Belanja Aman Tanpa Ribet Kepo-in Akun Penjual di Instagram

Saturday, December 17, 2016
aplikasi uangku smartfren
Halo… udah ngeborong apa aja selama HARBOLNAS? Atau woles ga ikutan belanja? HARBOLNAS alias Hari Belanja Online Nasional hadir 2x dalam setahun yaitu 11.11 (11 November) dan 12.12 (12 Desember). Di sekitar tanggal tersebut banyak diskon dan promo gila-gilaan dari e-commerce, market place, dan toko online lainnya. 

Tiap buka media sosial isinya status teman-teman yang pamer dapat harga murah banget setelah belanja online. Saya sempat buat wishlists tapi barang inceran saya ga ada diskon. Heu… Sebagai pengobat lara, saya beli makanan aja deh. Belinya lewat online juga sih tepatnya di instagram. 

Belanja lewat toko online di instagram itu aman-aman aja kok asal kita rajin kepo kredibilitas akun tersebut. Followersnya banyak dan aktif, ada testimonial, admin cepat merespon, fotonya jelas dan meyakinkan, trus apalagi ya? Eh kok ribet, hihihi.

Sekarang belanja lewat instagram makin mudah dan cepat setelah saya kenal UANGKU. Produk dari Sinarmas Group ini udah officially launched. Harbolnas yang lalu saya coba belanja di instagram dengan pilihan payment menggunakan Uangku. Istilahnya social shopping, bukan online shopping ya. Ini pengalaman saya.

Mumpung Harbolnas, online shops di instagram banyak yang memberi promo. Daripada susah-susah kepo-in mana yang trusted seller, saya buka daftar merchant yang sudah bekerja sama dengan UANGKU. FYI, tidak sembarang merchant bisa masuk daftar ini. Ada proses verifikasi dan penandatanganan MOU. Dengan kata lain, UANGKU sudah memastikan merchants tersebut dapat dipercaya. 

Ada banyak pilihan merchants dari fashion, kecantikan, home & living, aksesoris gadget, sampai makanan. Di antara daftar online shop yang menjual makanan, saya ingin beli pempek di @pempekpakcik. Di sana ada promo free ongkir se-Jabodetabek untuk pembelian minimal Rp 100.000,-.

Waktu chat lewat LINE dengan Mbak Admin Pempek Pak Cik, saya bilang mau bayar dengan UANGKU. Berhubung ini pertama kalinya saya belanja di instagram dengan UANGKU dan sepertinya begitu juga dengan si admin, saya nanya-nanya dulu caranya. Dia bilang akan ada SMS pemberitahuan untuk membayar. Jadi prosesnya seperti ini:

1. Chat dengan admin sampai fix order dan bilang kalau membayar dengan UANGKU. Beri no. HP yang sama dengan yang terdaftar di UANGKU.

2. Ada SMS masuk yang memberitahukan shopping payment request harus dibayar dalam tenggat waktu tertentu.

3. Buka aplikasi UANGKU dan masukkan PIN (6 digit angka), pastikan saldo mencukupi. Kalau saldo kurang, top up dulu dong via cash di Walk in Gallery Smartfren Sabang dan BSD atau via transfer.

4. Pilih menu “Payment Request” lalu akan muncul daftar payment yang pending, paid, fulfilled, dan released. Pilih yang “pending”.

5. Klik payment request yang sesuai. Di layar muncul keterangan “Pempek Pak Cik requested payment from you” beserta tanggal dan nominal. Pastikan data tersebut sudah benar kemudian klik “Pay Now”.

6. Masukkan PIN (kombinasi huruf, angka, dan karakter lain).

7. Bila transaksi sukses, ada keterangan “You have successfully paid to…” lalu klik “Done”.

8. Sekarang di menu “Payment Request” order Pempek Pak Cik berganti tempat ke menu “Paid”.

cara bayar dengan uangku

belanja aman di instagram
Langkah 3 sampai 8 saya lakukan kurang dari 1 menit. Bayar belanjaan makin cepat dan mudah. Ga perlu foto bukti transfer dan kirim ke admin Pempek Pak Cik. Mbak admin juga ga curiga bukti transfernya asli atau palsu dan ga repot cek mutasi rekening. Safe and simple

Dua hari kemudian paket pempek saya sampai. Yay! Pempek Pak Cik sudah menyelesaikan kewajibannya mengirim paket. Sebelum makan, giliran saya menunaikan kewajiban mengonfirmasi paket telah sampai dan sesuai pesanan. Langkah konfirmasinya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Uangku dan masukkan PIN (6 digit angka).

2. Masuk menu “Payment Request” lalu pilih “Fulfilled”.

3. Klik order Pempek Pak Cik yang kini ada keterangan “Pempek Pak Cik fulfilled your payment” kemudian klik “Release Now”. (Lupa setelah ini masukkan PIN atau tidak)

4. Setelah transaksi selesai muncul keterangan “You have successfully released to Pempek Pak Cik”. Done!
belanja aman di instagram
Jangan sampai lupa konfirmasi ya supaya pembayaran segera diteruskan ke penjual. Kalau pesanan tidak sesuai, selesaikan dahulu permasalahannya dengan penjual.

Hingga 31 Desember 2016 ada cashback untuk minimum pembelanjaan Rp 100.000,- melalui merchant yang sudah bekerja sama. Harusnya saya dapat cashback Rp 25.000,- tetapi kok ga masuk ya? Saya chat aja via LINE ke @UANGKU (iya, ini akun resmi). Admin cepat membalas dan setelah menunggu beberapa jam cashback saya masuk. Yes…bisa social shopping lagi!

Pengalaman pertama memakai UANGKU menurut saya prosesnya mudah, cepat, dan yang penting aman. Ga perlu ribet kepo-in penjualnya bisa dipercaya atau tidak. Aplikasi ini very recommended buat penyuka belanja online. Udah download di Playstore atau Appstore?

29 comments on "Belanja Aman Tanpa Ribet Kepo-in Akun Penjual di Instagram"
  1. Mantap ya, sekarang udah makin mudah belanja.

    ReplyDelete
  2. Wah kemarin aku belanjanya gak sampai 100 rb, ga jadi dapat cashback ya 😂😂

    ReplyDelete
  3. Belanjaa makiin mudaah skrng yaa. Bisa cobaa pake uangku 😁 penjual yg terhabung dalam fitur uangku jelas terpecaya dan kredible. Pernah belanja lewat olshop ig barangnya ndak sesuai banget sama foto. Hmmmm. .

    Tfs mbak helenaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu kepo kan. Jadi lebih gampang

      Delete
  4. Wahh aku belanjaa banyak di harbolnas

    ReplyDelete
  5. Asyikku juga ya belanja pake aplikasi Uangku

    ReplyDelete
  6. Blum pernah blnj on line smp jumlh.jutaan mba.... rada takut dkit ... noted nih pake aplikasi uangku sptny aman..

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu sy jualan online via IG juga lmyn banget kalo ditekuni, tp cape karema tiap hr ada aja yg nanya barang sampe malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang... Harus 24 jam, mba. Akupun gitu

      Delete
  8. Punyaku juga udah kubelanjain baju, cepet banget dan gampang paymentnya.

    ReplyDelete
  9. Enak banget sekarang, ada uangku pulak.
    Gawat makin dinanti aja nih harbolnas hahaa

    ReplyDelete
  10. Kalo manteng di depan komputer dan buka situs belanja di kedua tanggal itu bawaannya belanja aja. Banyak diskon, dan di buka lapak kemaren ada fitur nego. Bisa gak kuat iman, hehehe...

    salam

    ReplyDelete
  11. heheh :D keren banget ya skrg belanja jadi makin mudahh. tinggal duduk manis aja atau pake hape. belom mandi juga gapapa :D

    salam kenal
    http://www.fujichan.net/

    ReplyDelete
  12. pengen pempek... pengen pake uangku juga...

    ReplyDelete
  13. wah keren banget ya mbak uangku ini

    ReplyDelete
  14. Waaah bagus sekarang ada yang seperti ini haha jadi nggak rawan penipuan lagi. Saya pun pernah hampir ketipu satu kali waktu mau beli baju di onlineshop ig.

    Tapi kalau pembelinya sampe lupa konfirm kalau barang sudah sampai, maka penjual juga nggak bisa langsung dapat uangnya dong yah

    ReplyDelete
  15. Makin mudahhh aja belanja dg uangku. TApi tetep kudu jaga supaya nggak boros hehehe

    ReplyDelete
  16. harbolnas emang momen yg tepat buat borong dagangan orang

    ReplyDelete
  17. Belanja jadi semakin mudah ya. Ntar mau nyoba juga ah belanja di instagram pakai uangku.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature