Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Mencicipi Cita Rasa Kuliner Indonesia di Synthesis Residence Kemang

Monday, August 22, 2016

Bulan Agustus menjadi bulan yang meriah di Indonesia karena bertepatan dengan perayaan HUT kemerdekaan RI. Di bulan ini saya kembali diingatkan mengenai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Mengenang jasa mereka, membuat saya makin bersyukur dan makin cinta dengan keadaan Indonesia saat ini. Di bulan istimewa ini juga ada acara yang makin membuat saya cinta Indonesia, namanya #IndonesiaIsMe.
Local taste culinary sebagai pembuka #IndonesiaIsMe (dok. pribadi)


Indonesia is Me adalah event tahunan yang diselenggarakan Synthesis Development, pengembang properti yang sejak 2005 lalu menghasilkan banyak karya. Prestigious masterpieces Synthesis Development antara lain: Bassura City, Kalibata City, Synthesis Residence Kemang, Casablanca Mansion, De Oaze, Synthesis Square, Plaza Semanggi, juga proyek terbarunya Pusaka Prajawangsa. Familiar dengan nama-nama tersebut, kan?

Tahun ini rangkaian acara Indonesia is Me berlangsung dari 6-21 Agustus 2016 dengan 4 acara besar, yaitu: Local Taste Culinary; The Art, Beauty, and Health; Indonesian Music Festival; dan puncaknya adalah Synthesis Merdeka Ride dengan bersepeda keliling Jakarta sejauh 71 km. Dari sekian banyak acara, saya berkesempatan mengikuti acara pertama. Kuliner nusantara menarik perhatian buat saya yang doyan makan.

6 Agustus 2016 lalu, saya pun menuju Synthesis Residence Kemang (SRK) di Jl. Ampera Raya No. 1A, Jakarta Selatan. Saya mencari apartemen sambil tengok kanan-kiri di sepanjang jalan Ampera Raya tetapi tidak menemukannya. Ternyata SRK ini masih indent dan rencananya 3-4 tahun lagi akan nampak menjadi iconic building di daerah tersebut. Untungnya dengan berbekal petunjuk dari Google Maps, saya bisa sampai di Marketing Office SRK.

Lokasi Synthesis Residence Kemang

Lomba Memasak dan Menghias Kue

Terik matahari tak menyurutkan semangat rombongan ibu-ibu berpakaian putih-pink yang mengelilingi meja registrasi. Mereka ini dari komunitas Wajah Bunda Indonesia yang akan mengikuti lomba memasak nasi goreng. Ada pula anak-anak yang bersiap ikut lomba menghias kue. Wah bakal seru nih!

Setelah acara dibuka, lomba menghias kue pun dimulai di lantai 2 Marketing Office SRK. Kue yang tersedia bermacam-macam. Ada cupcakes, onde-onde, kue mangkuk, juga kue cucur. Menarik ya kue tradisional dihias dengan icing sugar, chocochips, dan meses warna-warni. Ada peserta yang percaya diri menghias sendiri, ada pula yang dibantu orang tuanya. Hmm, harusnya orang tua membiarkan anaknya berkreasi. Dilihat tim juri lho!
Kue tradisional jadi makin manis setelah dihias (dok. pribadi)

Setelah kue-kue tersaji manis, acara selanjutnya yaitu lomba memasak. Tempat lomba pun beralih ke lapangan parkir yang sudah berhias merah-putih. Para peserta sudah siap di depan penggorengan masing-masing. Menu kali ini adalah nasi goreng telur. Ada pula sayur-sayuran sebagai penghias. Penilaian juri berdasarkan rasa, penyajian, dan kebersihan.
Heboh lomba memasak nasi goreng (dok. pribadi)

Melihat lomba ini jadi makin lapar. Untungnya para undangan bisa menyantap Gudeg Yu Djum yang sudah tersedia di lantai 2. Gudeng yang rasa bumbunya meresap dan begitu nikmat ini langsung ludes dalam waktu 5 menit. Bahkan ada beberapa yang tidak kebagian kuliner tradisional Jogjakarta ini.
Gudegnya uenak tenan! (dok. pribadi)

Sambil menunggu pengumuman pemenang, ada juga demo memasak “Batik Roll Cake” oleh Ibu Linda dan penampilan tari balet. Sore harinya pemenang lomba pun diumumkan. Selamat ya buat ibu-ibu dan adik-adik yang juara.
Selamat buat para pemenang. (dok. Wajah Bunda Indonesia)

Budaya Jawa yang Kental di Synthesis Residence Kemang


Di tengah-tengah lomba, saya pun sempat melihat unit contoh apartemen ini. Budaya Jawa nampak pada arsitektur, interior, juga garden landscape SRK. Ada 3 tower yang namanya diambil dari Pandawa Lima, yaitu: Nakula – Sadewa dan Arjuna. Tower kembar Nakula-Sadewa memiliki main lobby berbentuk joglo sebagai tempat menyambut tamu dan penghuni. Di depannya akan dibangun patung tarian rancak denok. Tarian ini biasanya untuk menyambut bangsawan. Tinggal di SRK bagaikan menjadi bangsawan Jawa.

Tinggal di sini bagaikan bangsawan Jawa (dok. pribadi)
“Indonesia is Me adalah wujud komitmen, dimana sebagai pengembang properti Synthesis Development fokus memberikan karakteristik warna heritage Indonesia pada setiap karya produk properti yang dibangun.”, jelas Fianty R. Gosal, Project and Operation Synthesis Development.

Tak hanya itu, konsep modern ethnic Jawa terasa kental di tiap unit. Pada dinding dapur terdapat aplikasi batik kawung. Motif ini dipilih karena kawung (sejenis aren) merupakan tumbuhan yang dari akar hingga ujungnya bermanfaat. Sebagai manusia, sudah sejatinya kita berguna bagi agama, keluarga, masyarakat, serta negara. Batik kawung juga menunjukkan loyalitas dan dedikasi tak terbatas abdi dalem kepada keluarga kerajaan. SRK membawa nilai ini dengan memberikan komitmen dan pelayanan terbaik di setiap karyanya sesuai tagline Synthesis Development “Grow in trust, build with passion”.
Aplikasi batik kawung di Synthesis Residence Kemang (dok. pribadi)

"Batik kawung represents loyalty and unlimited dedication of “abdi dalem” to the royal family. Embracing the same exquisite value, Synthesis Residence Kemang also gives it’s best commitment and endless services to always giving you the masterpiece in every finest way possible."

Komplek apartemen seluas 2 ha ini memanjakan penghuninya dengan berbagai fasilitas pendukung seperti gym, jogging track, beberapa kolam renang termasuk Tirta Astana, dining pavilion Samboga, juga tempat bermain anak Dewari. Beberapa nama diambil dari Bahasa Sansekerta yang khas Jawa kuno. Tak perlu khawatir mencari tempat parkir karena sudah disediakan 1:1 sesuai jumlah unit.

SRK memiliki 4 tipe unit, yaitu: tipe studio, 2 kamar (BRA dan BRC), dan 3 kamar. Unit contoh yang saya masuki yaitu tipe 2 BRC dengan luas semigross 63,43 m2. Tipe ini pas dengan keluarga kecil kami. Sid punya kamar tidur sendiri dengan pemandangan balkon. Hmm…jadi membayangkan bisa tinggal di Synthesis Residence Kemang.

Contoh unit dengan 3 kamar tidur (dok. pribadi)
Berlokasi di kawasan prestisius yang dekat dengan perkantoran SCBD dan TB. Simatupang, Synthesis Residence Kemang cocok untuk yang mencari hunian strategis di Jakarta. Kemang sendiri terkenal dengan pusat hiburan, cafĂ©, dan restoran. 

Tertarik tinggal di sini? Atau berinvestasi di SRK? Saat ini Tower Sadewa telah terjual 90%, Nakula 40%, sedangkan Arjuna belum dipasarkan. Harganya kompetitif sekitar Rp 30-35juta per m2. Mumpung Agustus ini sedang ada promo 71x cicilan dan diskon 71% uang muka lho. Kapan lagi bisa dapat hunian prestisius di Kemang dengan harga terjangkau?

Mau Nakula apa Sadewa, nak? (dok. pribadi)

26 comments on "Mencicipi Cita Rasa Kuliner Indonesia di Synthesis Residence Kemang"
  1. Nakula, Sadewa, atau pilih Arjuna? Semoga kita bisa memiliki di salah satunya, Aamiin. Berdo'a boleh kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...buat tempat tinggal atau investasi juga cocok.

      Delete
  2. Desain eksterior dan interior besutan Synthesis Development emang keren ya? Jadi pingin pnya apartemen di situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, mumpung ada promo bulan ini.

      Delete
    2. Mudah-mudahan Synthesis Residences ini nanti bisa dikelola lebih bagus kalau sudah ditinggali ya. Karena apartemen pendahulunya, Kalibata City, ternyata liftnya sering macet. Padahal sama-sama dikelola oleh Synthesis Development juga.

      Delete
    3. Tinggal di apartemen sepertinya belum sah kalau belum kena lift macet. Asalkan teknisi cepat penanganannya. Masalah lain dari apartemen, termasuk Kalibata City, adalah susah cari parkir mobil. Di SRK ini parkir mobil tersedia 1:1 jadi lebih mudah.

      Delete
  3. Mupeng mbak lihatnya :D apalagi kemarin sama temen habs ngomongin masalah hunian.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget dong. Sama mupengnya, hihi...

      Delete
  4. Aku pengen banget punya apartemen di SRK.. semoga kesampaian. Amiin..

    ReplyDelete
  5. wah mumpung lagi ada promo nih.... jadi inget mbak feni yg suka nawarin apartemen hehehe
    tapi buat investasi bagus ya mbak...apalagi lokasinya strategis

    ReplyDelete
  6. ngomong ngomong ttg gudeg yu jum, aku kurang suka gudegnya rasanya manis bangeet >.< kayak makan gula jadinya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu manis ya? Kreceknya dibanyakin buat penyeimbang.

      Delete
  7. Sya kalo ketemu kata SRK ingetnya langsung shah rukh khan hahaha.. dia suka nulis namanya SRK sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh joged India di playground SRK yang luas

      Delete
  8. promonya 71% lumayan gede ya diskonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung ok kan diskonnya. Senin harga naik lho *ala iklan di tv

      Delete
  9. sayangnya aq g bs ikutan yg event hr ini, seru bgt ya, bnyak makanan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak makanan tradisional. Jadi ingin ngebungkus, hehehe

      Delete
  10. iya nih, sempet tertunda yg event ini mbak, serunya icip2 gudeg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu event yang lebih seru tahun depan nih :D

      Delete
  11. Salam kenal mbaa..wah seru ya mba, aku mau ikutan, tp anak lg sakit
    Gudegnya mau mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whaa..kalo sekarang adanya di Jogja, mba

      Delete
  12. itu enak" bgt ya bikin ngiler mbak hahaha.

    mampir ketulisan ini jg Pariwisata seru , siapa tau butuh info tmpt wisata. makasih

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature