Tuesday, November 29, 2016

Bayi Baru di Rumah: Mempersiapkan Anak Menjadi Kakak




Our New Baby at Home: Mempersiapkan Anak Menjadi Kakak (pic: Stuff)

“Adik, sebentar lagi kamu jadi kakak,” ujar ibu ke anak semata wayangnya. 
Hmm…gimana reaksi Sid kalau saya bilang seperti itu? Dia belum ngerti apa itu kakak-adik. Saat diajak menjenguk bayi tetangga yang baru lahir, ia asik dengan mainan si bayi tanpa peduli makhluk imut di kasur.

Eits, saya tidak sedang hamil (lagi) kok. Saya menulis topik ini karena akhir-akhir ini di timeline banyak foto hasil USG. Alhamdulillah beberapa kawan sedang hamil anak kedua. Selamat yaa! Diantara rasa bahagia, timbul kekhawatiran akan anak pertama. Bagaimana cara mengenalkan calon adik kepada calon kakak?

Monday, November 28, 2016

Belanja Kebutuhan Ibu dan Anak Super Lengkap di IMBEX 2016



Whaaa…pernak-pernik bayi itu lucu-lucu banget sih. Saya menyesal Sabtu lalu ke IMBEX cuma berdua dengan Sid. Andai suami ikut, makin lancar belanja baju, mainan, juga buku cerita. Hihihi… Ada juga yang mampir ke IMBEX? Itu lho Indonesia Maternity, Baby, & Kids Expo di JCC, Jakarta. Acara ini berlangsung selama 25-27 November 2016.
Ragam produk yang bisa dibeli online di Blibli.com

Dari judulnya sudah tahu kan pameran ini isinya sangat lengkap seputar peralatan untuk ibu hamil, ibu menyusui, juga bayi dan anak. Ada ratusan tenant yang ikut di acara tahunan ini. Saya yang niatnya hanya melihat-lihat jadi khilaf mampir ke banyak booth.

Dari sekian booth, saya cukup lama mampir di booth Blibli.com. Buat ibu-ibu sudah hafal kan tiap Senin di blibli.com ada promo Monday Mom’s Day khusus untuk kebutuhan ibu & anak. Di booth ini beberapa produk tersebut dipajang. Ada sepatu Mini Melissa yang imut, merchandise original NBA, Jetkids Bedbox, jam tangan sekaligus kids tracker Bipbip, juga stroller mewah Inglesina.

Saturday, November 19, 2016

Ibu Rumah Tangga dan Penghargaan yang Diraih di #UsiaCantik

Ibu rumah tangga dan penghargaan yang diraih di #UsiaCantik
“Di #UsiaCantik ini saya bersyukur dapat mendidik anak-anak hingga menjadi seperti sekarang dengan keistimewaan masing-masing.”
Masih dalam suasana Hari Pahlawan, saya ingin menuliskan profil seseorang yang menurut saya layak disebut pahlawan keluarga. Pahlawan bukan hanya orang yang membela negaranya di medan perang. Pahlawan juga bisa tersemat dalam diri seorang ibu, termasuk ibu rumah tangga.

Tuesday, November 15, 2016

Berkreasi dengan Menu MP-ASI Cerelac untuk Kebutuhan Nutrisi Anak


#150TahunCerelac - Berkreasi dengan Menu MP-ASI Cerelac untuk Kebutuhan Nutrisi Anak
Pernah merasa mudah lelah, wajah pucat, atau mata berkunang-kunang? Sudah makan tapi kok masih lemas ya? Coba deh periksa, jangan-jangan itu anemia alias kurang darah. Artinya, tubuh kekurangan zat besi yang tugasnya memproduksi sel darah merah. Oksigen yang seharusnya dibawa ke seluruh tubuh oleh sel darah merah menjadi berkurang. Pantesan tubuh jadi letih. 

Zat besi ini sangat penting bagi pertumbuhan bayi hingga dewasa. Sejak lahir, kebutuhan zat besi bayi didapat dari ASI. Namun menginjak usia 6 bulan, kebutuhan zat besi dan nutrisi lainnya sudah tidak mencukupi apabila hanya dari ASI saja. Bayi perlu diberi MP-ASI dengan gizi seimbang.

Bayi usia 6-12 bulan membutuhkan zat besi 11 mg/hari. Kandungan ini antara lain bisa didapat dari daging, hati sapi, hati ayam, sayur berwarna hijau seperti bayam, beras merah, dan kacang-kacangan. Sebagai orang tua, kita perlu memperhatikan kecukupan gizi si kecil. Kalau kurang gizi, ia akan lemas dan pertumbuhannya terhambat. 

Selain itu ada cara praktis namun tetap bernutrisi untuk variasi menu MP-ASI si kecil. Saya dapat sontekan resep dari Chef Steby Rafael saat demo masak “Kreasi MP-ASI Bernutrisi” dalam rangka 150 tahun Cerelac. Acara ini berlangsung pada 13 November 2016 lalu di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Mau tahu resepnya? Simak terus ya.

Sunday, November 13, 2016

Menjahit Clutch Bag dari Kulit Kayu Sulawesi Tengah Bersama Brother Indonesia

Hasil workshop clutch bag kulit kayu bersama mesin jahit Brother


Ketika Mbak Astri Damayanti, founder Kriya Indonesia, memberi info akan ada workshop menjahit clutch bag cantik dari kulit kayu, saya langsung tertarik. Menjahit? Yakin? Saya pikir awalnya bakal ditempel dengan lem. Hahaha. Maklum saya ga ada tampang maupun keahlian jahit-menjahit yang rapi. Seingat saya terakhir menjahit saat hamil (meski ada mitos wanita hamil dilarang menjahit). Waktu itu bersama sekelompok teman membuat souvenir dari flannel, itupun menjahit dengan tangan.

Namun yang membuat saya termotivasi untuk datang adalah bahan yang digunakan yaitu kulit kayu. Selama tinggal di Sulawesi Tengah, saya penasaran ingin berkunjung ke desa pembuatan kerajinan kulit kayu tetapi minim informasi. Ya, kerajinan kulit kayu ini ada di kabupaten Sigi dan Poso, Sulawesi Tengah. Kulit kayu yang dipukul-pukul hingga pipih dan rapat dibentuk menjadi baju, tas, hiasan dinding, dll. Pewarna yang digunakan adalah pewarna alami. Konon, orang-orang zaman dahulu menggunakan baju dari kulit kayu sebelum menemukan kain seperti sekarang.

Saturday, November 12, 2016

Ayah Hebat, Keluarga Sehat



Selamat Hari Ayah!

 

Selamat Hari Ayah!

 


Selamat Hari Kesehatan Nasional!


Yup, keduanya diperingati hari ini, 12 November.

Ayah dan kesehatan punya hubungan erat. Tidak hanya ibu yang peduli kesehatan keluarga. Ayah punya peran penting untuk kesehatan dan gizi keluarga. Topik ini yang dibahas dalam talkshow “Ayah Hebat, Keluarga Sehat” oleh MCA-Indonesia di @america, Pasific Place, Jakarta, siang kemarin.

Selama ini saya hanya tahu ada peringatan Hari Ibu tiap 22 Desember. Ternyata ada Hari Ayah juga. Peringatan ini bukan untuk gaya-gayaan atau kasihan tidak ada hari spesial untuk ayah. Ini sebagai tanggung jawab dan rasa hormat bahwa ayah juga berperan sama pentingnya dengan ibu dalam membangun keluarga. Iya dong, kan menikah untuk saling melengkapi ;)

Wednesday, November 9, 2016

[Event] IPMI Trend Show 2017 (8-11 November 2016)



IPMI Trend Show 2017


Fashion, atau dalam bahasa Indonesia disebut mode, erat kaitannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Industri mode melibatkan banyak pihak dari hulu ke hilir mulai proses produksi bahan, perancangan mode, penjahitan, hingga distribusi ke tangan konsumen. Industri ini membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Designer yang berkecimpung pun banyak. Mereka ini saling bersaing menciptakan karya-karya yang unik dan memiliki pesan tertentu. Namun, kali ini para perancang mode bekerja sama menghadirkan IPMI Trend Show 2017 untuk menginspirasi dunia mode Indonesia.
 
Acara yang berlangsung selama 8-11 November 2016 di The Hall, Senayan City, Jakarta ini memasuki tahun ke-30. Suatu hal yang patut diapresiasi mengingat konsistensi Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) mengadakan acara tersebut tiap tahun.

Monday, November 7, 2016

Resep Tumis Hati Sapi untuk Obati Anemia



Resep Tumis Hati Sapi untuk Obati Anemia


Saat melahirkan, tubuh ibu kehilangan banyak darah. That’s why penting bagi ibu untuk mengecek kadar Hemoglobin (Hb) pada darah sebelum meninggalkan rumah sakit. Hal ini yang luput dilakukan (atau disarankan) oleh dokter kandungan yang membantu persalinan saya. Alhasil saya pulang dengan wajah pucat tapi merasa itu wajar saja karena biasanya demikian.

Berhari-hari setelah persalinan, kondisi saya mudah lelah. Tubuh masih beradaptasi dengan jam biologis si bayi yang minta begadang. Wajah pucat dan mata sayu membuat teman-teman yang berkunjung menanyakan kondisi saya. Dikira saya sakit. Saudara yang juga seorang dokter menanyakan berapa Hb setelah melahirkan untuk melihat apakah saya anemia (kurang darah) atau tidak. Saya tidak tahu karena tidak menjalani tes tersebut. Tes Hb hanya dilakukan sebelum persalinan. Ia pun menyarakan untuk segera dilakukan serangkaian tes darah (saya lupa istilahnya), salah satunya Hb.

Saturday, November 5, 2016

UANGKU: Belanja Aman, Bisnis Lancar



Uangku #FUNanciallyBetter

Siapa yang belum pernah belanja online? Yang namanya online shopping udah jadi favorit saya. Ga perlu ribet keluar rumah, cukup pencet-pencet dari smartphone. Sebelum e-commerce menjamur seperti sekarang, saya biasa belanja lewat instagram. Cari barang apapun dengan hashtag yang tepat akan langsung keluar banyak pilihan. Tapi sebelum membeli harus kepo alias teliti reputasi penjual. Jangan sampai kena tipu barang ga dikirim atau malah cacat produk. 
 
Caroline Adenan, seorang famous blogger, pernah tertipu saat belanja online. Ia membeli tas yang tertera ORI di iklan tetapi barang yang dikirim ternyata KW. Mau complaint, penjualnya susah dihubungi. Yah, gimana dong? Uang melayang, pelanggan kecewa. Saya juga pernah mengalaminya. Setelah menunggu sekian lama, pesanan saya tak kunjung datang. Yasudahlah ikhlaskan saja. Semoga uang tersebut bermanfaat untuk penjual.

Penjual di instagram atau media sosial lain juga punya risiko. Saat memutuskan berjualan lewat instagram, saya berusaha menjadi trusted seller. Satu demi satu testimonial customer saya kumpulkan lalu saya unggah ke instagram Foottrip (follow dong kakaaa). Saya juga ikut beberapa grup penjual online untuk meningkatkan penjualan. Dari grup tersebut saya belajar bahwa seller juga harus waspada. Penipuan online shopping bisa dilakukan oleh pembeli, salah satunya berupa bukti transfer palsu. Ada yang menipu dengan mengirim bukti transfer tulisan tangan (ya ampun, parah banget ini), ada pula yang niat edit pakai Photoshop. Memang harus jeli dan cek ricek mutasi rekening sebelum mengirim barang ke pembeli.

Wednesday, November 2, 2016

Solusi Pertanian Berkelanjutan di Indonesia #DemiPanganKita



Pangan adalah kebutuhan pokok tiap manusia. Sebagai konsumen, selama ini saya tidak ambil pusing dengan menu, sisa makanan yang berakhir di tempat sampah, atau naik turunnya harga sembako (sambil berdo’a diberi rezeki lebih untuk tetap bisa belanja bulanan). Namun diskusi yang diadakan Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI) dan OXFAM Indonesia pada 30 Oktober 2016 di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta lalu menyadarkan saya untuk lebih menghargai para produsen pangan.

Para produsen ini, termasuk petani dan nelayan, bisa disebut food heroes. “Pertanian sebaiknya jangan disempitkan artinya sebatas produksi pangan, tapi merupakan kehidupan itu sendiri,” ujar Tjuk Eko Eri Basuki, Kepala Pusat Ketersediaan Kerawanan Pangan Kementrian Pertanian. Dari sisi konsumen, hasil pangan dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Sedangkan produsen mendapat penghasilan dari penjualan hasil panen untuk menghidupi keluarga. 
Sustainable Development Goals (pic: United Nation)

Tuesday, November 1, 2016

Mengenal Lebih Dekat Diabetes dan Cara CERDIK Mencegahnya


[Mengenal lebih dekat diabetes dan cara CERDIK mencegahnya] Saat masih SMP saya pernah diajak ibu ke rumah kawannya di sebuah perumahan elit di Surabaya. Rumahnya megah membuat saya terkagum-kagum saat memasukinya. Sembari menunggu ibu berbincang dengan kawannya yang seorang pimpinan perusahaan berskala nasional itu, saya memperhatikan anak si pemilik rumah yang usianya lebih muda dari saya. Anak tersebut asyik bermain di ruang keluarga yang luas. Lalu ayahnya memanggil dan mengingatkannya untuk cek gula darah dengan alat yang harus ditusuk ke ujung jari. Apakah anak itu sakit padahal ia tampak ceria? Di situ pertama kalinya saya mengetahui penyakit bernama diabetes yang mengancam kesehatan anak-anak maupun dewasa.
 
Apa itu diabetes? (pic: liferelayhealthcare)
Anak tersebut adalah satu dari sekian penderita diabetes, tepatnya diabetes tipe 1. Pengobatannya tidaklah murah. Ia beruntung hidup di keluarga yang berkecukupan untuk membiayai terapinya yang bisa berlangsung seumur hidup. Diabetes ada di sekitar kita, mungkin tanpa kita sadari. Menyambut Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada 14 November 2016, mari kita bahas penyakit tidak menular yang dialami 10 juta orang di Indonesia ini (IDF Atlas 2015).

Bermain di Perpustakaan Umum DKI Jakarta, Cikini




Melihat foto seorang teman yang mengajak anaknya ke perpustakaan di Belanda membuat saya iri. Perpustakaannya ramah anak. Koleksi buku untuk balita juga banyak. Kalau mendaftar menjadi anggota, langsung mendapat satu set buku cerita. Lucuuuu! Apa ada perpustakaan anak di Jakarta?

Jeng…jeng…

Ada beberapa perpustakaan anak di sekitaran Jakarta, sebagian besar di Jakarta Selatan, tetapi berbayar. Nah ini ternyata ada 1 perpustakaan umum yang punya area khusus anak-anak dan semuanya GRATIS!!! *PENTING BANGET PAKE CAPSLOCK*