Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Dear Ayah ASI, Ini Cara Pijat Payudara dan Pijat Oksitosin untuk Lancarkan ASI

Monday, December 2, 2019

Cara Pijat Payudara dan Pijat Oksitosin untuk Lancarkan ASI 

Siap menjadi Ayah ASI?
Ayah memang tak bisa menggantikan peran ibu dalam memberi ASI secara langsung. Namun, kesuksesan menyusui tak lepas dari peran penting Ayah ASI, setuju? Di kala ASI seret, puting lecet, ibu menyusui lelah fisik dan mental, dukungan ayah sangat busui butuhkan. Salah satu cara yang Ayah ASI dapat lakukan yaitu pijat oksitosin untuk lancarkan ASI. Simak caranya, ya! 

Peran Ayah ASI 


Menilik pengalaman menyusui sampai 2 tahun lebih, saya merasakan besar sekali peran ayah untuk produktivitas ASI. Namanya mengurus anak pertama, suami dan saya sama-sama belajar bagaimana dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati, terutama ASI eksklusif untuk kecukupan gizi bayi hingga usia 6 bulan. 

Sabtu lalu, 16 November 2019, di Jakarta, kami kembali belajar mengenai ASI sebagai persiapan menyambut anak kedua yang insya Allah sebentar lagi lahir. Suami dan saya udah kompak memakai baju bernuansa ungu, biar klop gitu. Hehe … 

FYI, kami menghadiri talkshow bertajuk “ASI dari Dua Sisi” persembahan PRENAGEN dan Hello Sehat. Dua sisi di sini maksudnya ASI itu urusan bersama, ayah dan ibu. So, narasumber yang hadir pun sepasang, Febie Arimbhie dan suami, yang sukses menyusui. 

Febie Arimbhie (tengah) dan suami berbagi pengalaman menyusui
Pemilik instagram @febyeles menceritakan suka duka menyusui, terutama anak pertama. Ia melahirkan jauh dari keluarga dan menghadapi berbagai tantangan menyusui. Menurut Febie, tips sukses menyusui yaitu: 

1. Pikiran ibu yakin bahwa ASI lancar dan dapat berhasil menyusui. 
2. Perasaan ibu tenang. 
3. Bekali diri dengan ilmu menyusui. 
4. Mendapat dukungan dari lingkaran terdekat terutama suami. 

Untuk poin keempat, Febie sangat bersyukur memiliki suami yang pengertian. Suaminya terkadang pulang malam. Meski lelah bekerja, sang suami menemaninya menyusui di malam hari sambil menyiapkan camilan, nonton film bareng, ya menemani busui begadang. Setelah Febie menyusui, giliran suami menggendong bayi hingga tertidur. Wah, begini nih Ayah ASI kebanggaan keluarga. 

Apa yang dilakukan suami Febie seperti artikel di Hello Sehat, media publisher kesehatan yang memiliki artikel sangat lengkap terkait kesehatan. Ada lima peran ayah mendampingi ibu menyusui, yaitu: bantu ibu lebih rileks, ingatkan ibu untuk mengonsumsi nutrisi seimbang, tetap lembut dan suportif, selalu siap sedia, dan menyentuh bayi saat menyusui. Selengkapnya baca aja di Hello Sehat, ya. 

Busui Ngemil Sehat PRENAGEN UHT Almond Soya 

Ibu menyusui butuh nutrisi seimbang supaya ibu sehat dan ASI lancar. Bisa dibilang ibu makan dan minum untuk dua orang yaitu ibu dan bayi. Wajar saja busui mudah lapar. 

Ilona, Senior Brand Manager PRENAGEN, menjelaskan sebagai pelengkap asupan gizi seimbang, PRENAGEN memiliki varian susu PRENAGEN Lactamom untuk ibu menyusui yang penuh nutrisi untuk mendukung ASI. Busui bisa pilih, mau rasa cokelat atau vanilla. Semuanya menurut saya enak jadi bisa gantian seminggu rasa cokelat, minggu depan rasa vanilla. Hehe …. 

Kumpulkan poin setiap pembelian PRENAGEN untuk ditukar reward KALBE Family
Sekarang, PRENAGEN punya varian terbaru, lho, yaitu PRENAGEN UHT Almond Barley Soya. Bentuknya yang UHT praktis banget dibawa bepergian. Kandungan PRENAGEN Soya ini rendah laktosa, sumber asam folat, karbohidrat, serat, dan juga rendah lemak. Cocok buat bumil dan busui yang intoleransi susu sapi. Rasa almond dan soya-nya lezat, apalagi dinikmati selagi dingin. 

Varian terbaru PRENAGEN UHT Almond Barley Soya 
Produk PRENAGEN bisa dibilang menjadi sahabat para ibu sejak program hamil hingga menyusui. Berarti banyak dong produk PRENAGEN yang dikonsumsi. Nah, buat pelanggan setia PRENAGEN, ada reward nih dari KALBE Family. Setiap belanja produk KALBE tertentu, kita bisa mendapat poin KALBE Family yang dapat ditukar dengan beragam hadiah. 

Marissa selaku Head of Marketing Kalbe Family menjelaskan cara penukaran reward. Unduh aplikasi “KALBE Family” di PlayStore kemudian registrasi dengan melengkapi data diri. Kumpulkan poin setiap pembelanjaan PRENAGEN lalu tukar dengan voucher belanja, produk kesehatan, peralatan dapur, mainan anak, sampai iPhone X! 

Cara Pijat Payudara dan Pijat Oksitosin untuk Melancarkan ASI 

Talkshow ASI Dari Dua Sisi juga mengajak Ayah ASI yang hadir untuk belajar pemijatan, lho. Selain menemani ibu menyusui di malam hari dan menyediakan PRENAGEN untuk melengkapi nutrisi istri tersayang, Ayah ASI dapat melakukan pemijatan untuk bantu melancarkan ASI. Ada dua pemijatan, yaitu pijat payudara dan pijat oksitosin yang dipraktekkan oleh bidan Israna Atika, S. Keb. Caranya sebagai berikut: 

Bersihkan puting susu 

Bersihkan puting susu dengan kapas yang diberi baby oil. Tempelkan selama 3 menit lalu putar perlahan dan angkat kapas. 

Pijat payudara 

  1. Cuci tangan lalu beri sedikit baby oil pada telapak tangan. 
  2. Pijat payudara mulai dari tengah lalu mengelilingi payudara. Sampai di bagian bawah payudara, angkat lalu tahan. Lakukan 15 – 20 kali. 
  3. Sangga payudara kiri dengan tangan kiri. Kepalkan tangan kanan lalu urut perlahan bagian atas payudara dari luar ke arah dalam menggunakan bagian bawah kepalan tangan. Lakukan 15 – 20 kali kemudian ganti pijat payudara kanan. 
  4. Ketuk – ketuk payudara hingga terasa rileks. 
Pijat payudara untuk melancarkan ASI


Pijat oksitosin 


Pijat kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan. Pijat kuat dengan gerakan melingkar ke samping (bahu), ke bawah (dari leher sampai punggung), ke samping tulang belikat, dan membentuk hati. 

Pijat oksitosin untuk melancarkan ASI

Cold and heat therapy 


Kompres payudara menggunakan waslap hangat sekitar 2 - 3 menit kemudian ganti dengan kompres waslap dingin selama 2 – 3 menit. 

Langkah terakhir yaitu mengolesi puting dan aerola menggunakan ASI. 

Perawatan payudara di atas perlu dilakukan secara sistematis untuk membantu melancarkan ASI. 

Kesuksesan menyusui SID tak lepas dari peran suami sebagai Ayah ASI
By the way, berdasarkan pengalaman menyusui SID, pijat payudara tuh membuat rileks dan melancarkan produksi ASI. Buat mengatasi ASI tersumbat juga bisa, lho. Busui yang panas dingin akibat mastitis, coba deh pijat payudara dan lakukan cold and heat therapy.

Kalau pijat oksitosin saya baru belajar nih. Cocok buat persiapan menyusui anak kedua, bisa minta pijat ke suami. Pas banget, kan, suami ikut juga event ASI Dari Dua Sisi kali ini sehingga ia bisa belajar bagaimana menjadi Ayah ASI. 

Punya kiat lain untuk para Ayah ASI mendukung ibu menyusui?
21 comments on "Dear Ayah ASI, Ini Cara Pijat Payudara dan Pijat Oksitosin untuk Lancarkan ASI"
  1. wah makasih sharingnya, wah bakal aku beritahu mantuku nih

    ReplyDelete
  2. Wah,baru tau ada pijat oksitosin. Padahal ASIku sempat susah keluar waktu awal2 baru melahirkan. Makasih infonya mbak. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  3. Dulu saat hamil, terutama anak pertama dan masih hobi minum susu, Prenagen ini kesukaanku. Kadang baru mulai nyusuin aja, perut langsung kelaparan. Akibatnya, suami yg kudu bikinin susu plus megangin supaya aku bisa nenenin sambil nenggak susu. Wkwkwk. Kelakuan!

    Dulu aku males pijat payudara. Itu mungkin sebabnya kenapa ASI ku sempat tersendat. Jangan ditiruuuu

    ReplyDelete
  4. Acaranya keren banget mba helen. Bukan cuma kasih edukasi untuk para ibu tapi juga kasih edukasi juga untuk ayah bagaimana menjadi ayah ASI. Karena mebjalani masa menyusui 2 tahun itu bukan masa yang gampang bagi seorang ibu. Jadi betapa pentingnya peran ayah ikut membantu, menemani dan membersamai kita. Semoga semakin banyak Ayah ASI ini ya agar semakin banyak anak-anak disusui dengan rasa bahagia karena ibunya bahagia. Amin ya Allah

    ReplyDelete
  5. Ketika masa mengASIhi kedua anak saya rasanya enjoy banget. Mungkin karena suami saya juga siaga, ya. Dia mau banget bantuin istrinya mengurus anak meskipun capek pulang kerja

    ReplyDelete
  6. Waktu masih menyusui dulu, aku baru banget memahami kalau menyusui itu termasuk mind game. Dalam artian semakin kita bisa rileks semakin berlimpah asi yang diproduksi. Dari situlah akhirnya aku coba berusaha untuk menanamkan pikiran positif

    ReplyDelete
  7. setuju banget... sukses memberikan ASI juga didukung oleh suami. suami yg selalu suport bikin istri jadi bahagia dan ASI lancar. ada tetangga dan orang terdekat yg bermasalah dg suaminya, dia ga bisa kasih ASI karena beban pikirannya. sedih ya...

    ReplyDelete
  8. wah prenagen ada yang kemasan UHT juga, jadi pengen nih
    *eh tapi sedang tidak hamil dan menyusui.

    ReplyDelete
  9. Utk bisa sukses mengASIhi buah hati, dibutuhkan kerjasama dari ayah dan bunda yaa.
    Edukasi semacam ini kudu nyampe k para ayah se Nusantara

    ReplyDelete
  10. Setuju banget nih peran ayah ASI yang membuat para busui makin nyaman dan rileks meskipun harus bangun menyusui tengah malam. Ayo para ayah yang katanya selalu udah capek sesampainya di rumah, para ibu menyusui juga capek lho, sudah sepantasnya dibantu agar tercipta keharmonisan dalam merawat dan membesarkan anak.

    ReplyDelete
  11. Dukungan suami bisa dibilang semacam ASI Booster juga yah mbak, jadi memang harus bekerjasama gitu yah

    ReplyDelete
  12. Sepakat banget kalau urusan lancarkan asi, peran ayah sangat penting. Kebayang kan kalau ayah ga ikut membantu support, maka asi ga selancar yang diinginkan ya mba

    ReplyDelete
  13. Dulu aku belajar juga nih pijatan payudara untuk produksi ASI. Bahkan pas setelah melahirkan sempat keras tuh aku, akhirnya dibantu sama pihak rumah sakit untuk dikeluarkan.

    ReplyDelete
  14. Asi lancar tanpa mastitis ya cin
    Sehat2 nanti dipraktekin dah lahiran. InsyaAllah lulus ASI

    ReplyDelete
  15. Idem suami sealu support dan bantuin. Soal mijitin juga sering mpe skrng kalau bojone stress wkwkwk
    Wah Prenagen ada produk baru yaa. Zamanku nyusuin dulu juga suka minum Prenagen, terutama yang coklat biasnaya aku dinginin sblm minum :D

    ReplyDelete
  16. Semoga semakin banyak para ayah yang sadar dan sukarela menjadi ayah siaga ASI. Bagaimanapun kesuksesan ibu untuk mengASIhi anak sampai 2 tahun butuh dukungan para ayah juga.

    ReplyDelete
  17. Paling enak dipijet pas habis melahirkan.
    Selain karena badan capek luar biasa..ASI juga kadang mengeras. Bikin Mama kadang ngerasa makin sakit badan dan ujung-ujungnya jadi uring-uringan.

    Semoga sehat terus para Ibu di seluruh duniaaa..

    ReplyDelete
  18. Asik ya
    Dulu saya juga minum jusnya Prenagen
    Sekarang ada susu soyanya jadi makin banyak variasi makanan bergizi deh ya buat kehamilan

    ReplyDelete
  19. Dua kali menyusui, tapi saya belum pernah tuh dipijat oksitosin sama suami, huhu... Cuma dielus-elus aja, hehe...

    ReplyDelete
  20. lha ya itu, ibu menyusu kan suka oada takut gemuk tuh solusinya minum susu soya yaaa

    ReplyDelete
  21. saat menyusui memang penting banget peran ayah untuk mendukung ibu dan anak
    beneran kalo dipijat itu bikin relax apalagi memang badan suka pegel miring-miring menyusui

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,