Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Balita Susah Makan Emang Bikin Pusing. Atasi dengan Cara Berikut!

Friday, November 3, 2017
Beberapa bulan lalu saya sempat frustasi melihat pertumbuhan SID yang stuck di angka 9 kg. BB-nya susah banget naik. Rutinitas posyandu tiap bulan menjadi momok bagi saya. Patah hati deh memandangi grafik KMS yang stagnan.

Tips untuk balita yang susah makan
Anak saya aktif. Perkembangannya sesuai milestone. Dia lancar berjalan, berlari, melompat, bahkan naik sepeda di saat rekan sepantarannya belum bisa mengayuh. Kosa katanya banyak dan dapat dimengerti dengan jelas. Tetapi berat badannya kurang ketika dilihat dari grafik di KMS maupun berdasar standar WHO.

Mengapa ya berat badannya susah naik? Mengapa pula BB emaknya gampang banget nambah? *eh jadi curhat.

Biasanya BB susah naik karena Anemia Defisiensi Berat (ADB), Infeksi Saluran Kencing (ISK), atau gangguan oral motor. Namun mengamati tingkah polahnya setiap hari sepertinya hal tersebut tidak dia alami. Saya belum berani memeriksakan ke laboratorium, jadi ini hanya dari pengamatan. ISK kemungkinan kecil terjadi karena pipisnya lancar dan ia sudah dikhitan. Masalah oral sepertinya tidak karena bicaranya lancar dan jelas. Tidak ada indikasi speech delay.

Saya berkonsultasi ke dokter anak, bidan saat posyandu, dan bertanya ke sesama ibu-ibu. Kesimpulan sementara karena energinya banyak digunakan untuk beraktivitas tetapi asupan yang masuk kurang sehingga BB tidak naik. Jadi, porsi makannya kurang meskipun ia makan 3x sehari. Nah, ini PR besar buat saya bagaimana meningkatkan nafsu makan SID. Ia mau makan tetapi susah banget menghabiskan makanannya. Kadang masuk 2-3 sendok kemudian selesai. Apa ya cukup dengan kegiatannya yang berlari dan bersepeda kesana kemari?

Pernah satu kali ia makan dengan lahap ketika keluarga besar sedang berkumpul di sebuah restoran. Ia duduk di baby chair menyantap makanannya sendiri. Wow! Saya tertegun melihat ia melahap nasi dan lauk. Apa harus tiap hari makan di sana? Tekor dong. Hahaha.

Lahap makan di restoran, tapi di rumah...
Saran seorang teman, mengatasi balita yang susah makan yaitu dengan membuat suasana makan yang menyenangkan. Hmm, mungkin ia merasa happy ketika di restoran bersama keluarga. Ia memiliki kursi, meja, dan alat makan sendiri. Hal ini perlu dilakukan juga di rumah supaya ga tongpes makan di resto melulu.

“Buat suasana makan yang menyenangkan untuk meningkatkan nafsu makan anak.”
Di sini saya berbagi kiat mengatasi balita yang susah makan dengan menghadirkan suasana makan yang menyenangkan di rumah. Kiat ini berdasarkan pengalaman pribadi ya. Jadi ini kadang bisa sukses, kadang ga. Alhamdulillah saya ga takut ke Posyandu lagi karena BB SID perlahan naik menuju batas normal.

Okay, inilah kiat mengatasi balita yang susah makan:

1. Beri kesempatan anak memilih makanan
Beri 2-3 menu untuk dipilih anak. Tanyakan ingin makan apa hari itu (atau bertanya sehari sebelumnya). Dapat juga dengan menyusun menu makan pagi, siang, dan malam bersama anak.

2. Libatkan anak saat menyiapkan makanan
Ajak anak berbelanja sambil mengenalkan tempat dan berbagai barang yang dijual di sana. Di rumah, libatkan ia ketika menyiapkan bahan masakan. Ketika menyiapkan nasi, ajak ia mencetak nasi dengan cetakan. Ternyata bentuk nasi yang berbeda membuat anak tertarik makan sendiri. Buat ibu yang lebih kreatif (dibanding saya) bisa juga menghias nasi, sayur, dan lauk seperti bento box yang lucu-lucu itu.
Ajak anak menyiapkan makanan

3. Gunakan alat makan yang menarik dan sesuai ukuran anak
Pemilihan alat makan dapat berpengaruh ke selera makan anak. Misalnya anak suka karakter tokoh Disney maka pilih alat makan bergambar tokoh kartun tersebut. Beri sendok dan garpu sesuai ukuran anak. Namun untuk piring, SID lebih suka piring makan yang besar seperti yang saya pakai. Ia bisa menggunakan piring berbahan melamin atau beling.
Awalnya saya khawatir saat ia makan dengan piring berbahan beling karena takut kesenggol lalu pecah. Namun saat membaca buku tentang Montessori, anak boleh saja diberi kepercayaan menggunakan bahan-bahan dari beling supaya ia belajar berhati-hati menggunakannya. Sekalian practical life skill.
Gunakan alat makan yang menarik
Piring yang dipakai SID di atas hasil belanja hemat di Alfamart, lho. Kebetulan ada promo Disney Tsum Tsum Plate Set yang hemat hingga 50%. Saya pun tak kuasa menahan diri membeli piring lucu ini.

Promo #AlfamartTsumTsum berlaku untuk pembelian minimal Rp40.000,- yang di dalamnya termasuk produk sponsor minimal Rp10.000,- udah bisa tebus murah piring Tsum Tsum. Ada dua pilihan piring, yang Tsum Tsum Deep Plate Set 9” cuma Rp 39.900,-/2pcs sedangkan Tsum Tsum Serving Plate Set hanya Rp69.900,-/2pcs.
Promo Disney Tsum Tsum sampai 15 November 2017
Selain promo di atas, ada juga KIMI Air Tight Container Glass yang cocok menyimpan buah, snack, dan makanan lain supaya tetap segar. Container glass ini kedap udara, aman dipakai di oven, microwave, simpan di kulkas, ataupun dicuci di dishwasher. Saya naksir juga yang ini tapi saat mencari di Alfamart dekat rumah, stoknya udah habis. Hiks! Padahal harga promonya murah banget lho. Container glass 500ml seharga Rp89.900,- bisa dibeli dengan harga spesial Rp39.900,- aja. Syaratnya sama dengan promo Tsum Tsum yaitu belanja min. Rp40.000,- yang di dalamnya termasuk produk sponsor minimal Rp10.000,- bisa dapat harga promo KIMI Air Tight Container Glass. Nanti deh coba saya ke Alfamart di komplek sebelah. Cabangnya Alfamart kan tersebar luas, semoga masih ada yang ready.

Promo KIMI Air Tight Container Glass sampai 30 November 2017

FYI, produk sponsornya banyak banget mulai dari susu pertumbuhan, susu UHT, popok, snack, kecap, deterjen, perlengkapan mandi, sampai es krim.

Oh ya, setelah belanja-belanji di Alfamart, simpan baik-baik struknya ya karena Alfamart bagi-bagi emas batangan di ulang tahunnya ke-18. Belanja produk sponsor min. Rp100.000,- langsung dapat hadiah lewat program “Pencet Pencet Asyik” atau bisa ikutan undian berhadiah untuk pembelanjaan min. Rp100.000,-. Keterangan lengkapnya ada di e-flyer berikut ini.

Belanja di Alfamart bisa dapat hadiah langsung 

4. Berdoa dan memuji masakan
Sebelum makan, biasakan berdoa. Input makanan yang baik menghasilkan energi yang baik pula.
Saat suapan pertama biasanya saya dan suami berkata, “Hmm… enak ya!” sambil mengacungkan jempol. Entah rasanya gimana pokoknya lebay supaya menarik perhatian SID. Ga apa-apa lebay asalkan berhasil. Ketika ada orang mencoba suatu masakan lalu berkata enak, kita tertarik mencoba juga, kan.

5. Santai
Ketika cara-cara di atas tidak juga berhasil dan anak tetap menolak makan, woles aja. Berpikir positif mungkin ia belum lapar, seharian hanya nonton TV sehingga kurang aktivitas fisik, atau ia masih sibuk bermain. Berikan penjelasan sebentar lagi waktunya makan. Ia dapat melanjutkan bermain setelah makan. Lalu coba tawarkan lagi 15-30 menit kemudian.

Anak malas makan bisa juga karena kurang tertarik dengan menu yang ada. Ya namanya orang kan ada yang moody. Kadang SID malas makan nasi. Saat begini saya sediakan sereal, kentang, atau ubi sebagai variasi makanan.


tips mengatasi balita yang susah makan
Terkadang saya melihat anak yang dipaksa makan sambil main di taman. Kalau dipikir, apa enak dipaksa begitu? Saya aja ga mau diperlakukan seperti itu. So, saya pilih pendekatan 5 cara di atas supaya menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan. Jika ada tips lain, boleh lho berbagi di kolom komentar. Selamat mencoba!
107 comments on "Balita Susah Makan Emang Bikin Pusing. Atasi dengan Cara Berikut!"
  1. jadi semangat makan ya dengan piring cantik :)

    ReplyDelete
  2. Anak susah makan bikin pusing emaknya ya hehe. Piringnya lucuuuu

    ReplyDelete
  3. Duh sama banget ni problemnya dengan anak saya, mbak. BBnya ga nambah2, padahal makannya udah banyak.

    Soal alat makan buat anak ini emang ngefek lho. Anak saya ngrasa senang kalau makan pake alat makan yang khusus buat dia dan gambarnya lucu2. Biasanya setelah makan habis dia terus cerita tentang gambar di piring atau mangkuknya.

    Btw si tsumtsum ini lucu ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Memang ada efeknya. Aku aja heran hanya perkara piring bisa mengubah nafsu makan. Hahaha.

      Delete
  4. Wah makasih mbak tipsnya, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  5. untungnya dua anakku jarang susah makan

    ReplyDelete
  6. Alat makan yang lucu memang ngebantu banget anak-anak semangat makannya. Apalagi kalau karakter kartun kesukaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beneran ngefek lho. Makan sambil cerita-cerita.

      Delete
  7. Walaupun cowok, ikut nemenin Ibu masak, yaa. Tambah ganteng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kecil udah biasa ikutan di dapur. Cowo juga harus bisa masak dong.

      Delete
  8. Semoga si dedek nggak susah makan lagi ya. Piringnya memang lucu.

    ReplyDelete
  9. anak susah makan memang kadang bikin frustrasi, yaa. aku kadang pas hari libur suka rada emosi pas mau nyuapin anakku. kabur terus pas mau dikasih makan soalnya. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini. Emak lelah kejar-kejaran. Mending makan sendiri deh.

      Delete
  10. Aku juga waktu kecil kalo ga nafsu makan, milih piringnya yang lucu. Jadi bikin nambah nafsu hihi

    ReplyDelete
  11. Kebetulan banget nih Alfamart di depan kantor, jadi sering banget bolak balik belanja biar bisa beli KIMI yang promo ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha enak banget. Bisa lengkapi koleksi KIMI nih

      Delete
  12. Emang susah kalau di suruh makan. Ane aja masih kecil makan sambil main ayunan. Depan rumah ada TK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi jadi mengenang masa kecil ya Mpo. Dulu aku keknya pakai naik sepeda terus dibilang isi bensin.

      Delete
  13. Waah Sid emang anak pintar, piringnya emang lucu nih anak-anak suka. Oiya mba sepakat sebaiknya biasakan anak makan di rumah, duduk, tidak sambil keliling kompleks atau taman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku capek sendiri mengejar dia yang lari-lari sambil makan. Ga enak juga kan ya mengunyah makanan sambil lari begitu.

      Delete
  14. Emang bikin kepikiran banget ya mbak kalau anak susah makan gini. Huhuhuhu.
    Kita sebagai emak nih harus kreatif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, harus menyiasati masakan supaya si anak doyan.

      Delete
  15. Paling susah deh si Pijar dari Mpasi sampai sekarang usia 9th,padahal kakak&adiknya jempol banget makannya. Btw jadi mupeng piringnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda anak, beda tantangan ya. Ada yang doyan makan, ada yang susah banget.

      Delete
  16. Ijin untuk menerapkan tipsnya bu. kebetulan anak saya juga sudah mulai agak susah makan

    ReplyDelete
  17. Tips yang sangat menarik untuk di coba bu, Dengan begini anak-anak pasti sangat menyukai untuk makan di rumah

    ReplyDelete
  18. Iya niy dulu waktu anakku masih balita, hmm ampe koleksi alat makan yang menarik perhatiannya biar seneng kalo makan.Dek, makan sama Tante sinii, sekalian pinjem piringnya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha tante modus yaa. Asik ada yang suapin SID

      Delete
  19. Usia segini memang lagi bnyak protest dan ngga maunya kalau di kasih makan,, smp pusing kita ngebujuknya ,, bener bnget mba Helena triknya sudah aku pakai

    ReplyDelete
  20. Aku kok salah fokus sama piringnya ���� kayaknya Kl piringnya selucu itu, emaknyapun jadi semangat makan ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah sebenarnya ini modus terselubung Emak ingin punya piring Disney

      Delete
  21. mengajak anak ikut memilih makan, tips ok banget ya buat anak biar lebih suka makan

    ReplyDelete
  22. Anakku juga susah makan,mau coba ganti perlengkapan makannya ah...mkch ya tips nya

    ReplyDelete
  23. Dulu waktu anakku Balita juga susah makan, sekarang sih sudah normal. Alhamdulillah��

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak usia sekolah lebih mudah makan sepertinya karena aktivitas makin banyak. Eh ada juga sih yang doyan jajan.

      Delete
  24. piringnya lucu jadi mau beli buat keponakan, kontainer juga bagus buat simpan makanan

    ReplyDelete
  25. Dulu anakku juga susah makan waktu seumuran SID, tp cara ku salah telah memaksanya makan, sampai skrng jd suka merasa bersalah terus sama anakku. Karena dulu pengetahuanku msh minim dan ga sabaran tentang mengurus anak. Tapi Alhamdulillahnya sih skrng malah Tama makannya banyak juga, malah ga usah disuruh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah katanya lebih baik ga memaksa makan, dapat membuat trauma, anak makin GTM.

      Delete
  26. Dgn wadah yg menarik utk anak jadi mensugesti dirinya utk lahap pada makanan, bisa juga dibuat semacam bento gitu mba. Siapa tau nafsu makan Sid akan bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bento lucu-lucu bisa menambah nafsu makan

      Delete
  27. Peralatan makan yang lucu biasanya disukai anak-anak. Makanpun jadi semangat.
    Anak-anak saya mengalami fase susah makan saat balita, mba.
    Sekarang saat udah sekolah SD dan SMP makannya banyaak.
    Ternyata doaku butuh waktu panjang untuk dikabulkan.
    Saat mereka susah makan, aku selalu berdoa, supaya mereka nggak susah makan lagi.
    Sedih tiap kali ditimbang selalu dibilang bb kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak. Aku perlu rajin berdoa agar dimudahkan, agar anak lancar makan dan sehat.

      Delete
  28. Mungkin Sid makannya harus bareng Kakak Salim nih. Piringnya cakep ya, jadi nafsu makannya nambah.

    ReplyDelete
  29. Anak saya Azzam malah sampai harus di batasi makannya mba Helena, karena sudah over.
    Asik ya punya piring cantik dan lucu menemani makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Azzam gemol, hihihi lucu deh masalah kita kebalikan. Sehat-sehat yaa Azzam.

      Delete
  30. Anaknya susah naik BB nya, ibunya gampang banget naik. Oke sip kita samaan, tosss ✋ ditunggu tips biar ibu nggak mudah tergoda makanan ��

    ReplyDelete
  31. Wah rekomendasi banget ya Mba buat aku nanti kalo sudah punya anak. Bakal sudah tahu mengatasi susah makan. Good Information

    ReplyDelete
  32. Posyandu memang jadi momok juga buat aku.huhuhuhuhu...beratnya sama dengan SID stagnan di angka 9...makasih tipsnya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat yaa, alhamdulillah SID udah naik dengan stabil

      Delete
  33. Kalau makannya pake Tsum Tsum Deep Plate, bocah jd semangat ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  34. Iya betuuuul, kalo piringnya lucu gini, anak anak pasti semangat makannya yaaaaa

    ReplyDelete
  35. Anak biar doyan makanan, tempat makan yg lucu memang pengaruh banget. Jadi ingat dulu cantik, maunya makan di piring hello kitty juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku maunya di piring Dalmatians. Pas ramenya film itu

      Delete
  36. Problemnya sama nih. Dulu anak2ku juga cenderung kecil BBnya. Apalagi semenjak mereka udh mulai jlan. Sblm mulai jln sih masih ginuk2. Tp stlh jalan, lgsg domg nyusut. Dan kt dokternya krn tetlalu aktif. Persis banget kaya Sid. Akhirnya dulu, ak doping vitamin penambah nafsu makan juga mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini ya polanya. Setelah bisa jalan, badan langsung nyusut

      Delete
  37. Sid suka batuk gak? Anak2 kan kdg batpil tuh, nah kl drvpengamatanku, sekali anak sakit batuk, udh deh, susah naik BBnya..eniwei, sehat2 ya Sid...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah dia batuk langsung deh BB turun sekilo. Setelah itu susaaaah banget naiknya.

      Delete
  38. Aku contek tips nya ya Mba. Perlu buat Shanum dan kakanya.

    ReplyDelete
  39. itu containernya bikin iri... aku mau punya juga, hahahaha.. tsakep ya :)

    ReplyDelete
  40. Kalo balita susah makan tinggal kasih uang merah pasti mau. hahah

    ReplyDelete
  41. Jadi ingat waktu anak-anak saya masih kecil, susaaah makan, sekarang ma saya yang susah suruh berhenti makan. Hahaha...

    ReplyDelete
  42. Pakai piring tsum tsum cakep, deh. Anakku bilang piringnya lucu, trus makan deh.

    ReplyDelete
  43. Anakku juga kadang gak mood makan mbak, saat ini menu favoritnya ikan bandeng

    ReplyDelete
  44. ahh foto yg terakhir itu di kidzooona ya? hahaha. anak2ku jg seneng main di situ soalnya. anyway soal susah makan sih emang kayaknya klasik bener yaaa. dan harus sabar cari segudang cara utk ngatasinnya. beberapa cara ini aku pake dan cocok jg sih buat Shalom dan Glow, terutama pake alat makan yg menarik tuh lumayan jd mood booster buat semangat makan. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes itu Kidzoona, khas banget tempatnya. Syukurlah Shalom and Glow doyan makan ya. Ibu memang harus kreatif

      Delete
  45. Waaah sama nih sama bocil-bocil di rumah. Ketika pada mogok makan, keluar lah perintilan peralatan makan yang meriah dengan gambar-gambar biar mereka semangat makannya. Kadang aku juga bikin bento yang dibentuk-bentuk gitu agar mereka juga tertarik makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesungguhnya aku ingin membuat bento dihias tapi apalah daya kurang kreatif. Buat seadanya aja.

      Delete
  46. Kalau saya biasanya ponakan yang susah makan di ceritakan banyak hal alihkan pikirannya ke hal yang dia suka jdnya mas disuapin ga terasa heheheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sambil diajak cerita ya. Boleh juga. Mungkin cerita tentang makanan.

      Delete
  47. Ih, samaan berarti Mbak. Kakak Ghifa, 2 tahun, itu kalo pas males makan eh diajakin makan di liar, semangatnya minta ampun. Bahkan, nggak mau diajak pulang. Hahahahaha.

    Sekarang aku biasain makan dikit2 tapi sering, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah coba ajak dia makan sambil naik sepeda. Capek... kejar-kejaran.

      Delete
  48. melibatkan anak dalam menyiapkan makan itu sering kali berhasil membuat anak jadi makannya banyak, hehe...

    ReplyDelete
  49. Alhamdulilah anak juga udah doyan makan karena beberapa printilan makannya menarik. Kayak piring itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heran ih ternyata hal simple gini bisa membuat anak doyan makan

      Delete
  50. selamat makan ya dek, sama nih seperti Abang Ghaisan makannya milih-milih untung saja Mama nya banyak akal deh, eh piringnya cantik cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, harus banyaaaak akal buat mengatasi tantangan dari anak

      Delete
  51. Waah...ini aku banget niih..
    Kedua anakku selalu ada "masa"nya mereka gak ingin makan. Hanya beberapa suap, lalu udahan.
    Tapi ada saran mba Helena yang belum aku coba.

    Yuhhuu...
    Makannya pake peralatan makan favorit anak-anak.
    Yayya....kita coba pakai TsumTsum aah...semoga bisa makin lahap dan in syaa Allah jadi energi dan berkah untuk tubuh ananda.

    Haturnuhun mba Helena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang ada masanya, pernah baca katanya GTM tuh sampai anak usia 3 tahun. Tapi ga tega juga kan melihat mereka makan hanya beberapa suap, energinya dari mana?

      Delete
  52. Anak kecil susah makan itu kadang karena bosan ya mbak, jadi bisa diakali dengan memberikan maakanan yang bervariasi.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, variasi makanan juga berpengaruh ke pola makan anak.

      Delete
  53. Anak gak mau makan nasi emang bisa bikin stress ya...
    Tapi aku sekarang kalau dia udah Cemal demikian ini itu dan mau minum susu..udah lega hi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku doyan minum susu tapi kan gizinya ga terpenuhi hanya dengan minum susu. Jadi sebisa mungkin tetap makan makanan dengan gizi seimbang.

      Delete
  54. dengan tips ini pasti si kecil lebih suka makan... hehehe

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,