Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Lolos Google AdSense a la Helenamantra

Sunday, September 10, 2017
Mendapatkan penghasilan dari Google AdSense menjadi impian saya sejak monetizing blog. Kata para tetangga, AdSense dapat mendatangkan uang puluhan juta (bukan ngepet). Katanya tinggal duduk manis, uang datang sendiri (eh kok serem ya). Meski (Alhamdulillah) selama ini rezeki buat beli popok mengalir dari berbagai job review, rasanya kurang keren gitu blog Helenamantra.com tanpa dihiasi AdSense.

Tapi…udah bolak-balik daftar AdSense sampai pelan-pelan baca aturannya supaya ga terlewat, masih aja permohonan saya ditolak. Sampai suatu saat Mbah Google mengirim surat cinta dengan tulisan Selamat! tertulis dalam ukuran besar di awal pos-el. Seketika hati bersorak riang menyadari permohonan Google AdSense saya akhirnya diterima!

Selamat! dapat surat cinta dari Google AdSense

FYI, Google AdSense adalah cara paling mudah mendapatkan penghasilan dari Google. Bakal ada iklan yang tayang di website/blog yang telah memasang AdSense. Dari iklan tersebut, pemilik website/blog bisa mendapat penghasilan.

Iklan yang tayang menyesuaikan dengan perilaku berselancar di dunia maya masing-masing pembaca. Buat saya yang demen browsing tentang kesehatan, seringnya muncul iklan obat dan produk perawatan anak. Kalau suka browsing yang aneh-aneh ya bisa saja munculnya iklan yang... (isi sendiri).

Cara mendaftar Google AdSense untuk Blogger atau Blogspot

Langkah mendaftar AdSense itu gampil surampil, yaitu:
1. Masuk ke dashboard Blogger.com
Kalau sudah menggunakan menu berbahasa Inggris, langsung ke nomer 3. Apabila masih menggunakan menu dalam bahasa Indonesia, lihat nomer 2.
2. Di sidebar klik menu "Setelan" kemudian klik "Setelan bahasa dan pemformatan". Ubah bahasa ke bahasa Inggris (Amerika atau Inggris) kemudian refresh atau reload.
3. Di sidebar klik menu “Earnings”
4. Klik “Sign up for AdSense”
5. Pilih akun Google yang akan didaftarkan
6. Isi informasi akun Blogger yang akan dipasang AdSense yaitu alamat blog dan bahasa konten
7. Isi informasi kontak di bagian “Your information” dengan lengkap, jelas, dan sebenar-benarnya.
8. Setia menanti balasan Mbah Google.

Pertama kali apply AdSense ketika blog ini sudah TLD alias menjadi dot com selama 3 bulan. Saya pikir ini waktu yang tepat karena blog sudah keren dengan nama sendiri, bukan domain gratisan. Baru saja apply kok sudah muncul iklan di blog Helenamantra.com? Wah, secepat ini kah approval oleh Google? Ternyata itu hanya semu. Esoknya iklan itu hilang dan muncul pemberitahuan bahwa permohonan sedang diteliti. Dalam waktu sekitar 3 hari datang lagi pos-el masuk. Ditolak!

Rasanya perih ditolak Google. Apa saya salah pengaturan? Petunjuk pemasangan AdSense ini kurang saya pahami karena dalam Bahasa Inggris. Ketika diartikan ke Bahasa Indonesia lebih mbulet lagi.

Namun saya tak patah semangat. Selang beberapa hari saya apply lagi. Ah, Google salah kali. Semoga yang ini diterima. Beberapa hari kemudian datang balasan yang sama dengan alasan yang sama. Ditolak lagi!

Saya sempat menunjukkan e-mail penolakan dari Google pada Mbak Shinta Ries, founder Blogger Perempuan Network. Ia berkata itu artinya konten di blog ini masih kurang berkualitas, kurang dipercaya Google. Ok, noted.


Seiring berjalannya waktu, saya mulai melupakan impian memiliki AdSense. Legowo saja...

Sampai suatu saat saya membaca status di Facebook entah siapa bahwa permohonan AdSense sekarang lebih mudah diterima. Timbullah keingintahuan saya untuk membuktikannya. Ah, siapa tahu jodoh. Saya pun langsung apply Google AdSense untuk yang kesekian kali.

Sambil menunggu balasan dari Google, saya membaca tips dari berbagai blog supaya diterima AdSense. Sebagian besar mengatakan bahwa minimum pageview perbulan 10.000. Membaca ini membuat nyali saya ciut. Blog ini masih bau kencur, pageview belum sampai segini banyak. Ikhlas aja lah kalau ditolak lagi.


Seminggu, dua minggu, kok tidak ada pos-el balasan ya? Oh mungkin sekarang yang ditolak ga pakai dikirim pos-el. Google mungkin lelah menolakku berkali-kali.

Lalu di saat saya tidak lagi berharap, datanglah pos-el yang menyatakan bahwa Google AdSense saya telah aktif. Yippie yay! Bener lho ketika membuka homepage Helenamantra.com langsung muncul iklannya di beberapa tempat. Well, saya ga ngerti cara memindahkannya. Hahaha…

Itu tuh AdSense udah muncul di artikel

Alhamdulillah… ini keajaiban alam! Apakah ini artinya konten di blog saya lebih baik dan bisa dipercaya Google? Apa mungkin karena sebagian artikel telah terindeks Google? Padahal pageview blog ini masih seuprit. Aih…memang ini masih tanda tanya. Namun, secara garis besar bisa dicoba tips berikut supaya permohonan Google AdSense-mu diterima:

1. Domain berbayar (Top Level Domain) kemungkinan lebih diterima dibanding yang gratis.
2. Isi blog dengan artikel yang bermanfaat. Kalaupun ga dapat AdSense, artikelmu bisa menjadi ladang amal yang membantu para pembaca menyelesaikan masalahnya.
3. Aktif nge-blog dengan konsisten menulis artikel.
4. Bagi artikel ke media sosial supaya semakin banyak yang membaca dan meningkatkan pageview. Ketahui waktu tayang ideal yang ditulis lengkap oleh Mba Rosanna Simanjuntak di "Begini Cara Mengetahui Waktu Tayang Ideal Publish Posting Blog".
5. Rajin blogwalking (BW) dan berdoa supaya ada yang balik BW. Jangan lupa meninggalkan komentar dengan mengisi name/url. Cara ini juga untuk meningkatkan DA/PA.
6. Buat blog sampingan untuk memberi backlink ke blog utama. Semakin banyak blog lain yang mencantumkan backlink blogmu berarti blogmu makin terpercaya di mata Google. Tapi jangan spamming juga sih.
7. Bersabarlah karena sabar itu membuat awet muda (baca: tips awet muda). Merawat blog itu membutuhkan proses. Ga bisa lahir langsung gede. Step by step uh baby…
8. Ikhlas menerima jawaban dari Google dan terus berusaha!


Itu dia tips lolos Google Adsense a la Helenamantra. Kalau ditolak, ga boleh baper. Dibawa happy aja sambil cari peluang yang lain. Penghasilan blogger kan ga hanya dari AdSense. Konon katanya pendapatan AdSense untuk blog berbahasa Indonesia tergolong kecil dibanding blog dalam Bahasa Inggris. Selamat mencoba!


[UPDATE 16/9: Alhamdulillah ada komentar yang menjelaskan tentang pendapatan dari AdSense. Makin tercerahkan setelah baca komentar dari Mas Yuusroon berikut ini:

"Well, setahu saya yang mempengaruhi pendapatan itu jumlah klik dan harga biaya per klik nya (CPC / Cost Per Click).

Umumnya kalo visitor datang dari Indonesia, biaya per klik nya rendah. Ga kayak negara lain terutama US dan Kanada yang biaya per satu klik nya bisa beberapa dollar. Kalo indonesia, yaa nol koma sekian atau malah nol koma nol sekian.

Berhubung udah ketrima adsense, mending sekarang berusaha gimana cara naikin pengunjung. Biasanya blog-blog yg kontennya berupa tutorial itu yang visitornya cepet naik dan akan selalu naik.

Kenapa mending naikin pengunjung? Karna makin banyak pengunjung, makin tinggi kesempatan kita buat dapet banyak klik iklan. Yang pasti jangan sampai ngekliknya disengaja atau malah di klik sendiri iklannya hehe #Pelanggaran #BisaDibanned

Misal biaya per klik 0,1 dollar trus sehari dapet 60 klik, total sehari dapet 6 dollar trus sebulan jadi 180 dollar, di kurs'in ke rupiah udah hampir 2,4 juta. Lumayan."]

136 comments on "Tips Lolos Google AdSense a la Helenamantra"
  1. Asiiik... noted banget! Aku blom pernah nyoba AdSense dan belom kepikiran alias lupa haha. Jadi pengen nyoba mak setelah melihat perjuangan mu mak yang ditolak sampai lebih dari sekali gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Tuty blognya udah hitzzz, makin hitzzz dong kalau ada AdSense

      Delete
  2. Aku nyoba dulu gagal, ga tahu kenapa padahah PV perbulan 30 ribuan. Belum nyoba lagi, tapi baca ini jadi semangat, makasih Helen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaaa PV mbak tinggi sekali itupun bisa ditolak? Apalah aku yang receh ini

      Delete
  3. Alhamdulillah yah mbak.
    Betewe..aneweei...blog saya masih seujung kukunya blog mbak, nah yang segini kecenya saja berkali-kali ditolak apalagi blog saya, secara saya kan masih baru dalam dunia perblogan hihi..selamat ya sayang. Semoga makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... Terus perbaiki konten dan apply AdSense yaa

      Delete
  4. Alhamdulillah yah mbak.
    Betewe..aneweei...blog saya masih seujung kukunya blog mbak, nah yang segini kecenya saja berkali-kali ditolak apalagi blog saya, secara saya kan masih baru dalam dunia perblogan hihi..selamat ya sayang. Semoga makin sukses

    ReplyDelete
  5. Pengeeeeen, blog saya msh blm keluar nih iklannya...

    ReplyDelete
  6. Gara2 baca tulisan.mbak in saya jadi pengen aju GA lagi, padahal udah lama saya lupakan harapan in. Ditolak mulu sayanya.... Btw selamat ya mbak... Says mau coba lagi

    ReplyDelete
  7. Wow alhamdulillah, akhirnya perjuannya berbuah manis ya Mba Helena...Keren euy!
    Noted ini, ntr kalau udah siap bolehlah tips jitunya dipraktekin sama aku hihihi.
    Btw Thanks buat infonya ya :)

    ReplyDelete
  8. saya baru aja ditolak si Mbah, rasanya pedih mbak T.T apa karena blog saya beauty ya?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh apa hubungannya? Boleh aja kok beauty. Nanti coba lagi, mba

      Delete
  9. Kudu banyak belajar lagi saya, Mb. TLD aja baru paham di postingan Mb Helena ini *sambil menyemangati diri ini buat semangat belajar terus *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun mbulet belajar domain hosting. Step by step aja mba

      Delete
  10. Iya nih, saya belum lolos AdSense nih. Thanks buat sharing-nya, mbak Helena.

    ReplyDelete
  11. Mbak akupun sering ditolak google, makanya belum berani apply lagi. Sedih kalo ditolaknya hehe..Blogku masih seuprit banget pageviewnya mbak..konten juga biasa aja, kayaknya emang harus diperbaiki dulu ya? hehe..Thx for sharing mbak :)

    ReplyDelete
  12. Nyoba sekali, ditolak, dan lupa buat nyoba lagi :D
    Dulu nyoba daftar pas lagi macet di jalan, daripada bengong di angkot. Ntar coba lagi daftar dari rumah deh. Kali dulu ditolak karena ngedaftarnya dari angkot #apasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha enak sih nyalahin angkot yang berlalu

      Delete
  13. Waah makasiih mba Len tips2nya.. Aku belum pernah nyoba AdSense, duh euy tapi pv-ku juga masih sauprit.. Btw mba Len itu daftarnya bahasa Indonesia apa Inggris ya mba?

    ReplyDelete
  14. Saya beberapa minggu yang lalu daftar adsense tapi di banned mba.
    Duh bisa daftar lagi nggak ya mba?

    ReplyDelete
  15. Wah, selamat Mama Sid. Konten Mbak Helena udah kece, panteslah kalau di approve. Jadi PR juga buat diriku untuk segera menghasilkan konten yang yahud! TFS ya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih Mba Helena Tipsnya, saya coba juga akh pasang, kali saja berjodoh. Aamiin :)

    ReplyDelete
  17. Selamat ya mbak, pas aku buka artikel ini iklan yang muncul di atas adalah iklan "menjadi mitra grabcar". Hahaha.
    Duh kapan ya ngedaftar adsenss...? *daydreaming

    ReplyDelete
  18. Aku coba akh, pengen juga, ajarkan aku sukses seperti Kak Helen dong...

    ReplyDelete
  19. wele wele saya perlu kudu coba ni mba. saya pemula juga salam kenal mba

    ReplyDelete
  20. Tinggal susah cari kliknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dibawa happy aja. Kalau iklannya menggoda, ada aja yang ngeklik

      Delete
  21. Yeee selamat mba... ikutan senang... sekarang PR besarnya datangin trafick... semangat terusss

    ReplyDelete
  22. Aku juga ditolak berkali-kali sama Google. Sedih. Belum nyoba lagi sih, lagi berbenah blog dulu sebelum apply. Tapi pas baca ini, jadi semangat lagi. Semoga diterima Google. :D

    ReplyDelete
  23. Selamat bu, tipsnya saya akan coba semoga saya juga berhasil di terima google

    ReplyDelete
  24. wuihhhh selamat mak helena, tipsnya bisa dicoba nih

    sebelum kenal blog, pernah denger soal adsense, pay per click dll ... dulu blm tertarik karena blm ada blog,sekarang kayaknya bisa daftar dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya akupun pernah dengar tapi ga paham. Ini jadi belajar lagi

      Delete
  25. Hmm tergantung sering browsing apa ya? Hmm hmm ...

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah selamat mbak
    tipsnya juga kena banget
    konten yang utama
    dapet adsense buatku kayak akreditasi blog aja
    selain dapet pemasukan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya akreditasi macem ditengok oleh Google. Yup, ngeblog memang konten yang utama

      Delete
  27. Wah selamat yah mbak.
    Saya sudah pernah sekali ditolak dan dibilang teman untuk diperbaiki content nya.
    Nah,nanti saya mw coba dftr lagi dengan akun yg berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya apply dengan akun yang sama berkali-kali. Sambil santai aja nambah konten di sini

      Delete
  28. Aku malah ampe sekarang belum mau daftar adsense hehe

    ReplyDelete
  29. Aku adsense ku dari jaman kapan , script iklannya dah dipasang tapi gak nongol juga iklannya
    Jadi selama ini pendapatan adsense ku dari youtube sajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ya beberapa juga heran dengan iklan yang ga nongol.

      Delete
  30. aku udah daftar bolak balik tapi ditolak teruuss, syedihhhh :((

    ReplyDelete
  31. Langsung catet, biar pas action langsung acc hehe #ngarep

    ReplyDelete
  32. Wahhhh asik! Bakal nambah jalan untuk isi dompet deh. Aku belum ngulik google adsense. Padahal dulu bilang ke diri sendiri, usia blog 6 bulan mau coba ah. Eh sampai udah mau 2 tahun masih blom juga. hehehehe
    Mau pelajari ah untuk wordpress gimana caranya.

    ReplyDelete
  33. Pernah nyoba dan gagal, terus belom nyoba lagi... Jadi pengen nyoba lagi...

    ReplyDelete
  34. Selamat mbak..saya baru aja daftar minggu kemarin dan hasilnya...DITOLAK!!
    Saya cek blog saya masih ada Beta gitu..kenapa tu ya mbak??gak ngerti saya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beta berarti belum fix ya. Santai aja mba, bulan depan coba lagi.

      Delete
  35. Weeehhh selamat ya mb Helena...keren deh. Aku belum pede nih. Kapan2 mau coba ah pasang..siapa tau dikabulkan mbah google hehehe

    ReplyDelete
  36. Nah beramal itu tidak hanya dengan ikhlas bw kalau tidak di bw balik, ya. Tapi bisa juga dengan bantu klik iklan di blog orang...
    Meski jujur suka ilfil kalau ada iklan yang bikin kesel ga bisa konsentrasi baca...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya iklan di tengah artikel sih. Hehehe.

      Delete
  37. Selamat atas akun adsensenya...

    Dulu aku juga sempat ditolak mulu.

    *oh iya diakhir postingan mb helena ada kalimat minta pengunjung klik iklan, hal ini sebenarnya dilarang mb dlm aturan google adsense.

    Salam kenal,

    ReplyDelete
  38. Tertarik juga, tapi maju mundur deh kalau harus daftar adsense. Udah pesimis duluan 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  39. Klo pake wordpress gmn?

    Menu yg diklik apa?

    ReplyDelete
  40. selanjutnya tunggu kiriman kode aktivasi jika sudah ada koin-koin dollar yang masuk mbak :) sukses yaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya. Perlu belajar memahami AdSense. terima kasih

      Delete
  41. Aku pernah berselancar di salah satu blogger yang menurut aku kece. Tapi sayangnya waktu aku buka lewat PC, adsense nya aktif dan ternyata agak vulgar.
    Tentang memperbesar kelamin.

    Kan aku jadi ilfeel dan trauma main ke blognya doi.

    Atau kalo mau bewe, lebih milih pake HP aja...adsense nya gak kluar.

    Jadi sebenarnya adsense itu bisa milih gak?
    Yang baik-baik aja gittuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. Iya ya risih. Bisa diset kok mau pilih iklan apa aja. Sekarang di blog ini udah diset yang begituan ga muncul.

      Delete
  42. kadang bete sama iklan eeh ternyata kebetean mendatangkan rejeki.okelah ku mau ikutan..

    ReplyDelete
  43. Ahaa.. aku paling demen kalo dah nerima hasil PO nya Mak , hmm sesuatu..


    ReplyDelete
  44. Makasih tipsnya. Ga gitu tertarik sih awalnya adsense. Tapi baca tipsnya mbak jadi tertarik hehehe

    Selamat yaa :)

    ReplyDelete
  45. Mantap nih.. sedih bener klo ditolak

    ReplyDelete
  46. Selamat ya....dulu nyoba berkali-kali tapi ditolak melulu sampai ganti hosting akhirnya ga pernah nyoba hehehe apalagi skrg bligna layak blog baru gara2 permasalahan kemarin ����

    ReplyDelete
  47. Inspiratif kak..
    selamat sudah d approve..

    ReplyDelete
  48. Wiiih mantaps surantaps mba... Aku juga mau cobaaa.. Doakan aku yaaa. Heheheh

    ReplyDelete
  49. Wah, selamat ya, Mbak Helena. Saya jadi pengen juga nih nyoba adsense, apalagi langkah-langkahnya udah Mbak ulas lengkap dalam tulisan ini. Kamu baek banget sih, Mbak. Makasi banyak yaaa.

    ReplyDelete
  50. Wah keren banget infonya. Jadi terinspirasi buat nyoba. Thanks banget Helena. Salam kenal dari Bandung.

    ReplyDelete
  51. aku mupeng jg mba. tp blogku masih apalah apalah hihi..

    btw kita bs memfilter iklannya ga mb? kadang kan suka aneh2.. yg ga banget klo ada iklan *dewasa*nya heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa difilter. Ini udah diset, semoga beneran aman ya iklannya.

      Delete
  52. selamat ya mbaak, sekarang tinggal belajar bagaimana mengoptimalkannya hehe. Baca-baca tutorial itu yang kulakukan

    ReplyDelete
  53. Makasih Mbak tips nya mau coba juga akh moga beruntung

    ReplyDelete
  54. Wah selamat ya mba. Aq jadi pengen jga. Hihihi. Mba minta kritik dan sarannya ya ttg blog aq. Maklum masih pemula. Jadi msh banyak PR nya nih. Tapi klo mba lagi santai aja ya 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba...isi blogmu itu bagusss lho. Aku suka blog walking dari satu artikel ke artikel lain di blogmu.

      Delete
  55. Waahh... Selamat mba. Aq masih dlm antrian kata mbah googlenya. Moga segera approve jugaaa

    ReplyDelete
  56. "Konon katanya pendapatan Adsense untuk blog berbahasa Indonesia tergolong kecil dibanding blog dalam Bahasa Inggris".

    Well, setahu saya yang mempengaruhi pendapatan itu jumlah klik dan harga biaya per klik nya (CPC / Cost Per Click).

    Umumnya kalo visitor datang dari Indonesia, biaya per klik nya rendah. Ga kayak negara lain terutama US dan Kanada yang biaya per satu klik nya bisa beberapa dollar. Kalo indonesia, yaa nol koma sekian atau malah nol koma nol sekian.

    Berhubung udah ketrima adsense, mending sekarang berusaha gimana cara naikin pengunjung. Biasanya blog-blog yg kontennya berupa tutorial itu yang visitornya cepet naik dan akan selalu naik.

    Kenapa mending naikin pengunjung? Karna makin banyak pengunjung, makin tinggi kesempatan kita buat dapet banyak klik iklan. Yang pasti jangan sampai ngekliknya disengaja atau malah di klik sendiri iklannya hehe #Pelanggaran #BisaDibanned

    Misal biaya per klik 0,1 dollar trus sehari dapet 60 klik, total sehari dapet 6 dollar trus sebulan jadi 180 dollar, di kurs'in ke rupiah udah hampir 2,4 juta. Lumayan.

    Ngomong2 selamat atas diterimanya adsense mbak :) Maaf baru dateng ngomong macem2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Yuusroon, terima kasih penjelasannya. Ku update ke artikel yaa.

      Delete
  57. aku juga dapet dan yg kedua nilainya dilebihin dari sebelumnya

    ReplyDelete
  58. waah selamat mbaa, aku dari masih blogspot udah lolos adsense..eh ganti domain.com ngulang lagi dari awal daftar baru, alhamdulillah lolos juga, entah lah apa itu penilaiannya padahal blognya icikiwir banget..

    ReplyDelete
  59. kemarin saya baru coba-coba ya ditolak adsense, coba lagi lain kali ahhhh

    ReplyDelete
  60. makasi mba , aku langsung praktek. Sempat di tolak, baca ini jadi semangat lagi

    ReplyDelete
  61. Tengkyu ulasan cara dapat adsense-nya.
    Aku wes lama gak nyoba lagi semenjak ditolak dulu hahaha.
    Ntr coba2 lagi ah :D

    ReplyDelete
  62. Aku juga dah dua kali gaagal dan selalu ditolak..gak ngerti hahaha..kayaknya ada konten yg copas karena dlu punya 2 blog yg isinya sama..mau ngapus yg satunya lagi tapi lupa password haha..nasib ya nasib

    ReplyDelete
  63. Aku juga 2 kali ditolak mak, huhuhu mau coba lagi tapi nanti-nanti dulu deh

    ReplyDelete
  64. nice info, bagus buat pemula yang masih coba coba daftar adsense

    ReplyDelete
  65. Mbak Helenaaaa, artikelnya bermanfaat banget. Aku barusan coba tips dengan ganti bahasa blog-ku. Heran juga, kayaknya dulu pas bikin pake bahasa Inggris, tapi setiap kali buka setting, bahasa Indonesia. Nah, akupun barusan ubah lagi. Reload, tapi tetep bahasa Indonesia :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin nimbrung ya Helena di thread ini, aku tadi coba ganti setelan bahasa, sudah klik yang Inggris-Amerika. Eh taunya bahasa di dashboard-nya tetep Bahasa Indonesia..

      Mungkin maksudnya menu "Setelan Pengguna" ya?
      Masuk Menu "Setelan" scroll ke menu "Setelan Pengguna" terus pilih bahasa Inggris. jadi bukan masuk ke menu "Bahasa dan pemformatan"
      mohon koreksinya, makasih ya

      Delete
    2. wah iya kali ya soalnya dashboardku pakai English. Bingung deh diartikan ke Indonesia.

      Delete
  66. selamat mbak Helena, keren nggak kenal putus asa, akhirnya diapprove

    ReplyDelete
  67. alhamdullilah mba, ane berhasil....berhasil....hore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay mpo cepat banget lho disetujui. Selamat yaa

      Delete
  68. Belum pernah coba ngajuin adsense sih secara blog aku ini baru jalan 6 bln. Belum pede. Tp tipsnya berguna bgt. Pwngen coba juga sih nantinya

    ReplyDelete
  69. Saya juga ditolak melulu sama Google, tapi baca postingan ini jadi semangat dan mau nyoba lagi

    ReplyDelete
  70. aku bookmark dulu ni kak,. one day kalau blognya sudah siap diisi iklan akan aku apply :*

    ReplyDelete
  71. bener mbak, butuh kesabaran. saya dari 2011 daftar, baru lolos verifikasi Agustus lalu
    rasanya, kayak orang pedekate terus diterima #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih lama juga ya. Alhamdulillah surat cinta diterima

      Delete
  72. nice info mbak :) mau saya coba

    www.sweetofamalia.com

    ReplyDelete
  73. Horeee ....
    Selamaat ya mba Helena. Aku pengen mencoba juga. Sapa tau berhasil. Makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  74. Hai Mba Helena, dulu saya juga sempat diterima sama Google Adsense, tapi sekarang malah habis di disapproved karena nggak pernah diurus dan nggak ngerti suruh ngapain gitu selama 30 hari tapi nggak saya kerjain..

    Habis ini harus daftar dan berusaha lagi biar bisa dihiasi iklan kyak blog mba helena. Harus emangat lagi demi pundi pundi dolar dari Google (bukan ngepet) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya bukan ngepet. Google sekarang cari blog yang lebih ngurus konten lho

      Delete
  75. saya sudah mengalami dan rasa nya emang gak enak. tapi begitu diterima kok perasaan kecil ya hehehe.

    gak sebanding sama perjuangan ketika mau daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ada tipe yang ngurus blog buat ngadsense. Yang ini hasilnya oke

      Delete
  76. sedang merawat anak (blog) dan menyesuaikan konten supaya bernilai dan dilirik google adsense :D terimakasih tipsnyaaa ibuu :)

    ReplyDelete
  77. Kereeenn...selamat ya Helena.. Aku ga kepikiran bakal apply Google AdSense. Ga pede sih hihi, tapi jadi nyoba apply deh abis baca postingan ini. Makasi banyak sharingnya. Oya klo cepet ato lambatnya loading blog kita ngaruh ga sama diterima ato nggaknya? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku kurang tahu tentang speed seperti itu tapi sebagai pembaca kita lebih suka blog yang speednya cepat kan.

      Delete
  78. Aku belum berani nyoba adsense, secara pv masih kecil, blog gado-gado. Nggak pede. Tapi tipsnya bermanfaat banget, mbak. Aku lagi berusaha naikin jumlah pengunjung nih :) moga setelah ini bisa segera daftar adsense. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai
      jangan berkecil hatii kak!
      Blogku juga gado-gado dan menggunakan domain gratisan dari blogspot, tapi puji Tuhan keterimaaa
      jadi coba saja kak!

      Delete
  79. Sejak pertama kali ngeblog dari tahun 2012 belum pernah pakai adsense. Hanya pernah ikut program ppc, per klik dapat 1 us dollar. Waktu itu dapat dikit banget udah senang. Tapi akhirnya capek juga karena kelamaan. Trus saya pindah affiliate marketing CPA, sekali dapet 25 sampai 45 us dollar. Klik yang diperlukan tidak terlalu banyak, yang penting tertarget dan orangnya mau beli/action.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CPA apa ya Mbak? penghasilannya gede juga tuh perklik.

      Delete
  80. Hahahaha finally yaaa, sebaiknya memang diterima dengan cara yang baik dan benar *halagh

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaaa terima kasih lho mbak saranmu yang mengingatkan untuk perbaiki konten membuat semangat ngeblog.

      Delete
  81. Bermanfaat banget nih mbak infonya.. Soalnya lagi mempertimbangkan untuk daftar AdSense... ^^

    ReplyDelete
  82. Selamat ya Mbak, kalo blog Keluarga Biru dulu pernah ditolak trus saya jadi ngambek. Lalu tertarik joinan pake GA milik temen dengan sistem bagi hasil. Nah sekarang mau ngajauin lagi agak males karena rempong harus hapus2in kode GA milik temen yang sudah kadung nyebar di beberapa artikel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini nih yang repot pake sharing Adsense. Aku tak mengerti yang begini.

      Delete
  83. waaah aku juga sebulan yang lalu daftar AdSense dan sempat ditolak sekali, trus aku daftar lagi karena menurutku, blogku sudah memenuhi alasan mengapa Google menolakku. Puji Tuhan keterima! Seneng bangeett >.<
    oia, satu info lagi, dapet uangnya ga cuma dari klik kok. tapi dari view juga sudah dapat, tapi memang tidak sebesar kalau diklik iklannya

    ReplyDelete
  84. Selamat mbak.... Belum nyampe saya kalau yang gini-gini mbak.. hahaha

    ReplyDelete
  85. "Penyampaiannnya sangat menariiiik
    ....
    Harus banyak belajar. Ada gak mam, tips nambah viewer blog kita agar banyak yang baca blog kita? 😯

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm apa ya buat tulisan yang banyak dicari orang. Yang bermanfaat bagi pembaca lalu share ke media sosial maupun tetangga :D

      Delete
  86. Mbak. Aku juga ditolak.. Apa karena pake gratisan ya... Bisa gak ya blog yang baru menetas ini jadi berbayar? Tanpa harus bikin baru lagi? Hiks...

    ReplyDelete
  87. Noted banget ini... Terimakasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  88. Assalamualaikum Mbak Helena. Thanks for sharing. Aku lagi start up google adsense. Doakan aku mbak semoga aku berhasil. Aku sangat terinspirasi dengan tulisan mu ini mbak. Bahwa segala sesuatu yang tertunda memang belum saat nya. Dengan mental yang kuat terus mencoba lagi dan lagi itu yang membuat aku geregetan dan makin terbakar semangat nya. Oh ya please visit me yah Mbak... www.opirahmita.com. thanks and wassalam.

    ReplyDelete
  89. Ku dlu waktu masih blogspot.com dpet email dr adsense bisa pasang iklab. Eh pas ganti .com ilang dia ... ��. Brrti ku coba layangkan lamaran kaya yg mba bilang itu kali ya ... makasi mba infonya ....

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,