Saturday, October 29, 2016

Apa Peran Blogger untuk Dukung Suksesnya 3-Ends?




Dua hari lalu, tepatnya 27 Oktober 2016 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Saya baru mengetahui hal itu saat hari H. Kebetulan paginya saya dan puluhan rekan blogger lainnya berkumpul di Binus University, FX Sudirman, Jakarta untuk belajar “The Power of Content” dalam blogger gathering oleh Serempak. 

Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, adalah platform yang dibangun untuk mengatasi isu perempuan dan anak. Serempak telah ada sejak 2010 dan bekerja sama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Program unggulan yang diangkat oleh KPPPA sekaligus menjadi isu penting Serempak yaitu 3-ends:

Wednesday, October 26, 2016

Diskon Alfamart untuk Pengguna LINE di Tanggal Tua



Saya perlu menuliskan #LINEAlfamart ini dengan segera untuk menyelamatkan isi dompet di akhir bulan.

Ngomongin tentang akhir bulan, mau belanja kebutuhan sehari-hari harus irit banget. Dompet, celengan, saku baju, sampai laci dibongkar buat cari voucher belanja. Ya siapa tahu ada yang terselip di situ. Kan lumayan buat tanggal tua begini.

Daripada repot-repot mencari voucher, coba deh buka aplikasi LINE di smartphone-mu. Sudah add Official Account Alfamart? Kalau belum, add dulu ya karena ada program terbaru kerja sama LINE dan Alfamart mulai 22 Oktober hingga 21 November 2016.

Promo #LINEAlfamart

Sunday, October 23, 2016

Pengumuman Pemenang Kuis #BalitaBacaBuku: Totol Hitam di Tubuh Sapi


Balita Baca Buku


Happy weekend! 

Pergi ke mana hari ini? Jakarta hujan terus sepanjang hari membuat kami menikmati Minggu dengan membaca buku saja di rumah. Kami juga berencana liburan keluarga ke luar negeri tahun depan. Setelah dihitung-hitung, liburan bersama balita bisa hemat asal tahu caranya. Itinerary dan budget rencana liburan kami ke Malaysia bisa dibaca disini.

Singkat kata, kali ini saya mau mengumumkan pemenang kuis #BalitaBacaBuku yang diadakan selama 14-22 Oktober 2016. Terima kasih buat para pembaca yang sudah ikutan. Hmm, sebenarnya totol hitam di tubuh sapi itu mirip pulau apa ya? Kita lihat gambar berikut ini.

Wednesday, October 19, 2016

Indonesia Knowledge Forum V untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia


Indonesia Knowledge Forum V - 2016

Teknologi telah menjadi hal yang kita gunakan dan butuhkan setiap hari. Hal ini berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, cara berinteraksi, hingga melahirkan model bisnis baru berbasis teknologi. Kalau dahulu kita harus ke toko baju dan mencoba satu persatu saat hendak membeli pakaian, kini belanja dengan mudah melalui smartphone. Aplikasi belanja online begitu banyak macamnya. Tak hanya pakaian, belanja bahan pangan pun tak perlu harus pergi ke pasar. Gunakan saja penyedia jasa yang akan berbelanja untuk anda. Suatu kemajuan teknologi yang luar biasa.

Generasi Y yang lahir pada tahun 1990-2000an atau biasa disebut generasi milenial dikenal melek teknologi digital. Pertumbuhan generasi inilah yang dipercaya dapat membawa perubahan serta menjadi kekuatan ekonomi baru di Indonesia bahkan dunia. Maka dalam perhelatan Indonesia Knowledge Forum V, BCA mengusung tema Moving Our Nation To The Next Level: “Optimizing Knowledge and Creativity  to Ride the Wave of New Generation in Accelerating Indonesia Economy.

Review: Sop Durian Kunyil Sang Pengobat Rindu



Siapa yang suka durian? Kami sekeluarga suka banget, apalagi makan rame-rame. Durian ini buah musiman jadi kehadirannya kami tunggu saat musimnya berbuah. Hal ini berbeda saat saya tinggal di Palu, Sulawesi Tengah. Beberapa penjual durian berkumpul di Jalan Moh. Yamin (biasa juga disebut Jalur Dua karena tempat ini yang pertama kali punya dua jalur/two-ways). Tempat ini buka 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Durian selalu ada, tidak mengenal musim. Kalau sedang ingin makan durian, langsung saja ke Jalur Dua. 

Deretan durian di Jalur Dua, Palu (pic: manjo kamana)
Di Jakarta ini saya sudah lama tidak makan durian. Kangen rasanya menikmati durian yang fresh tapi kok ya jauh amat harus ke Sulawesi. Beli durian utuh repot juga membukanya. Selain itu saya khawatir Sid penasaran dengan duri-duri pada kulit durian. Saya pun mendapat rekomendasi Sop Durian Kunyil yang letaknya di Jakarta Barat, tepatnya Jl. Anggrek Cendrawasih Blok K No.39B. Lokasinya lumayan juga dari rumah, untung ada Go-Food yang mau antar pesanan. Saya bisa duduk manis menunggu abang ojek datang.

Friday, October 14, 2016

Balita Baca Buku: Mengenal Kepulauan Indonesia (+Quiz)



Halo halo, di edisi kedua dari #BalitaBacaBuku nih. Kali ini saya mau membahas buku tentang Indonesia juga ada quiz di akhir review ini. Ikutan ya.

Berhubung saya suka traveling dan berharap Sid ketularan virus traveling ini, saya belikan ia buku “Mengenal Kepulauan Indonesia”. Eh ga benar-benar beli sih, kebetulan dapat voucher hadiah lomba #BMDChilGo (lombanya masih berlangsung hingga 31 Desember 2016).

Balita Baca Buku

Wednesday, October 12, 2016

Belanja Kursi Lipat untuk Ibu di ShopBack, Banyak Promo dan Dapat Cashback



"Tolong carikan kursi lipat. Ibu ga kuat kalau sholat sambil berdiri."

Begitu pesan singkat yang masuk di HP saya. Ah ya, ada pergeseran tulang pada kaki ibu yang membuat beliau tak setangguh dulu. Ibu yang pada masa mudanya kuat ngubek-ngubek Mangga Dua, kini harus berjalan pelan. Kondisinya tak menyurutkan beliau untuk sholat di masjid yang jaraknya 500 meter dari rumah. Ibu ingin punya kursi lipat yang bisa dengan mudah dibawa ke masjid.

Hmm, saya pernah melihat kursi lipat ini tapi di website mana ya? Kebanyakan belanja lewat online shop jadi lupa deh. Buat mempersingkat waktu, saya buka ShopBack.co.id
. Pada kolom search saya ketik: kursi lipat.

Hasil pencarian di ShopBack bisa sebanyak ini

Saturday, October 8, 2016

Biaya Listrik Naik Gara-Gara Jessica dan Kopi Bersianida



Obrolan pagi bersama suami kali ini membahas tentang tagihan listrik dan air. Awal bulan begini memang saatnya membayar tagihan utilities rumah. Pesan singkat yang saya terima menunjukkan tagihan bulan Oktober ini naik 30% dari rata-rata. Wih, kok bisa banyak gini? Apa yang salah? 
Apa penyebab biaya listrik naik? (pic: clipartpanda)

Friday, October 7, 2016

Proposal Mesin Cuci Polytron Zeromatic Belleza Kepada Suami


Proposal Mesin Cuci Polytron Zeromatic Belleza

Mesin Cuci Polytron Zeromatic Belleza - Saat cuaca panas dan matahari bersinar terik, saya bersyukur. Alhamdulillah jemuran cepat kering. Kalau musim hujan begini, saya menjadi galau. Enak sih hawanya adem dan segar tapi jemuran lama keringnya. Cucian yang diperas secara manual alias dengan tangan butuh waktu lebih lama untuk kering dibanding dengan mesin cuci. Bisa 2 hari baru benar-benar kering. Saat pergi, khawatir jemuran di luar kehujanan. Dijemur dalam rumah, baju masih lembab dan bau apek. Begitulah dilema ibu-ibu. Tsaaah…
 
Masih berhubungan dengan cucian, punggung dan pinggang saya mudah capek. Mungkin efek dari sering menggendong anak di samping sehingga berat sebelah. Saat mencuci harus diselingi istirahat karena punggung terasa sakit ketika membungkuk. Faktor U alias usia juga kali ya…

Tuesday, October 4, 2016

Philips Avent New Parents Class: Panduan Lengkap Tentang ASI, MP-ASI, dan Pijat Bayi (bagian 2)


Hai calon orang tua yang sedang dag-dig-dug menunggu hari kelahiran!

Eh buat yang belum menikah atau yang sudah punya anak juga boleh menyimak. Semoga informasi ini bisa berguna ya. Kali ini saya mau melanjutkan cerita tentang Philips Avent New Parents Class tempo hari. Sudah baca tentang manajemen laktasi yang tepat di sini? Sekarang kita bahas langkah selanjutnya yaitu MP-ASI dan pijat bayi.
Titien Indah Saputri, S.Gz menjelaskan pentingnya MP-ASI

Monday, October 3, 2016

Bincang Bersama Orang Kreatif di Kafe BCA 3


Batik, tenun, dan songket khas Indonesia itu motifnya cantik-cantik deh. Tenun dari Donggala, Sulawesi Tengah, misalnya. Harga yang dipatok berkisar 200-800 ribu rupiah untuk selembar kain tradisional. Hal ini sepadan dengan usaha pembuatannya yang kebanyakan masih menggunakan ATBM alias Alat Tenun Bukan Mesin. Tenun berbahan sutera dari Donggala juga terkesan mewah sehingga cocok digunakan untuk acara resmi.

Tenun ikat khas Donggala, Sulawesi Tengah
Sekitar 3 tahun lalu saat tinggal di Palu, Sulawesi Tengah, saya mengunjungi sentra produksi kain tenun ini. Hasil ngobrol dengan ibu-ibu pengrajin tenun Donggala membuat saya makin terkesan dan ingin mengenalkan kain ini ke masyarakat yang lebih luas. Dari situ saya mulai menjualnya secara online lewat instagram @foottrip (follow me please). Alhamdulillah banyak peminatnya, terutama dari Jawa dan Sumatera. Para customer tidak perlu repot berkunjung ke Sulawesi untuk mendapatkan tenun unik ini.

Saat ini @foottrip tidak hanya menyediakan lembaran kain tradisional tetapi juga dalam berbagai bentuk aksesoris. Produk unggulan yang paling laku yaitu ID card holder berbahan batik dan kulit. Selain itu ada juga dompet kartu, dompet STNK, dan passport cover. Pelanggan dapat memilih motif batik yang tersedia sesuai keinginan. Unik dan tampil beda, kan. Produk ini hasil kerja sama dengan Madrim Batiqkoe (follow instagram: Mymadrim juga ya).

Bisnis kecil saya ini termasuk salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif. Sektor ekonomi kreatif ini sedang berkembang ke arah positif. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor ini tumbuh 5,76 persen atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,74 persen.

Pada 19 September 2016 lalu, saya berkesempatan mengikuti bincang santai Kafe BCA 3 di Menara BCA, Jakarta dengan topik: Orang Kreatif (OK): Generasi Baru Kekuatan Ekonomi Indonesia. Suatu inovasi BCA yang patut diacungi jempol karena saya dan para undangan bisa mendengar langsung penuturan orang-orang kreatif dari berbagai bidang, baik praktisi maupun akademisi. Kafe BCA 3 ini sebagai pemanasan sebelum puncak acara Indonesia Knowledge Forum (IKF) V pada awal Oktober 2016.