8 Hadiah Istimewa yang Tepat untuk Anak 1 Tahun

Wednesday, October 18, 2017
Happy 1st birthday! Ulang tahun pertama anak menjadi momen yang ditunggu. Maunya membuat hal super spesial karena ini ultah pertama bayi kesayangan. Ada yang merayakan dengan pesta di rumah, restoran, atapun ballroom hotel. Wah benar-benar meriah!  Meski si bayi belum begitu paham, momen ini menjadi kenangan tak terlupakan yang diabadikan dalam foto maupun video.

memilih kado ulang tahun anak 1 tahun
Ulang tahun tak lengkap rasanya tanpa hadiah. Ini bagian yang saya sering bingung ketika ada undangan ulang tahun dari teman-teman SID. Maunya memberi sesuatu yang berguna (meski dari segi nilai rupiah tidak begitu wah). Yang penting bermanfaat untuk si bayi. Nah, supaya ga bingung lagi saya mencoba merangkum ide-ide hadiah yang tepat untuk anak usia 1 tahun. Beberapa ide hasil pengalaman sendiri dan saran dari teman-teman.

Sebelum memilih hadiah, saya mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan anak usia 1 tahun. Repot ga sih? Hihihi… ini kan demi hadiahnya tepat sasaran.


Perkembangan anak dapat dipantau dari kemampuan motorik kasar, motorik halus, bahasa/komunikasi, serta sosialisasi/kemandirian. Untuk anak usia 12-15 bulan, stimulasi perlu dilakukan untuk perkembangan kemampuan:

Motorik kasar:
Bermain bola, berjalan sendiri, menarik mainan, berjalan mundur, berjalan naik turun tangga, berjalan sambil berjinjit, menangkap dan melempar bola.

Motorik halus:
Memasukkan benda ke dalam wadah, bermain dengan mainan yang mengapung di air, menggambar, menyusun kubus, menyusun balok ke atas, memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah, memasukkan benda yang satu ke benda lainnya (mangkok kecil dimasukkan ke mangkok besar).

Bicara dan bahasa:
Berbicara, menjawab pertanyaan, menunjuk dan menyebutkan nama gambar-gambar, membuat suara (dari kaleng, kerincingan, memukul sendok, dsb), menyebutkan nama bagian tubuh, merangkai dua kata.

Sosialisasi dan kemandirian:
Memberi rasa aman dan kasih sayang, mengayun, menina-bobokkan, permainan cilukba, permainan bersosialisasi, menirukan pekerjaan rumah tangga, melepas pakaian, makan sendiri, merawat boneka, pergi ke tempat umum.


Melihat target kemampuan di atas maka inilah hadiah yang cocok untuk stimulasi anak usia 1 tahun:

1. Buku
Mengenalkan buku pada bayi bisa dilakukan sedini mungkin. Buku bayi semakin mudah didapat, dari harga puluhan ribu hingga paket jutaan rupiah. Yang perlu diperhatikan yaitu jenis bukunya. Buku yang cocok seperti buku bantal yang tidak mudah disobek dan aman terkena air, board book yang tebal, atau busy book dengan ragam permainan di dalamnya. Untuk busy book perhatikan bagian-bagian kecil yang mudah dilepas-pasang karena usia setahun masih penasaran ingin memasukkan benda ke mulut.



Pilih buku dengan gambar dan tulisan sederhana. Buku kosakata, flash card, atau poster juga baik untuk meningkatkan kosakata anak. Usahakan gambar di buku atau kartu tersebut merupakan gambar nyata karena metode belajar anak usia dini adalah metode konkrit dimana mereka percaya dengan apa yang mereka lihat sebagai suatu yang benar dan wajar.


2. Boneka
Siapa sih yang ga suka boneka? Saya aja mau boneka beruang guedeee yang hug-able. Hohoho. Lewat boneka, orang tua bisa mengajarkan sosialisasi dan kemandirian pada anak. Misalnya nih memakaikan popok dan pakaian ke boneka, bercerita, pura-pura menyuapi boneka, dsb. Anak bakal menirukan juga lho. Berhubung anak saya laki-laki, ia tidak terlalu nempel dengan boneka miliknya. Ya palingan dijejer terus diajak makan bersama. Kalau melihat para tetangga yang memiliki anak perempuan rata-rata tiap keluar rumah selalu membawa boneka.

3. Pushcart atau Baby Walker


Usia setahun umumnya anak mulai belajar jalan, bahkan ada yang sudah lancar berjalan sebelum setahun. Hadiah pushcart atau baby walker cocok melatih anak untuk belajar jalan. Bentuk hadiahnya seperti trolley kecil berisi barang belanjaan atau semacam Fisher Price Lion Walker dengan mainan yang bisa dibuka-tutup, dipencet, mengeluarkan suara di bagian depan. Mainan seperti ini jadi idola dikalangan bayi-bayi di taman. Setiap ada yang membawa lion walker, para bayi langsung berkumpul dan sibuk bermain dengan berbagai fitur di bagian depan. Harga alat bantu jalan bayi seperti ini berkisar antara 350ribu-450ribu rupiah.

4. Perlengkapan Berenang


Beraktivitas di air sangat menyenangkan untuk bayi dan anak. Kado berupa baju renang, pelampung, atau mainan yang mengapung di air (bola warna-warni, bebek karet, dsb) bisa menjadi pilihan.

5. Sepeda Roda Tiga


Tricycle atau sepeda roda tiga dapat menjadi alternatif hadiah bagi anak usia satu tahun. Pilih sepeda yang kuat dan tidak mudah roboh supaya anak dapat berpegangan dengan aman. Saya kurang menyukai sepeda roda tiga dengan roda plastik. Bahan roda seperti ini membuat sepeda licin dan rawan terguling.

6. Balok Kayu


Di usia 1-2 tahun anak mulai belajar menyusun menara tinggi. Ia mencari cara agar menara tersebut tidak roboh. Lama kelamaan anak akan menyusun balok secara horizontal sampai panjang seperti kereta. Untuk itu mainan balok kayu termasuk hadiah yang paling awet karena sampai besar pun masih bisa dimainkan.

7. Perlengkapan Makan


Anak usia setahun biasanya mulai picky eater. Awal MP-ASI ia lahap makan segala menu yang disuapkan ibu tetapi makin besar makin pilih-pilih. Supaya ibunya ga stress menghadapi Gerakan Tutup Mulut (GTM), hadiah berupa perlengkapan makan dapat membuat anak tertarik makan. Perlengkapan ini tak hanya berupa piring, gelas, dan alat makan tetapi juga bisa alat pencetak makanan seperti untuk membuat bento. Perlengkapan ini bisa berfungsi sebagai pembelajaran untuk makan sendiri maupun alat bermain masak-masakan.

8. Pakaian


Sepertinya ini kado paling standar ya tapi gampang didapat. Anak usia setahun biasanya sudah memiliki idola atau karakter tokoh yang ia sukai. Pakaian, sepatu, atau aksesoris dengan karakter tokoh favoritnya akan menjadi kado spesial. Tantangannya adalah memberi ukuran pakaian yang tepat, jangan sampai kekecilan. Kalau sedikit kebesaran masih bisa disimpan untuk beberapa bulan lagi.


Itulah beberapa ide hadiah yang cocok untuk anak usia 1 tahun. Hadiah bisa disesuaikan dengan karakter anak dan tentunya budget. Pilah-pilih terlebih dahulu di toko online perlengkapan baby supaya lebih mudah membandingkan harga antara satu barang dengan barang lain. Kalau udah cocok, langsung deh eksekusi kirim ke rumah saya *eh. By the way, biasanya memberikan hadiah apa untuk anak usia setahun?


Referensi: Kementrian Kesehatan RI, 2013, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.

Sumber foto: Tokopedia dan Unsplash
6 comments on "8 Hadiah Istimewa yang Tepat untuk Anak 1 Tahun"
  1. buku dan puzzle balok selalu jadi andalanku buat kasih hadiah anak 1 tahun mba :)

    ReplyDelete
  2. Nah perlengkapan renang!!
    AkuUjuga suka pilih itu buat kado .
    Ban2 lumayan murah dna bermanfaat

    ReplyDelete
  3. buku ya, aku suka , anak segitu hrs ada gambar yang berwarna dan lucu2

    ReplyDelete
  4. Wah pas banget anakku bentar lagi 1 tahun jadi ada referensi nih buat ngasih kado apa

    ReplyDelete
  5. Ide buat ngadoin nak temen yg ultah ini mah. Makasih ide idenya. Emang suka bingung mo ngasi apaan

    ReplyDelete
  6. balok kayu tuh bagus banget buat mainan anak. anak jadi kreatif sekali

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature