Bunaken, here I go!

Friday, August 10, 2012
nenek moyangku seorang pelaut, gemar mengarungi luas samudera...
November 2011

Minggu lalu saya dan rombongan (ber-9) snorkeling ke Bunaken dan Siladen. Mau berbagi cerita mengenai pengalaman saya, semoga bisa menjadi referensi perjalanan buat para pembaca.

Kalau dihitung-hitung sih biayanya masih terjangkau. Rinciannya berikut ini:

Naik kapal ada kacanya (bisa intip ikan-ikan) dari pelabuhan di Marina Boulevard (deket Zero Point). Kapalnya lumayan bisa muat 15-20 orang tapi yang ikut di rombongan 9 orang (ditambah 2 orang supir + pemandu) jadi ga terlalu sesak, apalagi bawa barang kayak pindahan.
sewa kapal Rp 850ribu
biaya parkir kapal di pelabuhanRp 50ribu (biasanya ni kapal parkir di pelabuhan lain yang letaknya jauh)
biaya asuransi penumpang Rp 4ribu/orang

Naik kapal otw ke Bunaken (sekitar 30-45 menit ga berasa karena sibuk foto-foto di atas kapal)

Sampai Bunaken sewa peralatan tempur (bisa pilih sesuai kebutuhan dan nego aja):
- wetsuit (lengan panjang-pendek) Rp 50ribu
- google glasses + alat snorkeling yang buat nafas itu Rp 30ribu
- kaki katak sepasang Rp 30ribu
- kamera bawah air Rp 350ribu
- biaya masuk Bunaken Rp 2500/orang
- biaya alat untuk pemandu (ga perlu kasi tip untuk pemandu)Rp 110ribu
- pinjem pelampung/life jacket buat jaga-jaga Rp 0 alias gratis

Disarankan oleh penduduk sana buat ke Siladen dulu karena letaknya lebih jauh dan kalo kesiangan arusnya udah kenceng

Naik kapal ke Siladen (sekitar 20 - 30 menit, masih foto-foto di atas kapal)

Sampai Siladen puas-puasin snorkeling. Masih sepi dan ikan + terumbunya subhanallah..

Jangan kelamaan karena masih ada spot selanjutnya di Bunaken. Yang di sini pemandangan bawah lautnya sampe ane ga rela ninggalin tempat itu.

Berdasarkan pengalaman panik sampe minum air lautnya, air di Siladen lebih asin dibanding Bunaken (ga penting ya..)

Di Bunaken terumbunya lebih banyak dan luas. Ada aturan juga kalo harus hati-hati ga boleh injak/berpijak di terumbunya karena itu wilayah konservasi.

Setelah puas silaturahmi dengan berbagai jenis ikan, balik lagi ke pelabuhan Marina. Alat-alat yang udah disewa tadi nitip dibalikin sama supir dan pemandu. Jadi ane ga perlu balik lagi ke tempat sewa alat selam.

Di pelabuhan Marina bisa bilas dan ganti baju di toiletnya, bayar Rp 2ribu.

Luar biasa indahnya bawah laut Indonesia.
Isi formulir asuransi sebelum berlayar
Fitting sepatu katak alias fin

Snorkeling di Siladen

Ga pake jaket pelampung lebih bebas, kayak kecebong :p

Banyak yg pemula (termasuk ane) jadi ngeri ngambang di lautan
8 comments on "Bunaken, here I go!"
  1. mantap deh jalan jalannya,,
    snorkeling apa sih gan?
    soalnya saya baru denger kata snorkeling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lho berenang sama ikan tapi di permukaan laut aja. Kalau diving kan menyelam sampai ke dalam laut.

      Delete
  2. Si kecil ikut mba'? Kapan kapan boleh juga tu berkunjung ke Bunaken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cerita tahun 2011, belum nikah mba :D

      Delete
  3. Baru tahu wisata snorkling di Siladen. Apa letaknya berdekatan dengan Bunaken?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih termasuk di Taman Nasional Bunaken

      Delete
  4. Semoga suatu saat saya bisa ke Bunaken

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature