Top Social

Image Slider

Ciwidey, West Java, Indonesia

Saturday, June 20, 2009




can't believe...
there's such a place like this in Indonesia Raya!
Subhanallah...

Tips Ujian Menggunakan Lembar Jawaban Komputer

Monday, June 15, 2009
Ujian di sini bisa ujian sekolah atau ujian masuk (kayak UMB dan SNMPTN)
Lembar Jawaban Komputer yang digunakan tu biasanya da bagian bulat-bulat yg harus di hitamkan dengan pensil 2B dan bagian kotak-kotak yang harus diisi dengan huruf balok (boleh pake pensil atau pulpen)

Nah,,yang perlu diingat, bukan hanya pelajaran yang dah dplajari bertaun2 (ato smalam suntuk bagi yg pake sistem SKS) tetapi juga hal-hal teknis menyangkut cara pengisian lembar jawaban tersebut coz yang koreksi tu computer (yang tiada ampun). Kalo cara pengisian peserta tidak sesuai program yasudahlah…mutlak salah. Beda kalo yang koreksi tu guru sendiri pake kertas jawaban dibolong2i..kalo gurunya ngantuk bisa aja salah koreksi.

Ujian ala sekarang yang pake LJK ada positif negatifnya..
Positifnya: hasil ujian cepet keluar dan tingkat akurasi kebenaran mengoreksi tinggi
Negatifnya: Ga da toleransi kalo salah teknis (nama, nomor, dll) meski jawaban banyak yang bener & kalo program salah or error..pasrah deh smoga teknisi sgera perbaiki tu error.

Bdasar pengalaman menjalani dan ikutan kontrol hasil ujian yang pake LJK,,ada beberapa kesalahan yang banyaaaaaaaaaaaaaaaak banget terjadi. Sayang aja kan dah ngerjakan susah2 eh coz kesalahan keciiil n simple gitu nilai peserta dianulir dan bisa aja langsung dinyatakan tidak lulus.


Apa aja kah kesalahan tersebut???

1. Jawab ga pake pensil 2B
Ada loh yang full jawab,,dari mulai nulis di kotak2 mpe di bulet2 tu pake pulpen. Keliatan jelas c, item,,tapi si scanner komputer ga bisa baca tu jawaban. Maybe peserta seperti ini lupa ga bawa pensil n malu2 pinjem ke temennya. Ato temen2nya superpelit mpe ga mau berbagi pensil supaya bkurang saingan..(duh jgn smpe deh)
Ada juga yang sebagian pake pulpen trus waktu inget harus pake pensil langsung ganti..tapi dah da yang dihitam2kan pake pulpen. Kalo gini yang pake pulpen ga terbaca scanner. Mending minta lembar jawaban baru ke pengawas.
Berdasar pengamatan, kalo cara penghitaman jawaban ga terlalu hitam juga bisa terscan, tapi buat aman..mending dihitamkan banget mpe jelas.

2. Yang ditulis di kotak2 sudah benar tapi yang dihitamkan di bagian bulet2 salah
Bisa aja coz pusing liat LJK, dalam 1 baris (ato lajur?) dihitam2kan 2x (so scanner bingung yang bener yang mana)
Ato salah menghitamkan buletan itu. Misal di kotak2 ditulis 110 tapi waktu di bulet2 dihitamkan 010

Ato lupa ga dihitamkan padahal dah nulis di kotak2.
Nah berbagai kesalahan di atas langsung dikeluarkan dari tumpukan lembar jawaban dan ga dianggap nilainya,,melayanglah harapan..

3.Salah nulis di kotak2 atau malah ga nulis sama skali, tapi menghitamkan bulet2 yang bener.

Kalo yang ini gpp, ga berefek ke computer, tapi alangkah baiknya kalo ditulis semuanya sekalian buat re-check tulisan di kotak2 dengan yg di bulet2 udah bener pa blom.

4. Salah jawab
Nah kalo ini sih emang pesertanya yang ga tau jawabannya ato salah itung ato salah nebak. Tapi jangan mpe jawaban di pikiran dah bener tapi menghitamkan jawaban yang salah.

5. Kertas jawaban dihias-hias
Ga usah ya, kalo mau coret2 di lembar soal ato di tangan ato meja ato tembok manaaa gitu supaya tidak menodai jawaban2. Trus lembar jawaban jangan dilipat2 apalagi dibuat bentuk kapal..hanyutkan saja di danau.

6. Salah nomor peserta
Entah apa yang ada dipikiran peserta kala itu, tapi yang ditulis dan dihitam2kan itu nomor lain (bisa nomor peserta lain yang ga dia kenal tapi nomornya mirip). Kan udah ada kartu peserta, diliat n ditulis dengan teliti ya jangan smpe salah nomor.

7. Salah tanggal lahir
Biasanya yang ditulis tuh tanggal ujian, padahal tu kan kolom tanggal lahir. So scanner menganggap tu aneh.


Eh, ada lagi ga y? maybe da yang kelewatan…

Pesanku, jangan lupa ya hati2 n teliti mengisi LJK. Kalo bisa cek berulang2 hal teknis kayak gini. Kalo dah kasi jawaban bener dan mengisi LJK dengan benar tapi scanner-nya error, tar bakal dikoreksi ulang koq. Coz itu bukan kesalahan peserta. Okeh..
Buat yang mau ujian (khususnya dengan LJK), Gud Luck!

Auto Post Signature