Top Social

Ibu Rumah Tangga dan Penghargaan yang Diraih di #UsiaCantik

Saturday, November 19, 2016
Ibu rumah tangga dan penghargaan yang diraih di #UsiaCantik
“Di #UsiaCantik ini saya bersyukur dapat mendidik anak-anak hingga menjadi seperti sekarang dengan keistimewaan masing-masing.”
Masih dalam suasana Hari Pahlawan, saya ingin menuliskan profil seseorang yang menurut saya layak disebut pahlawan keluarga. Pahlawan bukan hanya orang yang membela negaranya di medan perang. Pahlawan juga bisa tersemat dalam diri seorang ibu, termasuk ibu rumah tangga.

Bu Vonny ikhlas melepaskan jabatannya di sebuah trading company setelah 3 tahun bekerja. Ia dan suami sepakat dirinya perlu fokus mengurus anak. Keputusan menjadi ibu rumah tangga tidaklah mudah. Mungkin nampaknya enak. Tidak perlu berkutat dengan tugas-tugas kantor atau pulang larut karena rapat. Tetapi di balik itu ada kewajiban mengurus rumah, merawat anak, dan lain sebagainya yang sama menumpuknya.

Rutinitas baru ini terkadang membuatnya bosan. Ia pun memulai usaha jual-beli alat tulis dengan menitipkan ke toko-toko. Sengaja ia tidak membuka toko di rumah karena khawatir memecah konsentrasi mengurus keluarga. Saat kulakan, si kecil dibawa serta. Ilmu manajemen dan akuntansi yang didapat di bangku kuliah ia terapkan pada bisnis kecilnya ini. Pencatatannya begitu rapi.

Tahun demi tahun berlalu. Ia kini memiliki 2 anak, putra dan putri. Kedua anak ini istimewa di mata orang tuanya. Masing-masing memiliki prestasi yang layak dibanggakan. Kakak, begitu si sulung biasa dipanggil, duduk di kelas 8 (setara 2 SMP). Ia mudah menghafal Al-Qur’an. Hingga kini ia telah menghafal juz 28, 29, dan 30. Targetnya saat lulus SMP bisa hafal 5 juz. Kakak juga suka menulis pantun, puisi, dan punya blog pribadi berjudul Spitalia’s Story.

Sedangkan si adik yang masih di bangku 5 SD punya kemampuan menyerap pelajaran matematika dan science dengan cepat. Berbagai perlombaan tingkat nasional maupun internasional pernah ia ikuti hingga ke negara tetangga. Medali perunggu, perak, bahkan emas pernah ia raih dalam berbagai lomba matematika tingkat dunia seperti SASMO, AMO, dan WMI.

Salah satu prestasi putranya saat menjuarai lomba matematika

Sebagai orang tua tentu bangga melihat anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Di balik itu ada peran besar orang tua, termasuk ibu yang mendorong anaknya meraih prestasi. Pekerjaan ibu rumah tangga bukan hanya memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan urusan domestik lainnya. Pendidikan anak juga penting. Bukan lantas anak disekolahkan di sekolah unggulan lalu tugas orang tua selesai. “Peran ibu rumah tangga dalam keluarga penting banget. Bukan hanya kebersihan rumah ataupun isi perut aja ya. Pendidikan anak jangan sampai hanya diserahkan pada sekolah saja,” ujar Vonny.

Pernyataan beliau nampak dalam aktivitas keseharian. Tiap pagi dan sore ia mengantar dan menjemput anak-anak sekolah. Sepulang sekolah lanjut mengantar ke tempat les. Malam harinya menemani anak-anak belajar. Ia menyiapkan soal-soal latihan untuk persiapan lomba yang akan diikuti kedua anaknya. Bila ada kesulitan, akan dibahas bersama. Setiap ada lomba ia turut mendampingi, termasuk ke Malaysia dan Singapura. Si anak berlomba, ibunya jalan-jalan. Anggap saja reward setelah persiapan lomba yang panjang.

Kesannya belajar, belajar, dan terus belajar ya. Apakah anak-anak merasa tertekan? Alhamdulillah tidak, karena les dan lomba itu keinginan mereka sendiri. Mereka juga merasakan manfaat dari kegiatan positif yang dilakukan. Saat bosan dan malas mengerjakan pekerjaan rumah (PR), ibu mengingatkan kembali tanggung jawab atas konsekuensi yang dipilih. Anak-anak masih punya waktu bermain hingga jam tertentu. Urusan gadget hanya boleh saat wiken. Aturan ini pun sudah disepakati bersama.

Katanya mau cerita tentang pahlawan keluarga tapi kok banyak menulis tentang anak-anak?

Inilah yang ingin saya apresiasi. Profesi ibu rumah tangga tidak akan mendapat penghargaan “Best Employee” atau “Employee of The Month” seperti dalam perusahaan. Namun bukan berarti tidak ada prestasi bagi seorang ibu. Pencapaian prestasi anak-anak inilah yang mencerminkan prestasi seorang ibu.

Kemenangan yang didapat dalam berbagai lomba merupakan hasil dari proses belajar yang bertahap. Ada ketelatenan ibu mencari soal-soal latihan, melatih, dan membahas bersama anak. Ada ketenangan ibu untuk membesarkan hati anak saat belum lolos ke babak berikutnya dan terus menyemangati untuk mencoba kembali di kompetisi berikutnya. Ada kesabaran ibu membelikan bahan-bahan untuk tugas sekolah yang mendadak. Ada kegigihan ibu untuk menstimulasi anak hingga menemukan minatnya. Perhatian dan kerja keras ibu membuat anak-anak tumbuh menjadi anak yang percaya diri, berakhlak mulia, dan berprestasi.

Me-Time Oke, Kerjaan Beres, Semua Happy

Selain fokus pada tumbuh kembang anak, Bu Vonny juga meluangkan waktunya untuk menikmati me-time. Hobi memasak membuatnya mencoba berbagai resep masakan, terutama saat anak-anak sekolah.

Ibu dengan perawakan kalem ini sebenarnya memiliki hobi ekstrim. Ia tergabung dalam komunitas mobil 4x4 Surabaya. Itu lho mobil yang memiliki ban gedhe dan suka di jalanan berlumpur. Makin menanjak jalannya, makin seru. Ia juga suka touring mengendarai motor bersama suami. Pasangan ini memang klop untuk urusan otomotif.
Hobi touring ke berbagai kota di Pulau Jawa

Me-time menjadi bentuk perhatian dan penghargaan kepada diri sendiri untuk lebih bersyukur akan hidup yang dijalani. Selain memasak dan otomotif, beliau terkadang ikut pengajian, ke salon, atau bahkan tidak jauh-jauh dari pekerjaan domestik. Belanja kebutuhan bulanan atau menyetrika sambil nonton TV sudah menjadi hiburan baginya. Me-time oke, kerjaan beres, semua happy.

Tak terasa sebentar lagi usianya memasuki kepala 4. Ia sendiri tidak terlalu pusing dengan usia tersebut. Ia lebih bersyukur dapat mendidik anak-anak hingga menjadi seperti sekarang dengan keistimewaan masing-masing.
Bersama putri sulungnya. Masih cocok jadi adik-kakak, ya?
 
Kakak saya ini memang awet muda. Iya, Bu Vonny ini biasa saya panggil “Mbak” karena beliau kakak kandung saya. Ada cerita lucu yang masih saya ingat. Setelah lulus SMA saya datang ke pameran pendidikan bersama Mbak Vonny untuk melihat pilihan universitas yang cocok. Anehnya yang ditawari masuk kuliah justru kakak saya padahal umur kami terpaut 10 tahun. Ia sudah lama lulus kuliah waktu itu.

Meski tidak khawatir berada dalam #UsiaCantik (35-45 tahun), ia menuturkan flek-flek hitam di wajah cukup mengganggu penampilan. Ia tidak menampik adanya perubahan fisik karena bertambahnya usia. Untuk perawatan wajah, ia rutin melakukan facial dan menggunakan sunblock.
 
Mengingat aktivitasnya yang sering di luar ruangan, terutama saat melakoni hobi ekstrimnya, kesehatan kulit wajah perlu perhatian ekstra. Sebagai adik yang baik dan perhatian *ehm*, saya menyarakan perawatan anti-aging dari L’Oreal Paris Revitalift Dermalift. Teknologi Baru Dermalift dikombinasikan dengan Pro Retinol A dapat merawat kekencangan kulit, anti-kerut yang efektif, dan melindungi kulit dari UVA & UVB untuk mencegah penuaan dini. Rangkaian produk dari L’Oreal Paris ini mengandung Centella Asiatica yang dapat mencegah timbulnya kerutan dari dalam dan memperbaiki kerutan dari luar. Saya mendapat rekomendasi ini dari teman-teman blogger yang awet muda padahal usianya sudah di atas 35 tahun, bahkan ada yang dikira masih mahasiswa.
Produk perawatan anti-aging yang saya rekomendasikan antara lain:

* Revitalift Dermalift Day Cream untuk menstimulasi produksi 8 natural lifters yang merawat kekencangan kulit. Cocok dipakai pagi hari sebelum beraktivitas.
* Revitalift Dermalift Night Cream untuk mengoptimalkan regenerasi kulit di malam hari. Kulit akan terasa lebih halus, elastis, dan kerutan tersamarkan.
* Revitalift Milky Cleansing Foam untuk mengangkat kotoran dan debu pada wajah. Mengandung LHA + Glycerin yang mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit tampak muda.
* Revitalift Milky Toner untuk melembabkan kulit. Kulit akan lebih halus, lembut, segar, dan garis halus tersamarkan.
* Revitalift Magic Blur yang menyamarkan garis halus dan pori secara instan dengan teknologi Opti-Blur.
perawatan anti-aging L’Oreal Paris Revitalift Dermalift

L’Oreal Paris Revitalift Dermalift ini juga menjadi referensi bagi saya untuk tidak perlu risau saat bertambahnya usia. Kita perlu fokus pada tujuan hidup tanpa khawatir menjadi tidak menarik karena menggunakan perawatan anti-aging yang tepat.

***

Ibu rumah tangga juga bisa berprestasi. Keluarga yang harmonis dan prestasi anak-anak adalah bentuk cerminan prestasi ibu. Bu Vonny bersyukur dengan pencapaian hidupnya sekarang. Ia berharap dapat menunaikan umroh sekeluarga dan jalan-jalan keliling dunia. Semoga impian beliau tercapai, amin.


 "Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L'Oreal Revitalift Dermalift." 

sumber foto: dokumentasi pribadi dan L'Oreal. Diedit oleh Helena.



109 comments on "Ibu Rumah Tangga dan Penghargaan yang Diraih di #UsiaCantik"
  1. Keren banget mba Bu Vonny nya, inspiring kisahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diam-diam aku juga mengidolakan beliau lho

      Delete
  2. Amin. Semoga tercapai impian2 Bu Vonny.

    ReplyDelete
  3. Keren bgt ini si ibu vonny..jagger bgt hobinya ya..setroooong!hihi

    ReplyDelete
  4. seru bnaget mba, moga makin cantik ya #eeaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cantik luar dalam yaa (nular juga ke adiknya)

      Delete
  5. Amin semoga dikabulkan oleh Allah niatnya yang baik. Jangan lupa ibu juga diajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga ada rejeki untuk mengajak ibu dan keluarga. Aku juga mau :D

      Delete
  6. Keren bu vonny! Aku makin tua makin penakut, ga brani naik motor hihihi serem jatoh or ksrempet... salut bgt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau juga pernah mencoba terbang dengan paralayang lho

      Delete
    2. Kalau paralayang aku mauuuu beneran itu aku mauu hahahahha... cuman mikirin harganya doang sih XD

      Delete
    3. 300ribuan worth it buat pengalaman seumur hidup. Trust me!

      Delete
  7. kakaknya cantik bangeet Mbaa.. tapi Mba Helena ngga kalah cantik koq. dua-duanya luar biasa. :)

    ReplyDelete
  8. Waaa cantik2 touring....
    Kerennn

    ReplyDelete
  9. Jarang loh, ibu kyk Mbak Vonny. Mau meninggalkan dunja kerja demi anak-anak.

    ReplyDelete
  10. memang awet mudah bgt mbak mu ;).. suka ih ngeliat mukanya seger gitu :).. apalagi foto yg di motor touring, kereeen :D.. mba sekalian yg krim matanya nih... aku dari semua skincare, krim mata itu trmasuk yg wajib bgt hrs pakai.. ga cukup alo cuma ngandelin day cream ato night cream doang... kmrin aku udh liat tuh krim mata loreal yg revitalift ini... udah tertarik mau beli, tp mau ngabisin dulu yg lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eye cream ya? Thank you sarannya :)

      Delete
    2. Btw aku lihat di online shop lagi ada promo day cream, night cream, eye cream. Jadi lebih hemat.

      Delete
    3. Wahh keren banget hobbinya touring gitu

      Delete
  11. Awet muda ya sama anak seperti Kaka adik. Patut di tiru ini tetap cantik di usia cantik...

    ReplyDelete
  12. Nothing wrong with a house wife.
    Ibu rumah tangga memang berat tugasnya tapi sungguh sangat mulai
    Jika dilakukan dengan ikhlas akan bernilai ibadah
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala pekerjaan kalau dilakukan dengan ikhlas, insyaallah jadi berkah ya.

      Delete
  13. Ga sia2 ya mba pilihan bu vony, anaknya jadi semua.

    ReplyDelete
  14. mengispirasi sekali Mba, keduanya cantik dan berbakat.
    Sukses terus ya Mba. Usiacantiknya awet hehehe ga keliatan tuanya beneran

    ReplyDelete
  15. Waah senangnya punya kakak yang mempunyai putra putri berprestasi ya mbak.Kakaknya awet muda lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ikut bangga punya ponakan yang hebat

      Delete
  16. Wah kakaknya awet mudaa sekali :D
    Terima kasih sudah mengispirasi heheh

    ReplyDelete
  17. wah embaknya bener2 awet muda, ayu dan nggak nyangka hobinya bikin kagum soalnyaaku nggak bisa bw kendaraan

    ReplyDelete
  18. Keren bisa mendidik anak jd anak2 berprestasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita juga bisa seperti beliau ya

      Delete
  19. Anak2 yg cerdas dan berakhlak baik memang ga lepas dari ibu yg hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada peran ibu dan ayah di balik kesuksesan anak

      Delete
  20. Wow keren aktivitas kakaknya dan kliatan masih muda banget ya. Kayak masih anak kuliahan :D

    ReplyDelete
  21. Wow keren aktivitas kakaknya dan kliatan masih muda banget ya. Kayak masih anak kuliahan :D

    ReplyDelete
  22. Dari awal baca ngalir, adem, sampai nemu Mba Vonny lagi naik moge. Langsung wooww. Kejutaaaan, hahaha.
    Tampang kalem bukan berarti nggak bisa punya hobi yang ekstrim ya Mba^^

    Dan jujur itu yang naik motor keliatan muda banget Mba. Nitip pertanyaan dong ke Mba Vonny apa rahasianya bisa awet muda dan awet cantik gitu. Kan aku pengen juga, buat persiapan memasuki #usiacantik :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rahasianya dibuka, ga jadi rahasia lagi dong. Heheh

      Stay happy dan merawat tubuh dengan pola hidup sehat aja

      Delete
  23. Ya Allah.. luar biasa kakakmu Mbaak.. wanita tangguh itu.. jd speechless mbaak

    ReplyDelete
  24. Ahh hayu toring ke Bandung samper aku Mbaa,aku juga suka ngukur jalan..

    tetep kece di #usiacantik yaa

    ReplyDelete
  25. Wah kereen... Beneran, awet muda ya mbak Vonny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga nular ke adiknya

      Delete
  26. Wah kereen... Beneran, awet muda ya mbak Vonny...

    ReplyDelete
  27. Awet muda banget yaa. Sama anaknya mirip Ade-Kakak gitu kaya Asma Nadia sama anaknya Putri Salsa, kadang bikin orang salah manggil. Aah, usia cantik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajahnya Asma Nadia kayaknya ga berubah dari awal aku baca bukunya, zaman SMP kali ya

      Delete
  28. Alamak itu hobbynya.. Jd pengen liat foto2 machonya yg lain

    ReplyDelete
  29. menyenangkan membaca kisah mbak Vonny & suka di bagian keduanya hobi bareng utk urusan otomotif... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka dengan kisah Usia Cantik mba Ria

      Delete
  30. Wuih.... Bu Vonny.... Mantabs abissss....

    ReplyDelete
  31. Wuih.... Bu Vonny.... Mantabs abissss....

    ReplyDelete
  32. Bu Vonny meski sudah memasuki #usiacantik tetap menginspirasi yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspirasi buat persiapan kita masuk usia cantik yo. Eh kamu masih lamaaa deng

      Delete
  33. Ih keren ya. keputusan yang tepat buat resign karena waktu tidak bisa diuang lagi untuk mendampingi anak-anaknya. Bu Vony pun masih cantik dan tetep 'gaul'. Salamin ya dari saya, sesama #usiacantik hehe

    ReplyDelete
  34. Dan satu yang saya ingat-ingat terus dari pengalaman Mba Vonny, target. Beliau memiliki target yang mungkin tampak minimal tapi usahanya maksimal sehingga menular pada banyak hal.

    Rasanya mulai saat ini saya juga harus punya target deh...jadi terinspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dari target yang sederhana. Yang penting action-nya yaa

      Delete
  35. Wah hebat banget, what a great life ya! sangat menginspirasi cerita nya mbak ... thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  36. ibu strong ini mah.... keren mba..tulisan menginspirasi banget..

    ReplyDelete
  37. Terpesona mencapai puncak saat ibu Vonny juga penggemar moge.

    ReplyDelete
  38. semga anaknya makin berprestasi dan berbakti kpad ortu..

    ReplyDelete
  39. Hobinya maskulin banget, otomotif! keren Mbak ;D!

    ReplyDelete
  40. pahlawan berasal dari kata pahala-wan. jadi bu Vonny dan setiap ibu layak disebut pahlawan. Seru euy hobinya! pantas saja awet muda begitu. Barakallaahu untuk Bu Vonny sekeluarga. terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pahala-wan? Semoga berkah dan mendapat pahala ya. Amin

      Delete
  41. Wo'oo..ternyata ibu berperawakan kalem ini suka sama yg berbau adventure
    Kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu juga kan...kecil-kecil cabe keriting *eh

      Delete
  42. Profil nya bu Vonny keren, masak iya, ibu rumah tangga yach iya, touring pun bisa kecee habisss.. yang pasti adiknya juga keren dong yach.

    Setuju mbak helen, kalau ngaca gitu lihat kerutan2 disekitar mata dan bibir rasanya benar-benar mengganggu yach.

    ReplyDelete
  43. Kisahnya keren banget, inspiratif. Wah kakaknyahebat, adiknya juga tak kalah hebat. Sangat menginspirasi, salam kenal ya Buat Mbk Vonny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Naqi yang juga hebat :)

      Delete
  44. Ini baru tangguh. Sehebat apapun dia, keluarga tetap jadi prioritas.

    ReplyDelete
  45. Wah hobbinya mba Vonny keren bangeeet!

    Ternyata kakak dan adek sama-sama suka menginspirasi orang yaa ��

    ReplyDelete
  46. Kereeen emak2 hobinya touring. Asyik banget pastinya, yaa...

    Bener banget, Mbak. Peran seorang ibu sangat vital walau jauh dari yang namanya penghargaan. Ibu adalah pemeran utama dalam hal menjadi madrasah bagi anak-anaknya. Al Umm madrosatul aulad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saya juga bisa mendidik anak dengan benar

      Delete
  47. Hobinya ekstrem banget.

    Ibu rumah tangga bisa berprestasi. Karena peran ibu rumah tangga sangat penting dalam mendukung prestasi keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, prestasi tercermin dari anak-anaknya

      Delete
  48. pokoknya nggak boleh ngremehin ibu rumah tangga deh..

    pahalanya besar ya mbak walaupun aktivitasnya sering dianggap remeh sama orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu juga berperan penting bagi keluarga ya :)

      Delete
  49. Ibunya terlihat masih muda banget yak. :D
    Hobi ekstrem ternyata sejalan dengan kehidupan yang seimbang. Keren.
    Semoga saya dan Ibu-Ibu yang lain bisa mencontohnya^^

    ReplyDelete
  50. Kakaknya keren banget, berada di usia cantik namun tetap berprestasi ya, salam buat Bu Vonny

    ReplyDelete
  51. Wooooowww!!! Cantik dan keibuan tapi hobinya off road, kereeeeeennnnn!!! Salut bgt untuk bu vonny dan makasi mba helena, uda share cerita ini. Saya jadi malu, nyetir matic aja manja, banyak alasan buat ga latihan jadi ga bisa2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blio jago nyetir manual dan matic. Aku juga diajarin sih tapi...

      Delete
  52. salut sekali kalau ada wanita pekerja yang rela melepaskan kerjaan demi anak, nggk semua orang bisa melakukan itu, sukses selalu buat bu vonny

    ReplyDelete
  53. aku baru baca artikel yg menang ini, keren ya Bu Vonny dan anak2nya berprestasi, ga nyangka kalo kakak kandungmu sendiri mbak :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature