7 Kado untuk Ibu Melahirkan

Saturday, December 24, 2016


voucher lazada dan berrybenka

[Kado untuk Ibu Melahirkan] - Aaah senangnya melihat teman-teman yang sedang hamil, apalagi kalau sudah menantikan buah hati sekian lama. Saya biasanya bertanya usia kehamilan dan HPL alias Hari Perkiraan Lahir. Sebenarnya ada maksud terselubung dari pertanyaan tersebut. Dari situ saya bisa mengira-ngira kurang berapa bulan lagi untuk mempersiapkan kado bagi si ibu. Ya butuh menabung juga sambil mikir mau beli kado apa. 
Lama banget mikirnya? Hihi…iya, karena saya sering bingung mau membawa kado yang tepat saat menjenguk teman yang baru melahirkan. Apa sih kado yang biasanya diberikan? Saat udah kepepet, saya beli peralatan mandi bayi, baju bayi, mainan, atau gendongan/baby carrier. Tapi kalau dipikir-pikir kok kadonya buat si bayi semua? Mengapa tidak memberi hadiah untuk si ibu?

Setelah melahirkan, ada perasaan lega dan bahagia dapat melihat langsung bayi yang selama ini tumbuh dalam perut ibu. Di sisi lain terkadang timbul stress, pegal, atau pusing akibat begadang mengurus bayi mungil selama 24 jam. Ini bahaya, lho! Apalagi kalau ibu mengalami baby blues syndrome yang juga bisa berefek pada bayi. Ibu menyusui harus stay happy supaya ASI lancar, kan. Sebagai kawan yang pengertian, tak ada salahnya membawakan kado untuk si ibu.

Oke…ini nih 7 kado yang cocok untuk ibu melahirkan berdasarkan pengalaman dan pendapat saya:

1. Pakaian yang ramah untuk menyusui


Model pakaiannya bisa bermacam-macam, yang penting mudah akses menyusui. Contohnya dress atau kemeja dengan kancing depan. Daster berbahan katun juga bisa dijadikan pilihan. Nyaman banget lho pakai daster. Selain itu ada jenis baju menyusui dengan resleting di dada kanan-kiri. Menyusui jadi engga ribet. Boleh juga ditambah nursing cover supaya bisa nyaman menyusui sambil jalan-jalan. 

Harga pakaian untuk ibu menyusui masih terjangkau. Supaya makin hemat, bisa manfaatkan promo belanja online seperti voucher eksklusif Lazada. Foto di bawah ini hasil ngubek-ngubek di market place tersebut. Lucu-lucu deh model pakaiannya. *tahan diri supaya engga tergoda* 
baju menyusui
Pakaian menyusui tetap modis (image: Lazada dan BerryBenka, edited by Helena)

2. Pompa ASI beserta pernak-perniknya


Yuk, dukung ASI eksklusif di 6 bulan pertama dan bisa dilanjutkan hingga anak usia 2 tahun. Ibu menyusui bakal senang banget kalau mendapat hadiah pompa ASI, apalagi yang elektrik *eh kok request, hahaha. Harganya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Selain pompa ASI, ada juga perlengkapan pendukung untuk menyimpan ASI seperti botol kaca, plastik khusus ASI, dan cooler bag yang mampu menjaga suhu tetap dingin supaya nutrisi dan kesegaran ASI terjaga. 
Pompa ASI elektrik idaman, apalagi yang paling kiri Si Medela Freestyle (image: Lazada)

3. Makanan favorit


Masih berhubungan dengan lancarnya ASI, bawa makanan favorit yang sudah diidam-idamkan ibu. Tidak ada pantangan makanan bagi ibu menyusui. Makanan favorit bisa menjadi ASI booster yang membuat ibu makin happy.

4. Voucher pijat pasca melahirkan


Yang ini pengalaman pribadi saat memberikan voucher body massage sebagai kado dengan harapan si ibu punya me-time. Saya teringat sehari setelah melahirkan, badan rasanya pegal seperti usai tawuran (istilah Jawa-nya njarem). Untunglah rumah sakit menyediakan layanan pijat pasca melahirkan sehingga tubuh lebih rileks. Pijat ini dapat pula melancarkan produksi ASI, mengurangi migraine, serta melancarkan peredaran darah. Enaknya… 
pijat pasca melahirkan
Ibu menyusui butuh relaks supaya ASI lancar (image: gumtree)


5. Kosmetik


Repot mengurus bayi yang bolak-balik nangis, nenen, pipis, pup membuat ibu lupa merawat diri. Beri kado kosmetik seperti lipstick, bedak, atau concealer supaya ibu tetap tampil segar. Ibu jadi lebih percaya diri saat menerima tamu. Wajah pucat dan kantong mata akibat kurang tidur bisa tersamarkan, dong. Psst…produk kosmetik sering ada diskon lho, salah satunya voucher BerryBenka. 

6. Buku seputar ibu dan bayi


Tidak ada sekolah formal untuk menjadi seorang ibu. Menjadi ibu yang baik butuh pembelajaran serta melalui proses terus menerus. It’s a lifetime precious job. Sebagai referensi, ibu dapat mempelajari berbagai metode mengasuh anak dan tip menjaga kesehatan keluarga dengan membaca buku seputar ibu dan bayi. 

Saat belum memiliki anak, saya memberikan buku serba-serbi mengurus bayi kepada teman yang melahirkan. Harapannya setelah dia baca, saya bisa meminjamnya, hehehe. 
Punya rekomendasi buku parenting? (image: pixabay)


7. Uang


Masih belum yakin dengan pilihan di atas? Sebagian ibu lebih suka diberi uang sebagai kado. Uang ini lebih fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan keluarga, seperti membeli peralatan untuk bayi, syukuran kelahiran, atau ditabung untuk kebutuhan anak kelak.

Nah, itu 7 barang yang bisa diberikan sebagai kado saat menjenguk ibu melahirkan. Kadonya bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kesukaan si ibu supaya ia makin happy merawat baby.

Sebelum berkunjung, pastikan si ibu sudah siap menerima tamu. Tak perlu terburu-buru. Beri waktu untuk ibu beristirahat setelah melahirkan.

Punya ide kado spesial untuk ibu melahirkan? Atau pernah mendapat hadiah istimewa dari tamu yang menjenguk? Bagi ceritamu di kolom komentar di bawah ini, ya. Terima kasih.

74 comments on "7 Kado untuk Ibu Melahirkan"
  1. Dulu pas hamil & melahirkan aku pengennya dikasih kado berlian kaaak hahahah XD Etapi itu pocer spa juga berharga banget tuh, secara badan pegel2 dan pastinya Ibu butuh banget relax & leha2 sebentar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ga perlu nunggu hamil deh kalau mau dikado berlian. Hahaha

      Delete
  2. Saya senang kasih kado korset/gurita untuk ibu melahirkan. Sebab ibu yang baru melahirkan biasanya langsung sibuk merawat bayi dan lupa merawat dirinya sendiri. Dengan pakai korset, umumnya otot perut yang menggelambir akan lebih cepat untuk kencang lagi, sehingga badan ibu akan cepat bagus kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Ide yang bagus! Makasih mba

      Delete
  3. Haha saya setuju sama poin terakhir nih. Karena uang lebih fleksibel untuk dijadikan kebutuhan ibu melahirkan. Nice post, kak. Ijin share boleh ya? :)))

    ReplyDelete
  4. wainii... makasi infonya mba Helena. Pas banget lagi banyak teman yang baru melahirkan :)

    ReplyDelete
  5. Wahahaha yang terakhir itu opsi kala udah pasrah ya mba
    Mirip kondangan jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kondangan aku setuju uang aja, buat lunasin sewa gedung sama catering :p

      Delete
  6. Makasih sharingnya mba.. aku sering mati ide kalau mau jenguk teman yg habis melahirkan hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, aku tulis aja di sini sekalian nampung ide dari teman-teman

      Delete
  7. wiiih pas banget mbak infonya! Terima kasih :)

    http://faradiladputri.tumblr.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama. Btw aku udah mampir ke blogmu tapi ga paham komen pake disqus *gaptek

      Delete
  8. Voucher pijat tuh pasti seneng banget kalo dapat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya bisa rileks sebelum kembali ngurus baby

      Delete
  9. biasanya kalo gak buat bayinya ya uang..gak kepikiran buat ibunya.., jadi terinspirasi...

    ReplyDelete
  10. nomor terakhir memang perlu juga terkadang klo sdh kehabisan cari ide, dari pada beli kado yg double2 dan malah jatuhnya sama sipenerima gak terpakai, mending to the point uang diamplopan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kadonya ga terpakai biasanya dibuat kado lagi, hehe

      Delete
  11. Untuk 2 tahun terakhir ini di daerahku kalau tilik bayi aku kasihnya uang Mbak. Sudah jarang sekali yang kasih barang2. Kecuali teman2 yang sangat deket :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan di daerah situ ya. Uang lebih fleksibel sih

      Delete
  12. Nanti aku pas melahirkan dapet kado apa yaaa kira2? Hihi, ngarep =D

    ReplyDelete
  13. Jaman skrg beda sama dulu, dulu aku klo ngasih kdo ya sengasih2nya aja. Tanpa cari tau dulu apa yg dibutuhkan sbenarnya atau apa yg blm dipunya. Skrg klo mau kasi kado suka tqnya dulu, udh punya ini/itu belom. Gitu. Hihi

    ReplyDelete
  14. Aku maunya apa yak kalau ada yang ngasih kado? Boleh minta mentahnya aja ngga? #denganwajahpurapurapolos
    Hihihi...
    Peralatan ASI kayaknya paling utama tuh, tapi biasanya sih kalau itu udah dipersiapkan jauh2 hari ya sama bumil. Mungkin voucher pijat asyik juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikasih mentahnya nanti dipake buat traveling :p

      Delete
  15. bisa dibookmark dulu ini, temenku pada banyak yang hamill XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah semeja sama bumil semua (kecuali aku).

      Delete
  16. Setuju bangeeeettt poin 1-7 mbaaaaa (saya mah receh bgt, namanya dikado apa aja hayuuuukkk hehehe). Ada satu lagi si, dikado waktu me time kali ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andai bisa beri waktu, aku juga kepikiran itu. Mungkin dibantu buat gantian ngurus baby ya

      Delete
  17. Bju menyusui aku pernah dikasih hadiah ini, rasanya seneng banget..jadi kita bukan hanya kasih hadiah ke anak ya, ke ibunya juga..

    ReplyDelete
  18. Kalo ksh kado k temen ato sodara yg lahiran, akhir2 ini aku cendrung ksh utk ibunya mbak.. Krn mikirnya si bayi mah pasti udh bnyk bgt yg ngasih kado :p.

    Kayak waktu itu mbak iparku lahiran, aku ksh undangan ekslusif utk spa komplit 3 jam di salah satu hotel d jkt. Jd mulai dr perawatn tubuh, rambut, semuanya lah.. Ujung rambut ampe kaki :p.

    Trs pernah ksh makanan fav juga k sepupuku.. Ama pas adekku lahiran, aku ksh voucher menginap di hotel berbintang, dgn keluarganya :D. Jd refreshing juga :). Supaya ga babyblues :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mauuuu dong. Kamu pengertian banget sih mba

      Delete
  19. Iyaaa...mba Helen...
    Aku pun bosen kl kadonya peralatan mandi lagii...dan lagi.

    Terkenang saat melahirkan, dapet dari saudara, daster cantik.

    Mashaallah,
    Seneeeng banget.

    Masa busui dasternya bulukan mulu yaa..?
    Yang cantik cantiik doonk..biar semangat menyusui.

    ReplyDelete
  20. Sayapun kadang suka bingung cari kado utk tmn pasca melahirkan :D
    Bs dicoba refrensinya

    ReplyDelete
  21. Aku pernah ngasih buku tentang menyusui, cemilan, gendongan dan baju.
    Kalau yang dikasih, pernah dapet detergen, pewangi, sabun mandi dan sampho. Karena tradisi orang deket rumah kali ya, jadi selama hampir 6 bulan libur beli detergen, pewangi, sabun dan sampo. Pake yang dikasih-kasih tetangga aja. Pernah dapet sprei, baju bayi, gendongan, sampe uang tunai. Alhamdulillah manfaat semua, kalo pun nggak kepake, buat dikasih lagi ke teman yang habis melahirkan, hihi (nggak modal).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama...bisa sampai setahun ga beli sabun, shampoo, dkk.
      Iya biasanya dibuat kado lagi kalau masih sisa banyak.

      Delete
  22. Tips ini pas banget buat yang udah punya istri. Saya jomblo! #ngenes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar, mas. Disimpen buat kalau udah punya istri. Heheh

      Delete
  23. biasa kalau melahirkan, kado ditujukan buat sibayi, habis baca artikel ini, ternyata saya jadi mikir, iya juga ya, si ibu melahirkan sebenarnya yang perlu kado. makasih lho mbak, saya jadi terbuka pikirannya

    ReplyDelete
  24. nice info, selama ini ngasi kado buat bayinya aja, paling mentok kalo gak ada ide ya duit aja..

    ReplyDelete
  25. Jujur sebagai laki-laki rada nggak ngerti masalah begini-begini malah cenderung cuek, apalagi belum punya pasangan hehe

    Menurutku alat kosmetik tidak terlalu penting manfaatnya sih, cuma pelengkap aja.
    aku malah suka sama voucher pijet, baju menyusui, sama penyedot ASI. kayaknya ketiganya bermanfaat. kalo penyedot ASI sendiri cocok banget buat IBU muda yang baru punya anak 1. hehe..

    Voucher pijet setelah melahirkan sebenernya berguna banget tuh tapi kemungkinan besar si ibu nya nggak ada waktu atau enggak bisa keluar rumah. kecuali pemijetnya dateng ke rumah... :D

    Kalo buku, kadang-kadang ada ibu2 yg nggak doyan baca. :D

    tapi makasih banyak atas saran dan infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewe suka kosmetik meski udah punya banyak stok, hahah.

      Kalau pijat enak juga terapis yang bisa dipanggil ke rumah atau bayinya dibawa juga ke tempat pijatnya.

      Buat ibu yang ga suka baca buku, bisa dikado CD atau iTunes gift (supaya pilih sendiri,heheh)

      Makasih ya udah sharing

      Delete
  26. Bangus banget ini infonya, kebetulan temen ada yang mau lahiran dalam waktu dekat ini :)
    Makasih Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama-sama. Selamat berburu kado

      Delete
  27. Boleh juga tuh tuh idenya baju menyusui. Biasanya sih ngadoin selimut bayi yg motifnya lucu2. Sekali beli 4 selimut, sekalian buat stok kado. Klo pompa asi urunan sama temen2, mahal sih. Hehehe

    ReplyDelete
  28. Saya seringnya ngasih yg nomer 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju menyusui memang bermanfaat, mba

      Delete
  29. semuanya bener banget nih... kalo ditanya mau kado apa pas ngelahirin pasti yang kepikiran ya semua itu. Oia sama tambahan kalo ditanya bos atau kantor aku minta stroller hahahahah plus car seat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, kalau bisa strollernya yang inglesina 20juta *anak buah kemaruk*

      Delete
  30. Wah, bermanfaat nih list idenya.
    Umumnya sih memang orang2 ngasih kado buat bayinya. Padahal ibunya gempor habis melahirkan.

    Kalo aku hamil lagi, pasti milih kado voucher spa pasca bersalin. Penting banget!

    Eh, hamil lagi?
    *lirik si bungsu yg baru 2 thn*

    ReplyDelete
  31. Aku pilih makanan sama uang aja deh 😁

    ReplyDelete
  32. Voucher pijat setelah melahirkan, kayaknya jarang yang ngasih ya....bisa dijadikan alternatif nih...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa pijatnya di rumah supaya sambil jaga bayi, heheh

      Delete
  33. Saya belum pernah kasih kado untuk ibu melahirkan. Semuanya untuk kado anak. Begitu juga ketika saya melahirkan. Semua kadonya untuk anak. Tapi saya seneng, sih. Setidaknya banyak kebutuhan anak yang gak perlu dibeli lagi. Nah, uangnya bisa buat saya menyenangkan diri hehehe

    ReplyDelete
  34. kalau hamil dan melahirkan ngarep banget yang voucher pijat nih...kayaknya masih jarang orang yang ngasih kado ini..hahaha..

    ReplyDelete
  35. selama ini kalo ada yg lahiran pasti beli kado buat bayinya. begitu juga pas aku lahiran, dpt banyak kado buat dede bayi. coba yah dulu ada yg kasi aku baju menyusui :D

    ReplyDelete
  36. Makanan kesukaan ibunya juga ga apa-apa tuh, lumayan kan buat ASI booster. Aku pernah kasih cake kesukaan si ibu yang baru melahirkan soalnya bingung mau kasih apa buat anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahu makanan favoritenya, bisa tuh. Perut kenyang, ASI lancar

      Delete
  37. Waktu abis melahirkan dulu masa ya aku malah ngarep yg jenguk bawa kado nasi bungkus padang..wkwkkwk (busui kelaparan tapi belum bisa jalan jauh krn pake gurita sedangkan suami ke luar kota)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan bahagia itu sederhana, nasi bungkus padang yang porsinya gede. Heheh

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature