Reservasi Tiket Kereta Api Secara Online? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Friday, May 5, 2017


tiket kereta online traveloka
Pesan tiket kereta api online (pic. Josh Nezon)
Bulan suci Ramadhan semakin dekat. Hawa-hawanya terasa dari mini market yang mulai menjajakan sirup dan biskuit kaleng juga tayangan iklan di TV bertema puasa. Kadang terlintas di pikiran, kemana perginya sirup-sirup itu setelah lebaran? Susah lho mencarinya. Namun saat seperti ini sangat mudah didapat.
 
Anyway, ketika menyadari Ramadhan yang datang dalam hitungan hari, pikiran saya terbagi 2. Pertama, hutang puasa yang belum lunas. Selama menyusui, puasa terasa berat. Gampang banget lapar. Mumpung Sid sedang proses menyapih dengan mengurangi frekuensi menyusu, saya bisa nyicil bayar hutang puasa. Bismillah, semoga lunas tepat waktu.

Pikiran kedua bukan mikir puasa tapi langsung lompat ke persiapan mudik. Buat perantau seperti saya, mudik menjadi agenda tahunan yang ditunggu-tunggu. Menyiapkan mudik perlu dipikirkan jauh-jauh hari terutama masalah transportasi. Mau naik bus, kereta, atau pesawat? Berapa budget tiket untuk pulang ke kampung halaman? Sebaiknya beli tiket mudik beberapa bulan sebelumnya supaya masih dapat tiket murah. Kalau mepet tanggal keberangkatan, tiket terjual habis. Jika pun ada, harganya bisa 2-3 kali lipat harga normal. Pakai calo? Ga deh daripada kena tipu dan batal menikmati suasana lebaran di tanah kelahiran.


Selama 3 tahun terakhir, saya dan suami sepakat mudik dengan moda kereta api. Ga hanya saat mudik, kereta api menjadi moda pilihan saat puncak musim liburan, seperti berlibur ke Bandung akhir tahun lalu. Kami puas dengan pelayanan PT. KAI. Dari segi waktu, kereta lebih terjamin tepat waktu karena tidak terjebak kemacetan seperti bus. Begitupun dari segi harga tiket kereta yang terjangkau bagi kami. 

pesan tiket kereta api di traveloka
Nyaman mudik naik kereta sambil bawa bayi
PT. KAI sudah banyak berubah menjadi lebih modern. Tiap gerbongnya dilengkapi AC, ada petugas kebersihan yang rajin membersihkan gerbong selama perjalanan, air di toilet lancar, petugas keamanan siap siaga di dalam kereta, dan yang penting tiap penumpang mendapat tempat duduk sesuai nomor di tiket. Tidak seperti 10 tahun lalu saat saya mudik dari Jakarta ke Surabaya, duduknya gantian dengan penumpang lain karena nomornya dobel. Malah ada yang tidur di bawah kursi dan area di antara tempat duduk. Sangat tidak nyaman.

Reservasi tiket kereta api pun semakin canggih. Kalau dulu harus antri dari subuh di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik, kini saya bisa melakukan reservasi dari mana saja. Cukup pesan tiket secara online dari smartphone. Sistem online reservasi tiket kereta api ini dinilai lebih aman dan cepat dibandingkan dengan cara biasanya.

PT KAI sebagai pihak pengelola telah lama memberikan fasilitas pembelian tiket secara online. Pembelian atau pemesanan tiket secara online ini bisa dilakukan di situs resmi PT KAI. Selain itu, sekarang pesan tiket kereta bisa di Traveloka juga. Proses pemesanannya lebih mudah dan harganya biasanya lebih murah. Sudah diakui, sistem pemesanannya cepat, harganya sangat terjangkau, dan memberikan pelayanan maksimal kepada setiap customer. Tidak heran jika semakin ke sini, Traveloka makin dipilih.

persiapan mudik
Fasilitas kereta api semakin nyaman (pic: Darren Bockman)

FYI, dengan pembenahan PT. KAI di sana-sini, kita juga harus lebih teliti saat memesan tiket kereta. Peraturannya semakin ketat sejalan dengan kualitas yang diberikan bagi penumpangnya. Jangan sampai karena hal sepele kita batal berangkat. Ga jadi mudik, deh. Di sini ada 3 hal yang perlu diperhatikan saat memesan tiket kereta api secara online, yaitu:

1. Pastikan Nama Sesuai dengan Kartu Identitas


Hal utama yang wajib diperhatikan adalah saat menuliskan data diri. Data diri harus sesuai dengan yang terdapat di KTP, SIM, ataupun juga Paspor. Oleh karena itu, pastikan melihat kartu identitas saat mengisi form pemesanan tiket. Jangan sampai karena cepet-cepetan pesan tiket kereta api secara online malah jadi salah input nama.

Saat ini sistem keamanan sudah semakin ketat. Jika salah menulis nama lengkap, keberangkatan bisa dibatalkan. Jika terjadi sedikit kesalahan pada nama mungkin bisa ditoleransi, namun kalau fatal bisa-bisa batal berangkat.

Ingat ya, bawa kartu identitas asli. Petugas di pintu masuk area keberangkatan akan mencocokkan nama di tiket dengan di kartu identitas. Jadi, pastikan dan cek beberapa kali nama yang tertera apakah sudah sesuai dengan kartu identitas apa belum. Jika dirasa sudah sesuai dengan kartu identitas, langsung saja melakukan pemesanan tiket kereta api kemudian lanjut ke bagian pembayaran.

2. Batas Pembayaran Reservasi Tiket Umumnya 3 Jam


Segera lakukan pembayaran setelah memesan tiket. Batas pembayaran tiket setelah dipesan maksimal 3 jam. Peraturan waktu maksimal pembayaran setiap situs online berbeda-beda, namun aturan dari pusat yaitu maksimal 3 jam setelah reservasi. Sayangnya, aturan ini sering kali tak diperhatikan oleh para calon pembeli. Jika setelah 3 jam tidak dilakukan pembayaran, tempat duduk akan dilepas lagi dan kode booking menjadi tidak valid atau tidak bisa digunakan. Belum tentu kita bisa mendapat tiket di harga dan waktu keberangkatan tersebut. Berburu tiket mudik lewat online juga bisa rebutan.

Pembayaran ini bisa dilakukan via ATM, kartu kredit, atau melalui e-banking. Paling enak sih lewat e-banking karena tidak perlu pergi ke ATM. Bisa dibilang, inilah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh e-banking. Nah, untuk menghindari pelepasan kembali kursi yang telah dipesan, alangkah baiknya segera membayar setelah melakukan reservasi. Meskipun sistem online mudah, namun ada aturan yang harus dilakukan dan ditaati. 

3. Tuliskan Alamat E-Mail dengan Benar


Satu hal lagi yang sangat perlu diperhatikan yaitu mencantumkan alamat e-mail dengan benar. Setelah tiket dibayar, kode booking akan dikirim via e-mail. Kode booking ini nantinya digunakan untuk mencetak tiket kereta api (sekarang disebut boarding pass) di stasiun.

Boarding pass bisa dicetak di loket atau check-in counter secara mandiri mulai dari 12 jam hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Sekarang kereta api semakin on-time, lho. Jadi sebaiknya bersiap di stasiun minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Kalau telat datang, bhay!


pesan tiket kereta online
Penumpang mencetak boarding pass di counter yang tersedia
Pesan tiket kereta api makin gampang, kan. Ditambah lagi pemesanan tiket kereta secara online mulai H-90. Jadi bisa berburu tiket mudik jauh-jauh hari. Ingat lho 3 hal di atas supaya mudik makin lancar, ga ada drama di stasiun karena salah menulis nama, telat bayar, atau malah bingung cari kode booking.

By the way, tahun ini mudik atau liburan kemana? Udah beli tiket mudik? Semoga puasa dan mudiknya lancar, ya...
 
32 comments on "Reservasi Tiket Kereta Api Secara Online? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan"
  1. iyaaa gampang gan ga ribet banget sekarang mesen tiket kereta, ga seheboh jaman dulu, sekarang serba online

    ReplyDelete
  2. Jadi inget dulu kalo mau mudik, waduuuh ngantri tiketnya ampun deh. PT. KAI emang banyak banget kemajuannya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa dari subuh udah berjejer di depan loket, itupun belum tentu dapat

      Delete
  3. Sekarang emang semakin gampang dan makin nyaman naik KA. Salah satu transportasi favorit nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah ada banyak perbaikan, masyarakat jadi makin suka naik kereta

      Delete
  4. tahun ini mudik ke Medan maak, btw aku belum pernah naik kereta api ke luar kota..pengen ke Jogja ntar naik kereta api, apalagi belinya mudah ya tinggal beli online aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh di medan juga ada kereta ya. Selamat bersiap mudik, mbaa

      Delete
  5. Saya pasti mudik tapi ga naik kereta. Hahaha... Wong kampung di Cianjur, tinggal juga masih di wilayah cianjur. Mudiknya masih bisa pakai angkot dan sepeda motor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake kendaraan sendiri enak juga teh, ga perlu rebutan tiket

      Delete
  6. mudik ke sukabumi mba..tapi setelah lebaran.Masih galau mau naik kreta atau bawamobil..hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. cap cip cup... mau naik apa. Hehehe. Main dong ke Jakarta

      Delete
  7. Aku nggak mudik, hiks.. sedih.
    Kalau mau mudik jauh banget,tiketnya larang.. eman eman.. hahaha

    Selamat mudik ya mak... take care dan semoga lancar jaya perjalanannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeh mudik kemana mba? emang harus siapin pos keuangan sendiri buat mudik

      Delete
  8. wiwww ini oleh2nya plesiran kemarin, aku blm beli tiket mudik nih, pengin nyobain naik kereta ke pekalongan, biasanya naik mobil pribadi ato bis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau naik bis atau mobil pribadi aku ga kuat macetnya, kecuali berangkat ga pas peak season ya. Soalnya Sid bosenan di dalam mobil. Beda dengan naik kereta dia bisa jalan-jalan ke gerbong lain

      Delete
  9. Uda lama ga naik kereta, dan sekarang makin mudah beli tiket Online. Stasiun pun makin nyaman y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah makin enak dan nyaman naik kereta api

      Delete
  10. saya termasuk pengguna setia kereta api, dan menang lbh nyaman jika reservasi melalui online

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, ga pake antri di stasiun. Bisa langsung booking lewat HP

      Delete
  11. Mastiin tanggal keberangkatan dan kepulangan juga perlu mbak. Aku waktu beberapa tahun lalu salah beli tiket smpe lari - lari muterin stasiun bandung hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak yang ini super penting. jangan sampai salah booking

      Delete
  12. Mudikku ke Bali mba Helen.
    Kalo naik kereta turun banyuwangi agak ribet, biasanya naik bus. Pengen mudik naik kereta gitu biar asyik :-D katanya kan lebih cepetan kereta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bali... aku pernah nih naik kereta dari Surabaya ke Banyuwangi. Katanya ada yang sepaket sampai ke Bali

      Delete
  13. dulu sempat berburu tiket kereta pas mau mudik, sekarang kalo lebaran pilih di rumah dulu, klo udah reda arus mudiknya baru deh pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya nunggu low season aja biar ga rebutan. Harga tiketnya juga tinggi

      Delete
  14. bln lalu uda merealisasikan pgn bgt nek kereta nti mlm jg aku plg ke bdg nek kereta kmrin nek pesawat krn dlm kondisi gondongan kuping jd dengung dan nyut2an alhamdulilah dpt tiketnya KaI mmg mantap skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya Mba Herva kan sering dinas luar kota.

      Delete
  15. Iiih pas banget. Td saya juga lagi cari tiket ke bandung. Thanks infonya ^_^

    ReplyDelete
  16. Setelah baca ini aq baru ingat kalo belum pesen tiket kereta api buat mudik lebaran.. semoga masih ada..

    Makasih sharingnya ya mba..

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature