Tetap Eksis dan Hemat Biaya ke Acara Blogger

Saturday, April 2, 2016
Workshop Fun Blogging 7 - event pertama yang saya ikuti

Sejak bergabung di beberapa komunitas blogger dan mulai rajin mengisi blog dengan hal-hal yang lebih dari sekedar curhatan, saya jadi suka ikut acara-acara yang mengundang para blogger. Belum genap setahun menjadi orang tua membuat saya perlu belajar banyak hal tentang parenting dan kesehatan anak. Saya pun mengikuti beberapa talkshow seputar parenting supaya bisa merawat dan mendidik anak dengan benar, terutama di periode emas kehidupannya. Sebagai blogger anak bawang yang Alexa-nya masih gendut, saya menambah ilmu dan skill lewat workshop mengenai blogging dan SEO.

Acara-acara ini sering diadakan dan saya tergoda untuk mengikutinya. Tapi…apa daya sebagai ibu rumah tangga, saya harus pilah-pilih agar dompet tidak goyah. Supaya tetap eksis menimba ilmu di berbagai event, ini tips a la Helenamantra:

1. Buat budget untuk biaya transportasi acara blogger tiap bulan supaya lebih selektif memilih acara yang akan dihadiri.

2. Cek jarak rumah ke lokasi acara. Kalau jaraknya dekat, senang banget bisa hemat ongkos dan hemat energi.

3. Cari transportasi yang paling mudah, paling murah, paling cepat sampai kemudian bandingkan.
Dalam hal transport yang dipilih memang banyak pertimbangan karena tiap ikut acara sambil membawa bayi. Kalau dulu kemana-mana bisa naik motor atau angkutan umum non-AC, sekarang mencari transport yang lebih nyaman supaya bayi tenang selama perjalanan. Kalau dia rewel, saya juga yang pusing. Saya sangat terbantu dengan transportasi umum yang bisa dipesan online.

4. Cari barengan kalau ada yang rumahnya searah atau berdekatan
Berangkat bareng dengan berbagi biaya untuk kendaraan pribadi atau taksi, bisa lebih hemat deh.

5. Diantar suami
Kalau suami libur, biasanya dia ikut. Ada yang mengurus anak saat saya fokus ke acara.

6. Buat jadwal untuk acara lain yang berdekatan dengan acara blogger
Mumpung sedang keluar rumah, setelah ke acara A saya lanjut belanja di sekitar situ. Atau kalau lokasi acara dekat dengan rumah saudara/teman bisa sekalian mampir berkunjung. Sekali mendayung, 2 3 pulau terlampaui..

7. Bawa bekal
Saya gampang lapar karena menyusui (alasan aja..hihi). Kemana-mana saya bawa bekal roti atau snack dan air mineral. Makanan untuk si baby juga saya bawa, dari bubur sampai jus buah.

8. Fokus dengan acara tersebut
Ikuti acara dengan sungguh-sungguh untuk memahami ilmunya supaya bisa diaplikasikan dan dibagi lewat tulisan di blog & media sosial. Kan sayang, sudah mengeluarkan tenaga, waktu, dan uang untuk hadir namun tidak ada manfaat yang kita dapat. Acara blogger tersebut merupakan investasi ilmu bagi saya. 

9. Berkenalan
Acara blogger adalah ajang kopdar para blogger yang biasanya hanya bertamu di rumah maya lewat blogwalking. Ini saatnya berkenalan langsung dengan rekan sesama blogger supaya makin akrab. Selain itu bisa kenal dengan peserta lain, media, dan penyelenggara acara yang telah mengundang kita. Siapa tahu bisa bekerja sama di event lain.

10. Aktif mengikuti kompetisi acara
Di tiap acara umumnya ada berbagai macam lomba dengan hadiah menarik. Ada live tweet competition dimana peserta nge-tweet tentang jalannya acara sambil mention ke akun tertentu dan menggunakan tagar (#). Ada pula lomba foto seputar acara tersebut. Dan tentunya untuk blogger ada lomba menulis laporan acara atau topik tertentu di blog masing-masing. Lomba-lomba ini menarik dan saya tertantang untuk mengikutinya meskipun belum pernah menang *huhuhu... Lomba ini sebagai ajang melatih diri untuk menulis lebih baik supaya bermanfaat untuk pembaca. Kalau bisa menang, bakal senang banget apalagi hadiahnya menutupi ongkos perjalanan. 

Kata mantan mahasiswa ekonomi, sebelum melakukan sesuatu pertimbangkanlah cost and benefit. Cost atau biaya tidak hanya berupa uang yang dikeluarkan tetapi juga meliputi energi dan waktu yang diberikan. Begitu pula benefit atau manfaat yang diperoleh tidak hanya berupa materi. Ilmu yang bermanfaat, jaringan kawan baru, dan pengalaman berharga menjadi bagian dalam benefit.

Sekian tips tetap eksis dan hemat biaya a la blogger pemula (baca: saya). Kalau tips dari kamu?

===
Ditulis untuk ODOP challenge day 6


20 comments on "Tetap Eksis dan Hemat Biaya ke Acara Blogger"
  1. Memang harus ada banyak yang dipersiapkan sebelum pergi gathering ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Bawa bekel lebih praktis yaaaa, tapi kadang bawaan nya pengen jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jajan boleh tapi jangan jajan sembarangan *ingat pesan mama

      Delete
  3. Pertama x liat helena ke acara bw anak, wah bunda salut bngt - memang keribetan adanya peata hati jngn sampe ngeganggu keinginan nambah ilmu, aplg sdh di setting, hehe
    ..sedemikian cermat seperti isi postingan Helena ini. Menginspirasi bunda utk membuat postingan yang serupa tp tak sama, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bunda nulis juga pengalamannya. Bunda lebih hebat lagi...

      Delete
  4. Bener tuh harus perhitungkan jg yah biar gak pusing sendiri pengeluaran bengkak. Satu lagi mbak.. Pas dtg ke acara cari bahan tulisan lain d luar tema... Bs dg wawancara ke narsum bawa topik sendiri dg begitu sekali datang bs bawa pulang banyak cerita. Gak akan kehabisan bank ide tulisan deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih idenya. Sekali datang ke acara langsung kumpulin banyak bahan ya. Kalau aku tertarik dengan venue-nya. Biasanya acara di kafe-kafe yang instagrammable, bisa dibuat bahan tulisan.

      Delete
  5. luar biasa ya para ibu-ibu blogger, kerja keras banget, ke acara bawa anak. Gak kebayang repot banget kalo lagi rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang sungkan juga kalau rewel, khawatir ganggu para undangan.

      Delete
  6. Apalagi saya mbak, kalau acara di kota walupun selesai jam 3 bisa di pastikan sampai rumah saya malam.Jadibsaya kadang pilih pilih acara, bukan nya matre biar sama sama asik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, mikir dulu kalau jam pulangnya bareng orang pulang kantor.

      Delete
  7. Aku alumni Fun Blogging Angkatan 2 mak,jauh2 pula dari Bandung sengaja datang untuk ketemu manteman blogger dan mendukung Fun Blogging. Meski harus titip menitip anak haha

    ReplyDelete
  8. Wah jadi kita pernah ketemuan di acara Fun Blogging di Surabaya. Mba Helena yg mana nih, hafalnya cuma pakdhe hihi. Btw makasih tipsnya, memang banyak hal harus disiapkan jika ingin hadir di suatu acara ya. Apalagi jika punya anak yg masih kecil.

    ReplyDelete
  9. Cocok banget semua klop sama yg sudah yg saya tulis juga...
    Eh ini tulisan lama...kan? Hehehe

    Hanya justru setahun terakhir ini saya gak lagi ikutan acara blogger di jabodetabek... Kecuali penting banget hehehe

    ReplyDelete
  10. Sy gagal ikut odop mau ikutan dh trlalu jauh ktinggalan bnr bngt mba tipsny kalau misalkan jaraknya jauuuhh bngt prtimbangkn dulu dn gk smua topik/event jg d ambil

    ReplyDelete
  11. Poin 5,6 dan 7 itu save budget banget, Mba. Hehe. Sip! Memang harus bijak-bijak bergembira kalo mau ikutan gathering atau acara2 di luar rumah, untuk yang masih beranak kecil sih, ya, Mba. Dulu, jaman Intan baby, aku malah belum kenal blog. Haha.

    Nice tips, Mba. :)

    ReplyDelete
  12. Sekarang aku kalau ke acara blogger seringnya naik commuterline dilanjutkan ojek online, mba. Lebih murah :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature