Nutrisi Bagi Ibu Hamil dan Fakta Kehamilan

Saturday, June 4, 2016

“Sudah isi apa belum?”
“Si Ana yang nikahnya bareng kamu sudah hamil lho. Kamu kapan?” 

Saat baru menikah, saya hampir tiap hari mendapat pertanyaan seperti di atas. Kepo banget nih orang-orang, memangnya kalau saya hamil situ bakal urunan tasyakuran 7 bulanan? *nyinyir mode: ON*

I'm expecting! -dok. Alicia Zinn
Masa kehamilan bagi sebagian orang menjadi masa yang ditunggu-tunggu. Tangis bahagia sebagai ungkapan saat melihat hasil test pack menunjukkan dua garis, positif. Sebagai ibu hamil, kondisi badan mulai menunjukkan tanda-tanda perubahan. Ada bumil yang mual-mual dan sensitif terhadap bau tertentu (bahkan tidak mau dekat dengan suami). Ada pula yang tubuhnya kuat pontang-panting beraktivitas. Kebutuhan gizi ibu hamil pun perlu mendapat perhatian ekstra karena ada janin yang butuh asupan dari sang ibu.

Setiap ibu hamil harus menjadi #IbuPintar yang mengerti kebutuhan tubuhnya supaya dapat mencapai kehamilan optimal. Tanyadok.com dan ProSehat mengadakan talkshow mengenai hal ini yang diadakan di Eat & Eat, fX Sudirman, Jakarta pada puncak acara Pesta Pendidikan, 29 Mei 2016 lalu. Talkshow ini menghadirkan dr. Bram Pradipta, Sp.OG sebagai narasumber.

Di awal sesi, dr. Bram menjelaskan pentingnya memperhatikan peningkatan berat badan selama kehamilan. Hal ini berpengaruh pada berat lahir bayi dan usia gestasi (kehamilan). Bila peningkatannya kurang dari normal, bayi berisiko BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah). Hal ini membuat ia rawan terkena penyakit jantung koroner, Diabetes Melitus tipe 2, hipertensi, juga hyperlipidemia. Jadi teringat anak seorang blogger yang BBLR dan menderita anemia. Lalu, bumil harus makan yang banyak? Nah, terlalu banyak makan pun dapat mengalami obesitas dengan risiko Diabetes Mellitus Gestasional, melahirkan dengan Caesar, komplikasi persalinan, macrosomia, kelainan kongenital, juga melahirkan anak dengan obesitas. Maka dari itu bumil harus menjaga peningkatan berat badan selama kehamilan. Timbang dan catat BB sebelum hamil dan saat hamil. Berikut ini tabel BB normal ibu selama kehamilan:
Timbang dan catat BB sebelum hamil dan saat hamil

Saat mengandung, ibu makan untuk 2 orang. Porsinya tentu perlu ditambah. Sebaiknya tidak langsung makan dalam porsi besar karena akan membuat mual. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Nggak ada yang protes kalau bumil sering makan, demi kesehatan ibu dan janin. Guilty pleasure, heheh…

Eh, makanannya juga perlu diperhatikan karena faktor terpenting bagi ibu hamil adalah nutrisi. Pertumbuhan janin bergantung dari apa yang ibu makan lho. Curhat sedikit ya. Biasanya saya makan apa yang enak dan semau saya. Saat hamil saya benar-benar memperhatikan kandungan gizi makanan tersebut. Mana yang sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin dan mana yang dihindari. Amanah dari Allah ini harus dijaga dengan baik.

Asam folat perlu dikonsumsi sejak sebelum hamil hingga menyusui. Zat ini mencegah kelainan otak dan sistem saraf pusat bayi. Saat program hamil konsumsi 400 mcg, selama hamil 600 mcg, dan selama menyusui 500 mcg. Bila terlalu banyak mengonsumsi asam folat dapat menyebabkan alergi, perut kembung, insomnia, juga berkurangnya nafsu makan.

Selain itu ibu hamil perlu asupan kalsium 1500-2000 mcg/hari untuk menurukan risiko hipertensi dalam kehamilan maupun mencegah preeklampsia. Bila terlalu banyak kalsium dapat menghambat penyerapan seng (Zn) dan besi (Fe) hingga menyebabkan batu ginjal. Terlalu banyak kafein dapat mengurangi penyerapan kalsium. Bila bumil tidak biasa mengonsumsi susu untuk sumber kalsium dapat diganti dengan suplemen kalsium dan vitamin D.

dr. Bram menjelaskan kebutuhan nutrisi ibu hamil -dok. twitter @ProSehat
Nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan yaitu kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, Fe, Zn, Cu, juga multivitamin. Hindari konsumsi vitamin A dan D yang berlebihan. Sedangkan penggunaan herbal dan suplemen tumbuhan perlu dipertimbangkan keamanannya. Selama hamil DILARANG minum alkohol juga merokok! Konsumsi kafein > 500mg/hari dapat memperlambat konsepsi. Bagi yang sedang program hamil sebaiknya dikurangi dulu ngopi-ngopi cantiknya. Untuk ibu hamil maksimal 300 mg/hari atau setara dengan 2 cangkir kopi.

Ibu hamil jangan sembarangan minum obat

Selama kehamilan akan ada banyak pantangan dari orang tua dan lingkungan sekitar. Jangan begini nanti melahirkannya susah. Jangan begitu nanti anaknya ngileran. Mitos atau fakta? Kalau yang ini memang FAKTA bahwa ibu hamil harus menyeleksi obat yang aman sebelum dikonsumsi. Obat tersebut tentunya memang perlu dan dianjurkan dokter.


Ada 5 klasifikasi obat dari FDA:
A: Obat-obatan yang pada pengujian terkontrol tidak berisiko pada janin dan kehamilan
B: Obat-obatan yang tidak berisiko pada janin hewan coba tetapi belum ada data pengujian pada wanita hamil
C: Obat-obatan yang menunjukkan efek buruk pada janin hewan coba tetapi belum ada data pengujian pada manusia
 D: Obat-obatan yang terbukti berisiko pada janin melalui uji klinik
X: Obat-obatan yang menyebabkan abnormalitas pada janin melalui uji klinik

Untuk ibu hamil yang membutuhkan obat anti muntah dapat mengonsumsi obat dengan kategori A dan B, sesuai anjuran dokter. Sedangkan bila sakit kepala cobalah beristirahat terlebih dahulu. Jika tidak juga membaik dan mengganggu aktivitas, obat yang aman yaitu Acetaminophen. Selain itu keluhan bumil umumnya menderita sembelit. Solusinya perbanyak minum air dan makanan berserat tinggi. Bila tak kunjung sembuh bahkan BAB berdarah atau hemorrhoid, konsumsi Lactulosa atau Bisacodyl. Sebelum mengonsumsi obat, konsultasikan dengan dokter.

Ada satu lagi FAKTA bahwa ibu hamil boleh mendapat vaksinasi. Hal ini baik untuk mencegah kelainan pada janin. Tabel di bawah ini menunjukkan vaksin yang diperlukan saat sebelum hamil, selama hamil, maupun sesudah hamil.
Tabel vaksinasi untuk ibu hamil

Nah, kini tahu cara menjadi #IbuPintar untuk mencapai kehamilan optimal?

***
ProSehat adalah Swalayan Kesehatan Online #1 di Indonesia yang membantu Anda membeli produk kesehatan seperti obat bebas, obat resep, suplemen, vaksin, alat kesehatan dan lainnya. Tak perlu repot-repot berkeliling dari satu apotek ke apotek lain untuk mencari obat. Cukup buka aplikasi ProSehat, foto resep obat, dan dalam waktu 4 jam obat akan diantar dari apotek resmi. Harganya pun jelas. Untuk menyambut bulan puasa, ada juga promo #PuasaSeru. Saat ini ProSehat melayani wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Semoga semakin berkembang ke seluruh Indonesia ya.

Unduh aplikasi ProSehat di sini

  1. Unduh aplikasi ProSehat di Google Play Store
  2. Daftar dengan mengisi data diri. Bagian referensi diisi: HIDUPSEHAT
  3. Tekan "Daftar" dan verifikasi kode yang dikirim melalui SMS
  4. Aplikasi ProSehat siap digunakan

By the way, berulang kali saya menyarankan ibu hamil untuk sering konsultasi ke dokter padahal antrian dokter kandungan itu luar biasa sampai tengah malam. Di tempat tertentu lokasinya jauh dari tempat praktik dokter. Bisa-bisa makin sakit karena terlalu lama menunggu. Terima kasih pada dr. Gregorius Bimantoro yang menginisiasi tanyadok.com juga CEO ProSehat karena sekarang konsultasi dengan dokter itu semakin mudah melalui aplikasi ProSehat. Tim medis dari berbagai tempat di Indonesia siap menjawab pertanyaan anda. Selain itu ada banyak artikel kesehatan dan info obat. Lengkap dan mudah!
10 comments on "Nutrisi Bagi Ibu Hamil dan Fakta Kehamilan"
  1. Wahhh...mantabs. Jadi gak perlu repot2 lg ke apotek :)

    ReplyDelete
  2. Wah, praktis ya..aplikasi yang sangat membantu ibu hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ibu hamil mudah mendapatkan informasi dari aplikasi ini

      Delete
  3. waah keren ya aplikasinya..yg menangani pasti yg profesional juga kan yaa..

    ReplyDelete
  4. bagus nih aplikasi makin membantu ibu hamil jadi makin mudah ibu hamil tanya-tanya mengenai kehamilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa langsung konsultasi lewat smartphone

      Delete
  5. Sekarang semua dalam genggaman ya.
    Kudu bijak menyikapi, agar terhindari mager.
    Hehehe...
    Etapi, baru tahu ada aplikasi ini.
    Seringnya baca media online saja.

    ReplyDelete
  6. Apalagi aku, Mba. Dinyinyirin selama 3th. Yang sebel kalimatnya, "inget umur kamu sudah berapa?" Lah emang kita yg mau menunda hamil?

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature