Launching Masakan Khas Indonesia oleh Chef Marinka di Hotel Aryaduta

Friday, March 3, 2017

Menu signature kontemporer Indonesia karya Chef Rinrin Marinka disajikan di Hotel Aryaduta sebagai salah satu program relaunch Aryaduta Hotel Group



ambiente italian restaurant
Robert Cunningham (Group Director F& B), Chef Marinka, dan Dorinda Chua (VP Sales & Marketing) di gerobak Asinan Betawi
Nasi goreng kambing, asinan betawi, kerak telor, dan es teler familiar di telinga dan lidah orang Indonesia. Menu tersebut merupakan makanan asli Indonesia yang mudah didapat. Di tangan Chef Marinka, menu yang biasa tersebut diubah menjadi spesial dan disajikan sebagai menu signature kontemporer di Hotel Aryaduta. Apa saja yang istimewa dari kolaborasi AryadutaxMarinka? Saya membawa oleh-oleh liputan dan fotonya saja ya saat diundang untuk mencicipi sederetan menu terbaru khas Indonesia di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta pada 23 Februari 2017.


Corporate Rebranding Aryaduta Hotel Group

Hotel Aryaduta yang berdiri sejak 1976 merupakan salah satu anak perusahaan dari Lippo Group. Hingga kini telah ada Sembilan hotel di Jakarta, Tangerang, Bandung,  Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, dan Makassar. Saat ini Hotel Aryaduta sedang melakukan corporate rebranding untuk kesembilan hotel tersebut. Selain itu akan dibangun lima hotel dan dua lifestyle club untuk semakin mengembangkan portofolio bisnisnya, diantaranya di Bali dan Jember.

Salah satu bentuk transformasi besar-besaran ini dengan diangkatnya CEO baru Anthony Ross, seorang pakar hospitality terkemuka asal Melbourne, Australia. “Aryaduta adalah salah satu nama yang ikonik dalam industri perhotelan di Indonesia di masa lalu dan dengan transformasi ini, kami berniat untuk mengembalikan posisi Aryaduta sebagai salah satu penyedia layanan hospitality terdepan yang dapat menginspirasi hotel-hotel di Indonesia dan di luar Indonesia. Kami siap menawarkan konsep yang beragam dan entertaining. Konsep ini kami desain untuk Generasi Y dan juga untuk tipe traveler masa kini, yang sering kali menggabungkan perjalanan bisnis dan wisata,” jelas Anthony.

kerak telor
Kerak Telor versi Aryaduta Hotel

Kolaborasi dengan Chef Marinka

Dari segi food & beverage, Hotel Aryaduta melakukan terobosan dengan kolaborasi bersama Chef Rinrin Marinka. Chef cantik berwajah oriental ini telah menyiapkan berbagai menu khas Indonesia yang dikemas khusus untuk hotel bintang 5. “Saat makan sambil merem terasa makanan ini sangat Indonesia. Tapi ketika membuka mata terlihat penyajian makanan yang mewah dan menarik,” jelas Chef Marinka.

Robert Cunningham, Group Director Food & Beverage Aryaduta Hotels Indonesia menyatakan akan melakukan renovasi di Ambiente Italian Restaurant, restoran di Aryaduta Jakarta, supaya semakin kekinian. Untuk transformasi ini Aryaduta bekerja sama dengan Chef Marinka juga Sebastian Gunawan. “Di masa tahun 90-an Aryaduta merupakan sebuah nama yang dikaitkan dengan konsep makanan yang inovatif dan sekarang adalah saatnya untuk memperkenalkan kembali penghargaan tersebut dan kami telah menemukan sosok kolaborator yang ideal yaitu Chef Rinrin Marinka,” ujar Chef Rob.

chef rinrin marinka
Daftar menu seri pertama
Acara tersebut sekaligus memperkenalkan menu seri pertama yang terdiri dari Asinan Betawi, Kerak Telor, Nasi Goreng Kambing, dan Es Teler. Ini pertama kalinya saya makan asinan betawi. Bumbu kacangnya kental dan terasa nikmat. Kerak telor disajikan dengan dried shrimp yang membuat rasa plain dari ketan dan santan menjadi lebih gurih. Sebagai menu penutup ada es teler tersaji manis gabungan dari kelapa muda, alpukat, nangka, pandan butter cake yang lembut, kolang-kaling, mutiara, dan susu. Plating-nya cantik dan rasanya pas, tidak terlalu manis.

Chef Marinka bersama Chef Rob siang itu memasak “Nasi Goreng Kambing” di hadapan para undangan. Kesempatan langka nih bisa menyaksikan langsung tangan terampil kedua chef ini menyajikan menu utama. Tips dari Chef Marinka supaya tidak terlalu bau kambing, dia menggunakan lamb. Selain itu bumbu harus lebih kuat supaya bau kambing tertutupi. Penggunaan lamb juga lebih cepat empuk. Proses memasaknya singkat. Nasgor ini ditambahkan martabak sebagai pelengkap dan dihiasi edible flower supaya semakin berwarna.  Setelah penyajian selesai, juri MasterChef Indonesia ini tak segan berkeliling ke meja-meja dan mempersilakan para undangan menyicipi masakannya. 

nasi goreng kambing
Live cooking Nasgor Kambing

hotel aryaduta
Nasi Goreng Kambing dengan telur mata sapi dan martabak. Makin cantik dengan edible flower
Nasgor kambing a la Chef Marinka masih terasa “bau” kambing tetapi tersamarkan. Martabak yang crunchy semakin menambah nikmat makanan. Maklumlah saya terbiasa makan nasgor dengan kerupuk tetapi kali ini diganti martabak.

Selain menu di atas, tersedia jajanan lokal atau street food seperti onde-onde, gemblong, risoles, lapis Surabaya, pangsit dragon ball, dan lain sebagainya yang ditata apik. Selama acara saya banyak cemal-cemil. Meski porsinya kecil namun bisa membuat kenyang. 

chef marinka
Can you name these Indonesian cuisine?
It was a lovely lunch session enjoying contemporary Indonesian cuisine. Makanan Indonesia pun bisa disajikan lebih indah, mewah, dan tentu saja nikmat. Menu ini bisa dinikmati di semua jaringan Hotel Aryaduta mulai 1 Maret 2017. Hmm… menu apalagi yang akan disajikan di seri kedua oleh kolaborasi AryadutaxMarinka?
40 comments on "Launching Masakan Khas Indonesia oleh Chef Marinka di Hotel Aryaduta"
  1. padahal makanan yg sering babnget aku makan ituu, tapi platternya cantik bangeeet jadi berasa mahal dan mewah makanannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak, cocok lah buat hotel bintang 5.

      Delete
  2. Replies
    1. Ke Aryaduta aja supaya ga ngiler. Malu ah udah gede masih ngiler, hahaha

      Delete
  3. Mba Helen, enaknya itu ya ampyunnn bagi sih mbaaaaaaa
    untuk anak kost hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kost selalu bahagia kalo ada acara makan-makan ya. Sini dong

      Delete
  4. Terlihat lebih mehong yaa mbak. Padahal makanan sehari2, ternyata bisa juga disajikan mevaaaah seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ternyata street food bisa dibuat menjadi semewah ini. Hebat kan

      Delete
  5. Belum pernah nyoba nasibgoreng kambing hehehe. Jadi penasaran rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga suka kambing karena terasa baunya saat makan. Tapi yang ini beda. Yok ke Aryaduta

      Delete
  6. Jajan semua makanan itu di kaki lima aja sudah terasa nikmat banget, apalagi kalau yang masak Chef Marinka ya. Pasti super lezat. Aku langsung ngebayangin diajak ke Aryaduta juga terus nyicip nasi goreng kambingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sini ku ajak tapi kamu yang bayar yaa

      Delete
  7. duh itu makanan favorit ku semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo mpo, kita lunch bareng di Aryaduta

      Delete
  8. Penataannya bikin jadi berselerra makan mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Platingnya bikin sayang buat dimakan, hahah

      Delete
  9. aku fokus ke chef marinka hehehe cantik banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantiiiik. Abis masak juga tetep cantik. Beda ye sama aku yang masak pake daster, bau minyak goreng. Hahahah

      Delete
  10. Street food kalau diangkat jadi makanan hotel hasilnya jadi beda yaaa polesannya. Enak plus cantik. Apalagi yg masak sekelas chef, duuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Street food naik Kelas. Rasanya juga enaaak

      Delete
  11. duh..bikin ngiler nih.. jadi pengen nyobain saya,...

    ReplyDelete
  12. Pengen ih diajarin masak ma Chef Marinka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat chef masak itu kayaknya gampang dan cepet. Set set set...beres

      Delete
  13. Ya ampun, keren banget chef marinka bisa nyilap makanan yg biasanya di kaki lima jadi makanan bintang lima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilannya cantik ya. Jadi ga tega makan, hahaha

      Delete
  14. Nasi goreng kambingnya bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya ga kambing banget, itu yang buat enak. Kadang kalo salah teknis memasak, rasa kambingnya masih kental.

      Delete
  15. Dulu aku seneng bgt kalo stay di aryaduta.. Jaman2 papa msh kerja dan kalo training ke jkt, sering nginepnya di aryaduta. Aku ikutan kalo sdg libur sekolah. Tp memang belakangan jd agak turun ya pamornya. Moga2 dengan rebranding ini arya duta bisa jd hotel yg lbh bgs lagi drpd dulunya :). Penasaran jg mw icip2 kuliner chef marinka ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aryaduta termasuk hotel senior buat acara-acara meeting gini ya. Sekarang dengan jajaran direksi baru lebih fresh.

      Delete
  16. Duuuuh ngiler banget mbak! :3

    ReplyDelete
  17. Edible flowernya bunga apa itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ngerti nama bunganya, aku makan aja. Hahaha

      Delete
  18. tampilan makananya jadi mewah yaa... slurpp

    ReplyDelete
  19. seru banget diundang ke acara seperti itu. heheh makanan yang sebenarnya cenderung biasa saja jadi naik "kelas" yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, makanan tradisional bisa dinikmati di tingkat internasional

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature