Mengenal Asuransi Syariah dan Keunggulan PRUprime Healthcare Syariah dari Prudential

Tuesday, May 23, 2017

Salah satu isu penting yang saya pikirkan saat menjadi freelancer adalah asuransi. Ketika bekerja kantoran, masalah asuransi sudah di-cover oleh pihak kantor. Sebagian dari gaji otomatis dipotong untuk membayar premi. Kalau sakit, lumayan lah biaya ditanggung oleh asuransi.

Beda dengan pekerja lepas yang harus memikirkan sendiri mengenai biaya berobat. Yang namanya sakit datangnya ga pakai janjian. Hari ini masih bugar, esok belum tentu. Penting bagi saya untuk siap sedia dana darurat untuk meng-cover hal-hal tak terduga seperti ini.

pruprime healthcare syariah
Sakit datangnya ga pakai janjian (pic. Ben White)
Selain itu saya mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi jiwa. Bukannya berharap sakit, ini sebagai ikhtiar saya untuk berjaga-jaga apabila ditimpa bencana. Syukur Alhamdulillah kalau ga sampai ada klaim sama sekali. Anggap saja sedekah, begitu pikir saya.

Dalam memilih asuransi jiwa, saya mencari informasi dari berbagai sumber. Jangan sampai tergoda premi murah tapi saat klaim dipersulit atau malah perusahaannya bodong dan sulit dihubungi. Ada pula yang penjelasan marketingnya berbunga-bunga namun polis tak kunjung datang meski sudah membayar premi. Untuk itu saya lebih mantap pada perusahaan asuransi yang telah berdiri lama dan terbukti memiliki performa yang bagus.

Salah satu perusahaan asuransi yang menarik hati yaitu Prudential. Namanya sudah familiar di telinga. Maklumlah Prudential sudah 20 tahun lebih ada di Indonesia. Prudential sendiri memiliki Prudential Syariah (PRUSyariah) yang tahun ini berusia 10 tahun. Wah sudah lama juga ya. 

Minggu lalu, tepatnya 16 Mei 2017, Prudential Syariah menggelar syukuran perayaan ulang tahunnya di Surabaya. Saya pun tertarik dengan acara tersebut karena ingin mengenal lebih dekat produk asuransi jiwa syariah dari PRUSyariah.


pruprime healthcare syariah

Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia, memperlihatkan brosur PRUprime healthcare syariah (dok. Budiono)
Saat ini PRUSyariah menempati posisi pemimpin pasar asuransi jiwa syariah dengan kontribusi bruto dana tabarru per akhir tahun 2016 sebesar Rp2,2Triliun. Ada lebih dari 510.000 polis syariah yang aktif serta aset senilai Rp3,4Triliun.

Oh ya, cara pengelolaan dana pada asuransi syariah tentunya berdasarkan prinsip dan nilai universal syariah. Seorang muslim seperti saya menjadi lebih tenang mengetahui dana tersebut dikelola dengan basis syariah. Hal ini juga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara kita.

Beberapa istilah yang digunakan pun berbeda seperti dana tabarru yang artinya kumpulan dana dari kontribusi peserta. Dana ini untuk membayar santunan pada peserta lain yang mengalami musibah atau pihak lain yang berhak sesuai akad tabarru yang disepakati. Jadi perusahaan hanya sebagai pengelola atau mudharrib yang melakukan administrasi risiko dan pengelolaan investasi atas nama peserta. Di sini nampak ada saling tolong menolong antar sesama pemegang polis asuransi syariah.

Meski demikian, produk PRUSyariah dapat dimiliki tak terbatas hanya untuk kalangan muslim. Prinsip universal dari syariah yaitu saling tolong menolong, berbagi risiko, dan keuntungan untuk semua yang diaplikasikan ke semua orang dan dapat memenuhi kebutuhan dari keluarga Indonesia. Prinsip tersebut berlaku secara universal sehingga pihak Prudential menggunakan tagline “Syariah untuk Semua”. #PRUSyariahUntukSemua

Biaya Rumah Sakit Dibayar Sesuai Tagihan dengan PRUprime Healthcare Syariah

Bertepatan dengan ulang tahun ke-10 PRUSyariah, Prudential meluncurkan produk baru yang menjawab kebutuhan pasar yaitu PRUprime Healthcare Syariah. Yuk mengenal lebih jauh tentang produk satu ini!

Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, menjelaskan, “PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.”.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki PRUprime healthcare syariah. Pertama, biaya rumah sakit dibayar sesuai tagihan. Contohnya: biaya perawatan intensif, kunjungan dokter umum maupun spesialis, tindakan bedah, dan layanan ambulans lokal.

Kedua, fasilitas manfaat yang terus berkembang. Peserta akan mendapat penambahan 10% dari batas manfaat tahunan awal. Manfaat ini bisa didapatkan bila tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Jadi kalau saya ga klaim sama sekali, batas manfaatnya malah bertambah. Penambahan ini bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal Belum ada lho asuransi jiwa syariah yang bisa seperti ini.

prudential indonesia
sumber: Prudential Indonesia

Ketiga, PRUprime saver yang memungkinkan peserta mendapat biaya asuransi lebih murah bila memilih untuk menanggung sendiri sejumlah biaya rawat inap hingga batas tertentu, sesuai plan yang dipilih.

Keempat, PRUprime limit booster yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Misal nih (amit-amit) saya sakit sampai biayanya mencapai plafon atau menghabiskan manfaat tahunan. Dengan limit booster, biaya pengobatan saya masih bisa di-cover meski manfaat tahunan telah habis. PRUprime limit booster hanya diberikan satu kali semenjak awal masa pertanggungan. Semoga sehat-sehat aja ya. 

Kelima, perlindungan global termasuk saat rawat inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. Dengan paket plan 1juta dan 2juta, nasabah bisa berobat di Indonesia dan Malaysia. Sedangkan paket plan mulai 4juta, nasabah merasakan manfaat berobat di seluruh dunia.

Keenam, pembayaran secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Saat berobat, kita cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah. Ga perlu repot bayar dengan uang sendiri lalu menunggu proses klaim.

Ketujuh, terdapat manfaat santunan Dana Marhamah atau santunan kasih sayang sebesar Rp15juta. Santunan ini diberikan apabila peserta yang diasuransikan meninggal dunia. Selain itu peserta juga mendapat manfaat santunan pemakaman dan santunan HIV/AIDS.

Memiliki asuransi sebelum sakit seperti sedia payung sebelum hujan. (pic: Clem Onojeghuo)
Itulah beberapa keunggulan PRUprime healthcare syariah dari PT. Prudential Life Assurance. Produk ini bisa didapatkan sebagai manfaat tambahan (rider) untuk produk PRUlink syariah assurance account. Saya mau nanya-nanya lebih lanjut ke marketingnya aja deh. Ada 98.000 tenaga pemasar berlisensi syariah Prudential Indonesia di Indonesia.

Bagaimana denganmu? Punya pengalaman memilih asuransi yang tepat? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya.
40 comments on "Mengenal Asuransi Syariah dan Keunggulan PRUprime Healthcare Syariah dari Prudential"
  1. Iyak asuransi syariah ini ok banget emang
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba juga udah pelajari produk ini ya?

      Delete
  2. setelah menimbang-nimbang beberapa asuransi, kayaknya yang satu ini perlu untuk dimiliki

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Sedia payung sebel hujan.

    Sedia asurnsi sebelum kelabakan bayar rumah sakit ketika sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul, perlindungan buat hal darurat dan tak terduga

      Delete
  4. Masih mikir-mikir soal asuransi, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa udah di-cover dari kantor suami, mba?

      Delete
  5. Biaya rumah sakit dibayar sesuai tagihan? Wah boleh ini ntar baca-baca lebih detail dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sesuai plan yang dipilih. Lebih detail ada di websitenya

      Delete
  6. sedia payung sebelum hujan lah pokoknya yah mbak :)

    ReplyDelete
  7. Saya ada asuransi juga mbak, beasiswa tuk anak sih. Tapi yang satunya..saya dah join dari 2011.

    ReplyDelete
  8. Asuransi Prudential tuh sudah terbukti kualitasnya ya mba. Salut dengan komitmen untuk membantu penderita HIV

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah 20 tahun lebih Prudential di Indonesia. Recommended lah

      Delete
  9. Saya selalu ragu untuk beli asuransi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ragu? harus kritis dan teliti sebelum membeli karena sifatnya asuransi ini long term

      Delete
  10. Nah..nah..ini juga yg sedang saya pertimbangkan. Secara sebagai pekerja lepas, ga ada cover kesehatan. makanya suka waswas dan takut klo sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dulu udah dicover kantor ya jadi terima beres. Sekarang harus pilih sendiri yang sesuai kebutuhan

      Delete
  11. Semoga semakin banyak masyarakat yang aware sama asuransi ya Mba Helena, karena manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri tapi buat keluarga juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kepala keluarga yang punya tanggungan (istri, anak, ortu, dkk) penting memiliki dana kesehatan atau dana darurat

      Delete
  12. Jangan hanya rajin jajan Tapi perlu pikirkan juga masa depan. Dana marhamah dana menolong org yg berduka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mpo. Pikirkan masa depan juga

      Delete
  13. Punya pengalaman tidak sesuai penjelasan diawal. Ketika anak sakit, dari 10 jt yg sudah kami bayarkan premi skian bulan, hanya diberikan 1jt. Jadi saya masih mencoba untuk move on dari kegagalan agen yang dulu mempertahankan hak saya. Semoga kl nanti ada kesempatan dan berkat baru bisa kembali mempertimbangkan memiliki assuransi PruSyariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisa mungkin cerewet di awal nanya banyak hal ke agen asuransinya supaya ga ada kejadian begini lagi ya Bun

      Delete
  14. Aku jg sdh pakai asuransi tapi bukan syariah. Abis baca ini kayanya saya harus bilang ke suami utk coba syariah mba hhihih

    ReplyDelete
  15. asuransi itu penting banget disaat2 kepepet..smpai saat ini msh bingung pilihnya, bs jd referensi nih say :)

    ReplyDelete
  16. saya termasuk yg pilih2 bgt klo mau ikutn asuransi, trims referensinya ya jd dpt pencerahan nihh :)

    ReplyDelete
  17. Asuransi perlu bngt y ....aplgi klau hrs rawat inap sangt membantu bangt .

    ReplyDelete
  18. Saya paling anti asuransi, hehehe perasaan saya jadi nambah beban yang harus di bayar. Tapi tiap orang kan beda-beda kalau dirasa sanggup ga keberatan ya Monggo, yang penting pilih asuransi yang tepat salah satunya yang mba Helena review ini.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa-apa sih, itu pilihan. Berarti siapkan dana darurat kalau ada hal yang ga diinginkan terjadi.

      Delete
  19. Oh asuransi sekarang uda ada yang halal. Makasih info nya mba

    ReplyDelete
  20. Terima kasih infonya..jadi terbuka pengetahuan mengenai Asuransi syariah

    Bo.ghaisan

    ReplyDelete
  21. Asuransi syariah memang pas banget, bisa tenang dunia & akherat!

    ReplyDelete
  22. Belum pernah sich punya asuransi pribadi karena kurang sreg dengan apapun bentuk asuransi tapi setelah beberapa kali mendapatkan masukan ttg asuransi, kelebihan dan kekurangannya serta seluk beluk asuransi terutama yang syariah, mulai tertarik sich. Sepertinya memang perlu juga asuransi sebagai salah satu usaha perlindungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat pilih asuransi, aku bakal banyak nanya ke pemasarnya supaya jelas dan lancar saat klaim

      Delete
  23. Wahh makasih infonya mba helena, sy emang lagi mempertimbangkan asuransi syariah nih.. 😁

    ReplyDelete
  24. terimakasih asuransi frudensial karena kamu aku sakit mau cover walaupun covernya ga bisa full....dan semoga sistem yang sekarang frudensial semakin mudah karena sekarang adanya asuransi pemerintah....

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature