Top Social

Serunya Bermain di Miniapolis Plaza Indonesia

Friday, August 5, 2016


Akhir pekan lalu Sid diajak playdate oleh Ranu-nya mba Nurul Noe dan Abin-nya mba Suzie Icus. Eh playdate kok cowok semua? Main bersama saja deh. Bayi-bayi ini sering ketemu di blogger gathering jadi mereka sudah saling kenal. Kali ini kami janjian di Miniapolis Plaza Indonesia.

Miniapolis mudah ditemukan dengan melihat papan petunjuk di sepanjang koridor Plaza Indonesia. Letaknya di pojokan lantai 3. Kalau berada di deretan toko-toko yang menjual berbagai pakaian dan mainan anak, artinya sudah dekat dengan Miniapolis. Melewati daerah ini bisa membuat khilaf. Bajunya lucu-lucu deh.

Masuk di gerbang Miniapolis rasanya saya ingin menciut jadi anak-anak. Untungnya orang tua boleh menemani anak selama bermain. Saya bisa ikutan naik ini itu deh bersama Sid. Asyik!

Miniapolis Plaza Indonesia terbagi menjadi beberapa tempat permainan. Pengunjung bisa membayar untuk tiap permainan. Kalau sering bermain di sini lebih baik bergabung di Miniapolis Kids Club (MKC). Dengan menjadi member di MKC, anak-anak bisa mengikuti semua kelas, bermain di semua arena, juga ada diskon khusus pesta ulang tahun, merchandise, art & craft, dan cooking class.
HTM di Miniapolis (update: Agustus 2016)

iSmile Class 


Setelah memakai gelang sebagai tanda tiket, kami langsung masuk ke kelas Miniapolis Kids Club. Kelas ini diselenggarakan oleh iSmile international preschool. Tiap harinya ada bermacam kelas sesuai usia anak. Kali ini kami mengikuti kelas “Kindermusik” yang cocok untuk anak usia 1-2 tahun. Di sini anak-anak bermain sambil bernyanyi dan menari dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Anak-anak juga dilatih percaya diri menuangkan air ke dalam gelas. Awalnya Sid malu di lingkungan yang baru. Namun saat ia mendengar lagu kesukaannya diputar, ia pun menari di depan kelas.

Kelas selanjutnya yaitu “movie time”. Kali ini anak-anak seusia SD juga ikut bergabung menonton film “Little Red Riding Hood”. Setelah film selesai, mereka menceritakan kembali film tersebut. Pengajarnya juga bercerita dengan boneka jari yang lucu.
Selama mengikuti kelas ini, saya memperhatikan cara para pengajar berinteraksi dengan anak-anak. Bagaimana ekspresi wajah dan gerak tubuh yang ekspresif sehingga anak tertarik. Saya jadi punya bahan bermain untuk dipraktekkan di rumah.

Zee & Milo’s Hideout

 

Arena bermain ini yang paling luas dan selalu ramai. Di dalamnya ada arena mandi bola, rumah pohon dengan banyak jembatan, perosotan, dan otopet. Anak boleh didampingi 1 orang dewasa tetapi pendamping harus memakai kaos kaki.
Sid langsung masuk ke tempat mandi bola yang berbentuk sarang lebah. Biasanya ada bola warna-warni tetapi di sini bolanya berwarna bening. Lantainya yang diberi lampu berwarna-warni. Saya teringat broadcast message tentang bahaya mandi bola. Ada yang menemukan jarum suntik atau apalah di bawah tumpukan bola. Nah kalau bolanya transparan begini, bagian bawah pun bisa terlihat.

Puas bermain bola, kami naik ke rumah pohon. Anak usia 1-3 tahun perlu diawasi selama permainan di sini karena tempatnya yang tinggi dan tidak ada pegangan pada tangga. Saya pikir Sid takut menyadari ia berada di ketinggian. Ternyata dengan santainya ia melewati jembatan dan mengelilingi rumah pohon ini. Saya yang ketar-ketir apalagi saat menyeberangi titian kayu yang lebarnya hanya 30 cm.
Di samping Hideout ada arena permainan seperti bowling, lempar kaleng, juga memancing ikan. Daripada Sid nyemplung ke kolam, lebih baik kami lewati saja.

Crick's Carousel

 

Di sisi lain dari Hideout ada Carlo Carousel alias komedi putar dengan tema pemandangan Venice yang didatangkan langsung dari Italia. Wow! Ini pertama kalinya Sid naik komedi putar. Dia takut naik kuda dan memilih duduk di kursi sambil penasaran mengapa ini berputar-putar.
Ada yang menarik dari meja petugas. Di bagian depan ada hand sanitizer yang letaknya di bawah. Mungkin sengaja disediakan untuk anak-anak setelah naik carousel ini supaya tangannya tetap bersih.


Mr. Crick Express

 

Wahana yang terakhir yaitu kereta tanpa rel bernama Mr. Crick Express. Anak-anak diajak berkeliling di seputar area Miniapolis dan lantai 3 sambil naik kereta. Sayangnya saat itu antrian sangat panjang jadi kami tidak mencoba naik keretanya Mr. Crick.

Selain wahana-wahana di atas, ada juga cooking class dan painting class dengan biaya tambahan.

Fasilitas di arena Miniapolis juga nyaman. Ada kids toilet yang ukurannya disesuaikan untuk anak-anak. Ada pula ruang menyusui yang terpisah dengan ruang ganti popok. Sayangnya sulit mencari air mineral. Ternyata penjualnya ada di dekat arena painting.

Quality time bersama anak di iSmile Class (source: nurulnoe.com)
Bermain di Miniapolis memang seru! Sid senang bertemu dengan Ranu, Abin, dan kawan lainnya. Ia bebas menjelajah di arena bermain. Untungnya sebelum bermain kami isi perut dulu di Applebees. Setelah Sid kenyang makan fish and chip, ia begitu ceria bermain bersama kawan-kawan. Saking asyiknya, ia sampai lupa tidur siang.

Bagaimana dengan saya? Jujur capek banget mengikuti tingkah polahnya yang begitu aktif. Namun kesempatan quality time bersama anak seperti ini meningkatkan bonding kami. Thank you Miniapolis!

Masih bingung mencari tempat bermain yang ramah anak? Miniapolis sudah ada di Jakarta, BSD, Bandung, Palembang, dan Bali. Anak-anak bisa bermain sepuasnya.


Facebook: Miniapolis Playground
Instagram: miniapolisplayground
Twitter: @miniapolis_indo 
22 comments on "Serunya Bermain di Miniapolis Plaza Indonesia "
  1. Bonding dg anak memang segalanya ya Len. Walau pasti bikin capek badan, tapi rasa ingin membahagiakan anak lebih dari segalanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju 100%! weekday udah ditinggal kerja, maka weekend waktunya bermain bersama anak.

      Delete
  2. Wah seru banget! Jadi pengen ajak sepupu - sepupuku kesini pasti happy banget. Capek sih nggak masalah, yang penting anak puas dan belajar banyak ya Kak. Anyway, tiket masuknya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di foto kedua. Tiketnya beda-beda tergantung permainan. Kalau all day pass 230ribu buat 1 anak dan 1 pendamping.

      Delete
  3. Pernah denger tempat ini, tapi belum pernah ke sana. Mirip2 kidzania ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsepnya beda, mba. Kalo Kidzania kan anak-anaknya berperan jadi profesi tertentu. Di Miniapolis ini playground, bebas bermain di sana.

      Delete
  4. Ini Miniapolis tu wahana yg musiman ataukah akan selalu ada di Plaza Indonesia, mama Sid?
    Pengen ajakin anak2 ke sana ah klo balik, moga2 bisa :D
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permanen, mbak. Balik sini gih, mudiknya lama amat.

      Delete
  5. Anak-anak perlu stimulasi. Tempat ini pas untuk itu. Untuk mengenal warna, olah tubuh, percaya diri dll. Kangen dengan babbling Sid. Sudah banyak kosa katanya ya sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..dia cerewet banget dengan bahasa bayinya. Semoga ketemu lagi ya :)

      Delete
  6. pantes ini tempat untuk stimulasi anak-anak... biar anak lebih PD

    ReplyDelete
  7. Boleh nih buat referensi tempat bermain anak-anak, ada batas waktu bermain untuk anak-anak gak? atau bebas bermain sepuasnya ya, bisa keluar masuk pakai stempel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa main sepuasnya mba. Tandanya pakai gelang jadi bisa masuk keluar. Have fun ya!

      Delete
  8. ish seru banget ya playdate kita.. SAYANG KURANG LAMAA

    ReplyDelete
  9. dede-dede ganteng yg menggemaskan
    mereka tampak menikmati suasana play ground nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai lupa tidur siang saking senengnya main

      Delete
  10. Tempat main anakku dulu waktu balita nih. Emang seru disana. Banyak aktifitas yang dia bisa dekat dengan anak lintas benua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, di sini mostly pake English. Paling suka kelas buat preschooler

      Delete
  11. Semua hal yang berbau kiddos..aq sukaaa banged,dan ini sudah aq buat skejul sama kiddos,mau cobain wahananya miniapolis .. Thank u informasinya bund helena

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature