Top Social

Sirsak, Pohon Berhantu Kaya Manfaat

Tuesday, March 29, 2016

Sambil sarapan, ibu bercerita tentang pengalaman beliau tinggal di asrama sekolah. Dini hari, berdua dengan teman sekamarnya mereka menuju mushola untuk sholat malam dan belajar. Suasana sepi mendukung ibu berkonsentrasi. Dari kamar ke mushola, ibu harus melewati pohon sirsak yang katanya ada genderuwo. Bulu kuduk ibu berdiri tiap melewati daerah itu. Untung ibu cerita ini saat pagi, saya jadi tidak takut deh. Di rumah pun ada pohon sirsak. Karena cerita horornya, pohon ini sudah ditebang. Sayang sekali ya padahal tumbuhan ini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya yang enak dimakan, daunnya juga berguna untuk obat herbal.



Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak dengan rasa asam manis mengandung vitamin C dengan kadar 20 mg per 100 gr daging buahnya. Dengan mengonsumsi 300 gr sirsak, kebutuhan vitamin C orang dewasa tercukupi. Buahnya yang segar bisa langsung dinikmati atau dibuat jus sirsak. Selain itu kandungan fosfor dan kalsium, baik untuk mencegah osteoporosis. Buah ini juga memiliki kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah, cocok mencegah penyakit hipertensi.

Manfaat Daun Sirsak

Kalau asam urat tinggi, kaki cekot-cekot dan sulit untuk berjalan. Ibu saya memiliki resep herbal yaitu dengan minum air rebusan daun sirsak. Ini resepnya:
  • Ambil 7 lembar daun sirsak yang muda kemudian cuci bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Siap diminum sekali sehari.

Untuk mencegah diabetes, dibutuhkan 2-5 helai daun sirsak yang direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Bahkan daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian mengenai hal ini pun semakin banyak. Caranya, rebus 10 helai daun dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Lihat perkembangannya dalam waktu 3-4 minggu.

Daun ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Komedo di wajah yang mengganggu bisa berkurang bila diolesi daun sirsak yang telah dihaluskan. Kalau kepala gatal karena kutu dan ketombe, cobalah keramas dengan air rebusan 10-20 helai daun sirsak. Tentunya dinginkan terlebih dahulu setelah direbus, hehe..

Dengan banyaknya manfaat, kalau punya pohon sirsak jangan ditebang ya. Selain membuat rumah menjadi rindang, buah dan daunnya berguna untuk kesehatan.


Referensi:


===

Ditulis untuk ODOP Challenge Day 2 - Fun Blogging
6 comments on "Sirsak, Pohon Berhantu Kaya Manfaat"
  1. padahal beringin ya biasnaya yg identik dengan pohon berhantu...mmmh, saya dan suami suka banget sirsak tapi jarang2 belinya karena emang jarang dijual ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, beringin, bambu juga dibilang berhantu
      di pasar sini ada sirsak mbak, mau? hehe

      Delete
  2. Sekarang banyak yang mengkonsumsi daun sirsak buat kesehatan tubuh ya Kalo aku suka jus sirsaknya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada pil ekstrak daun sirsak juga
      jusnya enak segeer..

      Delete
  3. duu saya waktu kecil makan sirsak sampai ketagihan... sampai sekarang blm nyoba lagi... jadi kangen makan sirsak nih... dan ternyata bnyak khasiatnya yah... mksh bnyk mbak infonya...

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature