Polusi Bikin Rambut Rontok! #KuatLawanPolusi dengan Cara Berikut Ini

Wednesday, September 20, 2017
Saya pikir ketika berhijab masalah rambut bakal selesai. Ga perlu sering hair treatment bahkan sisiran aja jarang. Namun sebenarnya hijab itu hanyalah menutupi masalah rambut bukan menyelesaikannya. Berasa deh setiap menyapu rumah banyak rambut rontok. Berhubung saya mengerjakan tugas domestik sendiri jadi tahu rambut rontok di sana sini. Hiks!

Meski berhijab saya juga ingin memiliki rambut sehat terawat. Yang kuat dan ga mudah rontok. Apa aja sih penyebab rambut rontok?

tips merawat rambut dari kerontokan untuk yang berhijab


Kerontokan rambut atau alopesia perlu diwaspadai apabila rambut rontok lebih dari 100 helai sehari. Perlu menghitung nih berapa rontoknya. Rambut rontok disebabkan oleh:

1. Perubahan hormon yang biasa terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun atau wanita masa menopause. Hormon yang diduga berperan dalam proses perontokan rambut adalah dihydrotestosterone (DHT).
2. Asupan gizi buruk membuat rambut tumbuh lebih tipis dan rapuh.
3. Tekanan psikologis seperti stress.
4. Efek samping obat-obatan antara lain untuk mengobati depresi dan tekanan darah tinggi.
5. Diabetes, sindrom down, dan hipertiroidisme.
6. Penyakit kulit atau autoimun tertentu seperti lupus eritematosus diskoid.
7. Pengobatan kanker seperti kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi.
8. Zat kimia saat coloring, smoothing, dan proses kimia lainnya di salon yang membuat rambut rentan patah.
9. Polusi debu dan asap.

Hah?! Salah satu penyebab rambut mudah patah dan rontok itu karena polusi. Saya baru mengetahui fakta ini ketika hadir di acara #KuatLawanPolusi by Pantene pada 19 September 2017 lalu di Senayan City, Jakarta.

#KuatLawanPolusi bersama Pantene

Memang ya debu dan asap ga bisa dihindari terutama buat saya yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Ga mungkin kan hanya berdiam di rumah sedangkan ada kalanya harus mobile karena pekerjaan. Ditambah lagi motor menjadi moda andalan saya ketika menyusuri Jakarta. Macetnya ibukota paling mudah ditempuh menggunakan motor. Konsekuensinya tubuh terpapar lebih banyak polusi.

Mungkin sebagian dari kita lebih concern melindungi kulit dari polusi padahal menurut studi komputasi yang dilakukan oleh P&G tahun 2014 di Singapura menunjukkan rambut terpapar polusi 3x lebih banyak dari kulit. Percaya ga kalau rambut dengan panjang medium (kira-kira sebahu) dicukur lalu dijejer itu bisa menutupi queen-size bed plus 2 bantal. Bayangin rambut segitu luasnya kena polusi. Huhuhu...

“Rambut terpapar polusi 3x lebih banyak dari kulit”
Saya pikir hijab telah mengamankan saya dari bahaya polusi. Lagi-lagi saya salah karena partikel polusi itu sangat kecil, mudah masuk melalui hijab, topi, atau helm.

Yes, partikel polusi itu keciiil banget. Ukurannya bervariasi bahkan ada yang 2,5 mikron atau sekitar 20x lebih kecil dibanding serat rambut. So, gampang banget polusi debu dan asap menempel di rambut.

Saint Tiu, All Pantene Stars, and Pantene Brand Ambassador

Saint Tiu, Principal Scientist P&G Hair Care Asia Pasifik menjelaskan penelitian yang dilakukan terhadap rambut. Sample rambut diambil untuk diberi paparan polusi selama 28 hari. Hasilnya menunjukkan 2 fakta mengejutkan yaitu:

1. Berat rambut bertambah 3% karena polusi yang menempel.
2. Kehalusan rambut berkurang 20% karena kotoran yang menempel.

Kedua hal ini yang membuat rambut semakin berat, kasar, dan rentan terhadap kerontokan. Haduh sampai segitunya ya akibat polusi.

Itulah mengapa penting merawat rambut supaya terlindung dari paparan polusi. Caranya dengan teratur menggunakan rangkaian produk Pantene Hair Fall Control yang terdiri dari sampo dan kondisioner 3 Minutes Miracle Hair Fall Control. Pantene memiliki micro-bubble technology yang ukurannya keciiil (bahkan lebih kecil daripada polusi) sehingga mampu membersihkan polusi yang menempel di rambut dan melindungi rambut dari bahaya partikel polusi.

Pollution shield technology juga dimiliki kondisioner Pantene 3 Minutes Miracle Hair Fall Control. Kalau sampo dan kondisioner biasa itu menempel secara random di rambut, Pantene melindungi dari akar hingga ujung rambut sehingga rambut aman dari polusi.

Micro-bubble technology pada Pantene melindungi rambut secara merata

Untuk membuktikan hal tersebut, di acara ini dilakukan eksperimen. Ada 2 manekin rambut panjang yang sekilas sama persis. Bedanya, manekin kiri menggunakan brand X sedangkan manekin kanan menggunakan Pantene Hair Fall Control. Di saat yang bersamaan diletuskan balon berisi serbuk putih. Serbuk ini menggambarkan polusi debu dan asap. Dari tempat saya duduk (nomer 2 dari depan) terlihat jelas rambut di manekin kiri ada serbuk putih sedangkan manekin kanan tidak nampak. Eksperimen ini membuktikan brand X yang sticky sehingga membuat serbuk menempel di rambut. Sedangkan Pantene Hair Fall Control melindungi rambut dan membuatnya lebih smooth.

Eksperimen rambut dan polusi

Di acara ini pula hadir Raline Shah, Brand Ambassador Pantene. Raline sendiri tipe perempuan yang malas merawat rambut. Ia jarang ke salon padahal rambutnya jenis yang berminyak dan mudah lepek.  Selama ini ia nyaman pakai Pantene karena formula pro-vitamin pada Pantene membuat rambutnya sehat, ga greasy, dan ber-volume. Bagi Raline, sehat itu kuat kulitnya dan kuat rambutnya.

Raline juga berbagi pengalaman ketika syuting di Tanjung Priok. Daerah utara Jakarta ini terkenal panas dan berdebu. Styrofoam peralatan syuting sampai bolong kena panas matahari. Raline aja keramas 2x ketika di sana karena ga tahan dengan cuacanya. Hasilnya bisa kita lihat di iklan Pantene. Rambut Raline tampak sehat dan bersinar meski terkena polusi.

Sehat itu kuat kulitnya dan kuat rambutnya. -Raline Shah, Brand Ambassador Pantene
Febrina Herlambang, Communication Manager P&G Indonesia, menjelaskan Pantene selalu berinovasi mengikuti perkembangan lingkungan. Salah satunya sebagai perintis inovasi yang membantu melindungi rambut dari efek polusi. Selama acara, kami berada di dome transparan yang dibangun di The Space Senayan City. Di luar sana matahari bersinar terik dan polusi bertebaran di udara tetapi kami yang ada di dome terlindungi. Ini ibarat Pantene yang melindungi rambut dari paparan polusi.

Dome di belakang saya bagai Pantene yang melindungi rambut dari paparan polusi

Review Pantene Hair Fall Control Shampoo and Conditioner

Buat saya yang berhijab, penting nih menggunakan rangkaian produk Pantene Hair Fall Control. Apalagi untuk yang rambutnya sering di-blow, dicatok, atau coloring. Saat proses coloring, kulit rambut terbuka supaya warna bisa masuk. Di situlah bad particles rawan masuk.

Senangnya saya datang ke #KuatLawanPolusi by Pantene dapat goodie bag P3K alias Pertolongan Pantene Pada Kerontokan. Isinya sampo Pantene Hair Fall Control, kondisioner 3 Minute Miracle Hair Fall Control, juga masker. P3K bakal jadi senjata andalan melawan polusi di Jakarta.
P3K: Pertolongan Pantene Pada Kerontokan 

Esok paginya saya langsung mencoba produk perawatan dari Pantene. Jadwal hari itu saya beraktivitas outdoor seharian menemani anak main di RPTRA. Debu dan asap tidak bisa dihindari karena letak taman yang berada di pinggir jalan besar, sering dilewati truk. Butuh perlindungan dari Pantene nih.
Wanginya Pantene sudah tercium meski tutupnya belum dibuka. Setelah dipakai, rambut jadi lembut dan wangi bahkan awet hingga malam hari. Saya suka banget kondisionernya dan bakal terus pakai. Cocok sih. Memang harus sabar ya menunggu pemakaian selama 3 menit. Ya bisa sambil nyanyi atau cuci baju. Hihihi…

Bebas bermain di luar ruangan setelah menggunakan Pantene
So, sekarang saya bebas mengejar mimpi, melakukan aktivitas, and do my best karena ada Pantene Hair Fall Control yang melindungi rambut dari polusi.

Referensi:

Pengertian Rambut Rontok. http://www.alodokter.com/rambut-rontok. Diakses tanggal 20 September 2017.
46 comments on "Polusi Bikin Rambut Rontok! #KuatLawanPolusi dengan Cara Berikut Ini"
  1. Doh rambutku rontok banget nih Mba. Ada ga ya hubungannya sama anak bayi yg ileran, ah tp kayanya ga ada ya. Aku blm pernah nyoba pantene yg hairfall ini, biasa yg biru untuk ketombe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busui biasanya rontok pengaruh hormon, Mbak.

      Delete
  2. Bukan promosi nih mba tapi aku udh pakai pantene sblmm berhijab waktu itu rambutku rontok bgt. Alhamdulillah udh ga rontok lagi skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..n iya sama. Dari zaman kerja kantoran aku udah pakai Pantene

      Delete
  3. iyaa ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ aku juga pakai pantene nih,, enak aja sih di kulit kepala langsung enteng n wangi. lain x ajak dong mba helenan hihihi ngarep

    ReplyDelete
  4. Ane Kena rambut rontok karena sakit panas. Duh Untungnya Kembali normal, selain Pakai shampo yg bener juga pakai cemceman

    ReplyDelete
  5. Rambut saya juga rontok, tapi untungnya rambut saya lebat jadi tidak masalah hehehhe #sombong. Saya tubtipe yang paling susah nyari shampo yang cocok , kadang kalau pakai anti rontok jadi ketombe banyak dan bikin gatel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalau malah muncul ketombe berarti ga cocok. Kadang gatal di kepala karena kurang bersih saat dibilas.

      Delete
  6. Saya sejak lama menggunakan Pantene, tetapi sejak berhijab beralih ke produk lain. Karena Pantene membuat rambut saya lebih lembab dan memgakibatkan ketombe. Pernah coba lagi pakai Pantene, malah jadi berketombe dan rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah keramas, keringkan dulu bun. Jangan masih lembab trus pakai jilbab. Kasihan rambutnya.

      Delete
  7. Polusi buat kita yg hidup di jakarta memang musuh banget. bukan hanya rambut, kulit juga bisa terdampak. Kreatif banget ya kepanjangan p3k nya hehhehe

    ReplyDelete
  8. Dari dulu aku sudah setia dengan sampo satu ini, dari shampoo, kondisioner dan vitamin rambutnya

    ReplyDelete
  9. Kirain kalau udah pakai jilbab, nggak usah mikirin shampo, hehe.. Ternyata berhijab tetap mengundang masuknya polusi ya. Baru tahu info seperti ini, ilmu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa akupun baru ngeh dengan fakta ini

      Delete
  10. Lah, saya malah baru tahu kalau polusi bisa bikin rambut rontok. Pelajaran baru nih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polusi yang menempel membuat rambut berat dan mudah rontok

      Delete
  11. Masalah aku banget nih. Rambut rontok. Sudah coba berbagai shampo tp blm nemu yg benar benar bisa ngatasi rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah coba pakai Pantene Hair Fall Control deh Mak

      Delete
  12. Seingat saya sampai sekarang rambut saya juga rontok nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rontok masih wajar kalau kurang dari 100 helai perhari karena memang ada pembaharuan di rambut. Kalau lebih itu yang bahaya

      Delete
  13. Wah berarti pilihanku sudah benar dong ya, aku emang udah lama pake pantene. Pantesan rambutku ga rontok, katanya sih kalo pake jilbab akan mengalami kerontokan, ah tapi buktinya aku engga. Hihihi....

    ReplyDelete
  14. Rambut itu mahkota bagi wanita, hmmm makanya begitu banyaknya perawatan rambut wanita. Aku selalu rutin melakukan perawatan supaya pede dalam melakukan apapun.

    ReplyDelete
  15. Rambutku rontok dari sejak melahirkan dulu. Walaupun pake kerudung, polisi tetap nempel ya. Jadi tetap harus dirawat rambutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau setelah melahirkan itu karena hormon. Tapi banyak rontok bikin khawatir juga yaa

      Delete
  16. Wah ternyata ga cuma aku aja y yg ngalamin rambut rontok setelah berhijab. Emang sih selama ini udah coba beberapa merk sampo tp hasilnya belum keliatan. Mungkin perlu dicoba juga ya pake pantene. Makasih sharingnya ya ibu Sid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak. Aku pun coba sana sini malah ada yang buat rambut keriiing :(

      Delete
  17. Di rumh memang dh lama pakai pentine cocok Sama rambu wanginya jg gk terlalu mnyengat d tmbh satu LG memang bnr gk buat rontok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wangiiii sampai tercium meski kemasannya masih tertutup. Sukak deh dengan wanginya Pantene

      Delete
  18. Selain rambut, polusi juga bikin mood rontok, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Arissss, kamu pakai Pantene juga dong supaya mood ga rontok

      Delete
  19. Wah patut dicoba nih karna sy termasuk tipe yg berminyak dan lepek. So sering rontok rambut saya

    ReplyDelete
  20. Asyik pake shampoo pantene ini emang paten.rambut lembut dan mudah disisir๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  21. kreatif banget bikin dome buat acara pantene, outdoor pulak berasa lagi dimana gitu mak

    aku pakek pantene dari jaman sekolah, wanginya nempel di rambut + bikin rambut lembut

    ReplyDelete
  22. Sampe sekarang rambutku masih rontok Mba, masih jadi busui memang. Tapi gak nyangka ya walopum udah pake hijab renta rontok juga karena polusi. Tfs Mak SID.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa busui memang begitu. Coba deh pakai Pantene hair fall control. Kali aja cocok bikin rambut makin kuat.

      Delete
  23. Wow...
    Ternyata rambut yg berat ada polusi alias debu dan kotorannya ya?
    Pantes aja kalo abis keramas shampooan jadi enteng ya...
    Secara udah kebuang tuh kotorannya

    ReplyDelete
  24. Hiks, rambutku asli rontok abis, apalagi semenjak melahirkan trus berhijab. Yang aslinya tebal jadi tipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering tertutup hijab jadi menipis ya Nchie. Perlu diblow itu, hehe

      Delete
  25. Aku pakai Pantene jg dan emang lumayan sih rambutku berkurang rontoknya. Tapi sebelumnya aku potong rambut dulu jg :D

    ReplyDelete
  26. Wahh,, rambut aku juga sering rontok kak.. Mesti coba produk pantene nih yaa...

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature