biaya pendidikan Sid tercukupi hingga ia sarjana. Semoga “Sepak Bola Botol” terpilih.
 
Susu cair Morinaga Chil-Go! mengandung prebiotik inulin 1000mg untuk dukung kecerdasan multi talenta dan pertahanan tubuh ganda

Mumpung program ini berlangsung hingga Desember 2016, masih banyak waktu untuk mengumpulkan ide kreatif dan mendaftarkannya di #BMDChilGo. Hmm, mau bermain apalagi untuk stimulasi kecerdasan majemuknya ya?





24 comments on "Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak"
  1. Wah, jadi mumet rasanya, ya, liat kalkulasi pembiayaan pendidikan, huhuuu...untungnya bunda udah lepas dari berpikir ke arah itu, tinggal anak-anak buna yang memikirkan biaya sekolah untuk anakp-anaknya (cucu-cucu bunda). Alhamdulillah mereka sudah terlatih untuk menyiapkannya jauh-jauh hari, walau pun kadang sering juga ke-coel=coel tuh uang simpanan, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda ini contoh sukses siapin dana pendidikan. Alhamdulillah :)

      Delete
  2. Kalau zaman sekarang, pendidikan itu udah harus dipersiapkan sedini mungkin ya Mba. Just in case terjadi sesuatu yang tak diharapkan, dengan adanya dana pendidikan setidaknya membantu meringankan beban untuk beberapa tahun mendatang. * kemudian ikut pusing ngeliat kalkulasinya *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Semoga bisa konsisten siapin dana pendidikan ini ya

      Delete
  3. mumpung anak masih kecil ya, biaya pendidikannya harus dipersiapkan dgn matang :)

    ReplyDelete
  4. Baca review teman-teman tentang dana pendidikan ini, cuman bisa melongo. Huwoooow, semoga rezeki kita dilancarkan dan berkah ya mba. aamiin :)

    Yoga master ala Sid, lucuuuu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga disiplin.
      Heheh..iya tuh dia suka pose a la yoga gitu.

      Delete
  5. Walaupun belum punya anak tapi aku sudah mikirin juga biaya pendidikan nanti gimana buat anak, soalnya biaya pendidikan dirasa-rasa kayak harga property yang makin tahun makin naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Property juga mahal ya, banyak yang harus disiapkan

      Delete
  6. Emang puyeng lihat dana pendidikan sekarang...kapan ya ada sekolah yg berkualitas tapi nggak mahal....#mimpiduluah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga perekonomian makin kondusif dan banyak beasiswa supaya akses pendidikan berkualitas bisa untuk banyak orang.

      Delete
  7. Gelarnya Bu Prita panjang amat... hehehe. Sekarang sekolah mahal banget yaaa :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Financial planner gitu memang banyaaak sertifikasi

      Delete
  8. Morinaga sangat konsen sekali ya, untuk masa depan anak.

    ReplyDelete
  9. mumet mikirin dana pendidikan, hehe
    anak aku udah 2 tahun, bentar lagi sekolah
    padahal sekolah itu biaya tahun pertahun makin mahal

    bdw, aku juga ikutan program BMD Chil Go loh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga menang ya mba supaya ga mumet, hihih..

      Delete
  10. Semakin muda usia anak, perencanaan keuangannya semakin ringan loh mbak, semoga juga rizkinya juga di mudahkan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direncanakan dari awal supaya ga kaget ya mba. Amin..

      Delete
  11. Aku udh mulai siap2 untuk dana kuliah kaka tazkia, si sulung yg udh kls 2 SMU

    ReplyDelete
  12. Jadi penasaran pengen ngitung juga, ini tapi dikondisikan ama jenis sekolahnya ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja klik link di atas mba. Iya survey dulu perkiraan biayanya.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature