Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

5 Cara Melindungi Keluarga dari Bahaya Nyamuk Kecil Bandel yang Nyebelin

Thursday, November 23, 2017
Akhir-akhir ini hampir tiap hari Jakarta diguyur hujan. Seperti kemarin sore cuaca dari panas terik mendadak mendung. Hujan deras pun turun tepat ketika saya masuk halte bus. Kemudian, di dalam bus saya menemukan seekor nyamuk yang menjadi “penumpang gelap”. Hmm, musim penghujan begini nyamuk makin berseliweran. Bahayanya nyamuk zaman now keliling kota naik transportasi umum sekaligus mencari mangsa. Bagaimana bila ia menghisap darah penumpang sekaligus menularkan penyakit? Melihat hal ini saya kembali teringat diskusi seru bersama dr. Lula Kamal membahas nyamuk, si kecil yang bandel, di eV Hive D’Lab Menteng pada 16 November 2017 lalu.

cara alami basmi nyamuk
Nak, ini cara expert basmi nyamuk bandel

Doyan Traveling dan Fakta Lain Tentang Nyamuk Zaman Now

Benar kata dr. Lula Kamal bahwa nyamuk suka traveling. Saat masuk mobil dan menyalakan AC, gerombolan nyamuk keluar dari persembunyian. Nyamuk ini bersembunyi di sudut-sudut mobil dan ikut kemanapun kita pergi. Sampai di suatu tempat si nyamuk berpindah tempat dan berpotensi menyebarkan penyakit.

Salah satu nyamuk yang berbahaya yaitu jenis Aedes aegypti yang menularkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Nyamuk ini giat menghisap darah saat pagi hingga sore hari. Ketika ada orang yang terserang DBD biasanya saya berpikir ini digigit saat di mana ya? Sekarang ini makin sulit dideteksi karena si nyamuk bisa berada di mana saja, ya di rumah, sekolah, kantor, bahkan di kendaraan.

Itulah mengapa nyamuk disebut sebagai binatang paling mematikan di dunia oleh WHO pada tahun 2016 karena sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan nyamuk. Di Indonesia sendiri 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal karenanya pada 2016.

Yang membuat saya makin sebel dengan si nyamuk bandel yaitu adanya fakta pemanasan global yang terjadi membuat nyamuk makin kuat. Siklus kehidupan nyamuk berubah menjadi lebih sering kawin (otomatis telurnya makin banyak). Nyamuk hanya butuh 1cc air yang menggenang untuk kawin. Duh, musim hujan begini ya banyak genangan air. Selain itu ukuran nyamuk zaman now makin kecil. Nah ukuran yang kecil ini bukannya lemah lunglai tetapi malah membuat nyamuk menghisap darah lebih banyak supaya mencapai ukuran normalnya. Pantas aja ya menepuk nyamuk kecil dengan tangan lebih susah dibanding nyamuk gendut. Kecil tapi lincah!

Ngobrolin nyamuk bareng Lula Kamal, Brand Ambassador HIT, dipandu oleh MC Lia


Cara Ampuh Basmi Nyamuk Bandel

Gemes banget deh mengetahui fakta-fakta tentang nyamuk di atas. Saya harus menang melawan nyamuk. *pasang ikat kepala. Untuk melindungi keluarga dari bahaya nyamuk, saya melakukan beberapa hal berikut:

1. Menjalankan 3M plus antara lain menguras bak air secara teratur, menutup tempat penampungan termasuk air galon, dan mengubur barang bekas atau memanfaatkan kembali. Barang bekas yang tidak terpakai segera dibuang, diberikan ke orang lain bila masih layak, dijual, atau didaur ulang seperti kaleng susu menjadi celengan.

2. Mengatur ventilasi dalam rumah antara lain dengan membuka jendela saat pagi hingga sore supaya ada pertukaran udara, ruangan lebih segar dan tidak pengap.

3. Inspeksi tempat-tempat rawan nyamuk bersarang dan bertelur. Saya makin tersadar banyak spot di dalam maupun luar rumah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk setelah mendengar penjelasan dr. Lula Kamal.

Di dalam rumah, nyamuk suka bersembunyi di benda-benda yang jarang dipindahkan seperti pinggiran pigura, tumpukan buku (ketahuan deh jarang baca), kolong lemari, kolong sofa, hiasan meja, pinggiran tempat tidur, lipatan tirai, tumpukan alat sholat, gantungan baju. Nah, kebiasaan menggantung baju yang telah dipakai ini perlu dikurangi karena nyamuk doyan ngumpet di sana. Bau badan manusia di baju tersebut makin membuat nyamuk betah. Oh ya, nyamuk paling suka warna merah dan hitam, lho. So, setelah pakai pakaian lebih baik segera cuci.

Sedangkan di luar rumah, nyamuk suka bersarang di talang air yang tersumbat, pot tanaman, selang bocor, tempat makan hewan peliharaan, dsb. Selengkapnya lihat gambar berikut.

Tempat di dalam dan luar rumah yang rawan menjadi tempat nyamuk bersarang/bersembunyi
Setelah mengetahui tempat yang rawan nyamuk, saya dan keluarga membersihkan tempat-tempat tersebut dengan teratur. Yang menjadi PR bagi kami yaitu baju yang menumpuk di gantungan baju. Sebagian besar baju di rumah berwarna hitam (keren gitu pakai baju hitam). So, setelah dipakai langsung masuk keranjang baju kotor yang tertutup.

4. Memakai kelambu saat anak tidur. Ini saya lakukan utamanya saat SID masih bayi. Bentuk kelambunya seperti tudung saji dengan ukuran besar.

5. Menggunakan HIT Expert. Pakai kelambu saat tidur efektif melindungi diri dari sergapan nyamuk tetapi ga mungkin kan pakai kelambu kemana-mana. Apalagi ada balita di rumah yang banyak aktivitas fisik. Untuk itu saya pakai obat nyamuk HIT Expert untuk basmi nyamuk bandel.

Sebelum menyemprot ruangan, pastikan ruangan dalam keadaan kosong. Anak diajak bersepeda atau nature walk aja. Makanan dan minuman juga disimpan terlebih dahulu. Kemudian matikan AC atau kipas angin. Setelah itu semprot ruangan dengan HIT Expert dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Ingat ya nyamuk Aedes Aegypti beredar di pagi hari. Setelah menyemprot ruangan, biarkan dalam keadaan kosong selama 2-3 jam. Oh ya, simpan HIT di tempat yang sulit dijangkau anak-anak ya.

HIT Expert untuk basmi nyamuk bandel
HIT Expert mengandung formula terbaru dari HIT yang lebih ampuh membasmi nyamuk. Ingat kan nyamuk sekarang lebih kecil dan gesit sehingga perlu pakai yang expert untuk mengatasinya. Formula baru ini menghasilkan micro-particle yang bertahan di udara untuk membasmi nyamuk.

Bentuk kepala semprotan ergonomis yang nyaman digenggam dan memiliki double nozzle yang mampu menjangkau ruangan lebih jauh dan lebih merata. Semprot secukupnya, ga perlu boros.

Satu lagi yang saya suka dari HIT Expert yaitu dua pilihan wangi premium, sweet flower dan fresh citrus. Saya tuh sensitif dengan bau obat nyamuk. Terasa eneg dan bikin susah tidur. Namun setelah memakai HIT Expert sesuai anjuran, wangi yang tersisa ga bikin eneg. FYI, kesegaran wangi ini bukan dimaksudkan sebagai pewangi ruangan ya karena HIT merupakan pestisida. Tetapi bila masih ada sisa wangi dari penyemprotan, wanginya tuh segar. Favorit saya yang fresh citrus.

Tentang keamanan penggunaan obat nyamuk, HIT Expert mengandung 0,1% bahan aktif transflutrin. Bahan ini masuk kelas U berdasar WHO yaitu “Unlikely to present acute hazard”. Gunakan sewajarnya sesuai petunjuk penggunaan ya. Pada kemasan tertera penjelasan HIT Expert anti nyamuk adalah pestisida rumah tangga racun kontak dan pernafasan, berbentuk aerosol untuk mengendalikan nyamuk Culex quinquefasciatus, Aedes aegypti, lalat Musca domestica, kecoa Periplaneta Americana, dan Blatella germanica di dalam ruangan.

Cara menggunakan HIT Expert
Astaga … membahas nyamuk aja bisa sepanjang ini ya. Sebel banget sih melihat nyamuk kecil imut tapi berpotensi membahayakan manusia sampai mendapat predikat binatang paling mematikan.

Banyak deh langkah yang bisa kita lakukan untuk membasmi nyamuk bandel. 5 hal di atas merupakan contoh sederhana yang saya lakukan. Selain itu bisa follow Instagram ibuinspirasihit dan like Facebook Fanpage HIT Terinspirasi Ibu untuk info membasmi nyamuk. Semoga dengan berbagai langkah pencegahan tersebut dapat melindungi keluarga dari bahaya nyamuk. Kalau kamu punya cara lain melawan nyamuk, bagi ceritamu di kolom komentar ya.
81 comments on "5 Cara Melindungi Keluarga dari Bahaya Nyamuk Kecil Bandel yang Nyebelin"
  1. Wah, alhamdulillah keluargaku sering tuh melakukan 3M, jadi di rumah jarang ada nyamuk, hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pantas aja kamu sehat ya Ris

      Delete
  2. Saya juga lakukan 3M
    Cuma produk pembasminya beda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3M ini tips ampuh dari zaman SD. Tapi memang efektif

      Delete
  3. Di rumahku juga musim banget nyamuk
    Bisa di coba nih pakai hits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim hujan gini biasanya makin banyak

      Delete
  4. Bener bun. Saya ada masalah banget nih ma nyamuk. Akhirnya kepaksa beli kelambu. Soalnya nyamuk di sini bandel-bandel. Sempet stres juga kemarin soalnya bingung diapain lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada tuh kelambu yang berbentuk tenda tapi hanya aman buat tidur. Saat anak main kan ga mungkin pake kelambu

      Delete
  5. apalagi di ujung musim hujan gini ya mbak harus waspada nyamuk terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak ya. Cuma butuh air menggenang 1 cc buat nyamuk bertelur lho.

      Delete
  6. Replies
    1. Udah pergi, Makneng. Kan disemprot pakai HIT.

      Delete
  7. saya juga pake hit untuk membasmi nyamuk dirumah.

    ReplyDelete
  8. Yang tidur pake kelambu neh di rumah ibukku banget.... Nyaman banget loh.. Tp kalau anak jaman now gak mau sumpek katanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka pakai kelambu tapi ya harus rajin bersihkan, kalau ga malah jadi sarang debu.

      Delete
  9. Di daerah rumahku sekarang lagi banyak nyamuk :( Selain pakai obat nyamuk elekktrik, sekarang tempat2 tidur di rumah juga dipakein kelambu biar tidur lebih tenang gak keganggu nging nging nging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa juga double protection supaya makin aman dari serangan nyamuk bandel.

      Delete
  10. Di rumah aku bukan cuma serangan nyamuk sekarang, Mbak. Tapi juga serangan kecoa, pada masuk lewat saluran air begitu mulai hujan. Sedih deh.
    Aku pake obat nyamuk buat bunuhin kecoa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh nyamuk dan kecoak. Hii...
      menurut dr. Lula Kamal, kecoak kurang mempan dengan obat nyamuk. Palingan badan kecoak terbalik lalu mati karena ga bisa kemana-mana.

      Delete
  11. Nyamuk emang kecil2 mematikan, makanya kudu dibasmi yaaaa. Utk traveler jg kudu ati2 krn pernah tu masuk penginapan lha kok ada nyamuknya hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah mbak nginep di pulau kecil trus di cottage-nya disedikan kelambu sama obat nyamuk karena nyamuknya banyak.

      Delete
  12. Saya baca tulisan ini sambil sibuk napokin nyamuk yang menguing-nguing dekat telinga saya. Tapi ga dapat-dapat. Kayaknya memang harus cus beli Hit Expert ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli dong. Aku sedia HIT yang semprot dan elektrik supaya ga ditemani nyamuk saat begadang

      Delete
  13. Yap bner bnget tipsnya nyamuk harus di basmi, segala jenis nyamuk itu berbahaya untung sdh Ada HIT Expert ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, terutama di negara tropis eksotis seperti Indonesia ini. Ada daerah yang jadi endemik penyebaran penyakit karena nyamuk

      Delete
  14. Aku masih nyari obat nyamuk oles yang bahannya alami. Kalo pas keluar ke hutan suka paranoid. Dulu pernah digigit cikunguya soalnya. Apalagi tiap ke Papua atau daerah endemik malaria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaa, hati-hati, Mbak. Mbak Lutfi kan suka main di luar ruangan apalagi syuting di hutan. Bisa juga siap sedia pil untuk mencegah malaria.

      Delete
  15. Iya nih mbak, aku lebih banyak perhatian klo di rumah ada genangan air dari genteng yang bocor, buru2 ku bersihkan airnya,
    Apalagi sedikit banyak rajin soal bersih2, ya itu khawatir jadi prsembunyiannya si nyamuk �� yang kecil2 kadang sulit ditangkap pas enak2 beraktifitas, dan rasa cubitannya si nyamuk, deuhh bikin gatel sampekan hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus rajin inspeksi keliling rumah buat mengurangi tempat nyamuk bersarang.

      Delete
  16. 1cc? Ya Allah tak bayangin makin banyak banget nyamuk di mana-mana. Ngeriiiiii. Aku kalau tidur milih pakai hit sama tetap pakai kelambu, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit banget kan ya dan genangan itu ada di mana-mana. Hujan dikit, jalanan depan rumahku udah menggenang :(

      Delete
  17. Iya ya mbak, nyamuk sekarang makin gesit + nyebelin. Apalagi musim hujan gini, harus ekstra pengamanannya, mau coba hit expert juga ah, selama ini biasa pake hit bakar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIT Expert lebih mudah dipakai, cukup semprot aja. Kalau yang bakar gitu aku takut karena punya anak kecil. Khawatir dia pegang.

      Delete
  18. Wah.. Uda gak pernah pakek kelambu nih. Pas gedean berasa engep. Padahal bikin gak ada nyamuk yak :D

    ReplyDelete
  19. Nyamuk zaman now makin nyebelin ya, mbak Helena �� cara pakai HIT Expert pun mesti diperhatikan secara baik agar hasilnya efektif mengarasi nyamuk bandel. Tks info cara2 basmi nyamuknya ok bgt nih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak perhatikan cara pakai, jangan sampai salah sasaran

      Delete
  20. Nyamuk memang bikin sebel untung Ada Hit dg formula barunya jangan lupa Jaga kebersihan nuhun tipnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, pakai HIT Expert sekaligus menjaga kebersihan rumah supaya nyamuk ogah mampir

      Delete
  21. Ngebahas soal nyamuk mah emang ga selesai selesai ya mbak...
    Hihihi... Binatang nya kecil bin mungil tapi dampaknya besar dan pembahasannya bisa sangat luas...
    Btw aku juga pake loh hit expert nya, aku pakai yang fresh citrus... Wanginya segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Aku juga suka yang citrus. Eh tapi bukan buat pewangi ruangan kan

      Delete
  22. Sudah coba pakai HIT Expert dan memang lebih efektif mengusir dan mematikan nyamuk. Hidup jd lebih nyaman wkwkwk

    ReplyDelete
  23. Emang paling kesel kalo ngafepin nyamuk, apalagi pas cuaca panas, pasti malemnya banyak nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya namanya hidup di daerah tropis ya kudu expert membasmi nyamuk

      Delete
  24. Nyamuk memang ngeselin bikin tidur gak nyenyak..tp Alhamdulillah sekarang udah jarang ada nyamuk dirumah :)

    ReplyDelete
  25. Wah ada yang expert,harus d coba nih

    ReplyDelete
  26. aku udah nyobain dong sehari 2 kali semprot pagi dan sore hari, tidur pun jadi nyaman dan nggak khawatir dengan nyamuk bandel:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Setelah semprot,tinggal jalan-jalan dulu yaa

      Delete
  27. Aku sensitif banget kalau ada nyamuk. Baru hinggap aja langsung kerasa. Ini juga yang bikin tidur kadang ga nyenyak.
    Pake kelambu pun nyamuknya tetap lolis. Wkwkwk
    Btw ini aman ga ya klw ada bayi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelambunya bolong kali. Hehehe
      Eh bayinya dibawa jalan-jalan dulu saat pakai HIT. Setelah 2-3 jam, boleh deh bobo di kamar.

      Delete
  28. yang disuka dari HIT jadi lebih nyaman tidur, ga keganggu nyamuk dan baunya tidak menyegat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur nyenyak membuat lancar beraktivitas, kan.

      Delete
  29. Berarti saya tidak salah memilih semprotan nyamuk ya.
    Hit memang sangat ampuh membasmi nyamuk.

    ReplyDelete
  30. Baru tau kalau nyamuk juga ikut traveling. Harus waspada nih ya.

    ReplyDelete
  31. Sampai sekarang saya masih sering pakai kelambu, karena nyamuk jaman now luar biasa baik dari jumlah maupun gigitannya sangat menjengkelkan. Mungkin karena tidak menggunakan AC jadi nyamuk Masi bebas datang dan pergi sesuka hati. Tapi saya juga sedia hit dirumah untuk sewaktu-waktu jika diperlukan.

    ReplyDelete
  32. aku juga pakai HIT, tapi belum ketemu yang kemasan seperti itu, suka yang lavender :)

    ReplyDelete
  33. Pake hit expert nih di rumahku mbak. Jarang pake kelambu soalnya, repot..

    ReplyDelete
  34. Nyamuk kecil tapi kalo udah gigit bisa geger satu negara bahkan dunia ya

    ReplyDelete
  35. Jadi teringat pelajaran waktu SD tentang cara membasmi nyamuk DB hehe.

    BTW aku di rumah juga pakai HIT lho mba, tapi yang elektrik hehe

    tinggal colok soalnya :)

    ReplyDelete
  36. Apalagi ada anak kecil,waspada kalau banysk nyamuk, Helen

    ReplyDelete
  37. Dari dulu mamahku juga pake hits. Hehehe. Tapi emang harus rajin rajin bersihin rumah sama buang-buangin barang ga kepake. Didiemin numpuk jadilah sarang nyamuk. kalau bobo nanti digigit.

    ReplyDelete
  38. Lho ruangan harus dibiarkan 2-3 jam za.... �� selama ini saya habis semprot, gak sampai sejam sudah dimasuki ruangannya

    ReplyDelete
  39. Aku kok fokusnya ke SID yang megang HITS ya... tapi memang nyamuk ini sangat nakal.. andai nyamuk sedotnya lemak.. aku rela deh mba.. hehehe

    ReplyDelete
  40. wah makasih banyak tipsnya, mudah dan simpel untuk dipraktekkin, moga aja dirumahku ga ada nyamuk lagi

    ReplyDelete
  41. Adik saya asma, jadi bermasalah kalau pakai obat nyamuk semprot, lebih memilih obat nyamuk elektrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bisa juga setelah menyemprot obat nyamuk, biarkan ruangan kosong 2-3 jam supaya aromanya hilang.

      Delete
  42. Berhubung gw tinggal di apartemen, biasanya gw slalu buka jendela pagi dan sore saja.....

    By the way, apartemen gw di lantai 5, tapi jarang ada nyamuk, apa benar nyamuk gak bisa terbang sampai di gedung tinggi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nyamuk terbang tinggi dengan batas tertentu. Tapi beda lagi kalau si nyamuk masuk lift atau ngumpet di tas orang yang naik lift. Bisa jalan-jalan deh ke apartemen.

      Delete
  43. Kebetulan dirumah pembasmi nyamuknya juga pakai merk ini, memang ampuh siy dan wanginya juga nggak bikin eneg qo.

    Wahh ternyata, pemanasan global nyamuk jadi semakin banyak pula yaa. TFS Mba Helena

    ReplyDelete
  44. Nyamuk itu kecil tapi membahayakan :D apalagi ini musim hujan. Kalo Luigi pakek obat nyamuk semprot suka batuk. Jadi aku tinggal kamar dulu deh. 3M harus ya mb. HIT ampuh mbunuh kecoa gak ya? :D

    ReplyDelete
  45. Satu cc ET dah tuh nyamuk bisa kawin dan berkembang Jadi buaanyak. ET mpo pakai hit juga loh

    ReplyDelete
  46. Saya dari dulu pakai Hit Mbak, senjata ampuh untuk perang sama nyamuk bandel

    ReplyDelete
  47. Kalau Nonton atau lagi ngetik Di temani nyamuk, seauatu banget. Selain gatal, bising di kuping

    ReplyDelete
  48. Dirumah dari dulu sudah pake HIT dong, daya kerjanya cepat bikin nyamuk pada mati

    ReplyDelete
  49. Aku juga beberapa kali naik kendaraan umum terus ada nyamuknya :(

    ReplyDelete
  50. Beberapa bulan ini nyamuknya makin banyaaak, perlu HIT Expert di rumah untuk lawan nyamuk yang selalu keroyokan :))

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature