Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Punya Anak Cerewet? Ajak Anak Belajar Mendongeng

Friday, September 3, 2021
Pusing dengan anak cerewet? Banyak sekali bicaranya, senang bertanya banyak hal, pokoknya susah di-rem. Hei, di balik itu anak cerewet punya kekuatan yang dapat diasah salah satunya lewat belajar mendongeng. Iya, si anak yang belajar, bukan orang tua mendongeng untuk anak. Apa saja manfaatnya?

cara mengatasi anak cerewet

Bukan Anak Cerewet Tapi Senang Bercerita


“Aku capek ngomong tapi susah berhenti,” kata SID jujur. Agak aneh buat saya yang cenderung pendiam mendengarkan celotehannya.


Sejak balita, SID memang banyak sekali berbicara. Usia tiga tahun kosa katanya sangat berkembang, ucapannya mudah dimengerti, bahkan tidak lagi cadel.


Mungkin bagi sebagian orang SID disebut tipe anak cerewet. Namun, saya lebih suka menyebutnya anak yang senang bercerita. Itu hal yang saya ucapkan padanya agar memaknai senang berbicara merupakan hal positif, bukan cerewet. Kita butuh orang-orang yang pandai berbicara dalam pekerjaan tertentu seperti penceramah, MC, pendongeng, dan sebagainya.


Yang perlu diingatkan pada anak yaitu adab berbicara. Ia perlu memahami saat yang tepat untuk berbicara. Misal, di perpustakaan atau masjid perlu memelankan suara dan tidak memotong pembicaraan ketika orang tua sedang bercakap-cakap. 



Anak Belajar Mendongeng di Kelas Bercerita


Keterampilan berbicara anak perlu disalurkan. Tahun lalu, ketika pandemi masih hangat-hangatnya, SID mengikuti kelas bercerita via daring.


SID yang masih 5 tahun berjumpa dengan teman-teman dan gurunya yang sama-sama senang bercerita. Mereka belajar mengubah suara menurut tokoh. Ada suara kecil, normal, dan besar. Mereka juga belajar ragam emosi supaya mendongeng semakin hidup.


SID mengikuti kelas bercerita


Bagian paling seru yaitu saat anak-anak praktek bercerita. Mereka bisa memilih mau membaca buku, mendongeng dengan alat peraga, atau yang lainnya. Bebas, lah. Titik beratnya ada pada anak berani mencoba.


SID memilih untuk membaca buku miliknya, Pesawat dan Belanja Bersama Ayah. Saat sesi latihan, ia membaca buku dari atas dengan terbata-bata. OMG, saya deg-degan melihatnya. Bagaimana enggak pusing membaca buku seperti itu tapi sudahlah biarkan anak menggunakan caranya.


Setelah latihan berkali-kali sampai dia tidak mau lagi latihan (kok jadi saya yang memaksa) maka ia pun tampil bercerita di hadapan laptop, eh teman-temannya. Ia tampak menikmati membaca buku Belanja Bersama Ayah. Alhamdulillah, anakku mau mencoba menuntaskan tantangan di kelas bercerita. *standing applause


Melalui pengalaman di atas, belajar mendongeng untuk anak membawa banyak manfaat, antara lain:

  • Mengetahui cara mendongeng yang benar
  • Melatih rasa percaya diri anak
  • Menyalurkan imajinasi anak
  • Melatih komunikasi anak agar mudah dipahami
  • Menyalurkan potensi “anak cerewet” ke hal yang produktif


Bersiap Ikut Pesta Klub Dongeng 11-12 September 2021


Kabar baik datang! Bagi anak-anak yang senang dan mau belajar mendongeng atau orang tua yang semangat belajar mendongeng, 11-12 September 2021 nanti akan diadakan Pesta Klub Dongeng.


Pesta yang diadakan dalam rangka ulang tahun ketiga Klub Dongeng ini mengajak kita “Tamasya ke Dunia Cerita”. Bakal ada banyak pertunjukan dongeng dari para penutur nasional juga kelas-kelas dongeng untuk anak maupun dewasa. Pendongeng yang akan mengisi acara diantaranya Kak Rona Mentari, Uncle Sam Dongeng Wayang Kardus, Kak Nadila Fitria, Kak Bonchie, juga Kak Valent.


Tak hanya pendongeng dewasa, lho. Klub Dongeng juga sedang mencari pendongeng anak untuk tampil di Pesta Klub Dongeng nanti. Anak-anak yang senang bercerita, ikutan, yuk!


Rangkaian acaranya sebagai berikut:


Sabtu, 11 September 2021


Ruang Dongeng Anak pukul 09.00-10.30 WIB dapat disaksikan secara gratis di YouTube Klub Dongeng dan Instagram Live @klubdongeng.

 

Ruang Belajar Dongeng bersama Kak Ariyo Zidni @aiodongeng pukul 15.00-16.30 WIB melalui Zoom Meeting Online dengan HTM 75.000 rupiah.


Di sini kita akan belajar mengenai tips mendongeng untuk anak, bagaimana membebaskan imajinasi dalam mendongeng pada anak, dan sebagainya.


Kelas belajar dongeng yang ini untuk dewasa, ya. Cocok, nih, buat orang tua yang kebingungan mau cerita apalagi ke anak sebagai pengantar tidur atau mau menasehati anak melalui dongeng, bisa banget.

 

Minggu, 12 September 2021

 

Ruang Dongeng Spesial pukul 09.00-10.30 WIB via Zoom Meeting Online dengan HTM Rp45.000,00.


Kali ini kita akan mendengar dongeng dan membuat kerajinan tangan wayang karakter dongeng untuk anak bersama Kak Diaz @diarivisual dan Kak Uci (@ucikelinci). Acara menarik untuk anak-anak mengisi akhir pekan sambil berkreasi membuat prakarya.

 

Ruang Dongeng Rayakan Imajinasi pukul 15.00-16.40 WIB di YouTube Klub Dongeng dan IG Live @klubdongeng. Sesi ini menjadi puncak acara Pesta Klub Dongeng. Gratis, lho. Jangan sampai terlewatkan menonton dongeng bersama keluarga.


Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut cek Instagram @klubdongeng dan YouTube Klub Dongeng.

 

Rangkaian acara Pesta Klub Dongeng 2021

Punya anak cerewet dapat disalurkan dengan kegiatan positif seperti belajar mendongeng. So, bersiap untuk menikmati Pesta Klub Dongeng 2021 pada 11-12 September 2021 nanti. Kita akan bersama-sama berjalan-jalan melalui imajinasi melampaui ruang dan alur waktu, lewat cerita. Siap bertamasya ke dunia cerita?

31 comments on "Punya Anak Cerewet? Ajak Anak Belajar Mendongeng "
  1. Lingkari kalender buat Pesta Klub Dongeng. Setuju jika anak cerewet salah satunya diajari saja mendongeng.
    Kapan-kapan Budhe mau dengar SID mendongeng ah
    Sehat dan makin soleh dan pintar ya SID

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada hasil dongengnya SID di youtube, hihi... dia masih malu-malu tampil. Sekarang suka belajar dubbing.
      Aamiin, terima kasih yaa

      Delete
  2. Ah SID pandai sekali dari usia 3 tahun sudah ga cadel yah, btw Mak Sid menarik nih ruang belajar dongennya pengen ikutin Neyna ikutan ah ntar aku cek lagi info di IGnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, tante. ALhamdulillah. Tau-tau udah bisa ngomong R.
      Hari ini ya Neyna. See you!

      Delete
  3. hahahaha.. kedua anakku bannget ini. Emang bener,mendongeng jadi wadah buat menyalurkan kecerewetan mereka. Tapi bukan anak saja yang disiapkan, kita sebagai ibunya juga kudu siap mendengar cerita yang tiada akhir.. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kecil, kita bacakan buku terus sampai kitanya mengantuk. Setelah si anak udah lancar bercerita, gantian dia cerita panjang kali lebar. Heheh ... alhamdulillah anak aktif dan bisa menyampaikan cerita dengan baik.

      Delete
  4. Wah SID mau seseruan bareng temen2 online di acara mendongeng ya. Senangnya. "cerewet" nya jadi tersalurkan dengan baik dan terarah, apalagi kalo dongengnya disisipin pesan moral bisa nancep banget ke anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak. Dongeng menjadi cara efektif menyampaikan pesan moral atau nasihat yang relevan dengan si anak.

      Delete
  5. Seru banget nih, pada dasarnya anak yang udah biasa dibacakan buku cerita, pasti akan jadi semangat saat diminta untuk menceritakan. Aplagi kalau kemampuan linguistiknya bagus ya mam. Cas cis cus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak. Anak jadi cinta buku dan makin ketagihan membaca buku.

      Delete
  6. Kangen deh sama Sid
    Aku malah senang liat anak yg suka berceloteh, mereka polos jadi gemes.
    Nah, betul juga hal ini bisa disalurkan melalui aktivitas yg bermanfaat kaya ikut kelas mendongeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya kalau ketemu anak yang ceriwis jadi banyak ditanya ini-itu yaa
      senang juga karena bisa menjelaskan dengan baik berarti kemampuan komunikasinya terasah.

      Delete
  7. Dongeng adalah media untuk menasihati tanpa harus menggurui. Wah ini anakku banget yang bicaranya nggak bisa di-stop. Tapi belum aku coba nih untuk ikutan kelas-kelas dongeng. Paling baru baca-baca buku sendiri aja. Coba ah aku tawari dia semoga aja mau. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Seru banget sekarang banyak kegiatan mendongeng begini. Bikin saya kangen masa-masa anak-anak masih pada kecil. Selalu aja asik kalau udah mendongeng

    ReplyDelete
  9. Waah SID, ate mau dengerin ceritanya donk, duduk manis sambil bawa kopi niih. Iya ya Mak, dulu berpikir kalo anak tuh cereweet, kek anakku waktu kecil diem kalo pas tiduurr, ngomong ajaaa, hahaaa.
    Salut jaman sekarang tuh ada wadahnya yaa, buat anak2 yang pandai bercerita, terutama anak cerewet dapat disalurkan dengan kegiatan positif seperti belajar mendongeng.
    Kereen nih, ada Pesta Klub Dongeng 2021 pada 11-12 September 2021 nanti.Sukses acaranya yaa.

    ReplyDelete
  10. Gendish juga cerewet banget nih mbak, kebetulan setiap aku baca buku cerita keesokan harinya dia coba menceritakan kembali melalui gambar. Pengin deh ikutan Kelas Bercerita.

    Oh iya, aku langsung cek kalender loh mbak takut ndah kelewat sama acara Pesta Klub Dongeng

    ReplyDelete
  11. Gendish juga termasuk anak yang cerewet dan senang sekali bercerita mbak. Bahkan kalau aku vacakan buku cerita keesokan harinya dia gantian bacain buku cerita yang sama dengan gaya bahasa nya dia, pengin deh gendish aku ajakin ikutan klub dongeng. Kalau ikut gabung apakah anak-anak yang belum lancar bacanya boleh mbak?

    ReplyDelete
  12. kalo bahas kata cerewet, aku belajar ama anak aku si Athifah. gak apa cerewet asal jangan marah-marah dan mnegucapkan kata yang tidak baik, hehehe. Nanti kucoba tawarkan ke Athifah deh, supaya ikutan klub ini, berdua sama dedek nasya

    ReplyDelete
  13. Hebat ya SID udah pandai mendongeng. Anak-anakku juga cerewet dan pinter bercerita, tapi nggak pede kalo disuruh cerita di depan kelas, hehe. Musti belajar membiasakan anak-anak untuk berani bercerita di depan umum ya

    ReplyDelete
  14. wah menarik sekali belajar mendongeng bersama klub mendongeng ini yaa. Anakku yang nomor 5 yang suka menulis cerita. Kayaknya kalau diajak belajar mendongeng juga suka kali dia, yaa. Makasih infonya mama Sid. Buat abang Sid, semangat yaa. Nanti kalau ketemu Saki, mau dong didongengnin sama abang Sid hehe

    ReplyDelete
  15. dongeng memang paling menyenangkan bagi anak anak ya mbak
    punya banyak manfaat, salah satunya ya mengasah kemampuan berkomunikasi anak

    ReplyDelete
  16. Lucu deh perkataannya Sid, capek rapi susah berhenti, iya ya kalau bakatnya anak suka ngomong bisa diarahkan ke hal produktif seperti belajar mendongeng atau bercerita, bikin video youtube...

    ReplyDelete
  17. Bakal seru banget nih, masih bisa daftar nggak sekarang? Anakku jga "cerewet" gitu. Ceritanya banyak dan panjaaaaaang sekali. Makanya sekarang sih disalurin dengan latihan wayang dulu. Kayaknya kelas mendongeng ini cocok juga buat dia

    ReplyDelete
  18. Asyik juga nih acaranya tentang mendongeng ya. Soalnya anak-anakku juga sama mba cerewet dan suka banget mendongeng.

    ReplyDelete
  19. Mbak, SID dulu ikut kelas bercerita di mana? Anak bungsu saya juga suka sekali cerita. Kalau dia sudah bilang "Ma, tau nggak..." artinya saya harus menghentikan aktivitas dan jadi pendengarnya.

    Sepertinya acara pesta klub dongeng ini menarik banget. Siap-siap kosongkan jadwal nih di akhir pekan supaya bisa fokus mengikuti

    ReplyDelete
  20. Sara kayak gini ceriwis banget. Tapi kalau kuajakin kelas dongeng dan sebangsanya kenapa dia ga mau ya. Hiks kan aku pingin juga dia bisa menyalurkan bakatnya.hehe

    ReplyDelete
  21. Hehe.. Benerr ajak mendongeng pasti seruu.. Aplg anaknya mba helena jago banget ngedubbing euy. (Kmrn liat di ig n aku terpanaa). Pasti seru banget baca dongeng bersamaa

    ReplyDelete
  22. mantengin aaaaah seneng banget ini dongeng biar anak bisa belajar banget cerita, asa rasa dipupuk dengan dongeng. plusnya lagi yang aku suka itu,anak jadi kebawa pas baca buku bacanya sambil kayak dongeng gitu

    ga sabar festival dongeng!

    ReplyDelete
  23. Seneng banget ya kalau anak menimak dongeng dengan baik dan malah makin seru kalau anak nanya ini itu saat kita bacain dongeng

    ReplyDelete
  24. SID...
    Dongengin tantee..
    Hehehe, sungguh berbahagia sekali memiliki anak yang aktif. Kalau anak suka berbicara, orangtuanya kudu banyak baca yaa.. Biar bisa menjelaskan setiap rasa penasaran mereka terhadap suatu hal.

    MashaAllah~
    Tabarakallahu, SID.

    ReplyDelete
  25. waaaah Sid pasti udah jago nih dongengnyaaaaaa. Anak cerewet tuh sebenrnya emang bakat ya, bakat ngomong, bakat berani, bakat percaya diri. Seru banget deh ini kayanya klub dongeng, jadi penasaran pengen ikutan jugaaaa

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,