Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Mau Liburan Murah? Coba Tips Liburan a la Backpacker Berikut Ini

Saturday, January 21, 2017

tips backpacking
tips liburan a la backpacker

[Advertorial] Sudah lelah dengan segala kesibukan selama berminggu-minggu? Bosan dengan rutinitas, pekerjaan, dan orang-orang yang sama yang dijumpai hampir setiap hari? Mungkin kamu kurang piknik. Liburan yuk! Liburan dari rutinitas sah-sah aja untuk sejenak meringankan pikiran dari hal-hal berat. Tapi kendalanya budget pas-pasan. Bagaimana bisa pergi berlibur dengan budget yang murah?

Bisa dibilang hobi saya itu berlibur supaya tetap bahagia. Saking seringnya update status tentang liburan, sampai teman saya bertanya apa sebenarnya pekerjaan saya. Coba tebak! Sebenarnya bisa saja berlibur dengan budget terbatas asal tahu tips-nya. Mau tahu?
 
Berbagai alat transportasi bisa dipilih untuk berlibur, salah satunya pesawat. Tahu kan bentuk Indonesia berupa kepulauan. Kalau mau berlibur dari Jakarta ke Bali dengan waktu terbatas, paling enak naik pesawat.  Naik kapal butuh waktu yang lama, jatah cuti bisa habis di perjalanan. Maskapai Lion Air dapat menjadi solusi untuk bepergian dengan budget rendah. Pilih penerbangan promo supaya lebih menghemat biaya. Cari waktu yang tepat, tentukan kemana akan pergi, cek harganya, lalu beli tiket Lion Air online di website resmi atau di portal penyedia layanan travel yang sudah banyak beredar. Selanjutnya, bersiap menyusun rencana akan melakukan apa saja setiba di tujuan.

Supaya semakin menghemat biaya, saya melakukan perjalanan dengan backpacking. Kalau sebelumnya saya biasa ikut paket dari travel agent, di tahun 2012 saya bertekad backpacking ke tempat-tempat baru. Pikiran saya saat itu perjalanan akan menjadi lebih seru karena saya bisa menentukan sendiri tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Menjadi backpacker tidak ribet, kok. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya nyaman dan lancar selama berlibur, yaitu:

1. Tentukan tujuan


tips liburan backpacking
Beras Basah, Bontang, Kaltim

Menjadi backpacker tentu saja berbeda jauh dibanding saat bepergian dengan ikut paket wisata. Jika dengan paket wisata saya tidak perlu menentukan kemana akan pergi karena semuanya sudah diatur, di sini saya perlu membuat daftar tempat yang ingin saya kunjungi. Saya menulisnya di HP juga buku catatan supaya sewaktu-waktu mudah membukanya.

2. Survei tempat


Setelah menetapkan tujuan, saya mencari informasi cara menuju ke sana, biaya, dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di tempat tersebut. Untuk mencari referensi, saya mengandalkan mbah Google, komunitas traveler, juga pengalaman teman-teman yang pernah berlibur ke tempat tersebut. Saya bisa browsing berjam-jam untuk menyusun itinerary. Hal ini mengasyikkan sehingga saat merencanakan liburan saya sering mendapat tugas membuat rencana perjalanan.

3. Bawa barang secukupnya

 
tips liburan murah backpacking
Packing terburu-buru jadinya berantakan seperti ini

Saat berlibur maunya gonta-ganti baju supaya keren untuk #OOTD? Duh, bisa-bisa seisi lemari dibawa. Saya paling malas membawa banyak barang jadi saat packing saya pastikan membawa barang secukupnya. Saya lebih suka menggendong backpack alias tas ransel dibanding ribet menarik koper kemana-mana apalagi harus menunggu antrian koper keluar dari bagasi pesawat yang lama. Selain backpack, saya bawa tas kecil untuk barang-barang penting seperti HP, buku catatan, uang, kamera, juga ID card supaya mudah mengambilnya.

Setelah persiapan sebelum keberangkatan sudah beres, saya bisa tenang menunggu hari libur tiba. Merencanakan liburan sendiri itu menyenangkan. Ribet di awal mencari info sana-sini akan  terbayar saat sudah sampai di tempat tujuan dan menikmati keindahan alam atau serunya kota yang dikunjungi. Pastikan tiket Lion Air yang sudah dibeli secara online sudah di-print untuk mempermudah proses check-in.

Ternyata, berlibur dengan cara backpacker banyak sekali keuntungannya. Saya pernah solo backpacking alias berlibur sendiri ke Thailand. Di tempat asing tersebut saya “dipaksa” berinteraksi dengan warga lokal saat butuh bertanya sesuatu. Dengan cara seperti ini, saya pun bisa berbincang dan tahu seperti apa orang-orang di daerah tersebut menjalani kehidupan mereka. Pengalaman yang tak terlupakan saat bertanya letak terminal bus karena saya tidak bisa bahasa Thai. Akhirnya kami berbicara campur aduk. Saya ngomong dalam bahasa Inggris, lawan bicara menggunakan bahasa Thai campur Melayu.

tips backpacking
Ini mbak yang menolong saya mencari terminal bus di Hat Yai, Thailand

Supaya hemat, saya mengandalkan sarana transportasi umum untuk berkeliling. Kalau naik taksi, saya khawatir rutenya dibuat semakin jauh. Di kota sendiri saja saya sering nyasar, apalagi di tempat baru. Selain itu kadang saya memilih berjalan kaki ke tempat-tempat yang masih terjangkau, contohnya saat berlibur di Georgetown, Penang. Sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan di sekitar tempat tersebut, saya bisa mendapat suasana baru. Menyapa orang-orang yang ada di tempat makan, ngobrol dengan mereka, saling bertukar info tempat wisata juga bisa jadi pengalaman yang asyik dalam perjalanan backpacking. Ah ya, sebelumnya tentu harus survey tempat makan mana saja yang cocok dengan kantong.

Kebayang kan serunya perjalanan liburan murah dengan cara backpacking. Ambil kalender 2017 dan segera tentukan hari libur yang diinginkan sebelum rebutan cuti dengan rekan kerja. Untuk tiket Lion Air yang murah, pilih di periode low-season, bukan berada di akhir pekan dan hari libur nasional. Happy (planning) holiday!



46 comments on "Mau Liburan Murah? Coba Tips Liburan a la Backpacker Berikut Ini"
  1. Wow. Sama aku juga hoby traveling. Maksih, Mbak tipsnya.

    ReplyDelete
  2. aku beberapa kali travelling ala backpacker awalnya deg2an tapi akhirnya seru dan nambah pengalaman :)

    ReplyDelete
  3. Pengen banget bacpaker kayak gini. sama krucils rempong nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diatur selama si krucil diberi pengertian gimana nanti jalan-jalannya

      Delete
  4. Backpacker pakai pesawat terbang wah banget... Saya bekpeker modal numpang sama mobil lewat dan ikhlas mau bawa sampai tujuan terdekat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jauh ya mending naik pesawat, teh. Supaya cepet sampai gitu

      Delete
  5. Huaa..awal tahun sdh persiapan utk liburan ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak long weekend lho. Bisa persiapan hunting tiket murah

      Delete
  6. Betul, harus survey tempat dulu ya sebelum pergi.
    Aku masih belum terbiasa pesan tiket jauh2 hari, mesti mepet-mepet biasanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada risiko cancel sih kalau pesan jauh-jauh hari. Tapi bisa juga buat motivasi supaya merencakan liburan lebih baik

      Delete
  7. Target liburannya paling habis lebaran kayaknya mbak.

    ReplyDelete
  8. Aku liburan bawaannya banyak, gak bisadikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ajak anak yaa, pergi sehari serasa sebulan. Banyak banget baju dan mainan

      Delete
  9. Aku liburan bawaannya banyak, gak bisadikit

    ReplyDelete
  10. Iyaa backpack emang seru ya mba, apalagi duduaan bareng suami, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aku malah belum pernah kalau cuma sama suami. Hahahah.

      Delete
  11. Aku rencana tahun 2017 ini bisa jelajah Sulsel. Paling nggak 2 atau 3 kali gitu traveling. Smeoga kesampaian. AMIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. Sulsel banyak tempat buat di-eksplor tuh. Ingin ke sana lagi

      Delete
  12. Asiknya bisa rutin traveling...
    Kami sekeluarga belum punya agenda traveling rutin.

    Bisa dicoba tips dari mba Helena.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  13. PRnya bakal lebih banyak ya klo backpakeran bareng anak2. TFS yaa

    ReplyDelete
  14. Asik juga ya, bepergian ala backpaker. Lebih nyaman menentukan tujuan dan lebih nyaman di kantong pula😁...
    Harus bener-bener buat itinerary-nya ya...

    ReplyDelete
  15. Jarang dan bahkan belum pernah ikut travel agent, seringnya traveling sendiri atau bareng teman dan keluarga.

    ReplyDelete
  16. Waah pengin banget nyobain solo travelling, tapi belum berani huhu..

    ReplyDelete
  17. Len, kirain aiu doang yg srring nyasar. Tp Alhamdulillah ya, selalubletemu org baik yg bantuin. Duh jd pingin liburan

    ReplyDelete
  18. Makasih tipsnya, aku mau praktekin dulu

    ReplyDelete
  19. sangat membantu nih tips-tipsnya... terima kasih....

    ReplyDelete
  20. Kalo mau bepergian pasti nmr satu cek tiket pesawat dan penginapan dinsitus booking online. Cari yang lagi ngadain promi hihihi.

    ReplyDelete
  21. solo travelling emang asyik mbak..

    ReplyDelete
  22. Bawa barang secukupnya..itu selalu..tapi ujungnya2 sudah nggak muat koper mbak :D ha ha ha

    ReplyDelete
  23. Mba Helena, seru juga backpackeran ke luar negeri gitu. Hihiii. Jadi semangat ah pengen coba :)

    ReplyDelete
  24. Hihihi bener Mba Helena kalo traveling gitu aku pun gak kepikiran buat OOTD :D Baju secukupnya aja soalnya udah gak cukup krna bawaan bocil2 udah banyak.. hihi :D

    ReplyDelete
  25. kadang kalau aku mau berlibur. cukup bawa uang banyak. haha.
    ntar tujuan, bisa berubah pas di jalan. aneh ga sih

    ReplyDelete
  26. salam kenal, boleh juga pake traveloka

    ReplyDelete
  27. Pekerjaan yg paling asyik itu adalah "Hobi yang dibayar".
    Seandainya itu bisa menjadi kenyataan, ah alangkah indah hidup ini haha...

    ReplyDelete
  28. wah boleh juga nih tipsnya.. mantap

    travellingaddict.com

    ReplyDelete
  29. gereget klo ada yg bilang..suka travelling punya banyak uang. padahal kan mereka ga tau perjuangan perjalanan backpacker

    ReplyDelete
  30. Aku mau banget ke Thailand. Aku masih ngga berani kalo solo backpacking. Selain ada ada larangan berpergian sendirian, aku takut nyasar euy.

    ReplyDelete
  31. Belum berani aku solo backpacking.
    Bawaanku menyesuaikan tujuan, klo tujuannya kota besar pasti ada loundry, bawaan dikit aja bisa cuci kering pakai klo ga ada loundry pingsan deh 1 lemari dibawa kali wkwk

    ReplyDelete
  32. Hasyek nich tambah lagi tips liburan hemat. Aku juga hobbinya halan halan xixixi

    ReplyDelete
  33. Orang Thai banyak muslim juga ya mba, beruntung mba Helena bisa bertemu mba yang ada di foto di atas.

    ReplyDelete
  34. Mau banget ke Thailand pingin ke phuket

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature