Top Social

Awali Hari dengan Me-Time

Sunday, September 11, 2016


me-time setiap hari bagi seorang ibu (source: Pinterest)


Somehow saya setuju dengan quote di atas. Pagi sebagai pembuka hari dapat mempengaruhi mood seharian, apalagi buat orang moody. Lalu bagaimana dengan ibu rumah tangga yang paginya diawali dengan tangisan anak? Bangun tidur langsung terpikir menyiapkan sarapan, cucian yang numpuk, dan segala tugas domestik lainnya?

Jujur saya sempat keteteran dengan status baru sebagai ibu. Rasanya 24 jam saya kurang karena si bayi nemplok kemana-mana. Kadang ada rasa bosan dan ingin menikmati kesendirian. Butuh me-time, yes! Tapi siapa yang akan mengerjakan urusan rumah tangga? Rumah tidak mendadak kinclong kalau tidak disapu, kan? Masakan tidak bisa tiba-tiba matang, kan? *bisa sih kalau beli, heheh…

Ternyata masalah saya juga dialami ibu-ibu di belahan bumi lain. Tanpa sengaja saya menemukan website The Abundant Mama yang memberikan kiat untuk mengawali hari: The Abundant Mama’s Guide to Peaceful Morning. Panduan ini membuat saya dapat menikmati me-time setiap hari.


“This is the time to really create your morning ritual that will center and ground you for the day – as well as give you the time you need to get yourself ready before the children even wake up.”


Saya membuat ritual pagi dengan bangun lebih awal daripada orang lain di rumah. Kalau anak biasa bangun pukul 5, saya bangun 10-15 menit sebelumnya. Well, belum konsisten tiap hari sih. 15 menit ini begitu berharga untuk saya “mengumpulkan nyawa” setelah tidur.

Di waktu yang terbatas ini saya melakukan hal-hal untuk diri sendiri. Sebagai muslimah, saya mengawali hari dengan Solat Subuh. Saya bersyukur ada kewajiban solat ini. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta merupakan suntikan energi tersendiri untuk membuka hari baru. Kemudian saya melakukan hal-hal sederhana untuk membuat pikiran tenang. Terkadang saya membaca buku, menonton TV, mendengarkan musik, atau melihat pemandangan di luar rumah. Morning fresh air is so refreshing.
 
Siap bermain bersama anak (source: Unsplash)
Untuk mendukung peaceful morning ini perlu persiapan sejak malam sebelumnya. Biasanya sebelum tidur saya dan suami merencanakan menu sarapan esok. Kalau ada acara pagi hari, pakaian dan tas sudah saya siapkan sebelumnya supaya tidak terburu-buru. Penting juga untuk melibatkan keluarga dalam perencanaan ini.

Me-time favorit saya sederhana saja. 10-15 menit di awal hari sebelum menghadapi tantangan hari itu. Apa yang biasa kamu lakukan untuk me-time?

23 comments on "Awali Hari dengan Me-Time"
  1. Me time nya apa yak? Makan enak di resto sendirian, facial, baca buku, tidur...xixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bobo nyenyak juga bisa jadi me time. Setelah itu badan seger lagi

      Delete
  2. Memang bener mbak.. semua berawal dari pagi hari ya.. kalau paginya sudah kemrungsung seterusnya bakal kemrungsung.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh istilah baru nih buat saya, kemrungsung

      Delete
  3. Saya mengawali hari dengan ibadah.
    Itu merupakan advis dari seorang yang cukup terkenal
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Ibadah membuka hati dan pikiran supaya jernih.

      Delete
  4. Waaah me time nya tiap hari dong, mbak, hehehe
    Kalo aku me time mungkin tiap hari juga, nonton tv, ngelamun, yaaah gitu deh emak udah resign jadi banyak di rumah :)

    ReplyDelete
  5. Anakku kalau bangun siang Mbaaa. Bisa jam 8an, hahaha. Makanya pagi hari bisa banget santai2 bewe atau nulis atau mesra2an sama suamik. Aheyy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku bangun jam 5 trus ikut ke pasar. Zzz...

      Delete
  6. Me time itu penting banget ya Mak semoga sukses n hepi terus yaaa aamiin

    ReplyDelete
  7. aku jg ngerasain 15 menit di pagi hari sebelum subuh, itu bnr2 nenangin pikiran mbak :) ga salah ya kalo jam2 sepertiga pagi itu disaranin utk tahajud, krn memang di waktu bgitu kayaknya semua beban pikiran lg g ada :).. tenaaaang bgt rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Mengawali hari dengan ibadah membuat hati tenang.

      Delete
  8. Dipijet punggung abis creambath itu me time bagiku, Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknyaaaa, aku butuh pijet deh. Lagi lembur mulu

      Delete
  9. iya mbak kalau pagi itu kesiangan dikit aja, riweuh deh.., menenangkan diri sejenak sambil mengingat apa yang mau dikerjakan duluan, nah lancar deh ritual pahi hari ya

    paling suka me time ke museum, sendirian he..he...
    me time lainnya...ngeblog dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuuu aku parno ke museum sendirian. Apalagi ke daerah Kota Tua Jakarta. Patung-patungnya itu kok kayaknya ngeliatin aku ya, hiiii

      Delete
  10. Me time, suka ngliat anak tidur pules

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menenangkan ya lihat bayi cantik bobo nyenyak

      Delete
  11. Quotenya, nendaaang banget!

    “This is the time to really create your morning ritual that will center and ground you for the day – as well as give you the time you need to get yourself ready before the children even wake up.”

    terutama di bagian "will center and ground you for the day" itu...

    Let's do it, Mom, yay!!

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature