Bermain Sambil Belajar Tentang Idul Adha (Anak 1-2 Tahun)

Thursday, September 8, 2016
Kambing unyu-unyu untuk Idul Adha

Bau kambing begitu menyengat saat kami melewati lapangan dekat rumah. Lapangan yang biasanya kosong kini menjadi kandang dadakan. Kambing dan sapi berjejer memenuhi tiap kandang yang sekaligus menjadi etalase dagangan. Banyaknya hewan ternak ini menandakan hari raya Idul Adha sudah dekat. InsyaAllah 10 Dzulhijjah kali ini jatuh pada 12 September 2016, empat hari lagi.

Sekumpulan anak berdiri di depan seekor sapi sambil menjulurkan rumput. Sid mengamati mereka. Ini pertama kalinya ia melihat begitu banyak hewan ternak yang biasa ia jumpai di buku cerita. Momen ini tepat untuk mengenalkan anak-anak kepada hewan ternak dan peristiwa Idul Adha. Anak bisa memberi makan sapi dan kambing secara langsung dan gratis. Lebih hemat tentunya daripada harus ke farm house di Bogor atau Lembang.

Selain aktivitas di lapangan tadi, saya jadi ada ide mengenalkan Idul Adha kepada Sid melalui permainan. Beberapa cara ini cocok dilakukan untuk anak usia 1-2 tahun dan bisa dilakukan di dalam rumah. Ada printable picture juga yang bisa diunduh.

Ide bermain sambil belajar tentang Idul Adha, antara lain:

1. Membaca buku bertema kurban dan Idul Adha

Sid punya buku Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah Ajaib Lainnya. Di buku itu ada 2 cerita yang relevan dengan Idul Adha yaitu “Nabi Ismail AS Kecil Akan Dijadikan Korban” berdasarkan QS Ash-Shaffat (37): 100-111 dan “Domba Kurban” yang bersumber dari QS Al-Hajj (22): 34-35. Buku itu menceritakan asal mula perayaan Idul Adha yang mengandung pesan moral keikhlasan berkurban karena Allah. Membaca buku makin asyik sambil memainkan boneka kambing sesuai jalan cerita.

Baca juga: Buku Bayi 1 Tahun Pertama
 

Buku cerita, boneka, dan flashcard


2. Flashcard hewan

Membuat flashcard bertema hewan, contohnya kambing dan sapi yang dilengkapi gambar dan nama hewan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Dengan melihat flashcard tersebut secara berulang-ulang, anak mudah menghafal nama hewan dalam beberapa bahasa. Flashcard bisa dibuat dari karton lalu diberi gambar hewan. Berhubung saya kurang terampil menggambar, saya cari gambar hewan dari majalah atau internet lalu tempel di karton. Yah, daripada niatnya menggambar sapi tapi dikira beruang.

Baca juga: KidCity Transmart Carrefour Cempaka Putih, Tempat Bermain Keluarga

3. Membuat sate dari Styrofoam/gabus

Kegiatan ini seperti meronce tetapi menggunakan tusuk sate dan gabus yang dipotong kubus. Tusuk sate dapat diganti dengan sedotan kalau khawatir anak tertusuk. Gabus bisa diganti karton warna-warni atau kardus bekas yang dibentuk bermacam-macam (bulat, kotak, persegi, dll). Anak dilatih meronce sesuai bentuk dan warna ke dalam 1 tusuk sate.

4. Mengenal warna
Cocokkan bagian depan dan belakang kambing sesuai warna

Selain meronce sesuai warna, belajar mengenal warna juga bisa dengan mencocokkan badan kambing. Download printable kambing warna-warni di sini kemudian cetak dan gunting sesuai gambar. Masing-masing kambing dipotong menjadi 2 kemudian anak diminta mencocokkan bagian depan dengan bagian belakang sesuai warnanya.


Ide permainan di atas gampang, kan. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Semoga Sid suka dan teralihkan dari nonton YouTube melulu. Dengan bermain seperti ini, kecerdasan majemuknya terasah terutama untuk kecerdasan linguistik dan kinestetik. Kemampuan motorik halusnya juga berkembang saat meronce karena membutuhkan konsentrasi memasukkan gabus ke tusuk sate.

Punya ide kreatif mengajarkan Idul Adha kepada anak? Bagi ceritamu di kolom komentar ya. Thank you!

15 comments on "Bermain Sambil Belajar Tentang Idul Adha (Anak 1-2 Tahun)"
  1. Wah, seru2 ya kegiatan Sid. Kalau anakku paling senang menempel bulu domba, Mba. Bulunya dari bulatan kapas. Tinggal ditempel ke gambar domba pakai lem, jadi deeeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus nih. Main pakai kapas. Thanks ya

      Delete
  2. Yeay! bentar lagi idul adha, bentar lagi nyate kambing :D *salah fokus*

    Harus diajarkan sedini mungkin yah Mbak Helena biar anak makin banyak wwasannya. Nggak cuma tetnang skill yang harus dia miliki, tapi pengetahuan agamanya juga. Kece nih! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedini mungkin anak dikenalkan dengan Penciptanya :)

      Delete
  3. Hooohhh ide bagus, ntra kupraktekin. thx
    Ini kami di Surabaya jd bisa liat kambing, krn kambing dan sapi yg mau dipotong ngetem di lapangan deket rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kambing apa angkot tuh kok ngetem. heheh
      salam buat Maxy Dema ya

      Delete
  4. Asyik nih tips mengenalkan idul adha kepada anak kecil. Met Hari Raya Idul Adha 1437 H ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur suwun Mas Didik. Selamat Idul Adha juga :)

      Delete
  5. mba Helena, kebetulan banget loh ini, si bungsu lagi banyak nanya soal idul adha karena dia banyak liat sapi dan kambing di mana2, hihihi. Makasih yaaa tips-nya..

    ReplyDelete
  6. Wah makasih infonya mbak, serunya bisa mengenalkan sejak kecil

    ReplyDelete
  7. Iya biasanya rame anak-anak di sekitar penjual hewan kurban. Biarpun bau, namanya anak-anak tetap aja excited ya hihihi.

    ReplyDelete
  8. Mengajarkan anak untuk mengenal ibadah qurban memang penting ya mba. Asal dilakukan dengan metode yang tepat

    ReplyDelete
  9. halo mb Helena, salam kenal.. hihi habis bikin blogpost trus search di google eh ketemu blog mb Hlen:) salam kenal dan mari bermain dengan anak anak di hari idul Adha besok:)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature