Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Tutorial Pesawat Kardus untuk Anak TK

Wednesday, April 15, 2020

Cara membuat pesawat kardus. Sebuah kardus kosong teronggok berhari-hari. Diapain ya? Sayang nih kalau dibuang begitu saja. SID dan saya pun menyulapnya menjadi pesawat kardus. Kamu juga bisa membuatnya dengan anak di rumah. Ini nih tutorial pesawat kardus untuk anak TK. Gampang banget!

diy cardboard plane
Tutorial pesawat kardus buat anak TK. Gampang banget!

Surat dari Tony


Sudah lama saya ingin membuat kreasi pesawat dari bahan kardus bekas. Hal ini terinspirasi dari buku “Pesawat Amfibi” karya Clefiena. Di sana digambarkan sketsa kardus yang dijadikan pesawat dan kapal. Tidak terlalu detail namun sudah ada gambaran caranya.

Kemudian, beberapa hari lalu Mbak Clefy mengunggah pesawat kardus buatannya dan Balang, anak keduanya. Teh Desi, @diarymimo, juga membuat pesawat kardus untuk si Nio. Oke, niat membuat DIY plane untuk SID semakin muncul.

Lalu, kemarin subuh saya membaca surat dari Tony Fernandes, CEO AirAsia di grup Facebook. Surat itu tidak khusus untuk saya, hehe. Ia kirim ke semua customer AirAsia yang terkena dampak pembatasan penerbangan akibat wabah covid-19. Saya juga bukan calon penumpang yang gagal terbang tetapi membaca surat itu membuat hati saya terketuk. Ah, Tony, you are good in winning customers’ hearts.

Setelah menamatkan surat dari Tony yang cukup panjang tersebut, saya melihat kardus kosong di lantai. Dibuang sayang. Maka, ketika SID sudah bangun, saya tawarkan untuk membuat sesuatu dari kardus bekas tersebut. “Mau pesawat atau TV?” tanya saya.

Cara Membuat Mainan Pesawat Kardus


Dengan yakin SID menjawab ingin membuat pesawat. Oke, kami siapkan alat dan bahan mumpung adik Uno tidur. Tang … teng … tong …

Alat dan bahan:


  • Kardus bekas ukuran bebas sesuai ukuran badan anak
  • Pisau/cutter/gunting
  • Lakban
  • Karet gelang (3 buah)
  • Tali raffia
  • Sumpit/tusuk sate (bagi menjadi 2)


Cara membuat:


1. Potong semua pinggiran kardus sehingga hanya tersisa kotak utama. Simpan potongan tersebut.

Bagian pesawat kardus

SAYAP
2. Buat sayap dari 2 potongan kardus.
3. Lubangi samping kanan dan kiri kardus untuk sayap. Ukurannya menyesuaikan lebar sayap.
4. Masukkan sayap ke lubang tersebut lalu di bagian dalam direkatkan dengan lakban.



Potong kardus menjadi ekor dan sayap

potong samping kanan dan kiri untuk lubang sayap (garis merah putus-putus)

Rekatkan bagian dalam sayap dengan lakban


EKOR
5. Buat ekor dari 1 potongan kardus.
6. Lubangi belakang kardus dengan arah vertikal untuk ekor.
7. Masukkan ekor ke lubang tersebut lalu rekatkan bagian dalamnya dengan lakban.

bagian dalam ekor rekatkan dengan lakban


BALING-BALING
8. Potong 2 kardus menjadi baling-baling lalu rekatkan dengan lakban.



9. Buat lubang pada tengah baling-baling menggunakan pisau lalu masukkan sumpit ke lubang tersebut.
10. Pasang karet gelang di bagian depan dan belakang sumpit. Karet ini berfungsi agar baling-baling bisa berputar.

karet gelang di bagian depan dan belakang kardus baling-baling

11. Buat lubang di bagian depan tengah kardus untuk baling-baling.
12. Pasang baling-baling ke lubang tersebut. Bagian dalam sumpit diberi karet gelang supaya sumpit tidak mudah bergerak atau lepas. Tutup ujung sumpit dengan lakban supaya aman (tidak tajam).

TALI
13. Buat masing-masing dua lubang di bagian depan dan belakang kardus. Jarak antar lubang kira-kira 15 cm.
14. Masukkan tali raffia pada lubang-lubang tersebut untuk membuat tali pengait.

4 lubang tali (lingkaran merah)
Pesawat terbang siap meluncur … eh jangan lupa dipakai oleh pilot kecil.

pesawat kardus siap diajak terbang
Pembuatan pesawat kardus ini mudah dilakukan anak TK tetapi untuk memotong kardus perlu bantuan orang tua.

Pesawat kardus SID begini aja, belum dicat. Kalau mau lebih colorful bisa dicat atau dilapisi kertas kado.

Pesawat ini ia pakai saat berjemur di pagi hari. Ceritanya ia naik bukit sambil naik pesawat. Now, everyone can fly ~

10 comments on "Tutorial Pesawat Kardus untuk Anak TK"
  1. Beneran ini everyone can fly.

    Bisa buat isi kegiatan pas wabah corona nih mbak.

    tfs.

    ReplyDelete
  2. Buahahaha....kereennn. Aku coba ah.

    ReplyDelete
  3. Ini mah Ibu juara, punya baby masih juga punya waktu buat bikin bikin beginian ya. Ternyata caranya pun cukup mudah, anak anak pun pasti senang karena tetep bisa bermain judulnya. Wahh ada yg terbang dr atas bukti saat berjemur, siapa tahu jadi pilot beneran ya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ...
      alhamdulillah masih banyak waktu main dengan anak-anak :)

      Delete
  4. ini bisa jadi alternatif masa corona agar anak enggak main hp terus ya mbak
    yang penting ada kemauan pasti akan seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ... banyak banget kegiatan non-gawai selama pandemi

      Delete
  5. wah kreatif dan anak2 bisa memainkannay dengan senang

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,