Cara Potong Rambut Anak Tanpa Rewel

Thursday, September 15, 2016
Pakai peci setelah potong rambut (dok. pri)

Sid punya julukan baru setelah lebaran. Ia dipanggil Ipin karena kepalanya gundul seperti tokoh kartun Upin & Ipin. Ia mudah keringatan sehingga kulit kepalanya bentol-bentol merah kena biang keringat. Waktu mudik lebaran kami memutuskan untuk mencukur rambutnya sampai pelontos. 

Cukur rambut anak aktif tak semudah saat ia bayi. Teringat cerita seorang ibu harus memegang erat si anak saat  cukur rambut di barber shop.  Anak itu menangis dan berontak. Ngeri juga kalau salah potong, kan. Lalu bagaimana supaya bisa memotong rambut anak tanpa rewel?

Ada beberapa cara yang bisa dicoba berikut ini:

1. Alihkan perhatian
Anak akan merasa terganggu dengan kepala yang dipegang-pegang. Untuk itu alihkan perhatiannya dengan memberi mainan kesukaannya. Pilih mainan yang membuatnya tenang. Saya pernah menjumpai buku cerita anak di barber shop. Ada pula salon yang menyediakan kursi berbentuk mobil-mobilan. 
Salon khusus anak (dok. flickr)
2. Bertahap
Anak yang aktif sulit untuk terlalu lama duduk tenang. Ia terbiasa bergerak kesana kemari. Potong rambut biasanya memakan waktu sekitar 20-30 menit. Anak akan mudah bosan harus menunggu selama itu. Potong rambut anak secara bertahap. Pagi hari potong sebelah kanan, lanjut siang hari potong sebelah kiri. Hihihi…engga apa-apa deh rambut tidak rata sementara.

3. Lakukan oleh orang yang dikenal
Terkadang anak rewel karena merasa tidak aman dengan orang yang akan menggunting rambutnya. Ia risih saat rambutnya dipegang oleh orang asing. That’s a good alarm, waspada terhadap orang asing. So, potong rambut bisa dilakukan oleh orang yang dekat dengan anak. Bisa orang tua atau keluarga yang sering bertemu. Kalau ke salon, pilih salon langganan orang tua dan kenalkan pada anak. 
How do I look? (dok. pinterest)

4. Beri contoh
Masih berhubungan dengan poin 3. Ajak anak saat orang tua ke salon. Anak akan memperhatikan bahwa mencukur rambut itu hal biasa dan aman dilakukan.

5. Beri pengertian
Ada juga anak yang rewel karena takut dengan gunting dan alat cukur. Di rumah, ibu melarang si anak memegang gunting. Tapi ini malah gunting begitu dekat dengan kepalanya. Beri pengertian bahwa cukur rambut ini untuk kebersihan dan kerapiannya. Tukang cukurnya (atau hair-stylist?) telah terlatih menggunakan gunting sehingga aman untuk dipakai. Memotong rambut itu cepat dan tidak menyakitkan, kok. 
Takut kena gunting (dok. rd)

6. Saat tidur
Kalau anak masih merasa tidak aman dan nyaman untuk dicukur rambutnya, lakukan saat ia tidur. Tunggu ia tidur nyenyak dan potonglah secara bertahap.
Bobo pules kelamaan antri di salon (dok. abcnews)
 
Bagaimana dengan Sid? Cara apa yang kami tempuh sehingga sukses memotong rambutnya tanpa rewel?

Si gundul (dok. pribadi)

Saya menyadari Sid merasa tidak nyaman bila dipegang oleh orang asing. Gunting rambut di barber shop yang baru ia jumpai akan membuatnya takut. Oleh karena itu, kakek dan ayah Sid yang mencukur rambutnya. Ia penasaran dengan kedua lelaki yang berada di belakangnya.

Saya bertugas memegang cermin supaya Sid bisa melihat apa yang terjadi dengan kepalanya. Beberapa kali ia menengok berusaha melihat langsung. Untuk mengalihkan perhatian, saya beri mainan kesukaannya hingga ia tak peduli lagi dengan rambut yang rontok.
Suka main roda skateboard (dok. pribadi)

Prosesnya dibuat dua tahap, saat pagi dan sore. Ia tidak bisa berlama-lama duduk manis. Ketika ia mulai bosan, kami hentikan dulu potong rambutnya. Alhamdulillah sukses juga mencukur rambut si Ipin, eh Sid.

Punya pengalaman dengan memotong rambut anak? Ada kiat-kiat khusus supaya anak tetap tenang? Bagi ceritamu di kolom komentar ya. Thank you!

55 comments on "Cara Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
  1. Anak saya keduanya nangis kalau dipotong rambut mbak, terpaksa saya pegangin kenceng. Tapi makin besar makin berani sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal potong rambut bikin makin cakep ya, kok nangis sih

      Delete
  2. terakhir antar ponakan balita cukur rambut, suka ngamuk, nangis jerit2 pasahal dah si kasih emakya mainan.

    Akhirnya sukses diajak ngobrol ma aku selama potong rambut, diceritain ini itu, capede sampe berbusa huhuu..

    Rambut baruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe siapin dongeng satu buku kayaknya

      Delete
  3. Anakku malah betah banget saat potong rambut mba. Tapi skarang udah minta rambutnya dipanjangin euy

    ReplyDelete
  4. Hihiihi.. jadi ingat saat memotong rambut anak batita, si Papa menggendong mereka. Kalau bosan ya jalan beberapa langkah. Seru! ;)
    Cerita anak tak ada habisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah tip baru lagi nih, sambil jalan-jalan

      Delete
  5. sepupuku kalo dipotong rmbutnya rewee banget, sampe gemes liatnyaa :D

    ReplyDelete
  6. Anakku lanang juga rewel Mba kalau potong rambut, huhuu. Sekarang usianya 2 tahun. Makanya lagi mikir mau beli alat cukur sendiri aja. Kalau di tukang cukur cranky banget anaknya. Udah gitu rambutnya cepet banget panjang -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku pakai gunting dan alat cukur jenggot yang biasa aja sih nyak

      Delete
  7. Anak saya rewel Mba, kalau dipotong rambutnya. Nggak mau diam juga, hehe. Emaknya sih pengen manjangin rambutnya, tapi dianya ga mau dipakaiin bando/ikat rambut. jadinya kalau kepanjangan dikit jadi awut2an..

    ReplyDelete
  8. Ibu saya pas motong rambut keponaka, pasti pas lagi tidur. Pokoknya bangun tidur udah botak aja itu anak hehehe, katanya biar ga ribet lari sana lari sini

    ReplyDelete
  9. Aku baru sebatas potong poni sih mba hehee eh tapi pernah nyoba gundulin anak bayiku bareng suami. Lama banget prosesnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes padahal rambutnya dikit tapi harus sabar

      Delete
  10. Anak-anak potong rambut sama neneknya. Pernah sama saya hasilnya warwiasyaah wkwk.. lumayan anteng sih msh bs dkendalikan cuma tangan emaknya yg ga terkendali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. warwiyasah hasilnya, hahah... pokoke anaknya ga protes

      Delete
  11. Harus pinter menyiasatinya dengan hal2 yang bikin si kecil nyaaman ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, harus tau dulu apa yg buat dia nyaman

      Delete
  12. Aku selalu ke tukang cukur. Anaknya aku pangku klo msh terlalu kecil. Pas udh bs duduk sndiri, baru deh gk pangkuan lg. Dan gk rewel :D

    ReplyDelete
  13. selama ini anakku ibuku yang pangkas rambut

    ReplyDelete
  14. Dulu keponakan-keponakanku kalau potong rambut biasanya ngundang abang tukang potong rambutnya ke rumah. Kalau udah tidur baru dicukur. Kalau yang cewek sih lebih mudah dikasih tau jadi bisa diajak potong di salon. Kalau yang cowok-cowok itu lah yang suka pada ngamuk kalo potong rambut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tukang cukurnya diundang ke rumah ya. udah langganan berarti

      Delete
  15. Biasanya keponakanku sellau diiming imingi buat main di timezone abis potong rambut wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeeeh extra cost buat main di TZ, heheh

      Delete
  16. Susah2 gampang ya potong rambut anak. Padahal kan biar tambah keren, Sid :D Semoga Sid tambah pintar dan sehat2 terus ya, mba :)

    ReplyDelete
  17. Maxy susah potong kuku, ptong rambut, takut :(
    Sebaliknya, Dema suka banget hyaaah

    ReplyDelete
  18. Anak saya kalau cukur maunya di salon bocah. Sebelumnya diajak ke tukang cukur biasa dia nggak mau. Meski di salon khusus bocah lebih mahal ya apa boleh buat hi hi, yang penting anak mau cukur. Emang belum ngerasa nyaman cukur di tempat orang dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku belum pernah potong di salon khusus anak yang pake naik mobil-mobilan itu. Khawatir dia ga mau pulang. Hahah..

      Delete
  19. Gampang-gampang susah memotong memotong rambut anak. Sekarang ada salon khusus untukk anak ya, kreatif dan menarik sekali. Kalo anak-anakku dulu rambutnya kupotong sendiri waktu kecil, setelah umur 4 tahun dan mulai sekolah baru deh potong di salon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lianny telaten banget ya. Anak-anaknya nurut kalau dipotong rambutnya.

      Delete
  20. gemes banget liat anak mu mbak..btw aku punya fotonya sewaktu kita ikutan acara bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku mau dong fotonya dia mba. Heheh...

      Delete
  21. anakku untungnya nggak susah kalo potong rambut, tapi tipsnya oke nih buat ponakan yg selalu nolak kalo diajak potong rambut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam buat ponakannya yaa, semoga anteng kalau potong rambut

      Delete
  22. anakku yang pertama sampe skr, umurnya 4 thn ini, masih penuh drama deh kalo kita mau potong rambutnya :D.. dulu pas setahunan, dia nangis berontak.. umur 2 thn ampe skr, masih nangis selama proses pemotongan, tp udh bisa diem :D.. cuma jd inget ama peserta asia next top model asia yg kalo lg makeover, trs rambutnya dipotong, kan kbnyakan pada nangis tuh ;p.. nah persis udh.. tp ini nangisnya sambil bersuara berurai air mata ;p pusing aku.. moga2 adeknya ntr ga kyk gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kenapa ya padahal udah gede. Khawatir jadi jelek apa ya?

      Delete
  23. Kita bersaudara perempuan semua, jadi belum pernah ada pengalaman liat anak-anak cowok potong rambut. Cuma pernah liat di reality show korea itu, emang ternyata perlu kesabaran dan trick khusus ya biar dedeknya nyaman pas potong rambut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cewe anteng kali ya. Lagian jarang potong juga ok

      Delete
  24. ah ya memotong rambut anak itu bisa malah bikin runyam kalau dianya terganggu hehehee
    sekarang untung nya banyak tempat potong rambut anak yang lucuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah ga kelar-kelar karena anak susah diam

      Delete
  25. boleh nian, aku tiru caranya ni mba

    ReplyDelete
  26. jadi inget adikku waktu kecil dicukur malah ngamuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khawatir kegantengan atau kecantikannya berkurang kali ya, heheh

      Delete
  27. Anakku dr 3 bulan belum pernah dipotong lagi, suka deg2an klo bawa ke salon jd malah batal terus,hahaha. Bisa diterapkan ni tipsnya. Makasih mbaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wha udah gondrong ya. Sip-sip selamat mencoba

      Delete
  28. Arya ga pernah mau potong di barber shop. Selalu minta Kakeknya yang potongin rambutnya. Dan itu aja, udah geli-geli begidik gitu

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature