Apresiasi Atas Dedikasi Mama Dengan Rayakan Hari Mama Tiap Hari

Tuesday, December 27, 2016


pic: Pinterest


Dear Mama(s) in the world, 

Pernah merasa capek, sedih, KZL, dan ingin cuti dari pekerjaan sebagai “mama”? Mengandung selama 9 bulan, berjuang antara hidup dan mati saat melahirkan, juga mengasuh anak (dan si papa) yang very dependable memang melelahkan. Syukurlah di Indonesia ini tiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Mama (atau lebih dikenal dengan Hari Ibu). Lumayan lah daripada tidak sama sekali, batin saya.

Secara simbolis Hari Mama memang diperingati setahun sekali namun tak perlu menunggu tanggal tersebut untuk mengapresiasi dedikasi mama bagi keluarga.  Bagi Lactamil, kasih sayang pada mama dapat diberikan kapan saja. Lactamil pun mengajak keluarga menciptakan #HariMamaTiapHari melalui akun media sosialnya. Brand susu untuk bumil & busui di bawah PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) ini mengajak mama-mama berbagi cerita mengenai dedikasi mama pada keluarga. Dari ribuan cerita yang masuk, telah terpilih 3 pemenang utama yang mendapat hadiah istimewa. Siapakah mereka?



Sebelum bertemu dengan tiga mama yang beruntung, acara #HariMamaTiapHari yang diadakan di Hotel Royal Kuningan pada 21 Desember 2016 dibuka dengan talkshow bersama para pakar. Ada psikolog, dokter spesialis kandungan, brand ambassador Lactamil, dan brand manager Lactamil.

 

Me-Time? Mana Sempat…

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si mengiyakan curhatan saya di atas. Mengurus keluarga memang melelahkan. Beliau memberikan kiat berikut ini:

  • Nikmati masa hamil dan menyusui. Lelah saat hamil karena membawa 2 badan anggaplah sebagai cara janin berkomunikasi dengan mama. Dengan enjoy, masalah akan terasa lebih ringan.
  • Mama juga perlu me-time, meski hanya 5-10 menit namun nikmati sebagai waktu khusus untuk diri mama. Aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari menarik napas panjang untuk menenangkan diri, duduk rileks tanpa memikirkan pekerjaan rumah, minum minuman kesukaan, atau mendengarkan musik. Kalau saya mengawali hari dengan me-time.
  • Bangun dukungan dari keluarga (terutama suami) dan lingkungan. Saling menolong dengan tetangga karena mereka adalah orang terdekat di sekitar rumah. Kalau ada masalah, tetangga bisa segera membantu.
  • Hindari stress. Tiap berpikir 1 hal negatif, pikirkan 1-2 hal positif.
  • Jangan di rumah melulu, sesekali berkumpul dengan sahabat. Mama butuh refresh pikiran.
  • Perbanyak membaca untuk memperluas wawasan.
  • Tetapkan prioritas hidup.
  • Work-life balance.
  • Jaga kesehatan dengan rajin berolahraga, perhatikan asupan nutrisi, dan tidur cukup.


Tip dari psikolog di atas sejalan dengan pengalaman Brand Ambassador Lactamil Nadia Mulya. Artis sekaligus mama dari 3 orang anak ini memasang mindset positif menjadi seorang mama. Ia terus menggali informasi bagaimana merawat anak yang tepat. Mama harus menjaga asupan nutrisi, mulai dari kehamilan supaya tetap sehat. Nadia rajin minum Lactamil hingga sekarang karena kandungan ADIK+ yang baik untuk ibu menyusui.

Olahraga Bagi Ibu Hamil

Selama hamil, Nadia rajin berolahraga. Olahraga yang dipilih pun tergolong hardcore seperti crossfit. Menurut dr. Febriansyah Darus, Sp.OG boleh saja ibu hamil berolahraga asalkan konsultasi dengan dokter untuk memilih jenis olahraga yang tepat sesuai kondisi tubuh. Pada kehamilan tertentu mama sebaiknya banyak beristirahat, misal: sering melahirkan bayi premature, plasenta previa yang menutup jalan lahir, atau saat timbul flek.

dr. Febri mengingatkan agar saat hamil dan menyusui harus banyak minum air supaya terhidrasi. Mual dan muntah saat hamil itu hal yang biasa, bukan berarti harus minum obat. Untuk menguranginya, bumil bisa makan dalam porsi kecil tapi sering. Variasikan makanan dengan komposisi 40-50% karbohidrat, 20-30% protein dan vitamin, kemudian lengkapi dengan Lactamil.

Brand Manager Lactamil Widita Sukma Wimala menambahkan cara untuk mengurangi mual dan muntah dengan mengonsumsi Lactamil Inisis dua kali sehari. Lactamil mengandung formula ADIK+, tinggi vitamin B6, asam folat, vitamin D, zat besi, kalsium, dan protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mama.

Selain Inisis, ada juga Lactamil Pregnasis (untuk bumil) yang lebih rendah gula dan rendah lemak. Saat menyusui, Lactamil Lactasis dapat dikonsumsi karena mengandung sari daun katuk untuk memperlancar ASI. Susu hamil dan menyusui ini rasanya enak lho. Saya sudah mencobanya.

Hadiah Istimewa untuk Mama

Selesai talkshow, MC memanggil tiga mama pemenang kontes #HariMamaTiapHari untuk naik ke atas panggung. Mereka adalah Olivia Santoso, Innes Clara Shinta, dan Izza Alimiyah. Ketiga mama ini nampak cantik. Hari itu menjadi hari yang spesial bagi mereka. Sejak pagi mereka dijemput oleh Tim Lactamil kemudian menikmati spa dan make-over. Para pemenang berhak mendapat voucher senilai @Rp2juta. Wow, asyik banget! 

Kejutan pun berlanjut dengan ditayangkannya video pesan romantis dari para papa mengenai dedikasi mama. Mendengar ungkapan terima kasih dan sayang dari papa membuat para undangan terharu. Tak disangka setelah itu ketiga suami datang. Benar-benar kejutan spesial untuk para mama. *Suamiku...di mana dikau…

1000 Gelas Susu untuk Pandeglang

Selain kampanye #HariMamaTiapHari, Lactamil mendukung kecukupan nutrisi ibu hamil dan menyusui dengan menyumbangkan 1000 gelas susu ke Kabupaten Pandeglang. Lewat kampanye #MamaPastiBisa, penyerahan bantuan secara simbolis diberikan oleh Danish Rahman, Bbu PSP Director Lactamil kepada Wakil Kepala BP3AKB Pandeglang, Supriyadi. Semoga bantuan ini dapat kontinyu dan mendukung Indonesia yang lebih sehat.

Acaranya penuh kejutan dan mengharu-biru. Bikin mewek! Walaupun bukan 22 Desember saya mau mengucapkan Selamat Hari Mama untuk calon mama, mama, dan nenek di manapun kalian berada. Terima kasih sudah berbagi kasih sayang setiap hari pada keluarga.

Bersama 3 Bumil Blogger Perempuan

23 comments on "Apresiasi Atas Dedikasi Mama Dengan Rayakan Hari Mama Tiap Hari"
  1. seru acaranya, dan banyak informasi menarik tentang kehamilan. Lactamil mengerti kebutuhan ibu hamil ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Undangannya juga khusus bumil dan busui. Banyak dapat info penting deh

      Delete
  2. Aku jadi kangen hamil karena semasa hamil ga pernah berhenti minum susu hamil xixixi..

    ReplyDelete
  3. Kata mamaku: Setiap hari juga hari Ibu, Nak :)

    ReplyDelete
  4. Aaaakkk nyari waktu yg pas untuk me time emang agak-agak susah sih ya mba.. urusan krucil beres, suami rewel. Urusan suami beres, krucil rewel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeerr mba Wian. Disempetin meski cuma 10 menit tapi berkualitas gitu aja

      Delete
  5. Waaah acara yang seru dan menarik ya mba, jadi pengen hamil lagi neh #ehhh ga jadi deh hehehe

    ReplyDelete
  6. pengen banget ikut acaranya, tapi karena belum bumil dan busui jadi nggak bisa ikutan hehe..suka dengan ilmu mengenai dunia ibu soalnya kadang aku share lagi ke adikku

    ReplyDelete
  7. Jadi inget saat hamil dulu Mbak, aku minumnya lactamil. Susu lain aku nggak tahann. Lactamil yg bis amasuk ke perut, rasanya juga enak.

    ReplyDelete
  8. Saya belum kenal ya. Bumil-bumil blogger di foto itu siapa aja, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kiri ke kanan: Azzura Lhi, Shine Fikri, saya, dan Nurul Dwi Larasati

      Delete
  9. kadang kebahagiaan Ibu terlupakan, dan rutinitas yg biasa dikerjakan dianggap memang sudah tanggung jawab Ibu... padahal bahagiannya Ibu sederhana, apalagi Ibu hamil, dibuatkan lactamil sama suami atau anak juga itu udah bikin beleberan air mata pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatian kecil dari suami dan anak udah bikin seneng yaa

      Delete
  10. Hamil itu adalah momen yang paling unforgetable deh karena banyak warnanya. Jadi sering sensi juga. BTw, bagus banget ide 1000 gelas untuk Pengalengan itu. Ibu hamil itu perlu banget nutrisi, kalau nutrisinya kurang, imbasnya pasti ke bayinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, sejak hamil harus perhatikan nutrisi buat ibu dan bayi karena pengaruh ke 1000 hari pertama kehidupannya.

      Delete
  11. Nambah lagi pengetahuan nih. Selamat hari Mama selalu untuk para Mama dan balon mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat... Eh kok balon, bakal calon ya? heheh

      Delete
  12. Kalo metime nya mama di ajak shopping pasti semangat yaa apalagi kalo di bayarin semua hahaha

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature