Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Hal-Hal Romantis Versi Pak Suami

Friday, April 14, 2017

#CantSmileWithoutYou: Hal-Hal Romantis Versi Pak Suami

aloclair plus gel
Seberapa romantis pasangan Anda? (pic: Disney)


Apa yang pasangan Anda akan lakukan apabila sebelah sandal Anda terjatuh di jalan?
a. Mencarinya sampai ketemu
b. Membelikan yang baru
c. Meminjamkan sandalnya untuk dipakai sementara
d. … (isi sendiri)

Pertanyaan di atas dapat digunakan untuk mengetes seberapa romantis pasangan Anda.

Berdasarkan pengalaman pribadi, yang suami saya lakukan tidak termasuk dalam pilihan a, b atau c. Ia mengambil sandal yang masih saya pakai lalu membuangnya ke tempat sampah. Saya pun pulang dengan nyeker alias tanpa alas kaki. Pffft…

Jangan bayangkan surprise berupa bunga, coklat, candle light dinner, atau apalah seperti adegan sinetron. Saya sudah menurunkan ekspektasi supaya ga sedih-sedih amat bila tidak ada kejutan. Hehehe. Meski demikian, saya bersyukur memiliki suami seperti Pak Suami (sebut saja demikian) karena sebenarnya dia itu romantis dalam konteks berumah tangga. Ehm…


Rumah Tangga = Team Work

Membangun rumah tangga butuh kekompakan suami istri. Keluarga adalah organisasi terkecil dan butuh team work di dalamnya. Layaknya organisasi, perlu ada kesamaan visi misi supaya kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Anggota tim bisa saja bersifat beda dan berkemampuan beda. Justru itu yang dibutuhkan supaya tugas-tugas dapat dikerjakan masing-masing dengan baik. Weits, jadi seperti kuliah manajemen nih.

Begitu pun dengan keluarga kecil kami. Saya dan Pak Suami berkarakter berbeda dan memiliki interest yang jauh menyimpang. Ia seorang coffee addict, pagi harinya selalu diawali dengan secangkir kopi. Sedangkan saya bisa deg-degan karena menyicip kopi, apapun itu jenisnya. Ia akan membahas dengan berapi-api masalah politik. Pengetahuan sejarahnya luar biasa. Saya cuma manggut-manggut mendengarnya. Sampai saya berulang kali minta maaf karena tidak nyambung dengan topik yang ia utarakan.
marriage quote

Itulah sebagian perbedaan kami. Namun perbedaan-perbedaan itu bisa saling melengkapi untuk urusan rumah tangga. Seperti potongan puzzle dengan bagian berlubang yang bila disatukan dengan pasangannya akan menjadi gambar sempurna. Contoh mudahnya saat pembagian urusan domestik, ia memilih memasak sarapan dibanding mencuci pakaian. Memasak menjadi kegemarannya sejak dulu sedangkan saya kurang terampil di bagian tersebut. *Untung suami saya bisa memasak*

Salah satu yang saya syukuri, Pak Suami mengerti dengan kondisi kami. Saat saya memutuskan menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti semua urusan rumah diserahkan ke saya. Beliau mengerti tugas domestik itu banyak sedangkan saya harus merawat anak kami, Sid. Ia tak segan menyapu, mengepel, memasak, dan mengurus hal lainnya.

Quality Time Bersama Anak

Sid tumbuh menjadi anak aktif dan suka bereksplorasi. Kondisi rumah berantakan sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Awalnya saya khawatir apabila saat suami pulang kerja melihat mainan dan buku berserakan maka ia akan marah. Alhamdulillah ia mengerti karena tahu anaknya bagaikan baterai tahan lama yang energinya ga habis-habis.

Pak Suami turut merawat Sid di sela-sela kesibukannya. Setiap hari, entah pagi sebelum berangkat atau malam sepulang kerja, ia sempatkan main bersama anak. Saya heran Pak Suami belajar ilmu parenting darimana padahal ia tidak pernah ikut seminar atau semacamnya namun ia begitu telaten mengurus Sid.

jendela alam bandung

Menjadi Ayah ASI

Sejak Sid lahir, naluri ke-ayah-an Pak Suami muncul. Selama saya kontraksi, ia mendampingi bahkan ia membantu persalinan bersama bidan dan ibu saya. Untuk pertama kalinya ia menimang bayi saat ia menggendong Sid di rumah sakit. Ketika Sid opname, Pak Suami bolak-balik mengantarkan ASI perah ke rumah sakit supaya bayi kami bisa ASI eksklusif dan lekas sembuh.

Dukungan besar juga saya rasakan selama 2 tahun menyusui. Kunci dari lancar ASI adalah ibu yang bahagia, salah satunya karena dukungan suami. Pak Suami menjadi Ayah ASI dan men-support saya terutama di masa-masa awal menyusui yang sempat seret. He’s my ASI booster!

Saling Mengevaluasi

Kesannya kok dia sempurna tanpa cacat? Jangan-jangan dia malaikat, bukan manusia.

Gak lah, namanya manusia pasti memiliki kekurangan, begitu pun saya. Kami saling mengevaluasi hal yang perlu dikembangkan dan diperbaiki supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Team work yang lancar untuk membangun arah bersama juga perlu evaluasi terus-menerus, kan.

Tidak mudah lho mengevaluasi prilaku pasangan karena terkadang bias oleh rasa sayang dan tidak tega. Padahal kita butuh saran dari orang yang dekat dan kenal dengan kita, salah satunya pasangan. Saat mendengar saran pun hati harus legowo.

Salah satu saran yang saya ingat yaitu bila saya gundah menghadapi tekanan hidup yang ga ada habisnya, beliau mengingatkan untuk mengambil air wudhu dan sholat. Saya masih menyimpan catatannya di blog ini. Ketika itu ia berkata:


“Karena sholat itu kita melepaskan baju fisik kita, melepaskan urusan periferal kita dan kembali mengingat jati diri eksistensialis kita, kembali mengingat siapa kita? kenapa kita di dunia? apa sifat dunia ini? dan di mana jalan kembali kita? dengan begitu suami/istri, uang, anak, teman, kesenangan, kesakitan, kekurangan harta, kegagalan, dan semuanya yang terjadi hanyalah fana... hanyalah suatu proses yang memang harus dilewati untuk menuju jalan abadi. Maka kita akan memandang seluruh kejadian yang kita hadapi sebagai fenomena biasa, kita menghadapi dengan tenang, meskipun situasinya begitu menekan.” (Gus Durrozaq, 2011)


Tanpa bunga atau coklat, Pak Suami dapat menunjukkan keromantisannya lewat perannya sebagai suami, ayah, sekaligus kepala rumah tangga. Oh, Pak Suami… I can’t smile without you!

*

Selain memasak, Pak Suami doyan makan. Kami sering berwisata kuliner di sekitaran Jakarta untuk family time sekaligus mempelajari keunikan tempat kuliner. Namun minggu lalu ia tidak makan selahap biasanya. Ia juga cenderung diam, tidak mendongeng untuk Sid. Ternyata oh ternyata ia sedang sariawan. Ga cuma satu, sariawan di mulutnya berjejer tiga. Hiii…

Sariawan atau istilah kedokterannya stomatitis aftosa sepertinya penyakit sepele. Meski demikian, luka kecil di rongga mulut ini bisa berefek ke banyak hal. Dibuat makan, sakit. Mau ngomong, sakit. Juga jadi pelit senyum. Bisa membuat bad mood, deh! Mungkin ini cara Allah mengingatkan Pak Suami agar mengurangi porsi makan supaya perut ga makin buncit. Hehehe.

Gara-gara beliau sakit, saya jadi mencari tahu serba-serbi sariawan supaya untuk selanjutnya bisa dicegah. Sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Mulut yang kurang dijaga kebersihannya sehingga bakteri atau jamur mudah tumbuh.
  • Kekurangan vitamin C.
  • Turunnya sistem kekebalan tubuh.
  • Pemakaian kawat gigi atau gigi palsu.
  • Bayi dan balita juga bisa sariawan. Sariawan pada bayi umumnya karena jamur yang ditularkan dari puting ibu. Sedangkan pada balita, sariawan karena tidak sengaja tergigit atau salah pemakaian sikat gigi.


Sariawan bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan mulut, rajin sikat gigi dan berkumur ya.  Konsumsi juga buah-buahan yang mengandung vitamin C serta kurangi makanan pedas atau yang terlalu panas. Pakai sikat gigi sesuai kontur mulut dan gunakan sikat gigi dengan benar supaya tidak tersodok. Jangan lupa rutin periksa ke dokter gigi supaya gigi dan mulut sehat.

Berhubung saya ga tega melihatnya berubah pendiam, saya membawakannya hadiah supaya ia kembali sehat. Bukannya senang, Pak Suami malah sedih melihat isi kotak berpita tersebut. Waktu itu saya bawakan Aloclair Plus Gel, obat sariawan dari Sinclair Pharmaceuticals Limited, untuknya. Di bayangan beliau, obat sariawan itu perih dan makin membuat sakit. Ih, kan belum coba.

hadiah untuk suami


Setelah melalui negosiasi yang alot setengah memaksa, ia mau mencoba. Saya pun meneteskan Aloclair Plus Gel ke bagian yang luka. Bentuk tabung yang memanjang memudahkan pengobatan, terutama untuk sariawan yang letaknya di dalam. Tapi jangan sampai aplikatornya langsung mengenai luka. Alhamdulillah dalam 3 hari pemakaian, sariawannya sembuh dan Pak Suami bisa makan dengan lahap.

Kata beliau, obat sariawan ini tidak perih dan nyaman. Rasanya ada manis-manisnya gitu. Memang harus sabar saat pemakaiannya karena setelah ditetesi Aloclair Plus Gel, jangan menyentuh lesi/luka dengan lidah minimal selama 2 menit supaya terbentuk selaput pelindung. Setelah itu hindari makan dan minum minimal selama 1 jam setelah pemberian gel. Jadi, sistemnya gel ini akan membuat selaput yang melindungi sariawan dari makanan, minuman, gesekan, dsb supaya jaringan kulit yang rusak cepat diperbaiki.

aloclair plus gel
Aloclair Plus Gel mengobati sariawan dengan nyaman dan tanpa perih

Selain bentuk gel, Aloclair Plus tersedia dalam varian Aloclair Plus Rinse untuk kumur dan Aloclair Plus Spray untuk semprot. Aloclair Plus ini bebas alkohol, lho. Aman dipakai untuk anak-anak maupun dewasa. Kandungan alami ekstrak Aloe Vera dapat menyembuhkan luka, mengurangi nyeri, dan mencegah infeksi. Aloclair juga mengandung Sodium hyaluronate untuk melembabkan dan membantu penyembuhan luka. 

cara cegah sariawan
Kandungan Aloclair Plus (pic: Aloclair, edited by Helena)

Mulai sekarang, kotak obat di rumah siap sedia Aloclair Plus supaya saat ada yang sariawan langsung bisa diobati tanpa perih. Sariawan? #CantSmileWithoutYou, Aloclair Plus!



83 comments on "Hal-Hal Romantis Versi Pak Suami"
  1. Romantis yg istimewaa ya mbak helenaa 😊😊😊 wkwkw sariawan emang jd masalah banget jd harus segera ditangani biar tdak tambah parah dan menyiksa hehehe. . Makasih sharingnya mbaak, inspiratif banget keromantisan pak suami 😊😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Romantis spesial pake telur dan sambal, heheh.
      Ga enak banget kalau sariawan padahal lukanya keciiil bisa buat bad mood

      Delete
  2. Tos, sm mbk, nggk romantis versi film2 sih, tp bagi aku, yg mau bantu momong bantu beresin rumah, itu sdh lebih dari romantis, ahay...
    Btw ini alocrair produk baru kan ya mbk ? Disini ada gk ya, buat jaga2. Nyarik ah, tengkiu infonya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa udah seneng banget suami mau bagi tugas domestik.
      Aloclair bisa dibeli online, salah satunya di Kalbe store.

      Delete
  3. Kadang suamiku perlu diingatkan romantis yang Kumai seperti apa heheheh. Ngobatin sariawan suami juga romantis kan ya. Boleh juga tuh di simpan untuk jaga-jaga di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kadang laki-laki kurang peka jadi harus dijelaskan sejelas-jelasnya tanpa kode.
      Aku nyetok Aloclair Plus nih buat jaga-jaga

      Delete
  4. eh..aku malah mau jawab pertanyaan kuismu nih..aku 1,2,3 dilakuin semua ama suamiku (*terindikasi jawaban humblebrag)... hehehe.. urusan sariawan, anak2ku yg doyan sariawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whaaa bagaikan di film film dong. Beda banget dengan suamiku

      Delete
  5. Suami saya pendiam mb..jarang memulai orolan. Itu berguna banget klo pas saya lagi butuh menyepi..wkk..
    Tapi bukan karena sariawan, kayaknya mmng bawaan bayi😃😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tipe pendiam itu pengamat trus punya istri bawel, heheh. Biar imbang gitu, rumah ga sepi terus.

      Delete
  6. Romantisme yang unik dan tulus ya Mba. Kalo di rumah justru saya yang sering ngalamin sariawan

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Coba suaminya ditanya tentang sandal di atas, dia pilih yang mana. Hehehe

      Delete
  8. Weh, di tempatku udah ada belum ya? Ini kalau sariawan kok nyiksa banget berhari hari gak sembuh sembuh, makan minum jadi terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaaaang, ganggu banget. Aloclair Plus bisa dibeli online, salah satunya di Kalbe store.

      Delete
  9. Ih romantisnya jadi iri, tp kalo sudah sariawan tuh menimbulkan masalah baru dari nggak nafsu makan hingga bau mulut... Rekomen banget obatnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoh suami Mba Echi gimana?
      Iya ya sariawan bikin bau mulut segala. Pakai Aloclair Plus aja supaya sariawan minggir

      Delete
  10. bagus banget ya mbak cara kerja alocair ini
    buat anak2 apalagi ya, makin cespleng karena ga perih dan ga bikin perih pas selaputnya udah kebentuk
    tfs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kita aja saat sariawan males pake obat karena takut perih. Aloclair Plus tanpa perih jadi nyaman deh. Dari bayi dan anak-anak juga bisa pakai

      Delete
  11. Banyak ya ternyata yang pakai Aloclair. Bahkan sering jadi rekomendasi para dokter gigi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, apalagi buat yang pakai kawat gigi bakal sering sariawan tuh

      Delete
  12. uwuwuwuwuwuwuwuwuuu. Pengertian romatis setiap pasangan emang beda-beda ya mak.. Tapi aku suka banget sama pengertian romantis versi mama Sid diatas. Romantisnya ngalahin bunga dan coklat. hihihihihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwuwuwuwuw Papa Api juga romantis nemenin Mama Dian kerja.

      Delete
  13. Kalo suamiku nomor 1 say, beliau pasti bakal nyariin sampai ketemu. Tapi benar, kalau kita sibuk mencari kesempurnaan di dunia, maka niscaya kita enggak akan pernah mendapatkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamimu telaten yo.
      Setuju, ngejar dunia ga ada habisnya.

      Delete
  14. Paksu pernah melakukan yang A dan B
    Ada yg sama soal kopi mbak, saya bakal deg deg an serr kalau minum kopi terutama kopi hitam.
    Ada lagi yang sama, paksu saya juga demen bahas politik sedangkan saya dengerin aja. Nah, terus paksu saya juga gak suka obat sariawan dan saya doyan gangguin doyan, dalam kepalanya obat sariawan itu menyakitkan hahahaha.
    Foto2nya bagus2 mbak, saya suka. Love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. *gangguin dia maksudnya* typo euy

      Delete
    2. Tosss banyak banget yang sama. Mungkin suami kita bakal klop kalau ngobrol daripada ngajak kita ngobrol tentang politik tapi ga nyambung hahaha.
      Makasih yaa

      Delete
  15. Naah...dikasih pertanyaan pembuka sama mba Helena.

    Jawabannya kalo suami aku.
    Dicariin sandalnya sampe ketemu.

    Alesannya,
    Nanti aku ada alesan buat beli yang baru. Padahal yang ilang itu, masih terbilang belum rusak.


    Ehheuu... Segitunya yaa..??


    Tapi memang kalau uda sakit di mulut, entah sakit gigi, gusi bengkak atau sariawan.. Rasanya males segalanya.

    Kalo ada yang super duper rese, pingin nabok.
    Haaha.. Maaf, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah jadi supaya hemat ga beli lagi yak. Bisaaa.
      Kalau kamu sariawan, aku jauh-jauh deh daripada kena tabok. LOL

      Delete
  16. Lomantis mba...
    Ngasih Aloclair ini saat sariawan. Nggak perih... Tapi bisa sembuh. Enakeun.
    Bawaannya perih aja klo pake obat sariawan dulu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa takut perih kan pake obat sariawan. Eh yg ini gak, malah rasanya manis

      Delete
  17. Romantis itu memang beda2 ya caranya, mak ngibatin suaminya itu romantis juga lho

    ReplyDelete
  18. Suami istri yang kompak ya mbak. Menginspirasi :*
    Eh kotak obat di rumahku jg ada Aloclair plus lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan langgeng ya mbak.
      Iya Aloclair Plus perlu stand by di kotak obat keluarga. Ga enak banget kan pas sariawan

      Delete
  19. suamiku suka tipe istri ayng mandiri , makanya dia memilihku. Jadi aku jarang beharap dia mau antar aku ke pasar dll, aku sih hrs bisa sendiri segalanya, tp aku bersyukur shg saat dia agk ada aku tetap bs melakuaknnya sendiri. romantis?? kayaknya aku yang lbh romantis krn aku sering bikin puisi buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw puisi...
      Betul, jadi istri jangan sepenuhnya bergantung ke suami. Selama bisa lakukan sendiri, ya dilakukan :)

      Delete
  20. Suamiku jg ga seromantis aktor2 di film tapi urusan bantuin kerjaan domestik ... Wow, suamiku gape banget!!!

    Kayaknya suamiku lebih sering sariawan deh. Boleh jg cobain pake Aloclair. TFS, mbak Helena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik... Bisa bagi tugas dengan suami ya mbak.

      Delete
  21. Wah aku baru tau aloclair. Mau nyobain kalau sariawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpan stok di rumah, Mbak. Sariawan kadang datang di saat tak terduga

      Delete
  22. Sooo..sweet, romantis banget sih..
    Tapi emang masalah sariawan suka bikin bete yah, untung ada Aloclair

    ReplyDelete
  23. Romantis banget ya mbak "pak Suami" nya, walaupun gak ada bunga atau bunga deposito, tapi membantu urusan keluarga, itu dah "laki" banget menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa kalau bunga deposito mauuu, heheh.
      Betuuul, laki itu mau ngerjakan pekerjaan rumah tangga

      Delete
  24. Waaah makasih banyak sharing tentang rumah tangganya mbak...bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, semoga bisa bermanfaat

      Delete
  25. Alhamdulillah kalau punya suami yang saling support ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bangun rumah tangga berdua dong

      Delete
  26. Aloclair ini enak ya mak ga perih sama sekali. Kalo Arsyad sariawan aku oles aloclair dia happy2 aja gak jejeritan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh Arsyad sariawan? Kasihan masih kecil bakal rewel, susah makan minum. Untungnya Aloclair ini ga perih dan bisa dipake anak-anak

      Delete
  27. Owalah, bapaknya SID pinter masak jg ya ternyata. Kapan2 aku mau main n minta dimasakin. Hahaha. Btw, itu kado Aloclairnya so sweet bgt sii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa dia malah jago masak dibanding aku. Sini main bawa bebe Ranu

      Delete
  28. Bahagia banget ya mba kalau punya suami pengertian. Semoga langgeng sampai akhir hayat

    ReplyDelete
  29. Suami ku bukan tipe lelaki romantis bund sid, beliau tidak pernah kasih aku bunga. Tp kl coklat suka beliin krn aku nya suka coklat. Tp meskipun beliau bukan tipe lelaki romantis tp beliau sangat sayang sama aku. Sbenernya romantis itu perlu ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dong tapi cara tiap orang mengungkapkannya yang beda-beda. Bun Leha so sweet...

      Delete
  30. ehemmm,,, senangya mba di perhatiin,,, samara smpi akhir,, noted inf ttg obat sariawan , suami saya yg sering sariawan itu

    ReplyDelete
  31. Suami aku mana suami aku....

    *hening*

    oh iya.. suaminya belom keliatan hilalnya hahaha


    Suka deh liatnya, kasih obat sariawan nggak pernah se-romantis ini <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh cari calon suami nunggu bulan yak

      ya sekali-sekali romantis gitu, jarang banget begini

      Delete
  32. Uuuuh so sweet, jadi pengen punya suami :))))

    ReplyDelete
  33. duh pesen pak suaminya jleb bagus banget :)
    memang membangun rumah tangga itu = teamwork ga bisa saling kerjasama jatuhnya bukan teamwork lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes membangun keluarga perlu team work. Kalau dikerjakan sendirian, pediiih

      Delete
  34. Suamiku juga romantis mb hehehe senenng ya punya suami yg dukung kita terus :)

    skg ada aloclair obat sariawan andalan keluarga, makin senang yeyeyyee
    biar kalau sariawan tetep bisa bangun team work seperti mb Helena bilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga keluarga langgeng yaa. Iya dong sedia Aloclair Plus di rumah

      Delete
  35. Di daerah Yogyakarta udah ada belum ya? Saya termasuk yang mudah sariawan. Jadi boleh saya coba ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum ada, bisa beli via online seperti di Kalbe store

      Delete
  36. Sama maak..aku juga selalu stock aloclair di rumah buat jaga-jaga kalo sariawan suami kambuh lagi

    ReplyDelete
  37. suami luar biasaaa, semoga terus samara yaa :-)

    ReplyDelete
  38. Sid, beruntung banget ya punya ayah seperti Pak Suami. ^__^

    ReplyDelete
  39. ya ampun nyeker wkwkkwkw
    tapi ayah sid keren, mba :-D
    cie aloclairnya dibungkus cantik banget hahaha ketauan siapa yang romantis

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suamimu kelak lebih romantis, Nyi. Heheheh
      ya begitulah supaya ada romantis dikit macem drama korea jadi Aloclair dibungkus cantik

      Delete
  40. aaa to tuiu. Tentang sendal, suamiku akan membelikan yang baru untuk aku (kalau jarak ke toko deket) kalau jauh, dia akan pinjemin ke aku sandalnya. Aloclair memang terbukti enggak perih y,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, ga biarin Mba nyeker. So sweet juga buat suami Mba Astin

      Delete
  41. Sariawan emang bs bikin romantisme berkurang, boro2 mikir romantisme, buat mangap dan mau makan aja sulit hahaha...

    ReplyDelete
  42. Baru tahu ini Aloclair untuk sariawan, soalnya di keluarga kami cukup sering sariawan kalau pas lagi kondisi drop. Buru-buru ke apotek buat beli

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature