Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Bekal MP-ASI Saat Bepergian untuk Si Traveler Junior

Monday, August 15, 2016


Sejak usia 3 bulan, Sid sudah saya ajak perjalanan jauh. Waktu itu kami mudik dalam rangka lebaran.  Membawa bayi yang masih ringkih begini, kita harus memilih waktu dan cara perjalanan yang nyaman. Khawatirnya tubuh bayi mudah lelah dan akhirnya jatuh sakit. Syukurlah Sid yang saat itu ASI eksklusif memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Makan lahap saat pengenalan MP-ASI
Masalah mulai muncul saat ia memasuki usia 6 bulan. ASI tidak lagi cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saat usia 6 bulan, Sid mulai mengenal makanan pendamping ASI (MP-ASI). Saya memberinya berbagai macam makanan yang sudah dihaluskan supaya ia mengenal banyak rasa. Pemberian makanan yang bervariasi ini supaya anak familiar dan tidak menjadikannya picky eater.

“Nutrisi yang cukup selama periode emas atau 1000 Hari Pertama Pertumbuhan Si Kecil, berperan penting dalam mengantisipasi dampak dari masalah gizi kompleks. Karena pada periode emas, otak, otot dan tulang rangka berkembang pesat dan ketika Si Kecil genap berusia 2 tahun, perkembangan otaknya sudah sama dengan 80% otak orang dewasa” jelas Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna.

Betul, 1000 hari pertama kehidupan anak adalah masa emasnya. Untuk itu memilih nutrisi yang tepat sejak awal MP-ASI sangat penting. Kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan stunting atau perawakan pendek. Masalah ini masih menjadi PR di Indonesia. Berdasarkan data dari WHO 2014, Indonesia menempati urutan ke-17 dari 117 negara dengan prevalensi wasting (perawakan kurus) dan stunting (perawakan pendek) yang tinggi pada balita.

“Masalah perawakan pendek (stunting), tidak berhenti di tinggi badan Si Kecil. Dalam jangka pendek, kekurangan zat besi dan asam amino berdampak terhadap tumbuh kembang, daya tahan tubuh dan fungsi kognitif. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, dalam jangka panjang, kekurangan zat besi yodium, zinc dan vitamin A, bisa mengakibatkan terjadinya penurunan IQ dan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis,” jelas Dr. Attila Dewanti, SpA(K), Pakar Kesehatan Bayi dan Anak.

MP-ASI Saat Bepergian

Biasanya kalau saya bepergian, pola makan tidak teratur. Waktu makan bisa molor dari kebiasaan. Kadang tidak mementingkan jenis makanan yang masuk, yang penting makan saja deh. Kebiasaan buruk ini pelan-pelan saya ubah sejak hamil. Asupan nutrisi yang masuk, penting untuk saya dan perkembangan janin.

Saat jalan-jalan, perhatikan asupan nutrisi anak
Begitupun ketika mengajak Sid bepergian di usianya yang mulai MP-ASI. Setiap keluar rumah, meski hanya 1-2 jam saya harus membawakan bekal untuknya. Apalagi untuk perjalanan jauh seperti saat naik kereta atau pesawat. Kalau tiba-tiba delay, lebih repot lagi. Belum tentu juga di tempat tujuan ada makanan yang cocok untuknya. Pada rentang usia 6-12 bulan ia masih belajar tekstur makanan halus, belum bisa makan makanan seperti dewasa. Sedikit repot sih. Tapi saya tidak mau ia mengalami stunting karena kurang gizi.

Bekal yang saya bawa tentunya harus bergizi dan sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak. Pisang dan pepaya mudah dibawa dan bisa langsung dimakan. Saya juga sedia biskuit bayi Milna untuk ia makan sebagai cemilan. Di sini Sid belajar memegang makanannya sendiri. Perut kenyang sambil mengasah kemampuan motoriknya.

Ada juga bekal MP-ASI yang bergizi tinggi dan mudah dalam penyajian. Milna yang sudah dikenal sebagai ahlinya makanan bayi punya Milna bubur bayi organic. Ada dua rasa, kacang hijau dan beras merah. Sid suka yang kacang hijau nih.

Milna bubur bayi organic ini adalah bubur bayi organik pertama di Indonesia dan terbuat dari bahan alami organik pilihan. MP-ASI ini mengandung 95% bahan pangan organik yang sudah tersertifikasi resmi. Pertanian yang menggunakan sistem organik tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet. Tentunya lebih aman untuk kesehatan tubuh.

Milna bubur bayi organic mengandung:

· Tinggi protein
Membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

· Sumber serat

· Tinggi kalsium
Kalsium berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

· Tinggi zat besi
Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

· Tinggi seng

· Sumber 12 vitamin dan 8 mineral
Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, Niasin, B6, B12, asam folat, asam pantotenat, kalsium, besi, fosfor, seng, yodium, magnesium, selenium, kalium.

Untuk variasi penyajian, saya membuatkan Sid resep sederhana dengan Milna bubur bayi organic.
Bubur Hijau Putih


Bubur Hijau Putih

Bahan:
Milna bubur bayi organic kacang hijau
Buncis, potong kecil
Tahu, potong kecil
Daun bawang, potong kecil
Kaldu ayam

Cara penyajian:
Rebus air kaldu ayam dengan buncis, tahu, dan daun bawang.
Setelah matang, tuangkan ke Milna bubur bayi organic dan aduk rata.

Memasuki usia setahun, pilihan produk Milna untuk Sid makin beragam. Ada Milna Toddler Biskuit rasa coklat dan keju. Juga ada Milna Toddler Puding rasa stroberi dan coklat. Buat bekal perjalanan juga mudah dan enak.

Milna 1st Bite Day

Kutipan yang saya sampaikan mengenai stunting dan pentingnya nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan di atas, saya dapatkan dari Milna 1st Bite Day. Apakah itu?
 
Milna 1st Bite Day di Jakarta (dok.pribadi)
Milna sebagai brand makanan bayi bernutrisi di bawah naungan Kalbe Nutritionals menghadirkan kampanye MILNA 1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil. Hal ini sebagai bentuk dukungan Milna dan Kalbe Nutritionals terhadap program pemerintah dalam rangka perbaikan gizi nasional. Kampanye ini mengangkat peran penting ASI dan MP-ASI dalam memenuhi Angka Kecukupan Gizi Si Kecil lewat seminar interaktif dengan Pakar Kesehatan Bayi dan Anak.

Kampanye ini sudah dilaksanakan di Surabaya dan Jakarta. Rencananya bulan ini akan diadakan di Medan. Kapan dan bagaimana pendaftarannya bisa dilihat di website www.bayimilna.com, Facebook MilnaID, twitter @BundaMilna, dan instagram @milnaid. Acara ini penting diikuti supaya orang tua lebih aware akan kecukupan gizi anak, terutama pada masa awal MP-ASI.

Memberikan asupan gizi yang seimbang dan tepat untuk anak saat bepergian ternyata mudah kan. Kebiasaan makan makanan yang sehat untuk tumbuh kembangnya di masa depan. Kesehatan anak terjaga, saat bepergian pun anak ceria. 
Sid dan temannya ngemil Milna Toddler Biscuit di playground

14 comments on "Bekal MP-ASI Saat Bepergian untuk Si Traveler Junior"
  1. Hehehe, saya malah suka banget sama bubur bayi Milna, meski saya bukan bayi ahaks :D. Kalau lagi sakit dan ga doyan makan, pasti deh makannya bubur Milna, abis enak sih. Bau serealnya tuh enakkkk bangett, menggugah selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama dong. Suapin anak sambil makan sendiri

      Delete
  2. aku dulu sering pasrah sama biskuitnya milna kalo anak2 lagi GTM. dan beberapa kali juga mengandalkan biskuit milna pas lagi jalan2

    ReplyDelete
  3. asyik ya mak kalau ditemenin milna.boleh nyontek resep kreasinya kan mak???

    ReplyDelete
  4. Wah suka jalan2 yaaa. Kalau jalan emang praktis bawa milna. Kalau udah setahun lbh udah enak ya, tinggal makan makanan yg sama kyk ibunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul. Kalau udah setahun gini seringnya bawa Milna Toddler Biscuit kalau jalan-jalan.

      Delete
  5. hehehe.. "gagal diet"..
    Hania dulu kadang juga mamam ini.. rasanya variatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seumuran Hania bisa coba pudding Milna. Enak lho *ikutan icip*

      Delete
  6. waw kecil2 udah traveler aja ya mbak, gemes liatnya..Milna keren jg inovasinya, ada yg organik euy *barutau *scrbelompunyamomongan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan organik kan lebih sehat. Inovasi Milna keren kan...

      Delete
  7. Emang klo berpergian paling enak bawa bubur instan :D praktiiiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buburnya pakai bubur organik dong

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature