Balita Baca Buku: Gua Tsur

Friday, September 30, 2016
review buku Halo Balita: Gua Tsur

Pernah dengar program 1000 buku sebelum usia 5 tahun? Saya mengetahui program ini dari Montessori di Rumah. Sebelum anak usia 5 tahun, atau memasuki bangku sekolah (TK), sebaiknya ia telah membaca (atau dibacakan) buku sebanyak 1000 kali. Angka ini bukan berarti harus 1000 buku yang berbeda, bisa saja satu buku dibaca sepuluh kali maka sudah terhitung sepuluh buku.

Apa manfaatnya? Semakin terbiasa anak dikenalkan pada buku, ia akan mudah mencintai buku. Anak akan memiliki banyak kosa kata, meski hanya mendengarkan cerita dari orang tuanya. Selain itu buku anak yang berwarna-warni dapat mengembangkan daya imajinasinya. Tambahan dari saya, membaca buku bersama anak bisa menjadi we-time yang mendekatkan hubungan keluarga.

Sebelum mengetahui program ini, saya sudah membelikan beberapa buku untuk Sid sejak ia bayi. Sebagian juga sudah pernah saya review. Supaya semakin semangat mencapai 1000 buku, saya akan membuat review buku anak di blog ini dengan judul “Balita Baca Buku”. Semoga bisa konsisten sebulan 2 kali ya. Sumber bukunya ada yang milik pribadi, milik saudara kalau sedang main ke rumah mereka, juga dari perpustakaan. Sebenarnya saya sedang mencari perpustakaan ramah anak di dekat rumah tetapi belum ada informasi. Saya tahunya perpustakaan di Taman Ismail Marzuki yang tertata rapi dan ada playground. Tapi jaraknya lumayan juga kalau dari tempat tinggal kami.

Review buku balita pertama ini membahas buku berjudul Gua Tsur karya Indrayani Mallo. Buku ini termasuk dalam seri “Halo Balita” dari penerbit Pelangi Mizan.


Full color dan teksnya mudah dipahami
Gua Tsur yang cetakan pertamanya September 2014 ini berdasarkan Al Qur’an, tepatnya surat At-Taubah ayat 60. Diceritakan Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar r.a. sedang bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy yang akan menangkap mereka. Di tengah kebingungan, mereka bersembunyi dalam gua sambil berdoa kepada Allah. Bagaimana cara Allah menyelamatkan mereka?

Saya suka buku ini karena:
  • Buku setebal 20 halaman ini berbahan karton tebal yang cocok digenggam balita dan tidak mudah rusak/sobek. Selain itu anak mudah membolak-balik halamannya.
  • Teks yang sederhana dan mudah dimengerti.
  • Mengajarkan kebesaran Allah dan mengingatkan bahwa pertolongan Allah selalu ada bila kita berserah pada-Nya sepenuh hati.
  • Ilustrasi yang full color karya M. Isnaeni membuat anak semakin tertarik membaca.

Saran untuk buku ini:
Apa ya? Belum ada. Saran dari pembaca?

Buku seri Halo Balita ini seharga Rp 33.150,-, sepadan dengan kualitas buku dan hikmah cerita yang terkandung. Buku ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia, Gunung Agung, dll atau di toko buku online seperti MizanStore.

Sekian review di Balita Baca Buku edisi pertama. Tunggu review buku selanjutnya ya.

12 comments on "Balita Baca Buku: Gua Tsur"
  1. jadi inget masa kecil, hehe .. ditunggu review selanjutnya mbak helen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, tunggu 2 minggu lagi ya :D

      Delete
  2. Apakah Balita sudah bisa diajarkan membaca ya Mbak, bagaimana dampaknya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering aja membaca atau saat orang tua membaca dengan suara keras. Anak jadi suka baca dan banyak kosakata

      Delete
  3. nice infoh mba, cocok banget buat anak muslim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Baca buku sambil belajar agama sejak dini.

      Delete
  4. Aku juga penggemar halbal mba yang seri Kisah Dalam Al-Quran belum punya yang gua tsur ini. Aku juga gencarkan minat baca buku anak sedari dini, alhamdulilah anakku suka banget meskipun masih diceritain krn usia 3 tahun blm bisa baca juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat mba! Mengenalkan buku sejak dini

      Delete
  5. Bagus juga ya program 1000 buku ini? Apalagi dampak bagi anak2 usia segitu memang bagus sekali jika orgtua rajin memberikan bacaan yg bermanfaat pd anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku sepakat dengan program ini. Kayaknya banyak gitu ya 1000 tapi yakin bisa. Apalagi buku cerita anak tipis-tipis, hehe

      Delete
  6. Kayaknya abhi harus dikenalin sama buku deh, kabur mulu kalo diajak baca. Buku kayak gini pasti menarik buat dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ajak baca buku bareng aja supaya ga bosan

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature