Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Koleksi Buku Bayi 1 Tahun Pertama Milik BabySID

Friday, May 27, 2016

Koleksi Buku Bayi 1 Tahun Pertama Milik BabySID. Kala itu bayi kecil kami yang belum genap 10 bulan baru saja terbangun. Hal pertama yang ia lakukan adalah merangkak ke pojok kasur dan mengambil buku cerita miliknya. Dengan mimik muka serius, ia membalik lembar demi lembar kisah teladan “Abdullah Bin Mas’ud yang Jujur”. Saya tentu terkejut dengan tingkah polah dia. Tak disangka ia begitu menyukai buku miliknya.

Seperti apa buku bayi yang tepat untuk tahun pertama si kecil?

Buku bayi sangat baik untuk merangsang kemampuan bicara dan menambah perbendaharaan kata. Ilustrasi dan cerita yang menarik dapat melatih daya imajinasi anak. Bayi pun bisa belajar mengenai warna, bentuk, alphabet, angka, dan lingkungan sekitar dengan menyenangkan. Meskipun belum bisa membaca, bayi dapat merekam informasi dengan baik karena masih dalam masa pertumbuhan emasnya. Jadi jangan khawatir tampak konyol saat membaca buku bersama bayi. Banyak manfaatnya lho!
Buku cerita, majalah, sampai paspor juga dibolak-balik
Saat memilih buku yang cocok untuk babySID, saya memilih buku yang bahannya aman untuknya dan tidak mudah robek. Kebayang kan bayi banyak tingkahnya dan rasa penasarannya tinggi. Bagaimana kalau bukunya terlalu berat dan jatuh menimpa dia? Atau ia robek-robek kertasnya? Mahal nak.
 
Ini buku-buku di tahun pertama babySID (usia 0-12 bulan):

1.       Seri Kisah Teladan
Buku kisah teladan sengaja saya beli bahkan ketika babySID belum bisa memegangnya. Saya ingin mengenalkan ia sedini mungkin dengan buku untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Ini buku yang paling sering kami baca (atau saya bacakan untuknya). Tiap seri memiliki pesan moral yang patut dicontoh anak. Tokoh utamanya seorang penggembala kambing yang memiliki sifat jujur. Mbeeek…Saya pun menirukan suara kambing saat bercerita. Saat sudah bisa duduk dan memegang buku, ia belajar membukanya sambil melihat ilustrasi menarik di buku itu. Bahannya dari karton tebal sehingga ia mudah membuka tiap halaman. Ujung-ujung bukunya tumpul, aman untuk bayi.

2.       Buku Bantal
Ada banyak seri buku bantal yang empuk ini. Kami memiliki beberapa seri namun kesukaan babySID adalah “Semua Ciptaan Allah SWT” karena banyak gambar hewan (yes, saya menirukan suara mereka). Di cerita tertentu ada bagian yang bisa dibuka atau ditarik untuk merangsang sensorik anak. Bahannya dari kain sehingga ringan, tidak mudah robek, dan aman dibawa ke kamar mandi. 
Saat usia 7 bulan dengan buku bantalnya
3.       Dongeng Kuliner Nusantara
Melihat perkembangan babySID yang bisa membolak-balik buku dengan baik dan tidak (atau jarang) merobek buku bacaan, saya pun memberinya buku cerita dengan kertas yang lebih tipis. Buku ini sebenarnya cocok untuk anak yang sudah bisa membaca karena ceritanya panjang tapi karena saya tertarik dengan sinopsinya, yaudah beli deh (jadi yang butuh siapa?). Dian Kristiani, sang penulis, pintar membingkai kuliner khas Indonesia menjadi sebuah dongeng yang imajinatif. Anak akan tertarik membaca sambil belajar ragam makanan dari daerah-daerah di Indonesia. Ini pengetahuan buat saya juga sih. Akan tetapi kertasnya mudah lepas saat saya membaca sambil menekuk buku ini. Sekarang menjadi lembaran-lembaran yang terpisah deh (gara-gara saya, bukan si bayi hahaha). Dengan membaca buku ini saya jadi punya referensi untuk mendongeng di depan keponakan.




Supaya makin seru membaca buku dengan bayi, saya membacakannya dengan lantang dan jelas sambil menunjuk kata demi kata serta gambar di buku. Ceritanya pun terkadang bisa saya tambahi sesuai imajinasi. Semakin antusias kita dalam membaca buku, bayi pun akan senang. Oh ya, buku-bukunya sengaja saya letakkan di kasur atau kotak mainan yang mudah ia jangkau supaya bisa ia ambil saat bermain. Dengan cara ini Alhamdulillah Sid memahami untuk tidak merusak buku-buku miliknya maupun milik orang tuanya.
Baca buku apalagi ya?
 Sekarang Sid sudah berusia setahun. Buku bacaan apa yang cocok untuknya? Ada rekomendasi?


8 comments on "Koleksi Buku Bayi 1 Tahun Pertama Milik BabySID"
  1. Wah menarik bgt ini Mbak. Saya sedang ngumpulin danan buat beli buku buat Kak Ghifa nih Mbak. Inginnya beli online karena toko buku di sini jauh bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian buku ini juga saya beli online. Harganya juga terjangkau.

      Delete
  2. wah bermacam yah jenis nya, kebetulan aku pakai Your Baby Can Learn buat anakku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru dengar ini. Langsung googling...

      Delete
  3. Saya biasa beliin anakku, majalah anak, suka ngliatin gambar2nya hehe. Mungkin Sid jg suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi teringat dulu baca Bobo, Donal Bebek, dll. Asik ya

      Delete
  4. Did kangen kamu...nanti baca buku bareng sama Fira ya

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature