Akses Ramah Difabel Tersedia di Kampus III Unika Atma Jaya BSD

Wednesday, July 26, 2017


Unika Atma Jaya baru saja meresmikan kampus ketiganya di kawasan BSD City. Bangunan tahap pertama setinggi 8 lantai telah kokoh berdiri. 25 Juli 2017, saya berkesempatan mengunjungi gedung baru universitas berakreditasi A ini. Apa saja yang menarik di Kampus III Unika Atma Jaya? Yuk simak ceritanya. 

Rektor Unika Atma Jaya, Perwakilan Sinar Mas Land, dan Pengurus Yayasan Atma Jaya dalam peresmian Kampus III Unika Atma Jaya BSD City
Kalau dulu Kampus Unika Atma Jaya terkenal berada di daerah Semanggi, Jakarta, sekarang kampus ini telah hadir di BSD City, tepatnya di Lapan No.10, Jl. Raya Cisauk, Tangerang, Banten. Kampus ini akan dibangun di area seluas 20 hektar dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar. Ruang gerak mahasiswa didesain 6,5 meter per orang, lebih lega dan nyaman dibanding dua kampus sebelumnya.

Kampus III ini disebut sebagai Center for Human Development. Pendidikan S1 sebagian besar akan dijalankan di sini. Gedung utama akan digunakan untuk Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management. Gedung dengan desain modern ini dilengkapi laboratorium engineering design center, aerodinamika, mekanika eksperimental, mikrobiologi, dan tekno DNA.

Kampus BSD dilengkapi berbagai laboratorium modern
Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Pendidikan dan Bahasa, Hukum, serta Psikologi dibuka kelas parallel baik di Kampus Semanggi maupun di BSD sehingga mahasiswa lebih fleksibel memilih tempat perkuliahan.

Senangnya mahasiswa dan mahasiswi di tahun ajaran baru yang akan dimulai 7 Agustus 2017 nanti langsung menempati kampus baru. Gedungnya bersih dan modern. Dindingnya dihiasi batu bata untuk menambah estetika sekaligus memperlancar sirkulasi udara. Makin semangat belajar, dong!

Unika Atma Jaya termasuk kampus ramah difabel
Menariknya, Kampus III Unika Atma Jaya BSD ini menyediakan sarana dan prasarana untuk kaum difabel. Di lobby utama ada akses jalan untuk pengguna kursi roda. Toilet yang tersedia di tiap lantai pun tersedia untuk difabel pria dan wanita. Selain itu disediakan kursi untuk mahasiswa kidal. Biasanya meja kecil menempel di kursi bagian kanan, kalau yang ini di kiri. Helpful!

Mengapa Memilih Lokasi di BSD?

Beberapa tahun belakangan BSD banyak dilirik oleh instansi pendidikan maupun industri untuk membuka kantornya di sana. Perusahaan seperti Apple, Huawei, Sale Stock, Unilever, dan Orami telah berkantor di kawasan Green Office Park BSD. BSD City sedang berkembang ke arah integrated smart digital city. Wah, seperti Silicon Valley di Amerika.

Dr. Agustinus Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya menjelaskan bahwa Atma Jaya terus meningkatkan mutu melalui penyediaan sarana prasarana pendidikan. Unika Atma Jaya yakin membuka kampus di BSD karena dari segi internal sudah 57 tahun berdiri dan mendapat akreditasi A (dari 4437 PT di Indonesia, hanya 50 PT yang berakreditasi A).

Konsep Kampus III tidak hanya mengajarkan untuk kuliah-pulang-kuliah-pulang alias kupu-kupu tetapi bagaimana menciptakan campus life yang nyaman. Laboratorium dan lingkungan kampus didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Dari desainnya nanti akan ada area pepohonan yang asri, kolam renang, juga lapangan sepak bola. Study-life balance nih.

Atma Jaya memiliki program sarjana unggulan dan pertama di Indonesia, yaitu prodi Teknobiologi. Prodi ini didukung oleh berbagai laboratorium modern dan kesempatan untuk magang di universitas asing, salah satunya di Singapura. Guna meningkatkan kapasitas mahasiswa, program magang ke luar negeri akan diintensifkan, termasuk pertukaran pelajar asing yang belajar di Indonesia.

Unika Atma Jaya aktif mengikuti PKM untuk menyelesaikan permasalahan riil di lapangan
Yayasan Atma Jaya bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam mengembangkan Kampus BSD. Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land menyatakan, “Kehadiran Unika Atma Jaya akan memperkaya ekosistem BSD City sebagai Smart City, khususnya di sektor pendidikan. Kami berharap Unika Atma Jaya dapat berkontribusi aktif dalam berbagai penelitian dan menjadi talent pool yang potensial menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang siap berkompetisi.”

Kehadiran Atma Jaya di BSD bakal membawa dampak positif untuk menggerakkan perekonomian. Tahun ini ada 3000 mahasiswa di Kampus BSD. Kebutuhan mahasiswa dari bangun sampai tidur lagi menjadi potensi bisnis yang menggiurkan. 

Mudahnya Akses Menuju Kampus III Unika Atma Jaya BSD

Jarak BSD dari rumah saya itu jauh… Naik commuter line butuh waktu 2 jam dan harus transit 2x. Meskipun jauh, perjalanan nyaman karena banyak pilihan moda transportasi. Saya naik commuter line jurusan Tanah Abang - Parung Panjang lalu turun di Stasiun Cisauk. Dari sana sambung ojek dengan biaya 5000. Alternatif lain ada bus Agra yang berhenti di Giant BSD kemudian lanjut ojek.

Mahasiswa yang menempati gedung baru tidak perlu khawatir tentang transportasi karena pihak kampus telah menyiapkan feeder bus antara stasiun – Giant BSD – Kampus III Unika Atma Jaya. Selain itu akan dibangun halte Kampus BSD yang dilewati shuttle bus internal BSD City.

Bagi mahasiswa S1 yang sebelumnya berkuliah di Kampus Semanggi sudah diinformasikan mengenai kepindahan ini. Pihak kampus menyediakan informasi tempat kos yang terjangkau. Jika ada keperluan bimbingan dosen di Kampus Semanggi, pihak Atma Jaya menyediakan sarana yang memudahkan mobilitas Semanggi-BSD City.

Urusan tempat tinggal memang menjadi pertimbangan. Mau kos atau pulang ke rumah? Kampus III menambahkan opsi untuk tinggal di asrama. Ketua Yayasan Unika Atma Jaya Ir. Aswin Wirjadi menuturkan rencana pembangunan 3 gedung asrama setinggi 8 tingkat. Dengan tinggal di asrama diharapkan ada kolaborasi mahasiswa lintas jurusan menciptakan komunitas sosial yang positif.

Ketua Yayasan Unika Atma Jaya memaparkan rencana pembangunan 3 gedung asrama
Kuliah di Kampus BSD semakin mudah dengan sarana dan prasarana penunjang. Semoga pembangunan area kampus ini lancar dan para mahasiswa dapat segera berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.
12 comments on "Akses Ramah Difabel Tersedia di Kampus III Unika Atma Jaya BSD "
  1. Ramah untuk difabelnya Mbak tidak menjadi hambatan untukenuju sukses

    ReplyDelete
  2. BSD makin rame dong yah mantep banget zamannya dulu masi gawe di Cikokol lewatin BSD masih lowong dan mantanku juga dulu kerja di BSD masih sepi sekalee *eaaa ngomongin mantan diciwit geura* :D
    sukses buat UNIKA Atmajaya mantep sekali2nya ke kampus di Semanggi anterin rekan kerja yang magister :)

    ReplyDelete
  3. Bertambah satu lagi pilihan para mahasiswa ya.
    Semoga juga bisa mampu mengurai kemacetan di Jakarta.

    ReplyDelete
  4. Asik kalau makin banyak kampus yang ramah difabel. Karena banyak juga teman difabel yang ingkn kuliah tapi kesulitan untuk akses berkegiatan

    ReplyDelete
  5. Makin semangat nih teman difabel disediakan tempat kuliah yang begitu memperhatikannya.

    Sukses selalu butmat Unika Armajaya, kereen banget kampus baruya

    ReplyDelete
  6. Difabilitas skrg sdh bukan alasan utk kuliah ya. Smoga makin banyak kampus dg lingkungan yg aah difabel kayak gini

    ReplyDelete
  7. semakin hari semakin maju ya tekhnologi di Indonesia ^^
    dan ngga ada kata ngga mungkin kuliah lagi utk penyandang difabel :D
    semuanya bisa sukses bareng-bareng ^^

    ReplyDelete
  8. #indonesiabermimpi #kitasama

    ReplyDelete
  9. jaya selalu atma

    semoga pundahannya lancar.. alumni dan lulusannya mantab

    ReplyDelete
  10. Keren banget konsepnya. Semoga semakin banyak kampus yg ramah difabel ya. Agar anak bangsa bisa mengenyam pendidikan dengan cepat dan merata

    ReplyDelete
  11. Wahhhh semua kebutuhan yang tak terduga bisa ada, wajibh tuh untuk seluruh kampus, seperti fasilitas ini

    ReplyDelete
  12. Keren, kampus negeri aja gak kyk gini yaa. Pdhl mestinya kampus PTN kasi contoh duluan. Kalau di kampusku dulu kyknya cuma satu fakultas yg ada liftnya buat bantu mahasiswa yg pakai kursi roda naik. Skrng gk tau lg udah nambah atau gak, soale jarang ke kampus hehe

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature