Apa Lagu Anak Favorit 2016?

Monday, August 29, 2016
Apa lagu anak favoritmu?
Saya jadi malas nonton ajang pencari bakat menyanyi untuk anak-anak. Pesertanya anak-anak tapi lagunya dewasa atau lagu dewasa yang liriknya diubah dari "kekasih" ke "sahabat". Penyanyi anak favorit lagunya tentang bidadari jatuh dari surga dan bertukar akun Facebook padahal jelas-jelas media sosial buat usia 17 ke atas. *tepok jidat Iqbaal CJR*

Sebagai bagian dari generasi 90-an, saya bangga sekaligus rindu lagu-lagu kala itu. Well, saya mendengarkan Backstreet Boys, Westlife, dan The Moffats. Tetapi saya juga koleksi album Trio Kwek Kwek dan hafal lagunya Agnes Monica. 25 Nama Nabi-nya Dhea Ananda membuat saya hafal nama-nama nabi yang sangat berguna saat ujian. Tidak sekadar menyanyi tetapi ada pesan positif di dalamnya.


 
Dhea, Fandy, dan Leony yang tergabung di Trio Kwek Kwek - sumber: klimg

Begitu punya anak, saya pun mencari referensi lagu anak yang mendidik. Di Google saya ketik: Lagu anak-anak favorit 2016. Hasilnya muncul lagu dari jaman saya TK, bukan lagu baru. Ada satu blog yang judulnya Lagu Anak Favorit 2016 tetapi ditulis pada 2015. Isinya sama saja, seputar Abang Tukang Bakso, Cicak di Dinding, Burung Kutilang, dst. Kemana lagu anak-anak terbaru yang memang untuk anak-anak?

Lagu-lagu yang everlasting sebenarnya bagus. Sid pun suka menyanyi Naik Delman dan Burung Kakatua dengan bahasa bayi. Ia belajar mengenal nama hewan lewat kedua lagu tersebut. Alhamdulillah lagu-lagu itu kini mudah diakses lewat YouTube. Lagu-lagu lain mengajarkan berhitung, mengenal warna, dan kemampuan dasar lainnya. Anak-anak lebih mudah menyerap pengetahuan bila dilakukan sambil bernyanyi.

Untuk menambah referensi, saya mengenalkan lagu dalam bahasa Inggris. Channel YouTube favoritnya adalah Chu Chu TV. Lagu di channel ini sebenarnya itu-itu saja juga tetapi di-aransemen menjadi lebih modern. Ada yang up-beat dan diberi sentuhan rap seperti lagu Little Boop Beep. Chu Chu TV mengunggah video baru sekitar seminggu sekali. Sid makin rajin nonton sambil menari menirukan lakon di video tersebut.


Dari curhatan saya di atas, saya berharap lagu anak-anak di Indonesia kembali lestari. Saya yakin banyak anak Indonesia yang berbakat menyanyi dan bisa menyampaikan pesan moral lewat lagu dengan baik. Lagu adalah media pembelajaran yang efektif terutama untuk anak dengan kecerdasan musikal. Harapan saya lagu anak-anak berisi pesan atau pengetahuan yang baik untuk anak-anak, bukan nyerempet lagu remaja. Kalau ada acara anak-anak seperti Tralala Trilili-nya Agnes Monica dan Indra Bekti akan lebih hebat lagi. Generasi muda ini lebih baik menonton acara seperti itu daripada Anak Jalanan yang judulnya memakai kata “anak” tetapi isinya tidak mendidik dan membuat parno orang tua.

Lalu, apa lagu anak favorit 2016? Pertanyaan ini belum terjawab karena lagunya belum dipopulerkan atau bahkan belum tercipta. Semoga para pemangku kepentingan ada yang mampir ke blog saya dan baca uneg-uneg ini.
6 comments on "Apa Lagu Anak Favorit 2016?"
  1. Saya juga mengenalkan musik dan lagu pada Salfa semata-mata untuk membentuk kecerdasan musikal yang terbilang masih rendah. Karena kecerdasan intrapersonalnya yang sangat menonjol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat ya. Tiap anak perlu punya kecerdasan intrapersonal buat bekal masa depannya menjadi anak mandiri.

      Delete
  2. Lagunya d massive yang soundtrack boboiboy the movie itu termasuk lagu anak bukan ya? :D

    ReplyDelete
  3. Toooos, Fira juga sudah lancar kali nyalain youtube dan klik chuchu TV...beberapa lagu sudah hafal dan dprotes kakaknya, kenapa sich diajari lagu bahasa Inggris...heheee

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature