Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser: Aman Untuk Segala Usia

Thursday, June 30, 2016


Cetaphil Gentle Skin Cleanser menurut saya...

Seharusnya saya sadar sejak dulu mengapa orang-orang meragukan bahwa saya ini ibunya Sid saat kami bermain di taman. Wajah saya kusam sedangkan anak saya kulitnya putih. Kecuekan saya merawat diri memang makin menjadi sejak Sid lahir. Memasak, membersihkan rumah, mencuci baju, dan aktivitas domestik lainnya membuat saya melupakan perawatan kulit, terutama wajah. Toh tidak perlu bertemu klien dalam acara resmi.

Ternyata saya salah. Tiap manusia harus menghargai dirinya sebagai bentuk rasa syukur pada Allah, salah satunya dengan merawat diri. Ya, termasuk ibu rumah tangga. Kulit saya ini kalau bisa ngomong mungkin sudah teriak-teriak protes. Tiap hari terpapar sinar matahari tanpa sunblock juga sering naik motor di Jakarta yang penuh polusi. Apalagi cuaca belakangan ini cepat berubah dari mendung jadi panas menyengat. Puasa begini kulit pun mudah kering dan pecah-pecah. Lengkap deh!

Bulan Ramadhan ini memang bulan penuh berkah. Salah satunya saya mendapat kiriman Cetaphil Gentle Skin Cleanser, facial wash dari Cetaphil Indonesia untuk mencoba produknya. Berikut reviewnya selama sekitar seminggu pemakaian.

Kemasan

Cetaphil Gentle Skin Cleanser tersedia dalam ukuran 125 ml sampai 1000 ml. Untuk 125 ml dan 250 ml memiliki tutup flip-top. Sedangkan ukuran 500 ml dan 1000 ml ada pencetan di tutupnya. Yang saya coba ini 125 ml. Ukurannya segenggaman tangan dan praktis dibawa kemana-mana. Warna kemasannya biru, hijau, dan putih. 

Komposisi

Komposisi Cetaphil Gentle Skin Cleanser
 
Komposisi di atas telah diuji kelayakannya dan memiliki izin edar dari BPOM. Di botolnya sudah ada kode nomor izin edar jadi tidak perlu khawatir. FYI, izin edar suatu produk bisa dengan mudah dicek melalui aplikasi "Cek BPOM" yang dapat diunduh di Playstore. Cukup masukkan kata kunci, nama produk, kode nomor izin edar, atau nama pabrik pembuatnya.

Cara pemakaian

Cetaphil Gentle Skin Cleanser bisa dipakai dengan 2 cara, dengan air dan tanpa air. Cara pertama yaitu dengan air: Usapkan Cetaphil pada wajah sambil dipijat-pijat mulai dari dahi, pipi, hidung, sekitar mulut, dagu, juga alis. Bilas dengan air hangat.

Cara kedua yaitu tanpa air. Setelah Cetaphil diusapkan ke wajah, cukup bersihkan dengan tisu, kapas, atau handuk lembut. Nah cara kedua ini yang saya suka. Cocok buat yang malas membersihkan wajah seperti saya, heheh. Setelah beraktivitas di luar, sampai rumah badan sudah lelah. Make-up dan kotoran di wajah perlu dibersihkan sebelum jerawat menyerbu. Dengan Cetaphil bisa membersihkan wajah sambil rebahan di kasur, tidak perlu ke kamar mandi. Saat perjalanan mudik seperti sekarang ini pun bisa mudah membersihkan wajah. Hidup Cetaphil!

Bening, agak kental, dan tidak lengket
By the way, membersihkan wajah tanpa air ini mengingatkan saya pada sebuah acara TEDx di Johannesburg, Afrika Selatan. Seorang pemuda bernama Ludwick Marishane menemukan cara membersihkan tubuh tanpa air karena ia malas mandi dan sumber air di daerahnya begitu jauh. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini bisa menjadi solusi bagi daerah-daerah yang kesulitan sumber air. 

Every age, every stage, everyday

Meski tertulis untuk semua tipe kulit, Cetaphil yang ini baiknya untuk kulit normal dan sensitif. Sedangkan untuk kulit berminyak ada Cetaphil Oily Skin Cleanser yang kemasannya mirip. Kulit saya termasuk yang normal dan jarang berjerawat (kecuali kalau terlalu banyak aktivitas di luar dan malas membersihkan).

Untuk semua jenis kulit, bebas sabun dan pewangi
Produk ini aman digunakan untuk semua umur, termasuk bayi. Ada pula Cetaphil Baby tapi sepertinya belum dijual di Indonesia. Awalnya saya meragukan keamanannya karena kulit bayi lebih sensitif. Ternyata seorang teman yang sempat tinggal di Perth menceritakan bahwa anaknya menggunakan Cetaphil, tepatnya Cetaphil Restoraderm Skin Restoring Body, sejak usia 3 bulan karena kulitnya sensitif. Itu pun atas rekomendasi dokter. Di Australia produk ini memang menjadi idola terutama saat musim dingin yang menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

Awal pemakaian saya merasa aneh karena tidak ada busa, bahkan setelah dicampur dengan air. Hal ini karena Cetaphil GSK bukan sabun. Justru pencuci wajah yang banyak busanya itu menunjukkan kandungan deterjen yang tinggi. Selain itu Cetaphil tidak menggunakan parfum, jadi saat dibau tidak ada bau sama sekali. Cocok nih untuk yang alergi terhadap wewangian.

Sebagai facial wash, Cetaphil Gentel Skin Care aman digunakan setiap hari. Saya memakainya minimal 2x sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Terkadang juga saya pakai setelah keluar rumah di siang hari, supaya kulit bersih dari kotoran. Tidak ada iritasi atau jerawat muncul sejak memakai Cetaphil. Kulit wajah pun tidak kesat yang artinya kelembapan alami kulit masih terjaga. Kulit saya lebih bersih, lembut, dan kenyal-kenyal gitu. Sid jadi sering cubit pipi emaknya. *tersipu malu

Warna cairannya bening dan agak kental. Saat dipakai tidak ada kesan lengket atau licin. Saya pun iseng memakainya untuk tangan supaya bersih dan lembut saat silaturrahim lebaran nanti. Produk ini aman digunakan untuk seluruh badan.

Tes membersihkan make-up dengan Cetaphil tanpa air
Foto di atas saat saya mencoba membersihkan make-up dengan Cetaphil. Setelah diteteskan di tangan, Cetaphil diusap-usap dengan lembut. Hasilnya sebagian make-up telah bersih namun tersisa satu yang sulit dibersihkan yaitu eyeliner. Kemudian saya usap dengan kapas (tanpa air) dan ternyata semua make-up bersih.

Produk kesehatan keluaran Galderma ini tersedia di Century, Guardian, Watson, juga e-commerce seperti Lazada dan Matahari Mall dengan harga sekitar Rp 100.000-an untuk kemasan 125 ml. Kalau sudah cocok, lebih hemat beli yang 1000 ml cuma Rp 300.000-an. A bit pricey but worth to try!

Inilah review hasil saya memakai Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Overall saya puas dengan produk ini. Kulit menjadi bersih, lembut, dan tidak ada efek samping. Apalagi semua usia bisa memakainya. Tepat untuk saya, suami, dan anak.

Mau Cetaphil GSK gratis? Cetaphil Indonesia sering bagi-bagi free produk lho. Daftar di websitenya, isi formulirnya, dan semoga beruntung. J

Info lebih lanjut tentang Cetaphil bisa diakses di:
Website www.cetaphil.co.id
Facebook Cetaphil Indonesia
YouTube Cetaphil Indonesia
Twitter @cetaphil_id
Instagram @cetaphil_id
28 comments on "Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser: Aman Untuk Segala Usia"
  1. Kulit sensitifku alhamdulillah cocok nih pake cetaphil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kadang khawatir mau coba suatu produk, takut malah bikin iritasi, dll.

      Delete
  2. Iya, praktis dan aman ya Mba.
    Yang makai jadi tenang karena nggak bikin iritasi.

    ReplyDelete
  3. Saya suka pakai Cetaphil ini...

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya. Setelah merasakan manfaat Cetaphil, mau berbagi info juga dong.

      Delete
  5. banyak yang ngepost cethapil yaa :D
    jadi penasaran sama produknya :D


    www.rusydinat.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah berarti pada banyak yang suka. Cobain deh mbak.

      Delete
  6. Walaupun harganya lumayan tapi kalau lihat khasiatnya siapa yang mau berpaling? jatuh cinta banget sama Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini mbak :)

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Banyak review positif ya tentang Cetaphil ini

      Delete
  8. Woogh, ada ya di lazada. Aku lg pingin coba yg lotion, Len. Gentle cleanser aku jg punya yg kemasan 125ml :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Lazada lengkap sampai yang 1000 ml juga.

      Delete
  9. harganya sesuai dengan kualitasnya ya Mba. Jadi pembeli ga usah ragu sama kualitas

    ReplyDelete
  10. boleh juga nih dengan cethapilnya. Ehh btw, cethapil ini bisa digunakan oleh pria ga sih mbak? hihihi

    ReplyDelete
  11. benernya memang murah yang gede ya mbaaa, tapi aku takut gak abis-abis nanti hihihi

    ReplyDelete
  12. Bunda sudah gak waktunya kaliii buat pake produk apa pun, heh... Nice posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bunda sehat dan bahagia nanti akan terpancar dari wajah bunda, heheh

      Delete
  13. Hai mba share dongg. Aku kan wajahnya lagi merah2 dan bruntusan gitu kebetulan wajah aku ini sensitif bgt. Temen ada kasih saran pake cetaphil gentle cleanser tp tdk terlalu ada perubahan. Lalu sy mencoba yg cetaphil restoraderm pertama pemakaian kulit wajah saya menjadi kering, perih cekit2 gitu, panas juga. Nah itu efek tdk cocok atau memang pemaian awal seperti itu? Mohon info dan sarannya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pertama pakai ga ada efek apa-apa. Ada juga yang saat awal pakai cetaphil malah jerawatan tapi 2-3 hari langsung kempes. Buat lebih lanjutnya bisa konsultasi ke dokter ya mbak.

      Delete
  14. Mba, kalau sebelum pakai Cetaphil ini mukanya dibersihin dengan air dulu gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pakai cetaphil juga bisa, ga pakai air

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature