Jaga Kesehatan Anak dengan Melakukan 5 Cara Mudah Ini

Saturday, April 1, 2017


Ting tung… ting tung… tumben nih notifikasi grup Posyandu RW di Whatsapp ramai malam ini. Ada tetangga yang meminta rekomendasi dokter anak di rumah sakit dekat komplek. Anaknya sudah demam selama 3 hari. Ibu-ibu pun saling sahut menyahut memberikan saran dokter yang recommended. Akhir-akhir ini beberapa teman Sid bergantian sakit. Demam, batuk, juga pilek mudah menyerang di saat musim penghujan seperti sekarang. Duh, gimana kalau Sid ketularan?

khasiat ekstrak daun meniran
Anak sakit, ibu ikutan pusing (pic: unsplash)

Amit-amit deh, pusiiiing kalau anak sakit! Sedih saat melihat anak yang biasanya ceria dan bikin berantakan rumah menjadi pendiam dan lemas karena sakit. Anak maunya nempel terus dengan ibu. Aktivitas ibu pun terganggu. Mau ke toilet aja susah, apalagi memasak. 

Yang makin membuat saya khawatir, akhir-akhir ini jadwal saya lumayan berderet harus kesana-sini. *Soksibuk* Pastinya Sid, my little bodyguard, ikut ibunya bekerja dengan naik segala macam alat transportasi. Dia sih tampak senang diajak “jalan-jalan” meski saya resah bila ia terlalu banyak berinteraksi dengan polusi dan debu jalanan ibukota. Khawatirnya, ia kecapekan wara-wiri ditambah kondisi lingkungan yang berdebu sehingga mudah tertular penyakit. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati (meski ada asuransi). Ada cara mudah supaya anak tetap stroooong di saat musim batuk pilek melanda lingkungan sekitar. Yuk ah, coba 5 cara menjaga kesehatan tubuh berikut ini:

1. Teratur makan makanan yang bernutrisi

Tingginya aktivitas perlu didukung asupan nutrisi seimbang. Namun terkadang anak mengalami fase gerakan tutup mulut (GTM) alias ga mood makan. Maunya pilih-pilih makanan yang ia suka padahal kurang menyehatkan. Hal ini harus disiasati supaya anak tetap mengonsumsi makanan bergizi dengan teratur. Saya biasa mencari kreasi resep masakan supaya Sid tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.


cara jaga kesehatan anak
Pilah-pilih makananmu (pic: unpslash)


2. Olahraga rutin

Kurangnya aktivitas fisik membuat tubuh rentan terkena penyakit. Olahraga ringan seperti jogging bisa dilakukan bersama anak supaya ia terbiasa hidup sehat. Sid paling suka berenang tetapi cuaca dingin seperti sekarang membuat saya malas menemaninya di kolam, hehe.

3. Berjemur dengan matahari pagi 

Matahari pagi (sekitar pukul 7-9 pagi) kaya akan vitamin D. Bayi baru lahir dianjurkan untuk berjemur setiap pagi karena baik untuk pertumbuhannya. Kebiasaan ini masih kami bawa hingga sekarang. Saat ada tanda-tanda gejala flu, saya dan Sid biasa berjemur di lapangan dekat rumah.

 ga boleh sakit
Matahari pagi yang menyehatkan (pic: unsplash)

4. Istirahat yang cukup

Setelah menjalani berbagai macam kegiatan setiap hari, tubuh membutuhkan istirahat. Di usianya kini Sid butuh tidur selama 10-12 jam sehari. Semakin bertambah usia, semakin berkurang waktu tidur yang diperlukan hingga menjadi 6-8 jam sehari.

5. Menjaga sistem imun tubuh supaya optimal


Sistem imun tubuh harus dijaga supaya tidak nge-drop. Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh rentan terkena penyakit baik dari virus maupun bakteri yang ada di sekitar. Salah satu cara menjaganya dengan mengonsumsi tanaman meniran (Phyllanthus niruri). Info dari http://www.serbaherba.com/daya-tahan menyebutkan meniran ini herbal asli Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun alami tubuh, menurunkan risiko infeksi bakteri, virus dan mikroba jahat, mampu mengontrol kinerja sistem imun dan mampu menggantikan kinerja sistem imun alami tubuh. Bahan alami ini aman untuk penderita diabetes.

Saat ini kita tidak perlu repot mencari dan merebus meniran karena sudah ada suplemen kesehatan Stimuno yang mengandung ekstrak meniran. Stimuno berfungsi sebagai imunomodulator untuk membuat sistem imun lebih aktif berfungsi juga imuno stimulator untuk menguatkan sistem imun tubuh.

sistem imun tubuh anak
Stimuno sirup untuk menjaga daya tahan tubuh anak
Untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas tersedia Stimuno sirup rasa tutty fruity dan anggur yang bisa dikonsumsi 1-3 kali sehari. Setiap 1 sendok takar (5 ml) sirup STIMUNO mengandung 25 mg ekstrak Phyllanthus niruri. Wah kalau ada rasa buah seperti ini, anak-anak bakal suka minum Stimuno setiap hari.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Dengan mengikuti 5 cara menjaga kesehatan tubuh di atas, semoga anak-anak (dan kita) selalu #Sehat365hari. Sebagai orangtua, saya gak boleh sakit supaya pekerjaan rumah tetap lancar terkendali. 

Punya cara lain untuk menjaga kesehatan? Bagi di kolom komentar ya. Terima kasih.
48 comments on "Jaga Kesehatan Anak dengan Melakukan 5 Cara Mudah Ini"
  1. Anakku juga minum sirup stimuno fortebiar gak gampang sakit dan memang sedang aktif-aktifnya bermain apa saja. perlu perlindungan untuk kesehatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inget anak mbak yang suka nangkap kodok. Aktifnya bukan main. Sehat-sehat yaa

      Delete
  2. Akhir-akhir ini memang cuaca juga agak nggak menentu mbak, jadinya gampang sakit... Infonya menarik, harus dipraktekin ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang panas banget, malam hujan deras. Musim rawan penyakit nih

      Delete
  3. Meniran di tempat saya susah didapat. Lahan tanah sudah berganti lapisan semen dan beton. Kalau ada ekstraknya gini makin mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal meniran termasuk mudah tumbuh lho tapi kalau ga ada tanah ya makin susah

      Delete
  4. Thank you mbak! :) Aku suka banget berjemur, jadi lendir-lendir dan dahak anak juga gampang keluar. Sayang di Bogor suka mendung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cari posisi strategis buat berjemur. Udah kayak ujian aja, heheh

      Delete
  5. Wah,meniran itu di daerah saya kayak apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang sebut itu daun semanggi atau bahasa Inggrisnya clover, cmiiw

      Delete
  6. Waduh itu makanan bikin ngiler :)
    Sekarang banyak yang sakit, memang harus jaga kesehatan ini, anakku baru sembuh batuk pileknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih musim banget batuk pilek, mudah ketularan pula

      Delete
  7. Paling Susah untuk berhenti makan es

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi waktu panas. Es memang godaan yaa

      Delete
  8. Yg paling susah itu menjaga makanan bernutrisi, anakku yg pertama picky eater bangeet... btw, sehat2 selalu ya untuk Sid, kereen selalu ngintil emaknya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sid kadang picky eater kalo lagi ga mood. Ya bosen kali ya menu itu melulu.
      Amin, semoga kita diberi kesehatan oleh Allah

      Delete
  9. duh, cerianya Sid. memang senang ya kalau lihat anak sehat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, duh senangnya melihat anak sehat ceria

      Delete
  10. anak2 pas ke dokter jg suka dikasi stimuno. emang bagus yo mba

    ReplyDelete
  11. Ponakanku minum stimuno kak, aman dia.
    jaga kesehatan ya dek Sid.

    ReplyDelete
  12. aku juga pernah konsumsi stimuno nih..buat daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  13. Stimuno memang tepat buat jaga daya tahan tubuh anak… cocok juga buat keluarga disaat traveling lho kak…

    http://fiandigital.com/travelling-bersama-stimuno-forte/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, buat dewasa dan anak-anak cocok nih

      Delete
  14. Ponakan ni pake stimuno jg, hamdalah cocok dan saya juga pake ini saran dari mertua kmrn hihi.
    Btw kebiasaan mencuci tangan juga bisa dijadikan tips unt kita dalam menjaga kesehatan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya betul, cuci tangan dengan sabun juga perlu. Makasih yaa

      Delete
  15. Sid, senyum ceria mu gemesin banget, nggak kebayang kalau sid sakit, untuk mama helen sedia stimuno untuk daya tahan sid agar selalu sehat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sediiiih kalau Sid sakit. Meski dia tetep rame sih, heheh

      Delete
  16. Memang penting banget mba buat jemur matahari pagi biar tetap sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ini lagi panas kalo pagi. Bisa jemur badan supaya hangat

      Delete
  17. Emang lebih deg-degan kalo anak sakit, Mba. Dibanding kita sendiri yang sakit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuu maunya nempel mulu. Apalagi kalau anak bayi belum bisa ngomong. Ga ngerti deh sakitnya di mana

      Delete
  18. Saya ngerasa aman aja ngasih Stimuno ke anak karena dari ekstrak tanaman ya mb.. Udah kebukti si, tempo hari Alya batuk-pilek, tak kasih ini, lmyn cepet smbuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Stimuno dari ekstrak daun meniran yang sudah terkenal jaga daya tahan tubuh

      Delete
  19. Hai Sid...sehat-sehat ya sayang... ajak Bunda mudik ke Gresik yaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasi tante. Nanti kalau mudik, kita ketemuan ya

      Delete
  20. Berjemur dibawah matahari kadang susah dilakukan krn gak kuat panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar pukul 7-9 aja supaya masih hangat

      Delete
  21. si kecil cantik ceria...baju merahnya bikin cerah...

    semoga sehat terus..dn stimuno jangan ketinggalan...

    ReplyDelete
  22. kalau saya belum punya anak mbak.. tapi senang aja baca-baca info seputar anak buat bekal.. makasih mbak tulisannya

    ReplyDelete
  23. Tipsnya oke banget, hal2 yang memang udah menjadi rutinitas ya, tapi kadang suka susah, apalagi berjemur, hal yang susaaaah hihii.

    ReplyDelete
  24. Stimono memang pas untuk jaga kesehatan anak ya mba

    ReplyDelete
  25. Wah tulisannya jd mengingatkan saya untuk olahraga juga hehe

    ReplyDelete
  26. berjemur ini yg sering kelewat ih.. udh sibuk aja sm urusan rt lainnya. thanks udh diingetin lg mb ;)

    ReplyDelete
  27. Anak2 juga butuh main aktifitas diluar..dan menyerap vitamin D dari matahari..., biar sehat juga..

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature