Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Rekomendasi Buku Balita Saat Ibu Sibuk Mengasuh Bayi

Sunday, March 29, 2020
buku balita terbaik
Rekomendasi buku untuk balita

Hello mom of two kids (or more)! Mengasuh bayi dan balita bersamaan lumayan menguras energi dan emosi, haha .... Supaya si kakak enggak ngerecokin melulu ketika Ibu sibuk dengan bayi, saya sediakan buku untuk balita. Buku-buku ini menjadi penolong karena kakak dapat beraktivitas sementara saya fokus mengurus bayi. Inilah tiga rekomendasi buku untuk balita.

Saya mengasuh dua anak, SID berusia 4,5 tahun dan Uno 4 bulan, tanpa ART. Alhamdulillah bekerja sama dengan suami. 

Namun, saat suami bekerja otomatis saya mengasuh sendiri. Kadang sedang asyik bermain dengan SID, eh Uno menangis minta menyusu atau ganti popok. Saat-saat seperti ini, SID terkadang paham, tak jarang pula ia minta perhatian dengan berlaku usil ke adiknya atau gelendotan di punggung saya.

Oleh karena itu, saya siapkan ia kesibukan, salah satunya berupa buku-buku. SID sudah terbiasa membaca buku sejak kecil. Kini, ia lebih mandiri dalam memilih dan membaca buku. Ini nih buku-buku balita yang menjadi penolong saat ibu sibuk mengasuh bayi:

Buku wipe and clean

buku wipe and clean murah
Buku wipe and clean dapat digunakan berulang kali
Buku ini bisa ditulis dengan spidol boardmarker (bukan permanent) dan mudah dihapus. Biasanya buku wipe and clean untuk melatih anak menulis dan menggambar.

SID punya wipe and clean book tentang alfabet dan iqro'. Saat ia berlatih menulis, buku ini sangat membantu. Ia tulis - hapus - tulis berkali-kali.

Kalau susah dihapus karena kelamaan tidak segera dihapus, perlu digosok lebih keras menggunakan kain yang diberi minyak kayu putih.


Buku aktivitas

buku anak murah
Sebagian koleksi buku aktivitas milik SID
Buku aktivitas mengajak pembaca untuk mengerjakan berbagai aktivitas yang disediakan di buku, seperti menempel stiker, mengikuti labirin, mewarnai, menggambar, dan sebagainya.

Sekitar usia 2-3 tahun, SID suka sekali menempel stiker. Setiap ada buku aktivitas, ia hanya mau mengerjakan bagian tempel stiker. Seiring bertambahnya usia, minatnya pun berubah. Ia mulai suka bermain labirin hingga kini ia tertarik dengan menggambar. So, satu buku aktivitas bisa awet dipakai selama 1-2 tahun. Lumayan hemat, hehe.

Activty books banyak dijumpai di bazar buku Big Bad Wolf. Harganya tergolong miring dibandingkan dengan yang ada di Gramedia, sekitar 50-75 ribu rupiah untuk activity book yang tebal. Ini salah satu alasan saya setia menanti BBW, untuk beli activity book.


Busy book

buku anak balita terbaik
Busy book mudah dilepas-pasang, sesuaikan skill yang ingin dilatih
Busy book, sesuai namanya, diciptakan untuk membuat anak-anak sibuk. Tipe buku ini mudah dibawa selama perjalanan maupun berkegiatan di rumah. Ya, setipe dengan buku aktivitas namun kegiatannya lebih atraktif. 

Busy book milik SID ada yang terbuat dari kain flanel, ada pula yang dari kertas tebal yang mudah diganti-ganti urutannya karena memakai semacam file binder (apa ya istilah tepatnya?).


Kegiatan di busy book tidak hanya dikerjakan di atas kertas tetapi juga perlu menempel dengan velcro, memasang kancing, mengikat tali sepatu, menganyam, dan sebagainya. Ragam kegiatannya cocok untuk anak usia dini.


Itulah buku-buku untuk balita yang recommended menemani anak di kala ibu fokus mengasuh adik bayi. Pada awalnya mungkin anak perlu pendampingan untuk mengerjakan sesuai petunjuk. Selanjutnya, ia dapat asyik bermain dengan buku-buku tersebut.

Punya rekomendasi buku menarik untuk balita?
16 comments on "Rekomendasi Buku Balita Saat Ibu Sibuk Mengasuh Bayi"
  1. Aku setuju anak dibiasakan baca dari kecil, sekalipun dia belum bisa baca. Karena sebenarnya anak kan berpotensi dari kebiasaannya.

    ReplyDelete
  2. Buku yang menarik perhatian anak itu jadi kunci supaya anak mau dekat dengan buku. Kalau sudah suka, membaca nanti akan jadi kebiasaannya. Semoga anak anak kita kelak jadi anak yang suka baca ya

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing mbak. Bisa untuk aku rekomendasikan ke adekku yg lagi hamil nih. Untuk persiapan si ponakan kalo udah lahir. Busy book kayaknya oke

    ReplyDelete
  4. wah tengkyu review nya mba, aku jadi tau nanti kalo anak-anakku beraktivitas yg edukatif bisa kasih bacaan dan membaca buku yg bagus dan tertarik sama busybook itu deh

    ReplyDelete
  5. Waaah sesuai yang aku butuhkan Mbak. Akupun pernah menulis rekomendasi buku tapi untuk bayi. Btw buku busy book beli merek apa Mbak?

    ReplyDelete
  6. Asik ini buku.. ngga seperti buku pada umumnya.. halamannya bisa diganti ganti sama kita ya mbak.. terus ada yang terbuat dari kain flanel juga ya.. ini fix banget ngga bikin anak boring baca buku ini dan ikutan aktifitasnya

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk agak kapok beliin busy book wkwkwk, ilang kabeh, gak karuan. Untung saiki wes gede2 jd mereka menikmati buku yang belajar baca2 gtu deh :D

    ReplyDelete
  8. Buku aktivitas ini memang bermanfaat banget buat temen main anak balita. Bisa bikin mereka sibuk sendiri saat kita lagi nggak bisa nemenin main. Terima kasih rekomendasinya, Mbak. Bisa jadi ide kado untuk anak temen yang balita.

    ReplyDelete
  9. Bukunya kok lucu-lucu mbak, aku yg udah gede aja juga tertarik lihat penampilannya. Kayaknya asik banget, bisa dipakai belajar sekaligus bermain.

    ReplyDelete
  10. Wah keren-keren nih bukunya. Anakku sukanya buku aktivitas. Baik yang bikin dia bisa mewarnai, menempel, melipat, dll. Kalo buku bacaan, mintanya aku yang bacain.

    ReplyDelete
  11. Punya juga yang Iqro dan busy book El Hana, memang lumayan bangett bikin anak sibuk sendiri buat sementara waktu, sekalian menanamkan kecintaan terhadap buku. Tapi ya kadang tetap juga nanya-nanya melulu sih, hehehe, sibuknya maunya bareng-bareng.

    ReplyDelete
  12. Welcome to the real world mak. Ehhh.. Wkwkkw.. Sid mah dari dulu nampak anteng ya. Kk Kal.... Butuh menyalurkan energinya. Walau udah disediain buku atau mainan ini itu. Kadang pingin aja ndusel emak. Mamak makin encok tapi tetap kudu dinikmati. Wkwkw

    ReplyDelete
  13. Buku buku masa di rumah aja gini penting banget. Buat yang gede aku nyediain novel, yang cowok SD komik, Pendar sama Binar buku model kayak punya Sid ini tapi Binar lebih ke bookboard biar ga disobek

    ReplyDelete
  14. keren sangat deh kak..
    sangat cocok untuk referensi jika saya sudah punya momongan nanti..

    Manfaat Mandi Air Laut

    ReplyDelete
  15. beberapa bukuny aku juga punya mbak. Memang lebih baik yang hard cover biar bisa dipakai terus.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,