Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

Cantik dan Sehat Selama Berpuasa? Ini Kiat dari Andalan Bunda Cerdas

Tuesday, June 21, 2016


Alhamdulillah setengah Ramadhan telah terlampui. Bagaimana puasanya? Semoga lancar ya. Meski sudah terbiasa berpuasa sejak kecil, ada kalanya badan terasa lemas, kulit kering, dan wajah kusam. Padahal berpuasa banyak manfaatnya untuk jasmani. Bisa mengeluarkan racun yang menumpuk dari tubuh juga mengurangi kebiasaan buruk seperti terlalu banyak makanan yang manis. Bagaimana caranya supaya tetap sehat dan cantik selama berpuasa? Yuk baca lebih lanjut!

Kiat Cantik & Sehat Selama Berpuasa

Minggu 19 Juni 2016 di Aula Kelurahan Jakasampurna, Bekasi tampak antrian panjang ibu-ibu. Siang begini mereka rela mengantri untuk ikut talkshow yang membahas Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa. Sebagai ibu yang pekerjaannya tidak pernah habis harus cerdas mengurus rumah tangga, apalagi ibu yang bekerja. Untuk itu Andalan Bunda Cerdas mengadakan talkshow ini supaya ibu-ibu semakin cerdas dalam menjaga kesehatan dan mengurus rumah tangga.

Sambil menunggu acara dimulai, para peserta bisa berfoto di photo booth yang nantinya akan dipilih tiga bunda dengan gaya paling seru untuk mendapatkan hadiah. Disediakan pula arena bermain dan mewarnai untuk anak. Bunda bisa fokus menyimak talkshow sementara anak-anak bermain di luar. Ada pula bazar murah produk Alfamart, P&G, juga Tabloid Nyata dan Koki. Langsung deh borong, mumpung diskon!


Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa


Aula sudah dipadati para bunda yang siap mengikuti talkshow. Narasumber kali ini yaitu dr. Nanny Djaja, Sp. GK, ahli gizi dari Universitas Atmajaya Jakarta, yang akan membahas tentang nutrisi dan Artika Sari Devi, Brand Ambassador P&G. Sebagai pembuka, dr. Nanny menjelaskan permasalahan kesehatan yang sering dikeluhkan selama berpuasa yaitu: lemas, darah rendah, maag, kulit kering, dan rambut rontok. Cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Perhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka.
Menu sahur juga harus disiapkan dengan baik. Jangan asal makan yang ada. Pilih karbohidrat seperti beras merah. Supaya engga seret, campur dengan beras putih. Tubuh yang lemas bisa disebabkan kurangnya karbohidrat. Selain itu kurangi gorengan karena lemaknya membuat ngantuk. Tidur saat berpuasa memang ibadah sih, tapi kalau terlalu banyak tidur jadinya lemas.
Perbanyak makan sayur dan buah juga minum air putih. Kebutuhan air tiap orang berbeda tergantung berat badannya, sekitar 30 cc tiap kilogram. Jadi kalau BB-nya 50 kg butuh minum air 1500 cc alias 1,5 L per hari. Kalau masih kurang, bisa ditambah cairan isotonik.

2. Ibu menyusui boleh berpuasa selama fisiknya kuat.
Tip dari Artika supaya ASI terjaga yaitu banyak makan sayuran, minum susu almond, dan makan kacang-kacangan. Selain itu ibu menyusui harus bahagia supaya hormon oxytocin-nya banyak.


3. Penderita maag makan dengan porsi kecil namun sering.
Supaya perut tidak kaget mencerna makanan saat berbuka, awali dengan air putih dan kurma. Beri jeda waktu sebelum makanan berat. Untuk penderita maag kronis, minum air hangat dan madu saat berbuka. Bisa juga minum sari kelapa.
Buah pepaya baik untuk mengobati wasir dan maag. Pilih pepaya yang besar karena banyak mengandung serat. Ternyata makan pepaya yang benar itu sesegera mungkin setelah dikupas supaya mendapat enzim Papain. Selain itu air rebusan daun sereh diberi madu juga baik untuk pencernaan.

4. Pakai pelembab setelah mandi.
Puasa membuat kulit kering dan wajah tampak kusam. Supaya selalu segar, kulit juga perlu nutrisi. Oleskan pelembab wajah dan body lotion setelah mandi.

5. Cegah rambut rontok dengan sampo dan kondisioner.
Rambut kering dan rontok dapat merusak penampilan. Saat keramas pakai juga kondisioner supaya rambut lebih sehat dan berkilau. Pantene conditioner tepat untuk merawat rambut kering.

Selain kiat-kiat di atas, Artika juga berbagi cara menjadi bunda cerdas. Kesibukannya sebagai artis tidak berarti meninggalkan peran utamanya sebagai ibu dan istri. Komunikasi dengan suami untuk mengurus rumah tangga menjadi kunci keharmonisan mereka.

“Ibu pun layak untuk tampil rapi, cantik, dan wangi”, ujar Puteri Indonesia 2004 ini. Wajah sudah cantik tapi kalau bajunya “bau matahari”, malu dong. Artika mempercayakan Downy supaya pakaian keluarganya selalu wangi. Wah sama nih. Saya baru saja selesai mencuci baju dengan Downy. Wanginya masih tercium di tangan. *ciumin tangan sendiri, hihi…

Dalam talkshow ini peserta ada yang curhat mengenai anaknya yang sering terbangun saat malam hari. Masalahnya karena popoknya bocor dan ada ruam di kulit. Waktu untuk menyiapkan sahur pun bisa terganggu. Artika menyarankan untuk memakai Pampers yang cepat kering dan memiliki sirkulasi udara. Lapisan atas Pampers ada pelembabnya dari Aloe Vera. Si kecil pun bisa tidur nyenyak semalaman.


Acara ini berlangsung seru. Kiat-kiat yang disampaikan narasumber sangat bermanfaat. Ibu-ibu Kelurahan Jakasampurna pun aktif bertanya. Selama acara banyak sekali hadiah yang dibagikan. Dari voucher Alfamart sampai bingkisan besar yang saya penasaran apa isinya. 

Kabar baik untuk bunda yang tinggal di Depok dan sekitarnya, talkshow Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa juga akan diadakan di Depok tanggal 25 Juni 2016 pukul 13.00 – 16.00 WIB. Sebaiknya datang awal supaya tidak antri panjaaang. Lokasinya di Badan Pengelola Gd Dakwah MUI, Jl. Nusantara Raya No. 5-7, Depok. Bisa curhat eh konsultasi langsung dengan dr. Nanny Djaja, Sp. GK dan Artika Sari Devi. Ada juga lomba kreasi hijab dan foto ibu & anak. Hadiahnya jutaan rupiah!

Kumpulan Emak Blogger bersama Artika Sari Devi
***
Andalan Bunda Cerdas adalah program kerja sama Alfamart dengan P&G yang khusus diciptakan untuk membantu bunda semakin cerdas di dalam mengurus rumah tangga sehingga menjadi Bunda, Istri, dan Ibu Rumah Tangga yang sempurna bagi keluarga. Di sini bunda bisa mendapatkan tips seputar parenting, kesehatan, dan kecantikan. Mau konsultasi? Bisa. Hubungi konsultan Andalan Bunda Cerdas di 1500959 lalu tekan 4. Selain itu ada promo produk untuk bunda cerdas. Langsung klik ABC, isi formulir, dan dapatkan A-voucher produk P&G.

17 comments on "Cantik dan Sehat Selama Berpuasa? Ini Kiat dari Andalan Bunda Cerdas"
  1. Pakai pelembab setelah mandi dan kondisioner ini yang masih jarang dipraktekkan oleh saya. Jadi setelah informasi di acara kemarin, semakin semangat nih buat merawat tubuh dari luar. Keren ya Mba acaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar makin cantik dan sehat seperti Artika ya ;)

      Delete
  2. Aku jg jarang pake pelembab. Kecuali kalo mau pergi trus pake make up tipis. Kelupaan mulu *atau males :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat perawatan kulit memang harus telaten mbak. Aku juga seingetnya aja, hehehe

      Delete
  3. Memang benar kulit jadi kering saat berpuasa & saya masih males pakai pelembab :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya kulit terawat dan wajah ga kusam, perbanyak minum air dan pakai pelembab, mbak

      Delete
  4. acara kaya gini bagus bgt ya, bikin semangat para ibu dan memotivasi utk tampil lbh baik, Alhamdulillah bisa kopdaran jg sama helena:)

    ReplyDelete
  5. Pengen ikut acara ini lagi, soalnya materinya itu loh bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan ya dengan topik yang berbeda.

      Delete
  6. meski nggak termasuk kategori bunda2, tapi tips buat tetap cantik selama bulan puasany juga bermanfaat buat yg masih gadis. aq suka pake pelembab mba, tapi pelembabnya baby.. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama cocok di kulit gpp sih, buat perlindungan tubuh.

      Delete
  7. Acara seperti ini nih mbak yang bikin orang tua tenang karena sudah disediakan tempat khusus untuk anak juga jadi para orang tua tidak perlu ribet lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Andalan Bunda Cerdas mengerti kebutuhan ibu-ibu

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature