Ide Bermain Bersama Anak untuk Mengasah Kecerdasannya

Saturday, July 30, 2016
Ajak anak bermain untuk bekal masa depannya (pic: thekiwiclouds)


Seorang kawan  berbagi cerita mengenai proses mencari sekolah bagi anaknya yang tahun ini masuk TK. Ia melakukan survey ke banyak sekolah di sekitar rumah untuk mencari yang cocok, dari segi pendidikan maupun biaya. Mendengar ceritanya membuat saya cenat-cenut, terutama mengenai besarnya SPP. Sekarang ini SPP KB/TK per bulan saja bisa mencapai Rp 500ribu – 1 juta. Bagaimana nanti saat Sid mulai sekolah? Berapa total biaya pendidikan hingga ia lulus sarjana?

Time flies. Seperti baru kemarin Sid lahir, kini ia sudah bisa berjalan. Cerita kawan tadi membuat saya teringat betapa pentingnya menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Tentunya saya dan suami ingin buah hati kami mendapat pendidikan terbaik yang mendukung pencapaian cita-citanya. Entah dia mau menjadi pilot, koki, pemain bola, atau profesi apapun di masa depan, kami harus siap dengan bekal dana pendidikannya.

Sebenarnya saya deg-degan dengan kecukupan dana pendidikan ini. Namun ada sedikit harapan saat saya membuka instagram. Lho, apa hubungannya? Biasanya saya dapat mention dari akun yang spamming jualan followers tapi yang ini dari artis! Alamak…mimpi apa saya di-mention instagram Gisella Anastasya. Ketemu juga baru sekali. Maminya Gempi menantang saya bermain bersama anak dan mengunggahnya ke Bekal Masa Depan Chil-Go. Hadiahnya dana asuransi untuk pendidikan anak dengan total milyaran rupiah. Hah, mengajak main Sid bisa dapat hadiah segede itu?

Diajak @gisel_la ikut program Bekal Masa Depan

Kekhawatiran saya seperti para ibu di video ini. Apakah anda juga mengalaminya?



Kenali Multiple Intelligence Anak

Sebelum menerima tantangan dari Gisel, saya harus mengetahui tipe kecerdasan anak. By the way, sudah tahu kecerdasan multitalenta? Pandangan anak pintar hanyalah anak yang mendapat ranking di sekolah itu sudah kuno. Tiap anak memiliki kecenderungan kecerdasan masing-masing. Konsep ini dikemukakan oleh Howard Gardner, Ph.D, pakar psikologi dari Amerika Serikat. Ada 8 kecerdasan multitalenta atau multiple intelligence, yaitu:

1. Kecerdasan linguistik: mampu menggunakan kata-kata dalam berbicara, menulis, dan membaca.
2. Kecerdasan visual spatial: mudah memahami bentuk, pola, ruang, dan suka dengan gambar.
3. Kecerdasan musikal: tertarik pada musik dan cepat menghafal lagu baru.
4. Kecerdasan intrapersonal: kenal dan paham kebutuhan serta kemauan diri sendiri.
5. Kecerdasan interpersonal: mudah memahami orang lain dan suka beraktivitas dalam kelompok.
6. Kecerdasan logika matematika: suka dengan angka-angka dan berpikir melalui penalaran analisa-sintesa.
7. Kecerdasan kinestetik: menggunakan gerakan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Aktif bergerak dan berolahraga.
8. Kecerdasan naturalis: suka dengan lingkungan sekitar seperti hewan, tumbuhan, dan kejadian alam.


Kecerdasan ini bisa berkembang seiring pertumbuhan anak. Kalau saya amati, Sid cenderung memiliki kecerdasan kinestetik, musikal, dan interpersonal. Untuk menstimulasinya, saya menyiapkan permainan yang sesuai usianya.

Tiga Ide Permainan

Memasuki usia satu tahun, Sid makin aktif bergerak dan ingin tahu banyak hal. Ia sudah lancar berjalan dan menggapai segala hal yang ada di meja. Berkali-kali saya khawatir melihat ia mencoba mengambil gunting, hampir terbentur meja, juga tersandung saat berjalan. Namun itulah proses belajar yang harus ia lalui. Saya hanya mengawasi sambil sesekali menjelaskan mana yang boleh dan mana yang dihindari.

Supaya energi dan rasa keingintahuannya tersalurkan, saya mengajak Sid bermain. Hal yang saya sukai dari dunia parenting adalah bermain bersama anak. Bermain di sini tentunya dengan tujuan tertentu. Yes, playing with purpose. Tujuannya untuk menstimulasi anak sehingga mencapai tumbuh kembang yang optimal. Dengan memberi stimulasi yang tepat, kecerdasan anak semakin terasah.
Puding susu stroberi Chil-Go enak!
Permainan yang kami buat sangat mudah dan sederhana. Kebetulan ada banyak botol bekas Morinaga Chil-Go! di rumah. Susu cair dengan prebiotic inulin 1000mg ini mudah dibawa saat bepergian, enak dijadikan bekal. Setelah dicuci, botol-botol itu pun saya manfaatkan untuk bermain sekaligus memberikan stimulasi ke anak sesuai multiple intelligence-nya. Berikut cerita permainan kami:

1. Bermusik dengan membuat marakas
Sid suka menyanyi dengan bahasa bayi sambil mengangguk-anggukkan kepala seiring irama. Lagu-lagunya mengenalkan huruf, angka, binatang, dll. Supaya makin meriah dan mengasah kecerdasan musikalnya, kami membuat marakas. Botol diisi dengan mutiara, kacang-kacangan, atau beras lalu ditutup dengan selotip. Saat memasukkan butiran kecil mutiara, motorik halusnya terasah karena harus menjepit dengan tepat. Koordinasi tangan dan mata juga terasah supaya butiran masuk tepat di lubang. Setelah marakas jadi, kami pun menggoyang-goyangkan sambil bernyanyi, “If you’re happy and you know it shake Chil-Go! *shake *shake”.

2. Sepak bola
Sid menyukai aktivitas fisik dan susah diam. Itulah mengapa saya mengajaknya bermain sepak bola sambil mengasah kecerdasan kinestetiknya. Botol Chil-Go disusun berderet, lalu Sid menendang bola dan harus mengenai botol tersebut. Awalnya ia kesulitan menendang. Dibutuhkan kemampuan motorik kasar dan konsentrasi supaya tepat sasaran. Ia sempat kesal dan langsung menendang botolnya. Namun ia mencoba lagi hingga bisa menjatuhkan botol dengan tepat. GOOOOL! kami berteriak sambil mengangkat kedua tangan.
Permainan ini juga bisa dilakukan bersama kawan-kawan Sid di lapangan. Dengan bermain bersama, kecerdasan interpersonalnya berkembang.

3. Membuang sampah
Permainan yang satu ini untuk mengalihkan perhatiannya saat saya memasak sekaligus menanamkan tanggung jawab menjaga kebersihan (kecerdasan intrapersonal). Bahan-bahannya menggunakan kursi plastik yang ada lubang di atasnya atau bisa juga memakai kardus yang dilubangi. Tugas Sid memasukkan botol dengan tepat ke lubang tersebut. Saat bermain sambil mengenalkan kata-kata “buang sampah”, “tempat sampah”, “botol”, “bersih”, dsb.

 

Bekal Masa Depan Chil-Go

Masih ingat dengan tantangan dari Gisel? Morinaga Chil-Go mengadakan program Bekal Masa Depan Chil-Go (#BMDChilGo) untuk mendukung Bunda dalam mempersiapkan masa depan Si Kecil terutama dalam mempersiapkan tabungan pendidikannya sekaligus mendukung Bunda membesarkan anak yang multitalenta lewat ragam aktivitas stimulasi. BMD Chil-Go ini berlangsung selama Juli - Desember 2016. Program ini merupakan wujud kepedulian Kalbe Nutritionals, perusahaan yang menaungi Morinaga, untuk menciptakan generasi platinum yang multitalenta.

Setelah siap dengan ide permainan anak, saya pun percaya diri mendaftar program BMD ini. Langkah-langkah pendaftarannya sebagai berikut:

1. Beli dan dapatkan kode unik
Beli minimal 6 botol Chil-Go dalam 1 struk untuk mendapat kode unik. Bisa beli lewat online di KALBE e-store atau Orami by Bilna. Kode unik akan dikirim lewat e-mail atau sms. Kalau saya beli lewat offline yaitu di toko-toko yang mengeluarkan struk tercetak seperti Alfamart, Indomaret, Hero, dll. Daftar toko lengkapnya bisa cek di website BMD. Struk pembelian asli dan formulir pendaftaran saya kirim ke PT. Bounche Indonesia untuk mendapatkan kode unik.

2. Daftar di www.BekalMasaDepan.com
Pendaftaran dengan memasukkan alamat e-mail dan membuat password untuk BMD. Lalu masukkan data diri orang tua (ayah/bunda) juga data anak. Setelah sukses mendaftar, verifikasi dengan cek e-mail.

3. Gunakan kode unik dan pilih tipe kecerdasan
Untuk mengisi ide kreatif, klik “ikut sekarang” dan sign in dengan alamat e-mail serta password sesuai poin 2. Selanjutnya klik “kirim ide”. Karena sudah punya kode unik, saya klik “sudah punya” dan memasukkan kode unik lalu klik “submit”. Satu kode unik untuk satu ide kreatif.

4. Buat judul ide dan pilih usia anak

Salah satu syarat ide yang boleh didaftarkan yaitu berbeda dari morinagamiplayplan.com. Ternyata ide marakas sama dengan yang ada di website tersebut. Maka saya mendaftar untuk ide kedua yaitu sepak bola. Saya beri judul "Sepak Bola Botol". Permainan ini cocok bagi anak usia 1 tahun untuk mengasah kecerdasan kinestetik.

5. Jelaskan ide stimulasi
Bagian ini untuk menjelaskan tujuan stimulasi, hal yang dilakukan, juga waktu dan tempat yang tepat untuk stimulasi tersebut. Untuk permainan saya penjelasannya adalah:
  • Sepak bola botol ini bertujuan melatih kecerdasan kinestetik anak yang aktif. Anak juga dilatih fokus menendang ke deretan botol. Selain itu melatih motorik kasar batita.
  • Alat dan bahan yang diperlukan yaitu bola sepak (bisa juga dari gulungan koran) dan botol bekas.
  • Cara bermainnya yaitu botol disusun berderet horizontal atau vertikal. Anak menendang bola dari jarak tertentu supaya mengenai botol-botol tersebut hingga terjatuh. Permainan ini juga bisa sambil mengenal warna. Misal harus menjatuhkan botol warna biru, dst. Anak pun mengenal kata-kata seperti “bola”, “tendang”, “botol”, “berhasil”, dsb.
  • Permainan ini bisa dilakukan di mana saja, baik indoor maupun outdoor. Anak bisa bermain bersama orang tua maupun kawan-kawannya.
6. Tambahkan foto/video (opsional)

Supaya makin menarik dan mudah dipahami, saya menambahkan foto-foto saat bermain Sepak Bola Botol bersama Sid. Boleh juga kalau mengunggah video.

7. Review dan submit ide
Teliti lagi poin 4, 5, dan 6. Kalau sudah yakin, klik submit.

8. Bagikan di media sosial
Langkah terakhir ide kreatif ini saya bagikan melalui facebook dan twitter.

Ikut #BMDChilGo ini mudah kan! Si kecil pasti senang bisa bermain sambil belajar. Sekarang saatnya saya menantang ayah dan bunda pembaca helenamantra.com untuk mengajak si kecil bermain sambil menstimulasi kecerdasannya. Jangan lupa submit ide kreatif stimulasinya di BekalMasaDepan.com. 100 uploader online pertama langsung mendapat voucher 50.000 dari Kalbe Family lho!


Info lebih lanjut mengenai program BMD dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga ada di:
Facebook MorinagaPlatinum
Twitter @MorinagaID
Instagram morinagaplatinum

32 comments on "Ide Bermain Bersama Anak untuk Mengasah Kecerdasannya"
  1. ini inspirasi bagus buat para mommy. yg blom punya baby boleh ikutan nggak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong, ajak main anak tetangga supaya cepet ketularan. *eh

      Delete
  2. Sebetulnya ChilGo ini menarik, sayangnya saya belum menemukan Chilgo varian plain. Padahal saya belum sreg memberikan minuman dengan perisa ke anak saya karena umurnya baru setahun.

    Plus lagian Morinaga belum memberi penjelasan hadiah asuransi pendidikannya difasilitasi oleh perusahaan apa. Padahal tiap perusahaan punya track record sendiri-sendiri dalam memberikan return untuk investasi yang ditanamkan nasabahnya. Rasanya gak jelas.

    Wah, belum jodoh nih saya dengan Morinaga. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tfs ya. Kalau saya memberinya dalam bentuk puding supaya tidak terlalu manis.

      Delete
  3. Seru-seru bgt ide mainnya mba..memang penting nih supaya bisa ngajarin anak lewat bermain yaa.haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski sederhana, permainan ini seru untuk anak seusianya. Ikutan juga dong...

      Delete
  4. Ide mainnya seru, mau ajak Maxy dan Dema main kyk gtu juga ah. Terutama buat Dema cocok nih hehe TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main bareng aja yuk. Banyak botol chil go nih

      Delete
  5. ahahah anakku juga suka banget tuh menata botol2/kotak2 susu kesukaannya jadi segala macam, mulai gawang sampe gedung2an :)

    ReplyDelete
  6. Wah, kalo MasKa main bowling pake boto2 chilgo. Haha. Nanti ajakin ranu bikin marqkesh jg ah. Dan jd pingin ikutan tantangannya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan yok. Kalo maska kreasinya lebih ribet ya. Kan udah gede

      Delete
  7. kalau mama mama jaman sekarang enak yah, karena banyak informasi bermanfaat kaya gini yang di share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba icha, mudah akses informasi supaya tepat memberi stimulasi ke anak

      Delete
  8. ide main membuang sampahnya asik banget mak, Sid seneng bgt ya.. mmg keren nih programnya, bikin para orangtua melek ide permainan utk si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ayo ikutan...mau buat ide permainan apa?

      Delete
  9. dari botol bekas chil go, mengalirlah ide2 permainan yg bikin anak tambah cerdas ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Pakai bahan di sekitar aja yg mudah bisa untuk bermain bersama anak

      Delete
  10. Sek sek satu2 tak baca, berarti ini idenya yang g boleh di MIplay ya? Coba aah ikutan sapa tau menanggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Ide harus beda dari MIplayplan. Ayo ikutan

      Delete
  11. bermusik dengan marakas asyik tuh. kali aja gedenya jadi musisi beneran hehe. amin

    ReplyDelete
  12. Ide permainanannya seru-seru. Ibunya kreatif banget. Hihi :)

    ReplyDelete
  13. Sid salam kenal ya, mantap nih permainannya, semoga nanti tercapai cita-citanya. Menarik dan kreatif deh permainannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :) amin...untuk doa baiknya.

      Delete
  14. Ah ya benar banget kita harus mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya sejak usia dini :)

    ReplyDelete
  15. kreatif banget mba, mending main ini dibanding main gadget kayak anak-anak zaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gadgetnya disimpan aja dulu. Mending main bola ya

      Delete
  16. ish, seru-seru ide permainannya.

    Dan komplit lagi ulasannya.

    Good luck ya mak :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature