Feltoplay Busy Book, Penyelamat di Kala Ibu Sibuk

Sunday, July 16, 2017


Review Feltoplay Busy Book- Sebentar lagi masuk waktu makan siang tapi nasi aja belum ada. Bahan-bahan masakan masih tersimpan di kulkas, belum diolah. Mau saya tinggal memasak tapi SID mengajak bermain. Memasak atau bermain? Bermain atau memasak? Mana yang harus saya dahulukan? 

Kebimbangan mengerjakan urusan domestik atau bermain bersama anak kerap terjadi. Kalau hanya menuruti bermain melulu, kapan pekerjaan rumah beres? SID harus dibuat sibuk supaya saya bisa fokus memasak. Ia akan duduk manis ketika diajak nonton video lewat smartphone tapi saya khawatir ia kecanduan bila terlalu sering seperti ini. Saya lebih sreg bila ia sibuk mencorat-coret kertas atau membaca buku.

Feltoplay Busy Book
Nah, saya pun mencari buku yang bisa membuatnya sibuk bermain sementara saya di dapur. Alhamdulillah SID punya busy book atau dikenal juga quiet book yang membuatnya busy and a bit quiet. #BalitaBacaBuku kali ini mari kita intip Feltoplay busy book milik SID yang cocok banget untuk toddler.

Busy book milik SID bersampul biru dengan motif warna-warni. Motif dan nama pada sampul bisa dipilih saat order. Ada wajah anak berambut ikal dari kain flannel, sama dong seperti SID. Melihat sampulnya saja sudah membuat tertarik.

Busy book ini berbahan flannel dan katun, empuk dan ringan. Ukurannya pas untuk anak sehingga mudah dibuka dan dibawa. Waktu sholat tarawih, busy book menemani SID supaya ia tetap duduk, ga mengganggu jama’ah lain. Niatnya saat mudik busy book ini mau dibawa supaya SID ga bosan selama di perjalanan tetapi ketinggalan. Ya udah deh.

Di dalam Feltoplay busy book ini ada 10 aktivitas yang menstimulasi berbagai skill anak, seperti: mengenal warna, berhitung, sensori, motorik, ingatan, visual, logika, dan kreasi. Aktivitas yang ada disesuaikan dengan usia anak. Milik SID adalah seri “Toddler Start” yang cocok bagi anak usia 1,5 – 3,5 tahun. Kadang bingung kan mau ajari anak tentang apa. Khawatirnya terlalu mudah sehingga anak cepat bosan atau malah terlalu rumit membuat anak kesulitan dan malas bermain. Untungnya tiap seri busy book buatan Feltoplay sudah diatur sesuai tumbuh kembang usia anak.
Gemesss lihat isinya warna-warni. Tuh SID membantu kodok menangkap lalat

Kesepuluh aktivitas ini mudah dipasang-lepas sehingga urutannya bisa diganti sesuai selera. Punya SID sudah saya otak-atik dari aslinya, menyesuaikan aktivitas yang sedang kami fokusi. Sepuluh aktivitas itu adalah:

  1. Buttoning balloon untuk mengenal warna dan melatih motorik halus lewat pemasangan kancing.
  2. Go go train untuk mencocokkan bentuk antara muatan kereta api dengan gambar pada gerbong.
  3. Shape matching untuk mengenal bentuk geometri, warna, dan mencocokkan bentuk.
  4. Colorful popsicle untuk mencocokkan warna.
  5. Stack the blocks untuk mengenal ukuran besar-kecil, mengurutkannya, serta mengenal warna.
  6. Color wheel untuk mengasah logika dengan mencocokkan warna.
  7. Crab-a-boo untuk diajak main cilukba, mengenal hewan dan ukuran. Tangan kepiting bisa ditarik untuk mengajarkan logika sebab akibat.
  8. Count the beads untuk belajar berhitung menggunakan manik-manik.
  9. Feeding frogy untuk melatih motorik menangkap lalat, mengenal hewan dan makanannya.
  10. Auto builder untuk berkreasi menyusun potongan kendaraan dan mengenal alat transportasi.


SID agak lama belajar tentang warna. Beberapa kali sudah saya coba dengan kertas lipat dan benda-benda sekitar tetapi ia kurang tertarik. Syukurlah lewat busy book ini ia belajar mengenal warna dengan gembira. Aktivitas kesukaannya yaitu colorful popsicle (Kami menyebutnya es krim). Pura-puranya ia berjualan es krim berbagai rasa. Saya memesan es krim brokoli warna hijau, hihihi.

Aktivitas yang paling challenging untuk SID yaitu memasang dan melepas kancing pada balon. Ia sudah berusaha memutar-mutar kancing tetapi belum bisa nyangkut ke dalam lubang balon. Ayo, coba terus ya, Nak! Kalau sudah bisa, SID bakal bisa pakai baju sendiri.

Mengenal warna makin seru dengan Feltoplay busy book
Saya benar-benar terbantu dengan adanya busy book ini. Tumben lho SID duduk anteng selama lebih dari 5 menit mencoba berbagai aktivitas dalam quiet book miliknya. Ia juga mau bermain bersama ketika ada saudara seumuran yang datang. Bahkan ia mengoreksi saat saudaranya salah meletakkan es krim. 

Asyik deh melihat SID tertantang dengan permainan dalam busy book. Jika sudah lancar semuanya, SID bakal naik level ke busy book seri “Toddler Go”. Apa aja isinya bisa diintip di instagram Feltoplaykid. Semoga ulang tahun SID selanjutnya ia mendapat hadiah busy book lagi. #DoaIbu.


38 comments on "Feltoplay Busy Book, Penyelamat di Kala Ibu Sibuk"
  1. Busybook memang seru yaaa mba.. anak-anak selalu happy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sebulan lebih dia main ini tapi ga bosan-bosan

      Delete
  2. seru ya mbak felto play ini ...cocok sekali untuk anak2 balita yg lagi aktif2nya menggerakkan motorik kasarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aktivitas di bukunya cocok buat balita

      Delete
  3. Anak2 punya busy book kyk gtu udah gk karuan ilang kemana2 puzzle2 dll-nya huhuhu, pdhl dibikinin temen. Kpan2 pengen beli lagi kalau Dema udah bisa diomongin, ntr intip2 ah IGnya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang harus telaten beresin mainannya setelah dipakai. Kalau ada yang lepas, langsung ditempel karena banyak part kecil di sini

      Delete
  4. wiii serunya nih buku. terimakasih sudah berbagi ya :)

    ReplyDelete
  5. AKu gagal popkus liat si ganteng lucu itu, ekspresinya elaaah..ingin menjiwel pipinya

    Senengnya yang main Busybook, sini..sini..ama Tante mainnya!

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ya mbak.. penyusunan halaman dan isinya disesuaikan sama umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. susunan halamannya bisa diubah-ubah. Isinya sesuai milestone tumbuh kembang anak jadi ga terlalu mudah atau terlalu sulit

      Delete
  7. Lucu sekali yaa feltoplay-nya! Bahannya lembut dan warnanya juga menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang dibuat bantal karena empuk, hehe

      Delete
  8. asiiik.. anak sibuk ibu jg bisa aktivitas yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anakku bisa sibuk sendiri mainan dengan busy book

      Delete
  9. Aaaa lucuu banget bukunyaa mbaak. . Mauu ah beli buat ponakan, kebetulan lg cari buku dr kain gini mbak 😄 makasih sharingnya mbak, seneng deh liat Sid asik eksplore pakai feltoplay booknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ini di Surabaya lho, kan dekat dari tempatmu

      Delete
  10. Makasih ya sharingnya aku jadi pengen juga beli buat Aisyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya cocok nih buat usia Aisyah. Lumayan lho supaya anak ga main gadget melulu

      Delete
  11. Bukuny menarik y mba Helena. Bikin betas kidos baca, baru tau saya biasanya d rumah Ada serial trs brwarna Aja,,, noted mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari dulu aku ingin banget punya busy book untuk anak. Pas dia masuk usia toddler, isi buku ini udah cocok untuk usianya

      Delete
  12. tanteku jualan ini dan aku gemes sendiri jaman dulu aku ga ngerti ada busy book hahahha
    sekarang mah apa aja mudah didaptkan untuk perkembangan anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, dulu waktu kita unyu-unyu apa udah ada busy book ya?

      Delete
  13. wuah.. ngiri liat busy book punya SID masih bagus dan komplit... di rumah? ah jangan tanya udah berhamburan ke mana2. tapi memang busybook ini membantu banget dan jadi penasaran sama punya abang SID, cuss langsung lihat situsnya ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh harus telaten rapikan busy book supaya printilannya lengkap

      Helena

      Delete
  14. 6 tahun yg lalu,waktu anakku usia 1,5thn, ada juga buku spt busy book. Tp aku ngga nggeh namanya apa wkwk. Anakku suka banget dan anteng klo sdh liat buku itu. Bahan bukunya khan dari kain2 dan banyak gmbrnya githu, mungkin krn itu jd disukai ma si dede. Kalau anak anteng, ibunya bisa nyambi ngerjain tugas negara wkwkwk.

    ReplyDelete
  15. Baru liat buku ini lucuuuuuk.. tp kyknya Naqib udah ga cocok main ginian wkwk, udh gede bngt

    ReplyDelete
  16. Pengen beli dari kapan tau tapi ga kesampean melulu :D

    ReplyDelete
  17. belun pernah pegang busy book. boyz keburu gede:D
    liat fotonya keren2 ya, bikin anak jadi kreatip

    ReplyDelete
  18. Amiin. Cocok nih untuk anak sy yg umur 2.5 thn yg gak bs diam

    ReplyDelete
  19. jadi pengen beliin buat duo balita ku, makasi yo mak helena bermanfaat sekali reviewnya

    ReplyDelete
  20. jadi Sid tetep bisa anteng berkulitas ya mba dengan adanya buku ini, tanpa takut merobek buku sperti buku konven

    ReplyDelete
  21. untuk anak 3 tahun seperti mada masih bisa main busy book gak yak ? kepingin beli deh ... dulu sempet kepingin bikin ala ala mamah masa kini, eh tau2 madanya udah 3 tahun aja dan gak bikin2 lol

    ReplyDelete
  22. Jadi Ibu rumah tangga memang super :-)

    ReplyDelete
  23. terimakasih mba atas sharingnya, saya jadi terinspirasi untuk membelikan adik saya di rumah yang masih kecil

    ReplyDelete
  24. Waaaah.... Feltoplay busy book kayaknya membantu banget yak...

    ReplyDelete
  25. Asyik ya kalau bisa meninggalkan anak yang bermain sendiri dengan buku bacaannya. Tapi... masa itu sudah lewat karena tidak punya anak balita lagi hehehe

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature