Mengajarkan Kebesaran Allah Melalui Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW

Wednesday, June 15, 2016

Review buku #KisahHebatMuhammad

Sid baru saja tertidur setelah mendengarkan kisah “Laba-laba Penyelamat” dari buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya, karya Astri Damayanti. Hewan sekecil laba-laba ini telah menyelamatkan Nabi Muhammad dan Abu Bakar dari rombongan Quraisy yang hendak mencelakai nabi. Bagaimana bisa? Di situlah letak kebesaran Allah SWT yang memberikan pertolongan bagi hamba-Nya. Cerita ini bukan karangan semata namun sesuai dengan Al Qur’an surat At-Taubah ayat 40.

Tiap malam menjelang tidur, kami memiliki ritual baru yaitu bercerita kisah-kisah teladan nabi dan rasul yang bersumber dari buku cerita di atas. Saya tidak kesulitan mencari topik cerita karena buku ini memiliki 87 kisah. Banyak kan? Buku ini memang termasuk tebal bagi ukuran buku anak, 265 halaman. Akan tetapi saya senang punya persediaan cerita untuk mengenalkan sejarah Islam dan kebesaran Allah dengan bahasa yang mudah dipahami.

Memang usia Sid masih setahun dan belum bisa membaca namun kami telah mengenalkan buku sejak ia masih bayi. Saya sengaja meletakkan buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini di kasur supaya sering ia lihat dan buka. Ilustrasi pendukung yang menarik dan full-color membuat ia senang melihat isi buku ini.

Tidak hanya Sid dan saya yang suka. Keponakan-keponakan saya yang bersekolah di TK dan SD pun tertarik membaca kisah-kisah ajaib ini. Ukuran huruf yang sesuai serta cerita yang pendek (sekitar 3-4 halaman tiap judul) membuat mereka tidak bosan. Setelah membaca, kami pun melanjutkan dengan diskusi kecil membahas hikmah cerita tersebut. Isi buku ini juga bisa menjadi referensi menulis ceramah untuk tugas sekolah karena sarat akan pesan moral.

Sebagian cerita ini juga diambil dari Hadist maupun Shahibul Hikayat yang diturunkan secara turun-temurun. Di akhir buku ini pun ada daftar pustaka sumbernya. Jarang-jarang lho buku cerita anak disertai dengan daftar pustaka. Semakin menarik kan?

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya baru diluncurkan Mei 2016 lalu. Saya berkesempatan hadir dalam acara launching buku terbitan Qibla tersebut di Gramedia Matraman, Jakarta. Astri Damayanti, yang juga seorang blogger di www.parenting-indonesia.com, menulis buku ini dengan harapan bisa dipakai untuk acuan mengajar agama Islam. Selain itu ia berharap dapat berkontribusi mengatasi krisis pendidikan karakter di Indonesia
Astri Damayanti (kiri) melakukan riset mendalam untuk menulis #KisahHebatMuhammad

Saat saya posting kesan mengenai buku Kisah Hebat Nabi Muhammad di media sosial, beberapa teman tertarik. Ada pula seorang ibu muda yang bertanya mengenai waktu yang tepat untuk mengenalkan buku cerita ke anak. Berdasarkan pendapat pribadi dan pengetahuan yang saya pahami, kebiasaan membaca sebaiknya dikenalkan sejak usia dini. Dengan membaca bersama bayi pun dapat menstimulasi kemampuan bicaranya. Apalagi saat membaca disertai gerakan tubuh dan suara mengikuti lakon. Kita dituntut kreatif supaya anak tumbuh menjadi hebat. Selain itu orang tua dan anak pun semakin akrab. 

By the way, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kini sedang menggalakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program ini dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah, terutama kalangan pelajar. Sebagai orang tua, kita juga bisa menyukseskan program GLS ini dengan mengajak anak membaca buku setiap hari. Pas banget ada buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini. Kalau belum punya, beli lewat online saja.

 “Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com

Beli di sini aja

17 comments on "Mengajarkan Kebesaran Allah Melalui Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW"
  1. Buku ini bagus, penuh warna. Cocok buat anak2 utk mengenal Nabi.
    AKu dah beli buku ini dua minggu lalu tapi belum sempet baca hehe. Rencananya mau kubaca di kereta saat mudik nanti, lumayan membunuh waktu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mudik mbak. Asik tuh naik kereta sambil mendongeng ke anak supaya ga bosan.

      Delete
  2. buku bagus nih, aku juga lai nyari buku buat dongng anak2 yang ebrsumber dari kisah nabi wah pas banget deh..secara aku juga ga bisa ngedongeng. mba astri ya yang nulis, udah lama ga ketemu lai sama mba ini. nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya membantu banget jadi bahan mendongeng. Btw ini mba Astri komen di bawah, hihi..

      Delete
  3. Terima kasih atas reviewnya ... videonya keren ...... review yang hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih mbak penulis yang hebat juga. Bukunya keren!

      Delete
  4. cocok nih buat anak kecil yang suka dongeng bukunya bagus :)

    ReplyDelete
  5. Waaah jadi pengen punya juga buat ahza :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di Matahari Mall aja, gampang kan

      Delete
  6. Anakku juga seneng banget baca buku ini, diulang-ulang ga bosen.

    ReplyDelete
  7. Anak-anakku juga suka sama buku ini Mbak...langsung habis sekali baca malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik membaca sampai cepat selesai. Saya masih baca-baca ulang, mbak

      Delete
  8. Keren program membacakan cerita sejak dininya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sejak kecil harus dibiasakan.

      Delete
  9. Waah, cus ke MatahariMall online deh mau cari bukunya ;)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature