Modal Nekat Menjadi Dot Com Bersama Qwords.com

Tuesday, September 6, 2016



Belum genap setahun saya menekuni dunia blogging ini. Memang sejak 2008 saya sudah memiliki blog tetapi jarang update artikel dan kebanyakan berisi curhatan khas ABG. Tidak ada usaha yang konsisten untuk mengembangkan blog kala itu, sekadar iseng sebagai tempat menulis.

Pemikiran ini mulai berubah ketika November 2015 saya mengikuti workshop Fun Blogging di Surabaya. Pelatihan ini bertempat di kantor Qwords.com yang berada di Intiland Tower. Para pembicara hari itu adalah tiga wanita hebat yang bekerja sebagai blogpreneur yaitu, Haya Aliya Zaki, Shinta Ries, dan Ani Berta. Ternyata nge-blog bisa menghasilkan uang dan menjadi mata pencaharian.
Fun Blogging 7 di Qwords.com Surabaya (dok. Fun Blogging)

Modal Nekat

Dalam pelatihan itu pula saya berkenalan dengan Qwords.com untuk pertama kali. Sebenarnya sudah lama saya ingin mengganti domain gratisan ke domain berbayar tetapi tidak tahu caranya. Selain itu saya pikir harganya mahal. Update blog saja masih malas-malasan, sayang kalau sudah beli domain tetapi blognya pasif. Pergulatan batin ini seperti seorang wanita yang hendak memakai hijab. Ada yang menunggu hidayah kemudian berhijab. Ada pula yang berhijab terlebih dahulu sambil memperbaiki sifat dan sikap.

Tak hanya itu, membedakan domain dan hosting saja masih sering bingung. Benar-benar gaptek deh. Setelah saya pelajari, domain itu seperti alamat rumah sedangkan hosting adalah bangunan rumahnya. Penjelasan seperti ini yang sering saya sampaikan saat ada yang bertanya tentang alamat dot com.

Awal 2016 saya memutuskan untuk membeli domain supaya blog ini lebih profesional dan meningkatkan branding. Dengan mengubah nama blog menjadi Top Level Domain, saya akan terpacu untuk rajin menulis konten yang lebih bermanfaat. Kebetulan saat itu ada promo di Qwords.com. Saya pun membeli domain .id sehingga helenamantra.blogspot.co.id berubah menjadi helenamantra.id. Alamat ini tidak bertahan lama karena saya galau ingin menggunakan .com. Maka saya membeli 1 lagi domain yang terpakai hingga sekarang yaitu helenamantra.com.

Qwords.com mendukung program pemerintah 1 juta website dan domain .id gratis untuk UKM, desa, sekolah, pondok pesantren, dan komunitas.

Malu bertanya, sesat di jalan. Daripada salah beli, saya pun menggunakan fitur live chat untuk bertanya cara pembelian domain. Live chat ini ada di pojok kanan bawah website dan tersedia 24 jam. Technical support dengan telaten menjelaskan mulai proses pengecekan ketersediaan nama, pembayaran, hingga cara mengubah alamat blog. Saya yang bermodal nekat membeli domain jadi lebih paham setelah banyak bertanya dengan mbak & mas technical support ini. Terima kasih ya!

Memasuki Dunia Blogging

Helenamantra.com menjadi rumah virtual saya. Layaknya rumah nyata, saya berusaha menjadikannya home sweet home. Sebagian besar tulisan saya mengenai parenting and health yang relevan dengan keseharian saya sebagai Stay at Home Mom (SAHM). Suka duka merawat anak, saya tuangkan ke dalam blog untuk curhat sekaligus berbagi pengalaman dengan para pembaca. Semoga bermanfaat ya.

Saya pun aktif bergabung di komunitas-komunitas blogger untuk memperluas jaringan. Saya sadar pengalaman nge-blog ini masih seujung kuku. Agar dapat belajar menulis yang efektif, menarik, dan bermanfaat, beberapa pelatihan juga saya ikuti. Senangnya di dunia blogging ini banyak blogger senior yang mau berbagi ilmu, dari yang basic sampai advance.
Berkah nge-blog bisa bertemu anggota DPR, ikut talkshow kesehatan, sampai liburan gratis
Alhamdulillah satu persatu job berdatangan. Dari mulai meliput acara, mengulas produk, sampai liburan gratis. Saya belajar banyak ilmu pola asuh anak dan kesehatan keluarga dengan meliput berbagai talkshow. Selain itu saya pernah mengikuti kopi darat DPR RI dengan blogger dan netizen di gedung DPR/MPR. Saya tak pernah menyangka dapat masuk ke gedung tersebut hingga berdiskusi langsung dengan para wakil rakyat. Tak hanya saya, keluarga pun senang dengan berkah nge-blog ini. Ibu saya paling bahagia mendapat voucher belanja hasil kompensasi nge-blog. Sedangkan Sid, anak saya, memperoleh popok gratis sebulan penuh. Alhamdulillah pengeluaran bulanan semakin hemat.
Berbunga-bunga dapat testimonial seperti ini

Tahun ini Qwords.com memasuki usia 11 tahun. Track record-nya di dunia digital membuat saya yakin menggunakan jasa perusahaan ini. Saya berencana membeli hosting untuk rumah maya saya. Memilih penyedia web hosting yang dapat diandalkan sangat penting untuk seorang blogger. Ditambah lagi technical support yang siap sedia meladeni pertanyaan saya yang awam ini. Blog yang mudah diakses akan membuat pembaca betah berkunjung. Happy anniversary, Qwords.com – reliable fast web hosting with reasonable price!

56 comments on "Modal Nekat Menjadi Dot Com Bersama Qwords.com"
  1. Bner banget Mak ulasannya .Alhamdulillah saya dapat yang sept Ceria. ini sharingnya bermanfaat banget. ingin coba yang blogspot saya. Mau make ilmu nya ya Mak. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik..dapat diskon ya. Diskonnya Qwords oke tuh.

      Delete
  2. Salam kenal, Mak. Saya blogger pemula tapi sudah sok sokan pakai TDL...motivasinya biar rajin nulis kata suami, karena beliau yang membelikan...hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak dong ya suami mendukung. Semangat ngeblog!

      Delete
  3. Salam kenal, Mak. Saya blogger pemula tapi sudah sok sokan pakai TDL...motivasinya biar rajin nulis kata suami, karena beliau yang membelikan...hahaha...

    ReplyDelete
  4. aku pengen nekat juga mbak ganti domain dot com tapi masih agak ragu ya, secara masih gaptek banget aku masih gak mudeng juga soal hosting dan domain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh live chat di website Qwords. CS-nya sabar banget jelaskan satu persatu.

      Delete
  5. Sebenernya sejak fun blogging 7 itu udah kepincut ke TLD, tapi alasan klasik karena nulisnya masih angin-anginan. Semoga bisa segera terealisasi pindah TLD seperti helenamantra.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sengaja TLD supaya terpacu nulis. Kan sayang udah bayar, hehe..

      Delete
  6. aku juga modal nekat mbak ganti ke TDL, gara-gara iri sama temen-temen 1 komunitas blog yang kebanyakan udah pake TDL, jadilah saya kepingin dan kepicu semangat buat ganti ke TDL.
    semoga menang ya mbak buat lombanya :D

    ReplyDelete
  7. tos dulu kita mbk, sama2 pelanggan qwordsdotcom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share pengalaman pakai Qwords dong mba

      Delete
  8. Saya waktu masang .com juga gitu Mbak niatnya, biar rajin nulis, sregep, gak males2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, supaya makin semangat ngeblog ya

      Delete
  9. Saya baru mau bikin TLD, tapi masih mikir2 mindahinnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau domain ga perlu pindahan kok. Cepat juga prosesnya

      Delete
  10. Saya juga baru mulai aktif ngeblog tahun lalu, langsung pasang domain, supaya total dan nggak moodyan..belinya di qwords juga, responsenya cepat, saya suka.

    ReplyDelete
  11. Aku juga beli domain di qwords, Mak. Prosesnya gampang dan cepet. Tosss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga ya yg pake Qwords. Udah terpercaya

      Delete
  12. akupun akhirnya beli domain dan hosting itu spaya makin terpacu utk trs nulis mbak :).. kalo ga gini nulis jd ga rutin ;p.. tapi kalo udh hrs berbayar, pasti mikirnya sayang bgt blog dianggurin padahl tiap thn bayarnya udh lumayan mahal .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr...tapi aku masih nabung buat hosting nih. Semoga bisa segera terwujud.

      Delete
  13. Lha November 2015 masih tinggal di SUrabaya? #kepoh

    ReplyDelete
  14. Mau beli domain juga ah di Qwords

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai referral code-ku, mas https://portal.qwords.com/aff.php?aff=2528

      Delete
  15. thks mak, tapi aku kurang beruntung ni ga dapet promonya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh September ini lagi promo lho. Sering-sering cek aja

      Delete
  16. Mak, boleh tau ga kenapa galau mau ke dot com pas udah pake dot id?
    Soalnya aku pas mutusin beralih ke domain berbayar itu, milihnya yang enak disebutin hahaha...

    Pas kemaren itu ada term TLD aku belum ngeuh. Pas tau dan cek ricek, si dot id juga termasuk TLD ternyata. Jadi aku ga jadi galau. HEhehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dot id, com, co id, web id masuk TLD.
      Dot id Indonesia banget kan ya tapi orang2 lebih familiar dengan dot com. Khawatir ada yang pake helenamantra dot com jadi beli lagi deh

      Delete
    2. O gitu, Mba. Mumpung masih tersedia ya^^
      terus yang id nya kemaren gimana?
      Web yang sama atau yang lain?

      Delete
    3. Ga ku pake, nganggur nih. Gpp deh, belinya waktu itu juga lagi promo 20ribu aja di Qwords.

      Delete
  17. aahh..emang qwords sahabat para blogger niy yaa...

    semoga setelah jadi dot com rezeki ngeblog makin berlimpah yaaa...

    ReplyDelete
  18. Qwords recommended ngga mbak untuk beli hosting? Kebetulan mau pindahan nih soalnya hosting yang lama suka bikin blog ngadat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum punya pengalaman kalau hosting di Qwords. Baru baca-baca aja testimonial teman blogger lain.

      Delete
  19. Sama Mba, dulu saya juga modal nekat waktu beralih ke dot com.
    Padahal masih sedikit pengetahuannya ttg blogging.
    Alhamdulillah sih ada manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jadi kepaksa rajin nulis sih mba

      Delete
  20. Qword punya harga paling mantap. Tapi 3 dari 6 domain yang saya beli kadang sulit diakses pada 2 bulan pertama. Ada 1 domain yg perpanjangan bulan depan, sering tdk bisa dibuka. Sampai males kirim tiket. Jawaban standarnya clear cookies.
    Gapapa deh, murah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak banget blognya mba Susi. Terima kasih sharingnya ya. Ini bisa jadi masukan buat Qwords. Kalau saya, so far lancar-lancar aja.

      Delete
  21. Domainku juga di Qwords mba, sebentar lagi perlu diperpanjang. Semoga sukses terus jadi ibu rumah tangga yang produktif ya Mba ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tulisanku bermanfaat buat para pembaca. Makasih mba Desy!

      Delete
  22. Asyik banyak banget yang Qwords yaa. Mau pindah domain ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Qwords udah 11 tahun. Banyak dipercaya konsumen.

      Delete
  23. Dengan TLD, kesempatan untuk mendapat job besar bisa berdatangan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebagian besar job minta yang TLD

      Delete
  24. Ciee, Helen ngeblog nya makin sukses niih. Congrats yaa, aku senang liat helen aktif blognya sekaraang. Sukses terus yaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dukungannya ya mba Noe yang femes and humble. Aku belajar banyak dari mba.

      Delete
  25. Semangat terus mbak... saya juga lagi berjuang nih mbak... smga bisa sukses seperti mbak... Amiiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama. Amin..semoga kita bisa sukses dan berkah.

      Delete
  26. Baru pindah ke qwordsdotcom 30 September kemarin. Tapi hosting masih yang gratis.
    Benar punya blog seperti punya rumah kedua ya, mbak.
    Mampir ya, mbak. Modus mode on.
    Saam dari bumi Borneo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Borneo!
      Kalau hosting blogger yang free aja udah cukup. Lebih hemat cuma bayar domain.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature