3 Tempat Wisata Ramah Anak di Sydney

Sunday, May 28, 2017


paket wisata sydney
Ide gila tentang traveling bisa muncul kapan saja, termasuk saat kami merencanakan liburan keluarga tahunan. Malaysia dan Singapura sudah pernah. Sesekali kami (atau saya?) ingin pergi ke tempat yang lebih jauh untuk menambahkan cap di paspor

Saya pun melemparkan wacana untuk liburan ke benua sebelah, yaitu Australia. Banyak kota untuk dieksplorasi di sana tetapi saya terpikir untuk berkunjung ke Sydney terlebih dahulu. Alasannya sederhana, tetangga saya ada yang menetap di sana. Kalau tersesat, kami bisa minta tolong ke dia. Hehehe.

Seperti biasa, kami pun membagi tugas untuk mewujudkan impian ini. Saya bagian mencari informasi tempat wisata, menyusun itinerary, dan hunting tiket pesawat maupun hotel. Pak Suami bagian mengumpulkan biaya liburan. Hahaha, bercanda … dana liburan kami sisihkan tiap bulan dari pendapatan masing-masing. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Kami tidak mau selepas liburan dihantui oleh hutang yang menumpuk.

Dari hasil pencarian dan bertanya sana-sini, ada beberapa tempat wisata di sekitar Sydney yang menarik untuk kami kunjungi. Liburan kali ini kami berfokus pada tempat wisata ramah anak di Sydney, sebagai berikut:

1. Sydney Opera House

Sydney, ibukota New South Wales, berada di pesisir timur Australia. Ingat Sydney, ingat Opera House yang bentuknya mirip Teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Puncak perayaan tahun baru di Sydney berpusat di sekitar Opera House ini. Belum lengkap ke Sydney bila belum berfoto dengan latar iconic building tersebut. Maka, Opera House menjadi tempat yang wajib kami kunjungi atau setidaknya melewati tempat tersebut.

taronga zoo
Sydney Opera House nyempil di antara jerapah (pic: experienceoz.com.au)

2. Taronga Zoo

Sydney juga terkenal sebagai Australia’s zoological garden. Beberapa atraksi wisata yang ramah anak cocok untuk mengenalkan SID pada binatang khas Australia seperti Wild Life Zoo, Qantas Zoo, dan Taronga Zoo. Saya tertarik dengan Taronga Zoo karena menyediakan paket untuk 24 hour Hop On Hop Off ferry ticket, dan Sky Safari cable car dengan pemandangan Taronga Zoo seharga $53.90/orang (untuk SID masih gratis, yay!). Di Taronga Zoo, SID bisa berinteraksi langsung dengan kangguru dan koala. Binatang khas Australia yang selama ini hanya ia lihat lewat playmat dan poster di kamar.

taronga zoo
SID berani apa gak ya memberi makan kangguru di Taronga Zoo? (pic: experienceoz.com.au)

3. Ferry Ride

Berwisata naik ferry menjadi cara murah namun bahagia, begitu tips dari teman saya yang lama tinggal di Sydney. Ferry termasuk transportasi umum di Sydney yang memiliki banyak pelabuhan dan pantai yang cantik. 

Salah satu pelabuhan terkenal di Sydney yaitu Circular Quay. Dari sini kami bisa naik ferry dengan tujuan ke Watson’s Bay, Balmain, Cremorne, Abbotsford, atau Manly. 

Saya tertarik dengan Manly karena perjalanan yang singkat (cuma 30 menit) tetapi bisa sejenak lepas dari hustle and bustle jantung kota Sydney. Di Manly, ada beberapa aktivitas yang bisa kami lakukan seperti piknik di Shelly Beach, melihat pinguin di Collins Beach, dan whale watching. Sepertinya bukan hanya SID saja yang bakal senang bisa ketemu pinguin dan paus secara langsung. Saya sebagai pecinta hewan laut sangat ingin menyaksikan kedua hewan ini di habitat aslinya. 

Akhir-akhir ini SID gemar bersepeda sampai bangun tidur pun langsung minta naik sepeda. Di Manly kami bisa mengikuti bike tour dengan menyewa sepeda di sana. Untuk SID ada kids trailer atau baby seat supaya ia tetap bisa nyaman menikmati Manly dengan bersepeda. 
 

tiket pesawat traveloka
Naik ferry melihat tempat wisata di Sydney (pic: visitsydneyaustralia.com.au)

Hunting Tiket Pesawat dan Hotel Murah di Sydney

Merencanakan liburan itu seru! Apalagi buat saya yang memang suka menyusun itinerary. Setelah ngubek-ngubek tempat wisata, sekarang urusan tiket pesawat dan penginapan. Biasanya biaya terbesar untuk 2 hal ini. Untuk menyiasatinya, saya mencari tiket dan akomodasi jauh-jauh hari supaya mendapat harga yang ramah di kantong.

Saya biasa hunting tiket pesawat di Traveloka karena sering ada diskon. Kalau penginapan, saya cek ulasannya terlebih dahulu sebelum memesan. Prosesnya lama sih karena harus pilah-pilih yang fasiltasnya sesuai, lokasi strategis, juga masalah harga.

Saat mencari tiket pesawat di Traveloka ternyata saya bisa memesan paket tiket pesawat dengan hotel. Di sini saya bisa mencari tiket pesawat sekaligus akomodasi untuk paket wisata ke Sydney. Selain Sydney, paket wisata traveloka juga ada untuk Bali, Bandung, Lombok, Surabaya, Kuala Lumpur, Singapore, Seoul, Taipei, Bangkok, dsb. Bisa hemat waktu nih!

wisata ramah anak sydney
Paket tiket pesawat dan hotel di Traveloka
Saat mencari di menu Paket Wisata Sydney, saya bisa atur range harga paket per orang, fasilitas yang diinginkan, tipe hotel berbintang, tipe akomodasi, dan maskapai penerbangannya. Jadinya hasil pencarian sesuai keinginan.

Selain itu saya bisa pilih mau pesawat yang direct atau transit. Di sini harga termurah kalau transit 1x di Singapura dengan kombinasi naik Tiger Air dan Scoot. Ga apa-apa deh transit lama, fasilitas di Changi kan lengkap dan nyaman buat tidur.

Kalau akomodasinya yang murah ya di hostel tetapi umumnya hostel tidak mengizinkan anak seusia SID menginap. Di sini ada pilhan hostel, hotel, B&B, dan apartemen. Saya pilih yang apartemen saja deh supaya bisa numpang masak untuk menghemat pengeluaran.

Ingat ya, saat memilih akomodasi cek terlebih dahulu ulasan dari tamu yang pernah menginap juga cek atraksi terdekat dari penginapan. Jangan sampai bayar mahal tetapi tempatnya kotor atau sulit dijangkau.

Paket tiket pesawat dan hotel di Traveloka ini mudah dan cepat mencari kombinasi pesawat dan akomodasi yang tepat. Selain itu lihat deh bagian “Booking Summary”. Dibanding memesan tiket dan hotel secara terpisah, paket wisata ini jauh lebih hemat. Tuh, harganya lebih hemat sejuta lebih. Budget untuk tiket dan hotel bisa untuk beli oleh-oleh nih.

Cara pembayarannya juga macam-macam. Umumnya untuk booking tiket pesawat dan hotel di luar negeri butuh kartu kredit. Dengan Traveloka, saya bisa membayar melalui Bank Transfer, ATM, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, atau BCA Klikpay. Solusi nih untuk yang ga punya kartu kredit.

tiket pesawat murah sydney
Cheaper together! Lebih hemat pesan dengan paket wisata Sydney
Asik … udah ada gambaran buat liburan keluarga ke Sydney. Kalau ada rezeki lebih, maunya dari Sydney kami menjelajah ke kota-kota lain. Nanti saya browsing lagi tempat wisata yang menarik dikunjungi. Yang penting urusan tiket pesawat dan penginapan sudah beres dengan paket wisata dari Traveloka. Liburan yuk … cek paket wisata lainnya dari aplikasi Traveloka di smartphone-mu ya.
32 comments on "3 Tempat Wisata Ramah Anak di Sydney "
  1. Wah sekarang bisa gak pake kartu credit..
    Berita bagus nie..karena mash blum punya cc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli lewat Traveloka jadi lebih banyak opsi pembayaran

      Delete
  2. Traveloka terus berinovasi ya.
    Kemarin aku juga beli di Traveloka untuk tiket mudik dari Kalimantan ke Sumatera.

    Traveloka itu,kesayanganku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jauhnya mudik lintas pulau. Selamat bersiap mudik, mba (eh masih lama ya)

      Delete
  3. Wah itu 7jt sudah sama penginapan? Murah yaaa?

    Iiih jadi mupeng pergi2 pake traveloka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu buat 3 orang lho, lumayan lah :)

      Delete
  4. Mantap idenya Traveloka y mba terus kasih kejutan buat customernya. Ngomongin Sydney seru juga y mba semoga ntar bisa liburan kesana aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... doakan impian kami juga terwujud ya mba

      Delete
  5. wah, bisa juga ya ke LN pake applikasi ini, keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur di Traveloka makin beragam. Awalnya hanya tiket pesawat, sekarang udah bisa bundling dengan booking hotel

      Delete
  6. jadi nyesel dari dulu nunda2 kalo mau jalan, skrg anak sdh 3 jadi rasanya kangen jalan2, apalagi Taveloka bikin selalu bikin promo2 menggiurkan ya, asyiknya jalan-jalan ke Australia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh ekornya banyak ya. Liburan ke tempat yang dekat aja mba, yang penting family time

      Delete
  7. Aih..asyik ini tempat wisatanya. Eh tapi kami sekeluarga belum pada punya passport huhuhu~

    ReplyDelete
  8. Aku jadi pengen ngecek juga nih ke Hongkong mba Helen.
    Kangen negeri bambu itu

    ReplyDelete
  9. Ini sydney destinasi yg sekian yg mau d kunjungi nunggu rezki brlebih... kita bareng k dana mba seru x y...

    ReplyDelete
  10. Biasanya setelah di sana, mbolang yaa, mba Helena...?
    Suka salut sama keluarga kecil yang bawa anak kecilnya untuk traveling.

    Aku paling banter ke Surabaya, ber 3 sama anakku 2.
    Seneeeng banget rasanya.

    Rempong yang menyenangkan.

    Traveloka canggih banget yaa...jadi kebayang budget yang mesti disiapkan berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami suka mbolang, mba. Lebih merakyat dan bisa belajar budaya daerah tersebut secara langsung.
      Traveling ke Surabaya juga seru lho buat wisata kuliner dan belajar sejarah

      Delete
  11. Selalu ingin ke Sydney, bahkan pengen tinggal 5-10 th di sana hehehe
    Moga2 kesampaian minimal ngunjungi tmn di sana :D

    ReplyDelete
  12. nguihiii... temen suami ad yg tinggal di aussie, tp deket ama sidney kurang tau juga. euh jd makin mupeng ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bisa nebeng di sana supaya hemat. Heheh

      Delete
  13. Mauu donkk ke aussyy! Dekeut tapi duitnya ga dikit yahh hihi.. Makasi banyak infonya mbaa, aku bookmark nih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat di peta kayaknya cuma terbang dikit ke selatannya Indonesia. Biaya hidup di sana lumayan sih

      Delete
  14. Kereen banget ya, ini anak-anaku pasti suka bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu kan liburan keluarga ke Oz. Banyak tempat ramah anak

      Delete
  15. Biru banget lautnya ...
    semoga Indonesia bisa memperbaiki wilayah perairan menjadi objek wisata yang bersih

    ReplyDelete
  16. Bisa browsing dan planing buat libuarn emang rasanya seru bangeeet ya mbak, aku pun suka enjoy banget waktu-waktu harus browsing dan biki itin meski entah berangkatnya kapan hehe. Semoga bisa beneran pergi ke kota-kota lain ya setelah dari sydney, pasti si kecil suka :)

    ReplyDelete
  17. Traveloka makin berkembang nih, duh suamiku jg kerja sbgi proggramer it perusahaan sejenis. . hahahaha ayo bang fachrie. . jgn mau ketinggalan kyk traveloka bang. . traveloka semakin didepan

    Maaf ya mbak helena, xixixix

    ReplyDelete
  18. Wah mama sid mau ke sydne ya. tante bawain bantal kangguru ya jangan Cuma sid yg Di beliin . Nanti bantalnya tuker gulung sama bir pletok

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature