Ide Reuni Sekolah yang Lebih Bermakna

Wednesday, September 7, 2016
Barusan saya dapat reminder via e-mail mengenai event akbar bulan depan, "Reuni 1 Dekade" kampus kesayangan. Wah ga berasa sudah 10 tahun saya menyandang gelar sarjana (sering lupa ada tambahan S.E. di belakang nama). Setelah lulus kuliah saya belum pernah sekalipun hadir di acara reuni kampus, so acara di awal Oktober ini sudah saya tunggu.

Kadang malas juga hadir di reuni sekolah kalau acaranya ngobrol sendiri-sendiri, makan, lalu pulang. Apalagi bisa membuka luka lama ketemu mantan atau musuh bebuyutan zaman baheula. Tapi…menurut saya acara reuni adalah kesempatan yang baik untuk menjadi ajang silaturrahim dengan kawan lama. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat reuni supaya makin berkesan:


  1. Untuk panitia, tampilkan foto dan video zaman sekolah. Cari yang banyak dengan mengumpulkan dari para alumni atau kepo ke media sosial alumni (kalau saat sekolah sudah tenar Friendster, Facebook, dll). Bisa juga buat photo booth yang hasil fotonya dibawa pulang untuk kenang-kenangan.
  2. Untuk panitia (lagi), sajikan makanan khas masa sekolah yang populer. Pada reuni SD beberapa tahun lalu, panitia sengaja menyediakan camilan favorit saat SD yaitu simping dan usus ayam. Teman-teman yang datang langsung menyerbu camilan yang sekarang ini sulit didapat.
  3. Buat permainan yang mengingat kenangan masa sekolah. Bisa cerdas cermat pengetahuan seputar sekolah atau permainan tradisional zaman dulu.
  4. Ngobrol dengan para undangan. Yaiyalah masa’ diam aja di pojokan. Topik obrolannya bisa apa aja. Kalau lagi bosan di kantor dan mencari tempat kerja yang lebih baik, bisa cerita-cerita pekerjaan. Siapa tahu ada lowongan kerja di kantor teman. Kalau jomblo nan galau padahal teman sudah punya 3 anak, minta kenalin ke teman kantor atau keluarganya yang juga cari jodoh. Atau bisa curi-curi pandang ke teman yang waktu kuliah tampangnya geek, setelah kerja makin mempesona. Bisa juga sharing tip supaya cepat hamil atau cara merawat anak untuk yang sudah berkeluarga. Kalau mau memperluas bisnis juga bisa ngobrol dengan teman yang berpotensi jadi calon investor, kan. Jangan lupa saling bertukar kartu nama. Banyak deh topik obrolan. Siapa tahu dari obrolan itu bisa memecahkan masalah pribadi maupun negara.
  5. Masih berlanjut dari poin 4, obrolan santai bisa berujung pada penyatuan visi misi membentuk komunitas atau project untuk menyelesaikan suatu masalah. Contoh: Adi kerja di perusahaan air minum, Beta menjadi guru di daerah terpencil yang susah air bersih, sedangkan Caca memiliki laboratorium kimia. Dari obrolan mereka bisa tercetus project penyaringan air bersih dan layak minum di tempat Beta.
  6. Setelah sekian tahun berpisah, kondisi masing-masing alumni akan berbeda. Kalau dulu sama-sama ingusan, sekarang ada yang mapan, ada pula yang butuh bantuan. Baiknya ada acara untuk memberikan bantuan bagi alumni yang kesusahan. Bantuan juga bisa diberikan untuk pegawai atau kegiatan di lingkungan sekolah. Berbagi itu indah J
Masih ada sebulan lagi sebelum reuni kampus nih. Selain 6 poin di atas, ada ide lain supaya reuni makin seru dan bermakna? Bagi idemu di kolom komentar ya. Thank you!



2 comments on "Ide Reuni Sekolah yang Lebih Bermakna "
  1. Idenya keren mbak :D luar biasa ! Memang ajang reuni itu harus dijadikan sebagai momentum yang sangat bagus untuk berbagi, sepakat saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Didik. Salam buat Bojonegoro

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature