Top Social

Belanja Buah-Buahan Berkualitas di Melbourne Market

Saturday, May 14, 2016


Sid sibuk dengan hidangan di depannya. Ada pir panggang dengan saus lemon dan salad plum hasil masakan Chef Yuda Bustara dalam cooking demo #NowInSeason di Cilandak Town Square Jumat lalu. Ketemu lagi dengan chef yang suka memberi resep mudah namun juga sehat ini. Bahan-bahan yang diolah yaitu buah dan sayuran segar dari Australia. Baru kali ini juga saya makan buah plum. Maklum, golongan stone fruit ini tidak tumbuh di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim. Sebelum berbagi resep, saya mau cerita tentang Melbourne Market yang ada di Citos tanggal 13-14 Mei 2016.

Kalau di awal Mei Now! In Season Australia memperkenalkan Josephine Pear yang manis dan renyah, kali ini mereka membawa lebih banyak buah dan sayuran yang membuat saya ingin mencoba. Anggur, jeruk, lemon, pir, stroberi, tomat, brokoli, sampai seledri pun ada di sini. Ukuran buah dan sayurannya itu lho besar-besar dan nampak segar. Buah-buahan yang sedang musim di Australia ini dipetik saat matang, bukan dibekukan atau terlalu mentah. Sore dipetik, esok paginya dikirim, dan sehari kemudian sudah siap dipasarkan di Indonesia. Masyarakat Indonesia pun dengan mudah mendapatkan buah dan sayuran yang masih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang banyak.
Eat healthy, eat Australian fruits!

Mr. Steven Herbert, Minister for Training and Skills, Government of Victoria menjelaskan bahwa Australia memiliki peraturan tentang pangan yang diawasi ketat. Tanah di Australia, khususnya Victoria, berkualitas. Air bersih juga tersedia sehingga menghasilkan panen hortikultural yang berkualitas tinggi dan sudah diakui negara-negara lain. Saat ini Australia telah mengekspor hasil panennya ke beberapa negara di Asia. Semoga dengan adanya kerja sama ini membuka semakin banyak kesempatan kerja sama antara Indonesia dan Australia.

Kalau tidak sempat datang ke Melbourne Market di Citos, tenang saja. John Glover, Senior Advisor Merchandising & Marketing PT Matahari Putra Prima, Tbk, mengatakan buah dan sayuran bergizi ini bisa dengan mudah didapatkan di Hypermart dan Foodmart sebagai jaringan dari PT. Matahari Putra Prima, Tbk. Hidup sehat menjadi lebih mudah dengan buah-buahan segar berkualitas dari negara bagian Victoria, Australia yang kaya akan vitamin dan mineral.
Melbourne Market resmi dibuka. (Ki-Ka: Brett Stevens, John Glover, Steven Herbert)

Apa sih pentingnya buah bagi tubuh? “Orang dewasa membutuhkan asupan buah 400 gram per hari. Untuk anak-anak lebih banyak lagi kebutuhannya.”, ujar Jansen Ongko, Konsultan Nutrisi. Baiknya didapat dengan mengonsumsi 3 warna buah karena tiap jenis memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Misal dalam sehari makan sebutir apel (merah), pir (hijau), dan lemon (kuning). Cara mengonsumsinya bisa diolah sedemikian rupa. Saran dari Chef Yuda Bustara, penyajian yang terbaik langsung dimakan atau dijus supaya kandungan gizinya masih banyak. Buah-buahan ini berguna untuk melawan risiko kanker. Buah dari Australia ini enak-enak lho. Buat yang malas makan buah, awas ketagihan setelah icip Australian fruits. Mendingan makan buah daripada sakit, kan.

Sesuai janji saya, berikut ini ada 2 resep dari Chef Yuda Bustara. Dijamin gampang dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Plum Australia with Buffalo Mozzarella Salad

 
Bahan:
3 buah Plum Australia, potong-potong
100 gram Anggur Australia
3 cangkir daun bayam
2 buah buffalo mozzarella
1/2 cangkir daun mint
60 ml minyak zaitun extra-virgin
2 sdm jus lemon/jeruk




Cara membuat:
  1. Campurkan daun bayam, buffalo mozzarella, potongan buah plum dan anggur Australia serta daun mint dalam mangkuk besar lalu sisihkan.
  2. Kocok minyak zaitun dan jus lemon dalam mangkuk kecil dan bumbui dengan garam dan merica. Sajikan dengan salad.
 
Baked Pears with Creme Anglais
 
 
Bahan:
4 Pir Australia, dibelah dua memanjang
2 sdm sirup maple
2 sdm air
375 ml susu
1 vanilla bean
4 telur
55 gr gula
 
 
 
 
Cara membuat:
  1. Panaskan oven sampai 200 C. Tempatkan pir dalam pinggan tahan panas. Campur sirup maple dan air dalam wadah dan tuangkan di atas pir. Panggang dalam oven, balik sekali, selama 30 menit atau sampai lunak.
  2. Sementara itu tuang susu dalam panci. Masukkan vanilla bean ke dalam susu. Didihkan di atas api sedang.
  3. Kocok kuning telur dan gula dalam mangkuk hingga kental dan pucat. Secara bertahap kocokan susu ke dalam campuran telur. Kembali ke panci di atas api sedang. Masak dan aduk terus selama 5 menit atau sampai mengental lalu saring.
  4. Sajikan pir dengan saus.

Let’s be healthy! Eat Healthy, Eat Australian Fruits!

10 comments on "Belanja Buah-Buahan Berkualitas di Melbourne Market "
  1. Wowww, bisa ya pir dikusus dan dinikmati bareng sirup. Aku pernah sih ngukus buah bit, tapi buat obat, hihii

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pirnya dipanggang, enak lho. Pilih yang halus ya, tipe Bosch (kalau ga salah tulis >,<)

      Delete
  2. Wowww.... Kayaknya perlu dicoba nih pir panggang..... Pirnya harus jenis apa buat dipanggang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pir yang halus seperti tipe Pir Bosch

      Delete
  3. Itu tempo hari makan pirnya aja udah kenyang banget, yak. Cocok buat modal beraktivitas pagi-pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat sarapan juga enak dan mudah membuatnya

      Delete
  4. aah..salah masuk kamar hahaha
    sebagai orang yang gemar buah-buahan, saya iri banget.
    Tapi apa daya cuma bisa ngambil ilmu bikin saladnya. Btw, yang sampe 4 telur itu gimana rasanya mbak?kok kayaknya sirup+susu+vanilla aja sudah cukup ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tinggal makan sih, hahah. Jadinya manis dan eneg kalau kebanyakan.

      Delete
  5. Buahnya mulus2 Mbaaaa mupeng sayaaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung belanja di Hypermart atau Foodmart, Teh.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature