Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Cerdik Membersamai Anak Bermain Gawai dengan So Good CERDIK

Thursday, November 30, 2017
Umbo Larage diserang pria bertopeng. Ia ketakutan tetapi tetap melawan dengan segala cara hingga akhirnya ia berhasil kabur ke rumah. Akan tetapi Umbo Larage kaget bertemu lagi dengan pria bertopeng tersebut. Apa yang harus Umbo Larage lakukan?

SID dan saya ikut deg-degan menonton cerita rakyat dari layar smartphone. Wajah SID serius menatap layar. Cerita berlatar Sulawesi ini bagai timbul dari smartphone. Gambar lembaran buku yang dibuka tampak nyata seperti saat kita membaca buku. Ini karena kisah Umbo Larage menggunakan teknologi digital augmented reality (AR).

Serius nonton kisah Umbo Larage dengan Kartu CERDIK
Ya ampun… keren ya mainan anak zaman now. Buku digital seperti ini belum ada zaman saya masih imut. Beruntungnya SID dapat menikmati kisah seru Umbo Larage lewat teknologi terkini. Saya juga beruntung sih bisa ikutan menonton. Eh jadi yang suka, si anak atau emaknya? Hehehe.

Anak jangan dibiarkan bermain gawai, nanti kecanduan!

Smartphone sulit lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Pun ketika SID melihat emaknya pegang HP melulu, ia jadi ingin ikut memakainya. Saya larang sepenuhnya? Tidak juga.

Terlalu banyak menggunakan gawai bisa berdampak kecanduan dan hal negatif lainnya. Apalagi anak belum bisa menyaring informasi, mana baik dan buruk. Itulah mengapa saya mengambil jalan tengah anak boleh memakai gadget dengan batasan yang telah kami sepakati sebelumnya, seperti batas waktu menonton video atau aplikasi mana saja yang boleh digunakan. Bila melewati batas, ia menjalani konsekuensi. Ibu harus tega(s)!

Dampingi anak saat menggunakan gawai
Saat SID menonton video di smartphone, saya atau ayahnya berusaha mendampingi. Kadang isi video menjurus ke hal “aneh” sehingga bisa langsung kami alihkan. Selain itu saya juga mengajak SID berdialog mengenai video yang kami tonton. Pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan ini untuk menstimulasi kecerdasannya supaya tak hanya terpaku fokus menatap layar. Alhamdulillah kemampuan verbalnya berkembang baik, tidak ada indikasi speech delay.

Oh ya, bermain gadget pada anak perlu diimbangi dengan aktivitas fisik. Seorang psikolog mengatakan 1 jam bermain gadget diimbangi dengan 5 jam beraktivitas fisik seperti olahraga, nature walk, bersepeda, dsb. Demi menjaga kesehatan supaya ga obesitas. Tips ini juga baik dilakukan buat dewasa, lho.

Manfaat kartu CERDIK

Cara membersamai anak bermain gawai juga kami lakukan saat menonton Umbo Larage melalui smartphone. Momen kebersamaan ini meningkatkan bonding kami. Saya dan SID bisa menikmati cerita rakyat kemudian mendiskusikannya. Well, “diskusi” sepertinya kata yang berat. Sebenarnya berdiskusi dengan batita seperti SID itu sederhana. Ia akan menceritakan ulang kisah yang kami tonton sehingga saya bisa melihat seberapa paham ia. Saya dapat menambahkan detail cerita, terutama kosa kata yang baru ia dengar. Kemudian kami bercerita lagi sambil bergerak mempraktekkan Umbo Larage yang berani melawan makhluk bertopeng. Ciat… Ciat… Lari…!

Kisah Umbo Larage yang kami dapat dari kartu CERDIK juga mengandung pesan moral yang dapat diteladani seperti berani melawan kejahatan, berani membela diri, segera mencari bantuan bila mendapat musibah, dan makan makanan bergizi seimbang termasuk yang mengandung protein supaya tumbuh sehat dan kuat.

Cerita kepahlawanan ini sekaligus mengenalkan daerah tertentu di Indonesia yaitu Sulawesi. Bentuk rumah dan pakaiannya berbeda dari yang biasa kami lihat. Semoga kami bisa berlibur ke sana untuk melihat rumah dan pakaian daerah sana secara langsung. Kalau kejauhan, minimal berkunjung ke anjungan di Taman Mini. Hehehe.

Hadiah dari So Good yang bermanfaat menghibur anak sekaligus mengajarkan pesan moral

Cara mendapatkan kartu So Good CERDIK

Eh dari tadi saya cerita Umbo Larage tapi belum bilang bagaimana mendapatkannya. Jadi, Umbo Larage ini berupa kartu CERDIK alias Cerita Digital Interaktif hadiah dari So Good.

Seperti biasa setiap bulan saya siap sedia naget So Good di kulkas. Saat berbelanja, saya melihat ada keterangan So Good CERDIK berhadiah frame dan digital story AR di kemasan So Good. Ketika bungkusnya dibuka hanya berupa frame plastik dengan lembaran kertas bertulis Umbo Larage part 2. Lha kok begini doang? Untung aja belum saya buang karena ada keterangan di belakangnya agar mengunduh aplikasi So Good Cerdik di Play Store. Wohoho… maap saya gaptek.

Apakah Umbo Larage berhasil melawan pria bertopeng? SID serius banget nonton.
 Cara menggunakan kartu So Good CERDIK:
1. Beli produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausage) kemasan 400 gram yang bertanda hadiah langsung So Good CERDIK.
2. Unduh aplikasi So Good Cerdik di Play Store.
3. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih “mulai”.
4. Pilih cerita yang sesuai dengan kartu hadiah So Good CERDIK yang dimiliki.
5. Scan kartu dengan mengarahkan kamera HP ke kartu bergambar.
6. Simak ceritanya melalui layar smartphone. Dapat pula mematikan fungsi frame AR supaya lebih nyaman menonton.

Setelah cerita selesai, ada resep masakan olahan So Good yang bisa dicoba di rumah. Makin banyak kartu So Good CERDIK, makin banyak kumpulan resep masakan. Wah, cucok buat saya yang kurang kreatif urusan dapur. 

Ada resep olahan So Good setelah cerita selesai
 Olahan So Good juga dapat membuat anak doyan makan seperti SID yang suka shaped nugget So Good rasa pizza. SID udah bisa makan sendiri, lho. Bentuk naget yang lucu membuat ia tertarik makan sendiri. Bangga deh punya anak mandiri.

Quality time bersama Ayah sambil makan So Good naget ayam
 By the way, ada tiga pilihan cerita So Good CERDIK, yaitu Lala dan SingSing, Umbo Larage, dan Chika & Chiko. Masing-masing terbagi dalam dua bagian. Kali ini milik SID yang Umbo Larage part 2. Kami masih penasaran dengan cerita awal si Umbo sebelum bertemu pria bertopeng. PR nih buat saya saat belanja So Good harus ngintip dulu hadiahnya supaya pas dapat yang part 1.
Koleksi cerita dari So Good CERDIK
Buibu punya cara cerdik menggunakan gawai bersama anak? atau udah punya kartu So Good CERDIK? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya!
35 comments on "Cara Cerdik Membersamai Anak Bermain Gawai dengan So Good CERDIK"
  1. aku juga dpt umbo 2x tp seri 2 terus hahaha kok emaknya yg penasaran y

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari barteran, Mbak. Aku ya penasaran nih. Seru sih pakai AR.

      Delete
    2. Aku juga udah beli nuggetnya So Good, kok dapetnya Umbo Larage juga dua-duanya. Sama-sama part 2 juga. Pengen barteran tapi bingung mau barteran sama siapa, soalnya kayaknya temen-temen juga dapetnya Umbo Larage part 2 semua hahahahaha..

      Delete
  2. Kereeen mba Helena. Aku baru tau ttg yg 1jam pegang gadget harus diimbangi dg 5jam aktivitas fisik....jadi bisa mengira2 nih buat emak harus batasi pegang hp brp lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini buat kita juga lho. Kan harus menambah aktivitas fisik :)

      Delete
  3. Keren nih SO GOOD cerdik, ditunggu inovasi baru lainnya dari SO GOOD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadiahnya macam-macam lho. Yang ini kekinian banget.

      Delete
  4. Iyaa mainan anak zaman now keren2

    ReplyDelete
  5. mada suka so good nugget, tiap minggu nyetock 2 jenis : dino sama alphabet, punya kartu cerdik tapi blom dipake XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mada, pinjam dong. Mau baca cerita lainnya.

      Delete
  6. Cara kreatif nih dari SO GOOD Cerdik untuk mengenalkan cerita pada anak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, membantu orang tua kurang kreatif macem saya.

      Delete
  7. Baru dengar ada cerita Umbo Larage hehe. Ketinggalan banget sih aku. Btw anakku juga suka so good, makannya dalam keadaan hangat lebih mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan hanya ada di So Good. Beli yang ada stiker hadiahnya ya.

      Delete
  8. Ranu blm coba nih sogood cerdiik, nanti deh cpba beli klo pas jadwal belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dan anakku sama doyannya. Hehehe

      Delete
  9. Fokus ke poto, waaahhh Sid punya adek imut2 #kaboorr :D

    ReplyDelete
  10. elucu juga kartu cerdik ini.., buat se anak 6 tahun masih oke ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih, waktu itu aku nonton bareng ponakan yang udah SD. Dia juga tertarik

      Delete
  11. Mba, aku suka beli nugget so good

    ReplyDelete
  12. Iya, mbak. Anak-anak boleh bermain gawai selama ada orangtua yang mendampingi dan waktunya dibatasi. Ih piring keramik di dindingnya cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, aturan harus ditetapkan di awal sebelum permainan supaya ga ada yang nangis mewek

      Delete
  13. Ceritanya bagus2 ya Mba, jadi penasaran pengen ngajak si Key nonton Umbo Larage juga, so cuss dech beli So Good Cerdik-nya dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kakak Key, main sini yuk. Kita nobar pakai kartu cerdik.

      Delete
  14. saya juga udah coba so good cerdik ini. anak jadi suka nonton ceritanya.

    kalau masalah gadget emang perlu dibatasin ya mba. biar nggak kecanduan. serem kalau dah kecanduan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pembatasan itu perlu supaya melatih disiplin anak.

      Delete
  15. Aku dapat umbo larage part 1. Jadi penasaran sama kelanjutannya. Abis ceritanya singkat banget. Wkwkwk ntar beli lagi lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh pas kalau gitu sama aku. Kan aku dapat yang part 2. Nonton bareng yuuu

      Delete
  16. Anakku juga suka main pakai aplikasi ini dan sukar makan kaget So Good.

    ReplyDelete
  17. Anakku udah abege, tak tawarin aplikasi ini ga maueun hahhaa *emaknya iseng
    TApi kemaren nyuruh emaknya ponakan buat instal aplikasi ini, seruu lihatnya.
    Emang keren niy inovasi So Good yaa

    ReplyDelete
  18. Punyaaa...
    Anak-anak ketagihan makan, pleus ketagihan dengerin cerita So Good CERDIK.
    Ini inovasi yang bisa merekatkan bonding orangtua dan anak.
    Kereen...

    ReplyDelete
  19. makin canggih aja mah sekarangg. mau dengerin dongeng tinggal buka aplikasi ini ya mbaak :D

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature